About Schmidt

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
About Schmidt
About Schmidt poster 2002.jpg
Poster film About Schmidt
Sutradara Alexander Payne
Produser Michael Besman
Harry Gittes
Skenario Alexander Payne
Jim Taylor
Berdasarkan About Schmidt 
oleh Louis Begley
Pemeran Jack Nicholson
Hope Davis
Dermot Mulroney
Kathy Bates
Musik Rolfe Kent
Sinematografi James Glennon
Penyunting Kevin Tent
Perusahaan
produksi
Distributor New Line Cinema
Tanggal rilis
  • 22 Mei 2002 (2002-5-22) (Festival Film Cannes)
  • 13 Desember 2002 (2002-12-13) (terbatas di Amerika Serikat)
  • 3 Januari 2003 (2003-1-3) (secara luas di Amerika Serikat)
Durasi
125 menit[1]
Negara Amerika Serikat
Bahasa Inggris
Anggaran $30 juta[2]
Pendapatan kotor $105,834,556[2]

About Schmidt adalah film drama komedi Amerika Serikat tahun 2002 yang disutradarai oleh Alexander Payne dan diproduseri oleh Michael Besman dan Harry Gittes. Naskah film ini ditulis oleh Alexander Payne dan Jim Taylor berdasarkan novel About Schmidt karya Louis Begley. Film ini dibintangi oleh Jack Nicholson, Hope Davis, Dermot Mulroney dan Kathy Bates.

Film About Schmidt ditayangkan secara perdana di Festival Film Cannes pada tanggal 22 Mei 2002 dan dirilis di Amerika Serikat pada tanggal 13 Desember 2002 secara terbatas dan 3 Januari 2003 secara luas. Film ini mendapatkan review positif dari para kritikus.

Plot[sunting | sunting sumber]

Warren Schmidt (Jack Nicholson) pensiun dari pekerjaannya sebagai aktuaris di Woodmen of the World, sebuah perusahaan asuransi jiwa di Omaha, Nebraska. Setelah makan malam, Warren merasa sulit menyesuaikan diri dengan kehidupan barunya dan merasa tidak berguna. Ia melihat iklan televisi tentang program asuh untuk anak-anak Afrika, Plan USA, dan memutuskan untuk membiayai seorang anak. Ia segera menerima berkas informasi dengan foto anak asuhnya, seorang anak laki-laki Tanzania bernama Ndugu Umbo, di mana Warren menghubungkan kehidupannya dengan serangkaian surat-surat yang berserakan.

Warren mengunjungi penerus mudanya untuk menawarkan bantuannya, namun tawaran itu ditolak dengan halus. Ketika ia meninggalkan gedung, Warren melihat isi dan berkas di kantornya, kontribusi seluruh kariernya, diserahkan kepada pemulung.

Warren menjelaskan kepada Ndugu perjalanannya yang lama dari Helen (June Squibb), istrinya, yang tiba-tiba meninggal karena penyumbatan pembuluh darah di otaknya hanya setelah mereka membeli rumah mobil Winnebago Adventurer. Jeannie (Hope Davis), putri satu-satunya, dan tunangannya, Randall Hertzel (Dermot Mulroney), tiba dari Denver. Mereka awalnya mendampingi Warren di pemakaman, namun Jeannie kemudian mencaci maki Warren karena tidak mengutamakan Helen, seperti menolak membayar penuh rumah mobil Winnebago (karena Warren menginginkan Minnie Winnie yang lebih murah) dan menguburnya dalam peti mati yang murah. Warren meminta Jeannie untuk kembali dan merawat Warren, namun Jeannie menolaknya. Sementara itu, Randall mencoba mengajak Warren ke skema piramida.

Warren merasa putrinya bisa melakukan lebih baik daripada Randall, yang bekerja sebagai sales tempat tidur air. Setelah Jeannie dan Randall pergi, Warren merasa kesepian. Ia malas mandi, tidur di depan televisi dan pergi berbelanja makanan beku dengan memakai jaket. Di dalam lemari istrinya, ia menemukan beberapa surat cinta tersembunyi yang mengungkapkan hubungan Helen dengan kekasih gelapnya yang lama, Ray, membuat Warren kesal.

Warren memutuskan untuk melakukan perjalanan sendirian menggunakan rumah mobil Winnebago barunya untuk mengunjungi putrinya dan meyakinkannya untuk tidak menikahi Randall. Warren memberitahu Jeannie bahwa ia akan meninggalkannya lebih awal ketika Jeannie menikah, namun Jeannie menjelaskan bahwa ia tidak menginginkannya di sana sebelum upacara pernikahan. Warren memutuskan untuk mengunjungi tempat-tempat masa lalunya, termasuk kampusnya di Universitas Kansas dan kampung halamannya di Holdrege, Nebraska. Rumah masa kecilnya telah digantikan oleh toko ban. Saat berada di sebuah perkemahan rumah mobil, ia diundang untuk makan malam oleh pasangan yang ramah dan simpatik. Ketika sang pria itu pergi untuk membeli bir, Warren melakukan hubungan dengan sang wanita, membuat wanita itu terkejut dan marah. Meskipun Warren meminta maaf atas perbuatannya, sang wanita itu mengusirnya, lalu Warren meninggalkan perkemahan rumah mobil tersebut.

Duduk di atap rumah mobilnya ketika malam berbintang, Warren memaafkan istrinya yang telah meninggal karena perselingkuhannya dan meminta maaf atas kegagalannya sendiri sebagai seorang suami. Pada saat itu, Warren kagum melihat bintang jatuh yang cerah di langit sebagai tanda kemungkinan dari Helen bahwa ia memaafkan Warren.

Merasa memiliki tujuan dan mengalami pembaruan, Warren tiba di Denver, di mana ia tinggal di rumah Roberta (Kathy Bates), ibu Randall. Warren terkejut dengan Randall dan keluarganya yang aneh dan mencoba untuk menghalangi pernikahan Jeannie dan Randall, meskipun upaya itu gagal. Warren tidur di tempat tidur air milik Randall, membuat Jeannie kesal. Roberta meyakinkan Warren bahwa berendam di bak mandi berisi air panas akan membantu punggungnya, namun Warren melarikan diri setelah Roberta yang telanjang berhubungan dengan Warren di bak mandi. Keesokan harinya, Warren, di bawah pengaruh aspirin untuk mengobati sakit punggungnya, menghadiri pernikahan Jeannie dan menyampaikan pidato yang baik pada acara resepsi, menyembunyikan ketidaksetujuannya.

Dalam perjalanan pulang dari Denver, Warren menyusun sebuah surat untuk Ndugu. Warren mempertanyakan apa yang telah dicapai dalam hidupnya, meratapi bahwa ia akan segera meninggal, bahwa hidupnya tidak membuat perubahan bagi siapapun dan bahwa pada akhirnya hal-hal tersebut tetap berjalan meskipun ia tidak pernah ada sama sekali.

Setumpuk surat sedang menunggunya di rumah. Warren membuka surat dari Tanzania. Surat itu berasal dari seorang biarawati, yang menulis bahwa Ndugu berusia enam tahun, tidak dapat membaca dan membalas surat-surat Warren sendiri, namun ia sangat menghargai mereka dan bantuan Warren sangat mendukung mereka. Gambar krayon karya Ndugu dilampirkan, menunjukkan dua orang tersenyum, satu dewasa dan satu anak kecil, berpegangan tangan pada hari yang cerah, lalu Warren menangis.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

  • Jack Nicholson sebagai Warren R. Schmidt
  • Kathy Bates sebagai Roberta Hertzel
  • Hope Davis sebagai Jeannie Schmidt
  • Dermot Mulroney sebagai Randall Hertzel
  • June Squibb sebagai Helen Schmidt
  • Howard Hesseman sebagai Larry Hertzel
  • Harry Groener sebagai John Rusk
  • Connie Ray sebagai Vicki Rusk
  • Len Cariou sebagai Ray Nichols
  • Phil Reeves sebagai pendeta di Denver

Tanggapan Kritikus[sunting | sunting sumber]

Film About Schmidt mendapatkan review positif dari para kritikus. Berdasarkan Rotten Tomatoes, film ini memiliki rating 85%, berdasarkan 201 ulasan, dengan rating rata-rata 7.7/10.[3] Berdasarkan Metacritic, film ini mendapatkan skor 85 dari 100, berdasarkan 40 kritik, menunjukkan "pengakuan universal".[4] Berdasarkan CinemaScore, film ini mendapatkan nilai "B" dari penonton film untuk skala A+ sampai F.[5]

Box Office[sunting | sunting sumber]

Film About Schmidt mendapatkan $65,016,287 di Amerika Utara dan $40,818,269 di negara lain. Total pendapatan yang dihasilkan oleh film ini mencapai $105,834,556, melebihi anggaran produksi film $30 juta.[2]

Pada pembukaan akhir pekan secara terbatas, film ini mendapatkan $282,367, menempati posisi ke-24 di box office. Namun, pada pembukaan akhir pekan secara luas, film ini mendapatkan $8,533,162, menempati posisi ke-5 di box office di belakang film The Lord of the Rings: The Two Towers, Catch Me If You Can, Two Weeks Notice dan Maid in Manhattan.[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "About Schmidt (15)". British Board of Film Classification. November 13, 2002. Diakses tanggal March 6, 2014. 
  2. ^ a b c d "About Schmidt (2002)". Box Office Mojo. Diakses tanggal October 12, 2012. 
  3. ^ "About Schmidt (2002)". Rotten Tomatoes. Diakses tanggal February 13, 2018. 
  4. ^ "About Schmidt reviews". Metacritic. Diakses tanggal February 13, 2018. 
  5. ^ "CinemaScore". cinemascore.com. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]