Boyhood (film)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Boyhood
Boyhood film.jpg
Poster film Boyhood
Sutradara Richard Linklater
Produser Richard Linklater
Cathleen Sutherland
Jonathan Sehring
John Sloss
Skenario Richard Linklater
Pemeran Ellar Coltrane
Patricia Arquette
Ethan Hawke
Lorelei Linklater
Sinematografi Lee Daniel
Shane Kelly
Penyunting Sandra Adair
Perusahaan
produksi
IFC Productions
Detour Filmproduction
Cinetic Media
Distributor IFC Films (Amerika Serikat)
Universal Pictures (internasional)
Tanggal rilis
  • 19 Januari 2014 (2014-1-19) (Festival Film Sundance)
  • 11 Juli 2014 (2014-7-11) (terbatas di Amerika Serikat)
  • 15 Agustus 2014 (2014-8-15) (secara luas di Amerika Serikat)
Durasi
165 menit[1]
Negara Amerika Serikat
Bahasa Bahasa Inggris
Anggaran $4 juta[2]
Pendapatan kotor $44,495,281[2]

Boyhood adalah film drama keluarga Amerika Serikat tahun 2014 yang disutradarai oleh Richard Linklater dan diproduseri oleh Richard Linklater, Cathleen Sutherland, Jonathan Sehring dan John Sloss. Naskah film ini ditulis oleh Richard Linklater. Film ini dibintangi oleh Ellar Coltrane, Patricia Arquette, Ethan Hawke dan Lorelei Linklater.

Film Boyhood ditayangkan secara perdana di Festival Film Sundance pada tanggal 19 Januari 2014[3] dan dirilis di Amerika Serikat pada tanggal 11 Juli 2014 secara terbatas dan 15 Agustus 2014 secara luas.[4] Film ini mendapatkan review positif dari para kritikus.

Plot[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 2002, Mason Evans Jr. (Ellar Coltrane) yang berusia enam tahun dan kakak perempuannya Samantha (Lorelei Linklater) tinggal dengan ibu tunggal mereka Olivia (Patricia Arquette) di Texas. Mason mendengar Olivia berdebat dengan kekasihnya dan mengatakan bahwa Olivia tidak memiliki waktu luang karena mengasuh anak.

Pada tahun 2003, Olivia dan keluarganya pindah ke Houston sehingga ia bisa kuliah di Universitas Houston, menyelesaikan gelarnya dan mendapatkan pekerjaan yang lebih baik.

Pada tahun 2004, ayah Mason, Mason Evans Sr. (Ethan Hawke), mengunjungi Houston dan membawa Mason dan Samantha pergi ke tempat bowling. Ia berjanji untuk meluangkan lebih banyak waktu bersama mereka. Ketika Mason Sr. mengantarkan anak-anak sampai ke rumah, ia berdebat dengan Olivia, sementara Mason dan Samantha melihat orang tuanya berdebat dari jendela. Olivia membawa Mason ke salah satu kelas Olivia, mengenalkan Mason pada profesornya, Bill Welbrock (Marco Perella). Mason melihat mahasiswa di kelas Bill menggodanya.

Pada tahun 2005, Olivia dan Bill telah menikah dan menggabungkan dua keluarga mereka, termasuk anak-anak Bill dari pernikahan sebelumnya. Mereka berbagi pengalaman seperti bermain video game dan menghadiri perilisan Harry Potter dan Pangeran Berdarah-Campuran pada tengah malam. Mason dan Samantha terdaftar di sekolah yang sama dengan saudara tirinya, di mana Mason bertemu dan berteman dengan seorang gadis bernama Nicole (Jessi Mechler), yang juga naksir pada Mason.

Pada tahun 2006, Mason dan Samantha bersama ayah mereka, Mason Sr., saat ia membawa mereka keluar seharian ke acara pertandingan Houston Astros dan menginap di rumahnya bersama teman sekamarnya, Jimmy (Charlie Sexton). Olivia melanjutkan pendidikannya dan awalnya ia mendukung gaya pengasuhan Bill yang ketat, yang mencakup banyak tugas untuk anak-anak dan pemotongan rambut panjang Mason yang dipaksakan.

Pada tahun 2007, Bill menjadi kasar karena alkoholisme yang mengambil alih hidupnya. Setelah Bill menyerang Olivia dan membahayakan anak-anak, Olivia dan keluarganya pindah ke rumah temannya dan mengajukan perceraian.

Pada tahun 2008, Mason Sr. mengetahui bahwa Samantha memiliki kekasih dan berbicara dengan Samantha dan Mason tentang kontrasepsi. Ia dan Mason pergi berkemah di Pedernales Falls State Park dan mulai menyukai band Wilco, Star Wars dan ketertarikan Mason terhadap seorang gadis. Mason dan Samantha telah tumbuh dalam kehidupan baru mereka di San Marcos, sebuah kota di dekat Austin, Texas.

Pada tahun 2009, Mason diintimidasi oleh siswa lain di sekolah dan diejek dalam perjalanan berkemah, namun ia mulai mendapat perhatian dari seorang gadis. Olivia mengajarkan psikologi di perguruan tinggi dan berhubungan dengan Jim, seorang mahasiswa dan veteran Perang Bosnia/Perang Irak.

Pada tahun 2010, Mason telah bereksperimen dengan ganja dan alkohol. Mason Sr., yang telah menikah lagi dan sekarang memiliki bayi, meminta Mason dan Samantha untuk mengunjungi orang tua dari istri barunya. Di hari ulang tahunnya, Mason Sr. memberikan Mason sebuah jas dan The Black Album, sebuah album CD berisi lagu-lagu The Beatles. Kakek dan nenek tiri Mason memberinya Alkitab pribadi dan sebuah senapan kuno.

Pada tahun 2011, Mason diajari oleh guru fotografi, Mr. Turlington (Tom McTigue), yang melihat potensinya, namun ia kecewa dengan kurangnya ambisi dan kerja kerasnya. Mason menghadiri pesta dan bertemu dengan Sheena (Zoe Graham), yang menjadi kekasihnya. Setelah Mason tiba di rumah pada malam hari dari pesta, Jim yang mabuk menyerang Mason. Olivia dan Jim akhirnya berpisah.

Pada tahun 2012, Mason dan Sheena mengunjungi Samantha di Universitas Texas di Austin, di mana mereka berbagi harapan dan ketakutan tentang kuliah, begadang untuk menyaksikan matahari terbit. Teman sekamar Samantha menemukan mereka tidur bersama di asramanya.

Pada bulan Mei 2013, di akhir tahun Mason di SMA, ia mengalami perpisahan yang menyakitkan dengan Sheena, memenangkan medali perak dalam sebuah kontes fotografi negara dan mendapatkan uang beasiswa perguruan tinggi. Keluarga Mason membuat pesta kelulusan dan merayakan kesuksesannya. Mason Sr. memberikan Mason nasihat tentang perpisahannya. Merencanakan untuk menjual rumah dan berhemat, Olivia bertemu dengan Samantha dan Mason untuk makan siang dan meminta mereka untuk memilah-milah barang-barang mereka. Pada tahun itu juga, ketika Mason bersiap untuk meninggalkan apartemen baru ibunya untuk kuliah, Olivia menangis dan kecewa dengan betapa cepatnya kehidupan berlalu. Di Universitas Negeri Sul Ross di Alpine, Texas, Mason pindah ke kamar asramanya dan bertemu dengan teman sekamarnya yang baru, Dalton (Maximillian McNamara), beserta kekasihnya, Barb (Taylor Weaver), dan teman sekamar Barb, Nicole. Mason makan ganja atau jamur cokelat yang diberikan oleh Barb dan kelompok tersebut pergi mendaki di Big Bend Ranch State Park. Akhirnya, Nicole dan Mason saling berbagi tentang momen.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Tanggapan Kritikus[sunting | sunting sumber]

Film Boyhood mendapatkan review positif dari para kritikus. Berdasarkan Rotten Tomatoes, film ini memiliki rating 97%, berdasarkan 288 ulasan, dengan rating rata-rata 9.2/10.[5] Berdasarkan Metacritic, film ini mendapatkan skor 100 dari 100, berdasarkan 50 kritik, menunjukkan "pengakuan universal".[6]

Box Office[sunting | sunting sumber]

Film Boyhood mendapatkan $25,352,281 di Amerika Utara dan $19,143,000 di negara lain. Total pendapatan yang dihasilkan oleh film ini mencapai $44,495,281, melebihi anggaran produksi film $4 juta.[2]

Pada pembukaan akhir pekan secara terbatas, film ini mendapatkan $387,618, menempati posisi ke-19 di box office. Namun, pada pembukaan akhir pekan secara luas, film ini mendapatkan $1,992,448, menempati posisi ke-11 di box office.[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "BOYHOOD (15)". British Board of Film Classification. June 5, 2014. Diakses tanggal January 15, 2015. 
  2. ^ a b c d "Boyhood (2014)". Box Office Mojo. July 11, 2014. Diakses tanggal November 15, 2017. 
  3. ^ "Richard Linklater's Ambitious 'Boyhood' Premieres at Sundance". Slashfilm.com. January 13, 2014. Diakses tanggal November 15, 2017. 
  4. ^ Neumyer, Scott (October 25, 2013). "Richard Linklater Talks Before Midnight, Boyhood, and a Possible TV Series". Parade. Diakses tanggal November 15, 2017. 
  5. ^ "Boyhood (2014)". Rotten Tomatoes. Diakses tanggal November 15, 2017. 
  6. ^ "Boyhood reviews". Metacritic. Diakses tanggal November 15, 2017. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]