Three Billboards Outside Ebbing, Missouri

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Three Billboards Outside Ebbing, Missouri
Three Billboards Poster 2017.jpg
Poster film Three Billboards Outside Ebbing, Missouri
Sutradara Martin McDonagh
Produser Graham Broadbent
Peter Czernin
Martin McDonagh
Skenario Martin McDonagh
Pemeran Frances McDormand
Woody Harrelson
Sam Rockwell
John Hawkes
Peter Dinklage
Musik Carter Burwell
Sinematografi Ben Davis
Penyunting Jon Gregory
Perusahaan
produksi
Fox Searchlight Pictures[1]
Film4 Productions[1]
Blueprint Pictures[1]
Cutting Edge Group[1]
Distributor Fox Searchlight Pictures[2]
Tanggal rilis
  • 4 September 2017 (2017-9-4) (Festival Film Venesia)
  • 10 November 2017 (2017-11-10) (terbatas di Amerika Serikat)
  • 1 Desember 2017 (2017-12-1) (secara luas di Amerika Serikat)
  • 12 Januari 2018 (2018-1-12) (Britania Raya)
Durasi
115 menit[3]
Negara Amerika Serikat
Britania Raya
Bahasa Inggris
Anggaran $12 juta[4]
Pendapatan kotor $159,210,164[5]

Three Billboards Outside Ebbing, Missouri adalah film drama komedi kriminal Amerika Serikat tahun 2017 yang disutradarai oleh Martin McDonagh dan diproduseri oleh Graham Broadbent, Peter Czernin dan Martin McDonagh. Naskah film ini ditulis oleh Martin McDonagh. Film ini dibintangi oleh Frances McDormand, Woody Harrelson, Sam Rockwell, John Hawkes dan Peter Dinklage.

Film Three Billboards Outside Ebbing, Missouri ditayangkan secara perdana di Festival Film Venesia pada tanggal 4 September 2017[6] dan dirilis di Amerika Serikat pada tanggal 10 November 2017 secara terbatas dan 1 Desember 2017 secara luas. Film ini dirilis di Britania Raya pada tanggal 12 Januari 2018.[7] Film ini mendapatkan review positif dari para kritikus.

Plot[sunting | sunting sumber]

Mildred Hayes (Frances McDormand) adalah seorang ibu tunggal yang masih berduka atas pemerkosaan dan pembunuhan terhadap putrinya yang masih remaja, Angela (Kathryn Newton), tujuh bulan yang lalu. Marah karena tidak ada perkembangan dalam penyelidikan, ia menyewa tiga papan reklame yang usang di dekat rumahnya, yang secara berurutan bertuliskan, "Diperkosa saat mati", "Masih tidak ada penangkapan?" dan "Bagaimana, Ketua Willoughby?"

Warga kota marah atas isi papan reklame tersebut, termasuk Sherif Bill Willoughby (Woody Harrelson) dan Opsir Jason Dixon (Sam Rockwell). Rahasia terbuka bahwa Bill menderita kanker pankreas stadium akhir membuat warga kota tidak setuju. Mildred dan putranya yang tertekan, Robbie (Lucas Hedges), dicemooh dan diancam, namun Mildred tetap teguh pada pendiriannya demi Robbie yang merasa kecewa.

Ketika Bill bersimpati pada Mildred yang frustasi, ia menganggap papan reklame itu sebagai serangan yang tidak adil terhadap pendirian Bill. Jason merasa kesal karena ketidakpedulian Mildred atas kewibawaan Bill. Jason melawan dengan mengancam Red (Caleb Landry Jones), yang menyewa papan reklame kepada Mildred, dan menangkap teman dan rekan kerja Mildred, Denise (Amanda Warren), atas tuduhan kepemilikan ganja yang tidak penting. Mildred juga dikunjungi oleh mantan suaminya yang kasar, Charlie (John Hawkes), yang menyalahkan Mildred atas kematian putri mereka.

Bill membawa Mildred untuk diinterogasi setelah Mildred melukai seorang dokter gigi dalam perkelahian di kliniknya. Di saat yang sama, Bill mulai batuk darah, pertanda bahwa penyakitnya semakin parah. Bill meninggalkan rumah sakit atas saran medis, dan menghabiskan hari yang indah bersama istrinya, Anne (Abbie Cornish), dan dua putrinya sebelum melakukan bunuh diri. Bill meninggalkan catatan bunuh diri untuk beberapa orang di Ebbing, termasuk untuk Mildred. Bill menjelaskan di catatan bunuh dirinya bahwa Mildred bukan penyebab ia bunuh diri, namun Bill diam-diam membayar untuk memasang ulang papan reklame tersebut sebulan lagi, menghibur Bill sendiri dengan antagonisme yang dilakukan oleh warga kota untuk mengganggu Mildred setelah Bill meninggal. Prediksi Bill terbukti benar dan Mildred menerima ancaman kekerasan dari orang asing yang masuk ke tokonya. Jason bereaksi terhadap kabar kematian Bill dengan menyerang Red dan asistennya, yang disaksikan oleh pengganti Bill, Abercrombie (Clarke Peters). Abercombie akhirnya memecat Jason.

Papan reklame dihancurkan dengan pembakaran. Mildred membalas dengan melemparkan bom molotov ke kantor polisi, yang menurutnya tidak dihuni malam hari. Namun, Jason ada di sana ketika ia membaca sepucuk surat dari Bill yang berisi saran agar Jason melepaskan kebencian dan belajar mencintai, sebagai satu-satunya cara untuk mewujudkan keinginan Jason menjadi seorang detektif. Jason lolos dari kebakaran bersama berkas kasus Angela yang telah dipegang, menderita luka bakar parah. James (Peter Dinklage), yang simpati, menyaksikan kejadian tersebut dan memberi Mildred alasan, mengklaim bahwa mereka berkencan bersama.

Dikeluarkan dari rumah sakit, Jason sengaja mendengar orang yang sebelumnya mengancam Mildred, membual di sebuah bar insiden yang mirip dengan pembunuhan Angela. Jason mencatat nomor plat Idaho dari kendaraan pria tersebut, lalu melakukan perkelahian di mana Jason menggores wajahnya untuk sampel DNA sebagai perbandingan forensik dengan sampel dari pembunuhan Angela. Sementara itu, pada kencan yang tidak masuk akal, Mildred berterima kasih kepada James atas alibi tersebut, dan di saat yang sama, Charlie masuk bersama kekasihnya yang berusia 19 tahun, Penelope (Samara Weaving), dan mengaku membakar papan reklame tersebut sambil mabuk. Meski marah, Mildred hanya menasihati Charlie untuk melindungi Penelope dengan baik, sebelum pergi.

Jason menghubungi Mildred tentang penemuannya yang meyakinkan tentang pembunuh Angela, namun DNA pria itu tidak sesuai dan ia bertugas militer di luar negeri saat itu. Meski mereka kecewa, mereka menyimpulkan bahwa pria tersebut harus bersalah ketika ia melakukan pemerkosaan lainnya, lalu berangkat ke Idaho untuk membunuhnya. Di kantor polisi, Mildred mengaku melempar bom molotov ke pos polisi. Jason menduga hal itu dan menerimanya. Keduanya mengungkapkan keberatan tentang misi mereka, namun mereka memutuskan untuk melakukannya.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Tanggapan Kritikus[sunting | sunting sumber]

Film Three Billboards Outside Ebbing, Missouri mendapatkan review positif dari para kritikus. Berdasarkan Rotten Tomatoes, film ini memiliki rating 92%, berdasarkan 342 ulasan, dengan rating rata-rata 8.5/10.[8] Berdasarkan Metacritic, film ini mendapatkan skor 88 dari 100, berdasarkan 50 kritik, menunjukkan "pengakuan universal".[9]

Box Office[sunting | sunting sumber]

Film Three Billboards Outside Ebbing, Missouri mendapatkan $54,513,740 di Amerika Utara dan $104,696,424 di negara lain. Total pendapatan yang dihasilkan oleh film ini mencapai $159,210,164, melebihi anggaran produksi $12 juta.[5]

Pada pembukaan akhir pekan secara terbatas, film ini mendapatkan $322,168, menempati posisi ke-27 di box office. Namun, pada pembukaan akhir pekan secara luas, film ini mendapatkan $4,396,537, menempati posisi ke-7 di box office di belakang film Coco, Justice League, Wonder, Thor: Ragnarok, Daddy's Home 2 dan Murder on the Orient Express.[5]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]