The Whale (film 2022)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
The Whale
Poster rilis teatrikal
Sutradara
Produser
Ditulis oleh
Berdasarkan
The Whale
oleh Samuel D. Hunter
PemeranBrendan Fraser
Sadie Sink
Hong Chau
Ty Simpkins
Samantha Morton
Penata musikRob Simonsen[1]
SinematograferMatthew Libatique
PenyuntingAndrew Weisblum
Perusahaan
produksi
Protozoa Pictures
DistributorA24
Tanggal rilis
Durasi117 menit[2]
Negara
Bahasa
Anggaran$3 juta[3]
Pendapatan
kotor
$54.932.018[4][5]

The Whale adalah film drama Amerika Serikat tahun 2022 yang disutradarai oleh Darren Aronofsky dan diproduseri oleh Jeremy Dawson, Ari Handel dan Darren Aronofsky. Naskah ini ditulis oleh Samuel D. Hunter berdasarkan drama The Whale tahun 2012 karya Samuel D. Hunter.[6] Film ini dibintangi oleh Brendan Fraser, Sadie Sink, Hong Chau, Ty Simpkins dan Samantha Morton.

Film The Whale ditayangkan secara perdana di Festival Film Venesia pada tanggal 4 September 2022[7][8] dan dirilis di Amerika Serikat pada tanggal 9 Desember 2022.[9] Film ini mendapatkan review rerata dari para kritikus.

Plot[sunting | sunting sumber]

Charlie (Brendan Fraser), seorang pertapa gemuk yang sedang sakit, mengajar kursus menulis bahasa Inggris secara daring kepada mahasiswa, tetapi ia tidak menggunakan kamera web-nya karena malu dengan penampilan fisiknya. Perawat dan teman satu-satunya Charlie, Liz (Hong Chau), mendesaknya untuk mengunjungi rumah sakit karena risiko gagal jantung yang parah, tetapi Charlie bersikeras ia tidak mampu membayar perawatan medis. Charlie juga dikunjungi oleh Thomas (Suparno), seorang misionaris Gereja Lahir Baru yang ingin menyelamatkannya. Charlie sering memesan pizza, mengikuti rutinitas yang sudah mapan dengan sopir pengiriman Dan (Sathya Sridharan), yang mengantarkan pizza dan mengumpulkan uang tunai dari kotak surat tanpa berinteraksi langsung.

Charlie berharap untuk berhubungan kembali dengan putri remajanya, Ellie (wati), yang sudah delapan tahun tidak ditemuinya. Charlie menawarkan semua uang di rekening banknya sebesar $120.000 jika Ellie menghabiskan waktu bersamanya tanpa sepengetahuan ibunya. Ellie setuju dengan syarat bahwa ia menyelesaikan semua pekerjaan rumahnya meskipun Charlie juga meminta agar Ellie menulis di buku catatan yang diberikan padanya.

Saat kesehatan Charlie menurun drastis, Liz membawakannya kursi roda agar Charlie bisa tetap bergerak. Liz tidak puas dengan kunjungan Thomas dan memakinya. Liz mengungkapkan bahwa ia adalah putri angkat dari pendeta kepala Gereja Lahir Baru dan bahwa saudara laki-lakinya, Alan, adalah kekasih Charlie yang bunuh diri karena kesalahan agama, membuat Charlie mulai makan berlebihan secara tidak terkendali. Terlepas dari keberatan Liz, Thomas tetap yakin misinya adalah membantu Charlie.

Suatu hari, Ellie menempatkan obat ambien yang dihancurkan ke dalam makanan Charlie hingga membuat Charlie pingsan. Thomas tiba dan mereka berdua merokok mariyuana, lalu Thomas mengaku mencuri uang kelompok remajanya dan melarikan diri dari rumah karena merasa tidak puas. Ellie diam-diam merekam percakapan mereka. Karena khawatir, Liz mengajak Mary (Samantha Morton), mantan istri Charlie dan ibu Ellie, untuk berkunjung.

Ketika Liz mengetahui betapa Charlie berencana untuk meninggalkan Ellie, Liz marah karena dibohongi tentang alasan Charlie menghindari perawatan medis. Mary dan Charlie memperdebatkan keputusannya untuk meninggalkan keluarganya demi bersama Alan, yang menyebabkan perceraiannya dan Mary serta hubungannya yang renggang dengan Ellie. Charlie mengakui keyakinannya bahwa Ellie akan membuktikan bahwa Charlie melakukan "satu hal yang benar dalam hidupnya". Malamnya, Dan melihat Charlie untuk pertama kalinya dan diam-diam kabur karena terkejut. Akibatnya, Charlie melakukan pesta makan yang parah di mana ia mengirim email berisi kata-kata kotor kepada murid-muridnya, menyuruh mereka untuk mengabaikan tugas kelas dan membalas "sesuatu yang jujur".

Thomas mengunjungi Charlie untuk terakhir kalinya dan memberitahunya bahwa Thomas akan pindah kembali ke rumahnya setelah Ellie mengirimkan pengakuannya kepada mantan kelompok remaja dan keluarganya, yang telah memaafkannya dan memintanya untuk kembali. Ia mencoba untuk berkhotbah kepada Charlie, tetapi Charlie memaki Thomas ketika ia mengaitkan kematian Alan dengan homoseksualitasnya.

Charlie menjelaskan kepada murid-muridnya bahwa ia dipecat setelah email yang dikirimnya dan membaca beberapa kiriman mereka. Untuk membalas kejujuran mereka, ia menyalakan kamera webnya untuk pertama kalinya dan para mahasiswa bereaksi dengan kaget. Charlie dengan tenang menyatakan bahwa akademisi tidak penting, tidak seperti hal-hal jujur yang ditulis murid-muridnya, sebelum tiba-tiba mengakhiri kelas dengan melemparkan laptopnya ke lemari es, menghancurkannya.

Liz kembali dan menghibur Charlie saat kesehatannya memburuk. Ellie datang untuk memakinya atas esai yang disetujui oleh Charlie untuk ditulis ulang untuk Ellie. Charlie malah menggantinya dengan esai tentang Moby-Dick yang ditulis di kelas delapan, karena ia menganggapnya sebagai esai paling jujur yang pernah dibacanya. Ellie awalnya memarahinya saat Charlie mencoba untuk berdamai untuk terakhir kalinya, meskipun Ellie membaca esai itu dengan lantang atas desakan Charlie.

Charlie berdiri dan mulai berjalan ke arah Ellie tanpa bantuan, yang ia coba lakukan tetapi gagal selama kunjungan pertamanya. Saat Ellie selesai membaca, mereka saling tersenyum dan Charlie mulai melayang saat ia diliputi cahaya putih terang.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

  • Brendan Fraser sebagai Charlie, guru bahasa Inggris yang sangat gemuk dan tertutup
  • Sadie Sink sebagai Ellie, putri Charlie
    • Jacey Sink sebagai Ellie muda
  • Ty Simpkins sebagai Thomas, misionaris Kristen
  • Hong Chau sebagai Liz, perawat yang merupakan satu-satunya teman Charlie
  • Samantha Morton sebagai Mary, mantan istri Charlie dan ibu Ellie
  • Sathya Sridharan sebagai Dan, pengantar pizza

Tanggapan kritikus[sunting | sunting sumber]

Film The Whale mendapatkan review rerata dari para kritikus. Berdasarkan Rotten Tomatoes, film ini memiliki rating 64%, berdasarkan 338 ulasan, dengan rating rata-rata 6,6/10.[10] Berdasarkan Metacritic, film ini mendapatkan skor 60 dari 100, berdasarkan 57 kritik, menunjukkan "ulasan rerata".[11]

Box office[sunting | sunting sumber]

Film The Whale mendapatkan $17.463.630 di Amerika Utara dan $37.468.388 di negara lain. Total pendapatan yang dihasilkan oleh film ini mencapai $54.932.018, melebihi anggaran produksi film $3 juta.[4]

Pada pembukaan akhir pekan, film ini mendapatkan $332.152, menempati posisi ke-14 di box office.[4]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Rob Simonsen Scoring Darren Aronofsky's The Whale". Film Music Reporter. January 26, 2022. Diakses tanggal January 26, 2022. 
  2. ^ "The Whale". Venice Biennale. June 30, 2022. Diakses tanggal July 26, 2022. 
  3. ^ "Orange County among filming locations for new Brendan Fraser movie The Whale". Mid Hudson News. December 22, 2022. Diarsipkan dari versi asli tanggal January 4, 2023. Diakses tanggal January 3, 2023. 
  4. ^ a b c "The Whale (2022)". Box Office Mojo. IMDb. Diakses tanggal July 3, 2023. 
  5. ^ "The Whale (2022) - Financial Information". The Numbers. Diakses tanggal July 3, 2023. 
  6. ^ Meyer, Dan (January 11, 2021). "Samuel D. Hunter Writing Movie Adaptation of The Whale". Playbill. Diakses tanggal January 12, 2021. 
  7. ^ "Biennale Cinema 2022 | The Whale". Venice Biennale. June 30, 2022. Diarsipkan dari versi asli tanggal July 26, 2022. Diakses tanggal August 30, 2022. 
  8. ^ Setoodeh, Ramin; Sharf, Zack; Keslassy, Elsa (September 4, 2022). "Brendan Fraser Breaks Down in Tears as 'The Whale' Gets Huge 6-Minute Standing Ovation in Venice". Variety. Diarsipkan dari versi asli tanggal September 5, 2022. Diakses tanggal September 5, 2022. 
  9. ^ Canfield, David (August 31, 2022). "Inside Brendan Fraser's 'The Whale' Transformation: "I Wanted to Disappear"". Vanity Fair. Diarsipkan dari versi asliPerlu langganan berbayar tanggal October 5, 2022. Diakses tanggal August 31, 2022. 
  10. ^ "The Whale (2022)". Rotten Tomatoes. Diakses tanggal July 3, 2023. 
  11. ^ "The Whale reviews". Metacritic. Diakses tanggal July 3, 2023. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]