The Fighter (film 2010)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
The Fighter
The Fighter 2010 Poster.jpg
Poster film The Fighter
SutradaraDavid O. Russell
ProduserDorothy Aufiero
David Hoberman
Todd Lieberman
Ryan Kavanaugh
Paul Tamasy
Mark Wahlberg
Darren Aronofsky
SkenarioPaul Tamasy
Eric Johnson
Scott Silver
CeritaKeith Dorrington
Paul Tamasy
Eric Johnson
PemeranMark Wahlberg
Christian Bale
Amy Adams
Melissa Leo
MusikMichael Brook
SinematografiHoyte van Hoytema
PenyuntingPamela Martin
Perusahaan
produksi
Closest to the Hole Productions
Mandeville Films
Relativity Media
Protozoa Pictures
DistributorParamount Pictures
(Amerika Utara)
The Weinstein Company
(internasional)
Tanggal rilis
  • 6 Desember 2010 (2010-12-6) (TCL Chinese Theatre)
  • 10 Desember 2010 (2010-12-10) (terbatas di Amerika Serikat)
  • 17 Desember 2010 (2010-12-17) (secara luas di Amerika Serikat)
Durasi
116 menit[1][2][3]
NegaraAmerika Serikat
BahasaInggris
Anggaran$25 juta[4]
Pendapatan kotor$129.190.869[5]

The Fighter adalah film biografi drama Amerika Serikat tahun 2010 yang disutradarai oleh David O. Russell dan diproduseri oleh Dorothy Aufiero, David Hoberman, Todd Lieberman, Ryan Kavanaugh, Paul Tamasy, Mark Wahlberg dan Darren Aronofsky. Naskah film ini ditulis oleh Paul Tamasy, Eric Johnson dan Scott Silver, sementara ceritanya ditulis oleh Keith Dorrington, Paul Tamasy dan Eric Johnson. Film ini dibintangi oleh Mark Wahlberg, Christian Bale, Amy Adams dan Melissa Leo.

Film The Fighter ditayangkan secara perdana di TCL Chinese Theatre pada tanggal 6 Desember 2010 dan dirilis di Amerika Serikat pada tanggal 10 Desember 2010 secara terbatas dan 17 Desember 2010 secara luas.[6] Film ini mendapatkan review positif dari para kritikus.

Plot[sunting | sunting sumber]

Micky Ward (Mark Wahlberg) merupakan seorang petinju kelas welter Amerika Serikat yang berasal dari Lowell, Massachusetts. Diurus oleh ibunya, Alice Eklund-Ward (Melissa Leo) dan dilatih oleh saudara tirinya, Dicky Eklund (Christian Bale), Micky menjadi "batu loncatan" bagi petinju lain untuk mengalahkan mereka sepanjang kariernya. Dicky, mantan petinju yang sukses, menjaga jarak dengan Sugar Ray Leonard pada tahun 1978 dan menjadi pecandu kokain. Dicky sedang syuting sebuah film dokumenter HBO, yang dipercaya tentang kembalinya Dicky.

Pada malam pertarungan di Atlantic City, lawan Micky sedang sakit, dan petinju pengganti diketahui beratnya 20 pound lebih berat dari Micky, perbedaan besar dalam pertandingan tinju profesional, yang merupakan dua atau tiga kelas berat. Meskipun Micky keberatan, ibu dan Dicky menyetujuinya sehingga mereka semua bisa mendapatkan hadiahnya dan Micky kalah. Micky mundur dari dunia tinju dan menjalin hubungan dengan Charlene Fleming (Amy Adams), mantan atlet dari perguruan tinggi yang keluar dan menjadi bartender.

Setelah beberapa minggu, Alice mengatur pertandingan lain untuk Micky, tetapi Micky khawatir hal itu akan berubah sama. Ibunya dan tujuh saudara perempuannya menyalahkan Charlene karena motivasi Micky yang berkurang. Micky memberitahu bahwa ia menerima tawaran untuk latihan di Las Vegas, tetapi Dicky memberitahu bahwa ia akan mencocokkan tawaran tersebut sehingga ia dapat berlatih dan bekerja sama dengan keluarganya. Dicky kemudian mencoba mendapatkan uang dengan menjadikan kekasihnya sebagai pekerja seks komersial dan setelah sang kekasih mendapatkan pelanggan, Dicky menyamar sebagai polisi untuk mencuri uang si pelanggan tersebut. Aksi Dicky digagalkan oleh polisi yang sebenarnya dan mereka menangkap Dicky setelah terjadi pengejaran dan perkelahian dengan mereka. Micky mencoba menghentikan polisi yang menangkap saudaranya dan seorang petugas polisi dengan brutal mematahkan tangan Micky sebelum menangkapnya. Setelah diinterogasi, Micky dibebaskan, tetapi Dicky tetap masuk ke penjara. Micky mencuci tangan Dicky.

Pada malam penayangan film dokumenter HBO, keluarga Dicky dan Dicky sendiri dipenjara, merasa ngeri melihat bahwa film itu diberi judul Crack in America dan mendeskripsikan bagaimana kokain merusak karier dan kehidupan Dicky. Dicky memulai latihan dan mencoba menjalani hidupnya di penjara. Micky tertarik untuk kembali ke pertandingan tinju oleh ayahnya (Jack McGee), yang percaya bahwa Alice dan Dicky adalah pengaruh buruk. Anggota tim latihan dan manajer barunya, Sal Lanano (Frank Renzulli), membujuk Micky untuk kembali ke pertandingan tinju dengan pemahaman eksplisit bahwa ibu dan saudara tirinya tidak lagi terlibat. Mereka menempatkan Micky dalam pertarungan kecil untuk membantunya mendapatkan kembali kepercayaan dirinya. Ia kemudian ditawarkan untuk bertarung di pertandingan besar melawan petinju yang tak terkalahkan. Ketika Micky berkunjung ke penjara, Dicky menasihati Micky tentang cara terbaik untuk melakukan pekerjaan lawannya, tetapi Micky merasa saudaranya bersikap egois dan mencoba memulai kembali kariernya yang gagal. Pada pertandingan yang sebenarnya, Micky nyaris kalah, tetapi ia kemudian menerapkan saran dan kemenangan saudaranya dan Micky mendapatkan kemenangan.

Setelah bebas dari penjara, Dicky dan ibunya pergi untuk melihat Micky latihan. Dengan asumsi terjadi sesuatu yang tidak diinginkan, Dicky bersiap untuk berdebat dengan saudaranya, tetapi Micky memberitahunya bahwa tidak lama kemudian, Dicky diizinkan bergabung berdasarkan kesepakatan Micky dengan timnya saat ini. Dalam argumen berikutnya, di mana Micky melerai keluarganya, Charlene dan pelatihnya meninggalkannya. Micky dan Dicky berlari sampai Micky memukul Dicky. Dicky meninggalkannya dengan marah dan Alice memarahi Micky, hanya menjadi sadar ketika Micky memberitahu Alice bahwa ia selalu menyayangi Dicky. Dicky kembali ke rumah lamanya, di mana ia berpamitan dengan teman-temannya dan pergi ke apartemen Charlene. Dicky mengatakan kepada Charlene bahwa Micky membutuhkan mereka dan mereka perlu bekerja sama. Setelah membawa semua orang kembali berkumpul, mereka pergi ke London untuk pertandingan melawan juara kelas welter Shea Neary. Micky menang dan mendapatkan gelar kelas welter. Film ini melompat beberapa tahun kemudian, dengan Dicky menyebutkan saudaranya sebagai pencipta kesuksesannya sendiri.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

  • Mark Wahlberg sebagai Micky Ward
  • Christian Bale sebagai Dicky Eklund, saudara tiri Micky
  • Amy Adams sebagai Charlene Fleming, kekasih Micky
  • Melissa Leo sebagai Alice Eklund-Ward, ibu Micky dan Dicky
  • Jack McGee sebagai George Ward, ayah Micky
  • Frank Renzulli sebagai Sal Lanano
  • Mickey O'Keefe sebagai diri sendiri
  • Jenna Lamia sebagai Sherri "The Baby" Ward, saudara Micky dan Dicky
  • Bianca Hunter sebagai Cathy "Pork" Eklund, saudara Micky dan Dicky
  • Erica McDermott sebagai Cindy "Tar" Eklund, saudara Micky dan Dicky
  • Sugar Ray Leonard sebagai diri sendiri
  • Kate O'Brien sebagai Phyllis Eklund, saudara Micky dan Dicky

Tanggapan Kritikus[sunting | sunting sumber]

Film The Fighter mendapatkan review positif dari para kritikus. Berdasarkan Rotten Tomatoes, film ini memiliki rating 90%, berdasarkan 239 ulasan, dengan rating rata-rata 7,8/10.[7] Berdasarkan Metacritic, film ini mendapatkan skor 79 dari 100, berdasarkan 41 kritik, menunjukkan "ulasan yang baik".[8] Berdasarkan CinemaScore, film ini mendapatkan nilai "A-" dari penonton film untuk skala A+ sampai F.[9]

Box Office[sunting | sunting sumber]

Film The Fighter mendapatkan $93.617.009 di Amerika Utara dan $35.573.860 di negara lain. Total pendapatan yang dihasilkan oleh film ini mencapai $129.190.869, melebihi anggaran produksi film $25 juta.[5]

Pada pembukaan akhir pekan secara terbatas, film ini mendapatkan $300.010, menempati posisi ke-19 di box office. Namun, pada pembukaan akhir pekan secara luas, film ini mendapatkan $12.135.468, menempati posisi ke-4 di box office di belakang film Tron: Legacy, Yogi Bear dan The Chronicles of Narnia: The Voyage of the Dawn Treader.[5]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "THE FIGHTER (15)". British Board of Film Classification. December 21, 2010. Diakses tanggal December 7, 2015. 
  2. ^ DeBruge, Peter. The Fighter (review). Variety, November 10, 2010
  3. ^ The Fighter (movie details), Film Journal International "Blue Sheets"
  4. ^ Lovece, Frank. "Winning Combination: Mark Wahlberg and David O. Russell Champion 'The Fighter'", Film Journal International, December 3, 2010
  5. ^ a b c "The Fighter (2010)". Box Office Mojo. Diakses tanggal February 7, 2018. 
  6. ^ Kimball, George (2010-12-05). "'Fighter' more fiction than fact". Boston Herald. Diakses tanggal 2010-12-05. 
  7. ^ "The Fighter (2010)". Rotten Tomatoes. Diakses tanggal February 7, 2018. 
  8. ^ "The Fighter reviews". Metacritic. Diakses tanggal February 7, 2018. 
  9. ^ "CinemaScore". cinemascore.com. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]