Natalie Portman

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Natalie Portman
Natalie Portman - TIFF2010 01.jpg
Lahir Nata Lee Hershlag
(bahasa Ibrani: נטלי הרשלג)
Tahun aktif 1994–sekarang
Suami/istri Benjamin Millepied
Anak Aleph Portman-Millepied
Penghargaan NBR Award for Best Cast
2004 Closer
Saturn Award for Best Actress
2007 V for Vendetta

Natalie Hershlag[1][2] (bahasa Ibrani: נטעלי הרשלג) (lahir di Yerusalem, 9 Juni 1981; umur 37 tahun), dan lebih dikenal dengan nama aktrisnya, Natalie Portman (Ibrani: נטלי פורטמן), adalah seorang aktris Israel-Amerika Serikat. Nama Portman adalah nama keluarga neneknya dari pihak ibu.

Ia pernah dinominasikan untuk Academy Award dan pernah memenangkan Golden Globe Award. Natalie terutama dikenal dari film Star Wars dan V for Vendetta.

Portman adalah satu-satunya anak dari pasangan Avner Hershlag dan Shelley Stevens. Saat berusia tiga tahun, Portman beserta keluarganya pindah ke AS. Portman lulus dari Universitas Harvard dengan gelar sarjana bidang psikologi pada 5 Juni 2003. Ia fasih bertutur bahasa Ibrani, Inggris, Perancis, Jepang, Arab,dan Jerman. Rambutnya dicukur botak pada tahun 2005 guna berperan dalam film V for Vendetta.

Pada tahun 2010, Portman mendapatkan film terbaiknya sejauh ini, dengan titel Black Swan, film psychological-thriller tentang Nina, penari ballet yang bingung dengan kehidupannya saat ini, disaat ia sangat menginginkan peran ballet tertinggi disebuah pentas, Swan Lake, ia harus berjuang mencari di mana fakta dan di mana fiksi. Nina sendiri memiliki penyakit double-mind, yang membuatnya sering berhalusinasi tentang hal-hal yang mengerikan. Nina sampai pada satu hal pada akhirnya, ia akan melakukan apa saja demi mendapatkan peran tertinggi itu, termasuk untuk membunuh. Portman mendapatkan banyak penghargaan untuk aktingnya difilm itu.

Pada tahun 2011, Portman menyapu bersih hampir semua penghargaan untuk Aktris Terbaik, termasuk dari Screen Actors Guild Awards, Golden Globe Awards, Critic's Choice Awards, BAFTA Awards dan Academy Awards untuk film Black Swan.

Karier[sunting | sunting sumber]

Karier Awal[sunting | sunting sumber]

Portman mulai belajar menari pada usia empat tahun dan dilakukan di kelompok-kelompok lokal. Pada usia 10, seorang agen Revlon memintanya untuk menjadi seorang anak model, tetapi dia menolak tawaran untuk fokus pada akting.Dalam sebuah wawancara majalah, Portman mengatakan bahwa ia "Aku berbeda dari anak-anak lain.Aku lebih ambisius.Saya tahu apa yang saya sukai dan apa yang saya inginkan, dan saya bekerja sangat keras.Saya adalah seorang anak yang sangat serius."

Pada liburan sekolah,Portman menghadiri kamp teater.Ketika ia berusia 10 tahun, Portman mengikuti audisi untuk 1992 Pertunjukan Off-Broadway Ruthless !,drama musikal tentang seorang gadis yang siap untuk melakukan pembunuhan untuk mendapatkan jabatan pimpinan dalam drama sekolah.Portman dan bintang pop masa depan Britney Spears dipilih sebagai understudies untuk bintang Laura Bell Bundy.Pada tahun 1993, ia mengikuti audisi untuk peran anak yatim piatu yang berteman pembunuh bayaran setengah baya (diperankan oleh Jean Reno) di film Luc Besson's,Léon: The Professional.Segera setelah mendapatkan bagian, dia mengambil nama gadis nenek dari pihak ayahnya, "Portman",sebagai nama panggungnya untuk kepentingan privasi dan untuk melindungi identitas keluarganya.Léon: The Professional dirilis pada tahun 1994, menandai debutnya film nya.

1995-1999[sunting | sunting sumber]

Selama pertengahan 1990-an,Portman memiliki peran dalam film Heat,Everone Says I Love You,dan Mars Attacks!,Serta peran utama dalam Beautiful Girls.Dia adalah pilihan pertama untuk bermain sebagai Juliet di William Shakespeare Romeo + Juliet,tetapi produser merasa usianya tidak cocok.Pada tahun 1997,Portman memainkan peran sebagai Anne Frank dalam Drama adaptasi Broadway dari The Diary of Anne Frank.

Juga pada tahun 1997,Portman berperan sebagai Padmé Amidala dalam Star Wars trilogi prekuel.Film pertama,The Phantom Menace,Mulai syuting pada bulan Juni 1997 dan dirilis Mei 1999. Setelah produksi The Phantom Menace, Awalnya ia menolak peran utama dalam film Anywhere But Here setelah belajar bahwa film itu akan melibatkan adegan seks,tapi sutradara Wayne Wang dan aktris Susan Sarandon (yang bermain sebagai ibu Portman dalam film) menuntut menulis ulang naskah.Portman ditunjukkan draft baru, dan dia memutuskan untuk menerima peran.Film ini dibuka pada akhir tahun 1999, dan ia masuk nominasi Golden Globe untuk Aktris Pendukung Terbaik untuk perannya sebagai Ann August.Pengkritik Mary Elizabeth Williams dari Salon menyebut Portman "menakjubkan" dan mengatakan bahwa "Tidak seperti sejumlah aktris pada usianya, dia tidak terlalu cengeng atau terlalu berani."Dia kemudian menandatangani kontrak untuk memainkan peran utama sebagai seorang ibu dari seorang anak remaja dalam film Where the Heart is,yang dirilis pada bulan April tahun 2000.

Filmografi[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Dickerson, James L. Natalie Portman: Queen of Hearts (ECW Press, 2002), p. 32.
  2. ^ Collins, Andrew. "Natalie Portman: The Prodigy Comes of Age". The Observer, January 2, 2011. Retrieved January 6, 2011.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]