Garden State (film)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Garden State
Garden State Poster.jpg
Poster rilis teatrikal
SutradaraZach Braff
ProduserGary Gilbert
Dan Halsted
Pam Abdy
Richard Klubeck
SkenarioZach Braff
PemeranZach Braff
Natalie Portman
Peter Sarsgaard
Ian Holm
MusikAlexi Murdoch
Chad Fischer
SinematografiLawrence Sher
PenyuntingMyron I. Kerstein
Perusahaan
produksi
DistributorSearchlight Pictures
(Amerika Serikat)
Miramax
(internasional)
Tanggal rilis
Durasi
102 menit[1]
NegaraAmerika Serikat
BahasaInggris
Anggaran$2,5 juta
Pendapatan kotor$35.825.316[2]

Garden State adalah film drama komedi romantis Amerika Serikat tahun 2004 yang disutradarai oleh Zach Braff dan diproduseri oleh Gary Gilbert, Dan Halsted, Pam Abdy dan Richard Klubeck. Naskah film ini ditulis oleh Zach Braff. Film ini dibintangi oleh Zach Braff, Natalie Portman, Peter Sarsgaard dan Ian Holm.

Film Garden State ditayangkan secara perdana di Festival Film Sundance pada tanggal 16 Januari 2004[3] dan dirilis di Amerika Serikat pada tanggal 28 Juli 2004.[4] Film ini mendapatkan review positif dari para kritikus.

Plot[sunting | sunting sumber]

Aktor Andrew Largeman (Zach Braff) bangun dari mimpi — di mana ia apatis duduk di pesawat yang menabrak — karena pesan telepon dari ayahnya, Gideon (Ian Holm). Sang ayah memberitahu Andrew bahwa ia harus kembali ke rumah karena ibunya telah meninggal.

Andrew meninggalkan Los Angeles dan kembali ke New Jersey untuk menghadiri pemakaman ibunya. Ia mengenal penggali makam ibunya sebagai teman lamanya, Mark (Peter Sarsgaard) dan Dave (Alex Burns), yang mengundangnya ke pesta malam itu. Di rumah, Gideon memberikan janji pertemuan dengan Dr. Cohen (Ron Leibman) kepada Andrew karena sakit kepala yang dialaminya.

Malamnya, Andrew pergi ke pesta di mana ia bertemu dengan Mark, Dave dan Jesse (Armando Riesco), seorang teman lama yang baru saja mendapatkan kekayaan setelah menciptakan Velcro yang sunyi. Setelah merokok ganja dan mengonsumsi ekstasi di pesta itu, ia masih tetap terpisah.

Pagi hari setelah pesta, Andrew melanjutkan janji pertemuannya itu. Di ruang tunggu, ia bertemu seorang wanita muda bernama Sam (Natalie Portman), yang adalah pembohong patologis. Sam kemudian menjelaskan bahwa seringkali ia tidak tahu mengapa ia berbohong dan akan selalu mengakuinya setelah itu. Dalam pertemuan Andrew dengan Dr. Cohen, terungkap bahwa Andrew telah menggunakan litium dan obat penstabil suasana hati lainnya serta antidepresan, sejak usia 10 tahun, tetapi akhir-akhir ini Andrew berhenti meminumnya. Ia juga mengatakan bahwa Gideon, yang adalah psikiaternya, meminum obatnya. Andrew bertemu dengan Sam di luar ruangan dan menawarinya pulang. Sam mengundangnya ke rumahnya dan ia bertemu dengan ibu Sam, yang tidak sengaja mengungkapkan bahwa Sam menderita epilepsi. Andrew memberitahu Sam tentang kematian ibu Andrew, lalu sambil menangis, Sam memuji hamsternya. Setelah kembali ke rumah, Andrew berseteru dengan Gideon dan Gideon bersikeras bahwa mereka sudah membahasnya sebelum Andrew pergi.

Kemudian, Andrew dan Jesse duduk di makam ketika Mark menggali makam lain. Andrew melihat Mark mencuri perhiasan dari mayat yang dikuburnya. Andrew kemudian kembali ke rumah Sam dan mereka berdua menghabiskan sisa hari bersama, kemudian bergabung dengan teman-temannya di rumah Jesse. Andrew memberitahu Sam bahwa Andrew mendorong ibunya sendiri saat ia frustrasi ketika ia berusia sembilan tahun, menjatuhkannya ke mesin pencuci piring yang rusak dalam suatu kecelakaan yang menyebabkan ibunya menderita paraplegia. Andrew mengatakan bahwa ayahnya menyalahkannya atas kelumpuhan ibunya dan menyuruhnya meminum obat untuk "mengekang amarah" yang seharusnya disembunyikannya. Sam mendengarkan dan Andrew kemudian mengakui perasaannya terhadap Sam.

Keesokan harinya, Mark memberitahu Andrew bahwa ia perlu bantuan "melacak" hadiah yang hilang untuknya. Sam, Andrew dan Mark menghabiskan hari itu bersama-sama dan berakhir di sebuah tambang di Newark di mana Mark berbicara dengan seorang pria bernama Albert (Denis O'Hare), yang dipekerjakan untuk mengusir pengganggu dari tambang. Mereka bertiga membahas alasan mengapa Albert dan istrinya memilih untuk tinggal di tambang. Albert menjelaskan bahwa tinggal di sana dan menjelajahi tambang adalah "melakukan sesuatu yang benar-benar unik, yang belum pernah dilakukan sebelumnya," mencerminkan pidato Sam sebelumnya. Akhirnya, Albert menjelaskan bahwa yang penting adalah tinggal bersama keluarganya. Andrew terinspirasi oleh percakapan itu dan di luar di tengah hujan, ia memanjat di atas kendaraan derek yang usang dan berteriak ke tambang, bersama Sam dan Mark. Andrew dan Sam kemudian berciuman.

Ketika Sam dan Andrew melihat hadiah itu keesokan harinya, ternyata hadiah itu adalah liontin favorit ibu Andrew, salah satu perhiasan yang dicuri oleh Mark dari makam ibunya, dijual dan kemudian ditemukan. Andrew akhirnya berbicara dengan ayahnya dan mengatakan bahwa ia tidak dapat disalahkan atas kecelakaan ibunya dan bahwa ia akan menjalani sisa hidupnya tanpa obat-obatan. Andrew memaafkan ayahnya dan mengatakan bahwa ia ingin membangun hubungan yang lebih baik dengannya.

Keesokan paginya, Andrew mengucapkan selamat tinggal kepada Sam di bandara ketika Sam memintanya untuk tidak pergi. Andrew mengakui bahwa Sam telah mengubah hidupnya tetapi juga mengakui bahwa Andrew masih harus memperbaiki masalah pribadinya sebelum melanjutkan hubungannya dengan Sam. Andrew naik pesawat dan Sam ditinggalkan menangis di bilik telepon. Andrew kemudian kembali, mengatakan bahwa ia tidak ingin menyia-nyiakan hidupnya tanpa Sam. Ia bertanya-tanya apa yang harus dilakukan selanjutnya, lalu mereka berdua berciuman.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Tanggapan Kritikus[sunting | sunting sumber]

Film Garden State mendapatkan review positif dari para kritikus. Berdasarkan Rotten Tomatoes, film ini memiliki rating 86%, berdasarkan 191 ulasan, dengan rating rata-rata 7,4/10.[6] Berdasarkan Metacritic, film ini mendapatkan skor 67 dari 100, berdasarkan 37 kritik, menunjukkan "ulasan yang baik".[7]

Box Office[sunting | sunting sumber]

Film Garden State mendapatkan $26.782.316 di Amerika Utara dan $9.043.000 di negara lain. Total pendapatan yang dihasilkan oleh film ini mencapai $35.825.316, melebihi anggaran produksi film $2,5 juta.[2]

Pada pembukaan akhir pekan, film ini mendapatkan $201.115, menempati posisi ke-30 di box office.[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Garden State (15)". British Board of Film Classification. December 12, 2005. Diakses tanggal April 24, 2016. 
  2. ^ a b c "Garden State (2004)". Box Office Mojo. IMDb. Diakses tanggal December 6, 2019. 
  3. ^ "Miramax and Fox Searchlight Jointly Acquire Worldwide Rights to Garden State". moviecitynews.com. Oscar City Centre. Diarsipkan dari versi asli tanggal December 1, 2005. Diakses tanggal December 18, 2013. 
  4. ^ Brooks, Brian (August 4, 2004). "Garden State Sows a Bountiful Box Office Debut". indieWIRE. Diarsipkan dari versi asli tanggal April 26, 2007. Diakses tanggal 2008-02-26. 
  5. ^ Lisa (July 28, 2004). "Garden State". Entertainment Weekly. Diakses tanggal July 23, 2020. 
  6. ^ "Garden State (2004)". Rotten Tomatoes. Diakses tanggal July 23, 2020. 
  7. ^ "Garden State reviews". Metacritic. Diakses tanggal July 23, 2020. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]