Black Swan (film)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Black Swan
Black Swan poster.jpg
Poster film Black Swan
Sutradara Darren Aronofsky
Produser Mike Medavoy
Arnold W. Messer
Brian Oliver
Scott Franklin
Skenario Mark Heyman
Andres Heinz
John McLaughlin
Cerita Andres Heinz
Pemeran Natalie Portman
Vincent Cassel
Mila Kunis
Barbara Hershey
Winona Ryder
Musik Clint Mansell
Sinematografi Matthew Libatique
Penyunting Andrew Weisblum
Perusahaan
produksi
Cross Creek Pictures
Protozoa Pictures
Phoenix Pictures
RatPac-Dune Entertainment
Distributor Fox Searchlight Pictures
Tanggal rilis
  • 1 September 2010 (2010-9-1) (Festival Film Venesia)
  • 3 Desember 2010 (2010-12-3) (terbatas di Amerika Serikat)
  • 17 Desember 2010 (2010-12-17) (secara luas di Amerika Serikat)
Durasi
108 menit[1]
Negara Amerika Serikat
Bahasa Inggris
Anggaran $13 juta[2]
Pendapatan kotor $329,398,046[3]

Black Swan adalah film drama misteri thriller Amerika Serikat tahun 2010 yang disutradarai oleh Darren Aronofsky dan diproduseri oleh Mike Medavoy, Arnold W. Messer, Brian Oliver dan Scott Franklin. Naskah film ini ditulis oleh Mark Heyman, Andres Heinz dan John McLaughlin, sementara ceritanya ditulis oleh Andres Heinz. Film ini dibintangi oleh Natalie Portman, Vincent Cassel, Mila Kunis, Barbara Hershey dan Winona Ryder.

Film Black Swan ditayangkan secara perdana di Festival Film Venesia pada tanggal 1 September 2010[4] dan dirilis di Amerika Serikat pada tanggal 3 Desember 2010 secara terbatas dan 17 Desember 2010 secara luas.[5] Film ini mendapatkan review positif dari para kritikus.

Plot[sunting | sunting sumber]

Nina Sayers (Natalie Portman) adalah seorang penari di studio balet New York, yang bersiap untuk membuka musim barunya dengan Swan Lake karya Tchaikovsky. Dengan balerina utama Beth MacIntyre (Winona Ryder) dipaksa pensiun, sutradara artistik Thomas Leroy (Vincent Cassel) mengumumkan bahwa ia sedang mencari balerina baru yang bisa berperan ganda sebagai White Swan yang tidak bersalah dan Black Swan yang sensual. Nina mengikuti audisi untuk peran tersebut dan memberikan penampilan yang sempurna untuk karakter White Swan, namun gagal memberikan penampilan untuk karakter Black Swan.

Keesokan harinya, Nina meminta Thomas untuk mempertimbangkan kembali keputusannya dan memilihnya untuk memainkan peran tersebut. Saat Thomas mencium Nina secara paksa, Nina menggigitnya dan berlari keluar dari kantornya. Beberapa hari kemudian, Nina melihat daftar pemeran dan melihat bahwa ia mendapatkan peran utama tersebut, membuat Nina dan ibunya yang terlalu protektif, Erica (Barbara Hershey), terkejut. Pada acara gala yang merayakan musim baru, Beth yang mabuk memarahi Nina, menuduhnya tidur dengan Thomas untuk mendapatkan peran tersebut. Keesokan harinya, Nina mengetahui bahwa Beth ditabrak mobil saat mabuk di jalan dan Thomas yakin Beth sengaja melakukannya.

Selama latihan, Thomas memberitahu Nina untuk memperhatikan penari baru, Lily (Mila Kunis), di mana Thomas menilai Lily memiliki kualitas yang terbaik yang tidak dapat ditunjukkan Nina. Nina juga menjadi korban dari beberapa halusinasi seorang doppelgänger yang mengikutinya ke mana pun ia pergi dan menemukan bekas goresan yang tidak dapat dijelaskan di punggungnya. Suatu malam, Nina menerima undangan Lily untuk makan malam meskipun Erica menolaknya.

Saat makan malam, Lily menawarkan Nina sebuah kapsul ekstasi untuk membantunya bersantai. Nina menolaknya, namun kemudian, ia menerima minuman yang dicampur dengan bubuk ekstasi. Keduanya menari di kelab malam dan kembali ke apartemen Nina pada tengah malam. Setelah bertengkar dengan ibunya, Nina menghalangi dirinya sendiri di kamarnya dan secara fisik akrab dengan Lily. Keesokan paginya, Nina bangun sendirian dan menyadari bahwa ia terlambat melakukan gladi resik. Setibanya di Lincoln Center, ia menemukan Lily menari sebagai Black Swan dan mengetahui bahwa pertemuan mereka tidak pernah terjadi.

Setelah Nina mengetahui bahwa Thomas menjadikan Lily sebagai cadangannya, halusinasi Nina tumbuh semakin kuat sampai pada titik di mana Erica mencoba mencegahnya tampil pada malam pembukaan. Nina memaksa Erica keluar dari apartemen dan tiba di Lincoln Center hanya untuk mengetahui bahwa Lily sudah siap untuk mengambilalih. Ia marah kepada Thomas, yang menjadi sangat terkesan dengan kepercayaan diri Nina bahwa Thomas mengizinkannya tampil.

Pada akhir bagian kedua pertunjukkan tersebut, Nina menjadi terganggu oleh halusinasi, menyebabkan pasangannya mengeluarkannya. Nina kembali ke kamarnya dan melihat Lily bersiap untuk tampil sebagai Black Swan. Ketika Lily berubah menjadi doppelgänger Nina, keduanya terlibat dalam perkelahian yang berakhir dengan Nina menikam doppelgänger tersebut dengan pecahan kaca. Ia menyembunyikan jenazah doppelgänger itu dan kembali ke panggung, di mana ia kehilangan dirinya sendiri dan memberikan penampilan sempurna seperti Black Swan.

Nina mendapatkan tepuk tangan meriah dari penonton dan setelah mengejutkan Thomas dengan ciuman penuh gairah, ia kembali ke kamarnya. Ketika ia ganti baju, Nina mendengar ketukan di pintu dan membukanya untuk melihat bahwa Lily mengucapkan selamat kepadanya. Menyadari bahwa perkelahian tersebut tidak pernah terjadi dan bahwa Nina menikam dirinya sendiri, Nina diam-diam terus berubah.

Setelah menari di bagian terakhir, di mana White Swan bunuh diri dengan menjatuhkan dirinya dari tebing, Nina jatuh ke kasur yang tersembunyi dari panggung. Saat pertunjukkan berakhir dengan tepuk tangan meriah, Thomas, Lily dan para pemeran lainnya berkumpul untuk memberi selamat kepada Nina, hanya untuk mengetahui bahwa perutnya berdarah. Nina memberitahu Thomas bahwa penampilannya sempurna sebelum ia kehilangan kesadaran.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

  • Natalie Portman sebagai Nina Sayers / The White Swan / The Black Swan
  • Mila Kunis sebagai Lily / The Black Swan
  • Vincent Cassel sebagai Thomas Leroy / The Gentleman
  • Barbara Hershey sebagai Erica Sayers / The Queen
  • Winona Ryder sebagai Beth MacIntyre / The Dying Swan
  • Benjamin Millepied sebagai David Moreau / The Prince
  • Ksenia Solo sebagai Veronica / Little Swan
  • Kristina Anapau sebagai Galina / Little Swan
  • Janet Montgomery sebagai Madeline / Little Swan
  • Sebastian Stan sebagai Andrew / Suitor
  • Toby Hemingway sebagai Thomas "Tom" / Suitor

Tanggapan Kritikus[sunting | sunting sumber]

Film Black Swan mendapatkan review positif dari para kritikus. Berdasarkan Rotten Tomatoes, film ini memiliki rating 87%, berdasarkan 282 ulasan, dengan rating rata-rata 8.2/10.[6] Berdasarkan Metacritic, film ini mendapatkan skor 79 dari 100, berdasarkan 42 kritik, menunjukkan "ulasan yang baik".[7]

Box Office[sunting | sunting sumber]

Film Black Swan mendapatkan $106,954,678 di Amerika Utara dan $222,443,368 di negara lain. Total pendapatan yang dihasilkan oleh film ini mencapai $329,398,046, melebihi anggaran produksi film $13 juta.[3]

Pada pembukaan akhir pekan secara terbatas, film ini mendapatkan $1,443,809, menempati posisi ke-13 di box office. Namun, pada pembukaan akhir pekan secara luas, film ini mendapatkan $8,383,479, menempati posisi ke-7 di box office.[3]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Black Swan (15)". British Board of Film Classification. November 19, 2010. Diakses tanggal September 21, 2016. 
  2. ^ Zeitchik, Steven (September 17, 2010). "Darren Aronofsky's 'Black Swan' a feature film of a different feather". Los Angeles Times. Diakses tanggal October 30, 2010. 
  3. ^ a b c "Black Swan (2010)". Box Office Mojo. Diakses tanggal March 4, 2011. 
  4. ^ Vivarelli, Nick (September 1, 2010). "Aronofsky flies Swan at Venice". Variety. Diarsipkan dari versi asli tanggal September 2, 2010. 
  5. ^ DiOrio, Carl (December 5, 2010). "'Black Swan' Breaks Studio Record as Prestige Films Make Impressive Debuts, Expansions". The Hollywood Reporter. Diakses tanggal August 11, 2012. 
  6. ^ "Black Swan (2010)". Rotten Tomatoes. Diakses tanggal February 7, 2018. 
  7. ^ "Black Swan reviews". Metacritic. Diakses tanggal February 7, 2018. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]