CODA

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
CODA
Coda poster.jpeg
Poster film CODA
Sutradara
Produser
Penulis
Didasarkan
dari
La Famille Bélier
oleh
  • Victoria Bedos
  • Thomas Bidegain
  • Stanislas Carré de Malberg
  • Éric Lartigau
PemeranEmilia Jones
Troy Kotsur
Marlee Matlin
Ferdia Walsh-Peelo
Eugenio Derbez
Daniel Durant
Penata musikMarius de Vries
SinematograferPaula Huidobro
PenyuntingGeraud Brisson
Perusahaan
produksi
Vendôme Pictures
Pathé Films
DistributorApple TV+
Tanggal rilis
Durasi111 menit
Negara
Bahasa
Anggaran$10 juta[1]
Pendapatan
kotor
$2.241.071[2][3]

CODA adalah film drama komedi musikal tahun 2021 yang disutradarai oleh Sian Heder dan diproduseri oleh Fabrice Gianfermi, Philippe Rousselet, Jerôme Seydoux dan Patrick Wachsberger. Naskah film ini ditulis oleh Sian Heder berdasarkan film Prancis La Famille Bélier tahun 2014 karya Victoria Bedos, Thomas Bidegain, Stanislas Carré de Malberg dan Éric Lartigau. Film ini dibintangi oleh Emilia Jones, Troy Kotsur, Marlee Matlin, Ferdia Walsh-Peelo, Eugenio Derbez dan Daniel Durant.

Film CODA ditayangkan secara perdana di Festival Film Sundance pada tanggal 28 Januari 2021[4][5] dan dirilis di Amerika Serikat melalui layar lebar dan layanan daring Apple TV+ pada tanggal 13 Agustus 2021.[6] Film ini mendapatkan ulasan positif dari para kritikus.

Plot[sunting | sunting sumber]

Di Gloucester, Massachusetts, Ruby Rossi (Emilia Jones) adalah satu-satunya anggota keluarganya yang dapat mendengar. Orang tuanya, Frank (Troy Kotsur) dan Jackie (Marlee Matlin), serta kakak laki-lakinya, Leo (Daniel Durant), tunarungu. Ruby membantu bisnis perikanan keluarga dan berencana untuk bekerja membantu orang tuanya setelah lulus SMA.

Karena keluarganya, Ruby dikucilkan di sekolahnya. Ketika Ruby melihat siswa yang disukainya, Miles (Ferdia Walsh-Peelo), mendaftar untuk paduan suara, Ruby melakukan hal yang sama. Pada hari pertama paduan suara, gurunya, Bernardo "V" Villalobos (Eugenio Derbez), memerintahkan para siswa menyanyikan lagu "Happy Birthday to You" untuk menempatkan bagian vokal mereka. Mengetahui bahwa ia harus menyanyi di depan kelas, Ruby panik dan kabur. Ruby kemudian menemui V dan menjelaskan bahwa ia dirundung karena berbicara berbeda saat ia masih kecil. V memberitahu Ruby ada ruang untuk semua jenis suara di paduan suara, lalu ia terkejut dan terkesan dengan suara nyanyian Ruby yang indah.

V memasangkan Ruby dengan Miles untuk duet dalam paduan suara mendatang. Latihan pertama mereka berjalan buruk karena mereka masing-masing mempersiapkan diri secara terpisah, lalu V bersikeras bahwa mereka harus berlatih bersama. Ruby mengundang Miles ke rumahnya untuk berlatih, tetapi mereka diganggu oleh Frank dan Jackie yang berhubungan intim sambil bersuara keras di kamar sebelah. Ruby kemudian mendengar teman sekelasnya di kafetaria mengejek perilaku orang tuanya itu. Miles meminta maaf dan memberitahu Ruby bahwa ia hanya memberitahu sahabatnya, Jay, hingga Jay menyebarkan cerita itu pada akhirnya, tetapi Ruby tidak ingin berurusan dengan Miles. Ruby akhirnya memaafkannya dan mereka melanjutkan latihan mereka sambil menjalani hubungan.

Sementara itu, Frank dan Leo berusaha memenuhi kebutuhan bisnis perikanan karena biaya dan sanksi baru yang diberlakukan oleh pejabat wilayah setempat. Pada rapat dewan, semua orang marah tentang fakta bahwa semakin banyak kapal yang menghilang dari pelabuhan, meskipun para konsultan faktanya berusaha membantu. Saat perseteruan semakin parah, Frank berdiri dan mengumumkan bahwa ia akan memulai perusahaannya sendiri untuk mengatasi batasan baru dan bermaksud untuk menjual ikannya sendiri serta mengundang pemancing lokal lainnya untuk bergabung dengannya. Keluarga itu berusaha memulai bisnis baru dan mengandalkan Ruby untuk menyebarkan berita.

V menyarankan Ruby untuk mengikuti audisi Berklee College of Music, almamater V. V menawarkan les privat untuk mempersiapkan Ruby karena ia sudah les privat untuk Miles. Ruby setuju, tetapi ia berkomitmen dengan bisnis keluarga dan orang tuanya yang sangat bergantung padanya untuk menerjemahkannya sehingga menyebabkan Ruby selalu terlambat datang les privat. V kesal dengan keterlambatan Ruby yang terus-menerus dan menghukumnya karena membuang-buang waktu serta tidak peduli dengan musik.

Saat memancing suatu hari, ketika Ruby pergi berenang bersama Miles, Frank dan Leo berlayar dengan pengamat perikanan federal di kapal, yang tidak menyadari sebelumnya bahwa Frank dan Leo tunarungu. Kapal itu dicegat oleh Penjaga Pantai Amerika Serikat setelah mereka gagal menanggapi klakson kapal dan panggilan radio. Frank dan Leo didenda dan izin penangkapan ikan mereka ditangguhkan karena kelalaian. Ketika mereka memberitahu Ruby bahwa Ruby seharusnya berada di kapal bersama mereka, Ruby memberitahu mereka bahwa Ruby tidak selalu ada untuk menerjemahkan mereka dan ia merasa bukan salahnya sama sekali. Frank dan Leo mengajukan banding dan berhasil mendapatkan kembali izin mereka, dengan syarat mereka memiliki orang yang dapat mendengar setiap saat. Ruby memberitahu keluarganya bahwa ia akan berhenti kuliah dan akan menjalankan bisnis keluarga. Orang tuanya mendukung, tetapi Leo bereaksi dengan marah dan bersikeras bahwa mereka dapat mengelola tanpa Ruby karena Ruby benar-benar memiliki bakat. Leo dan Ruby kemudian berseteru di mana Leo memberitahu Ruby bahwa Ruby akan menyesal tidak kuliah selamanya jika ia tidak pergi.

Keluarga Ruby menghadiri acara paduan suara sekolah dan meskipun mereka tidak dapat mendengar Ruby bernyanyi, mereka melihat sambutan positif dari penonton di sekitarnya. Malam itu, Frank meminta Ruby bernyanyi untuknya dan saat Frank merasakan pita suara Ruby, ia semakin emosional. Seluruh keluarganya kemudian pergi ke Boston dengan Ruby untuk audisi Berklee College of Music. Sebelum audisinya, Ruby melihat Miles, yang mengungkapkan bahwa Miles gagal dalam audisinya dan menyemangati Ruby. Keluarga Ruby menyelinap ke balkon, sedangkan V datang untuk menemani Ruby bermain piano, meskipun ada larangan umum bagi peserta luar untuk audisi. Ruby gugup dan tidak siap pada awalnya, tetapi setelah V sengaja membuat kesalahan dalam pendampingannya, Ruby diizinkan untuk memulai lagi dan mendapatkan kepercayaan diri ketika Ruby melihat keluarganya. Ruby menerjemahkan dengan bahasa isyarat sambil menyanyikan "Both Sides, Now" oleh Joni Mitchell sehingga mereka bisa mengerti apa yang dinyanyikannya. Para juri memperhatikan keluarga Ruby dan menduga situasi keluarga tertentu.

Beberapa waktu kemudian, Ruby diterima di Berklee College of Music. Keluarganya dan V senang dengan berita itu. Ruby mengundang Miles untuk mengunjunginya di Boston. Sementara itu, karyawan di bisnis perikanan keluarga telah belajar bahasa isyarat, memungkinkan mereka untuk berkomunikasi dan menerjemahkannya untuk keluarga. Sahabat Ruby, Gertie (Amy Forsyth), mengantarnya ke Boston untuk kuliah saat keluarganya mengantar mereka pergi, lalu Ruby memberi bahasa isyarat "aku sangat menyayangimu" kepada mereka saat mereka pergi.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Tanggapan kritikus[sunting | sunting sumber]

Film CODA mendapatkan review positif dari para kritikus. Berdasarkan Rotten Tomatoes, film ini memiliki rating 94%, berdasarkan 288 ulasan, dengan rating rata-rata 7,8/10.[7] Berdasarkan Metacritic, film ini mendapatkan skor 74 dari 100, berdasarkan 45 kritik, menunjukkan "ulasan yang baik".[8]

Box office[sunting | sunting sumber]

Film CODA mendapatkan $2.241.071 di negara lain. Total pendapatan yang dihasilkan oleh film ini mencapai $2.241.071, lebih kecil dari anggaran produksi film $10 juta.[3]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Berlin: International Buyers Up in Arms Over Buy-Back Proposals Post-'Coda' (Exclusive)". The Hollywood Reporter. March 2021. Diakses tanggal November 2, 2021. 
  2. ^ "CODA (2021)". Box Office Mojo. IMDb. Diakses tanggal August 31, 2022. 
  3. ^ a b "CODA (2021) - Financial Information". The Numbers. Diakses tanggal August 31, 2022. 
  4. ^ "Feature: Coda". fpg.festival.sundance.org. Sundance Group. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2021-06-03. Diakses tanggal January 24, 2021. 
  5. ^ Welk, Brian (January 25, 2021). "14 Buzziest Sundance Movies for Sale in 2021, From Questlove's 'Summer of Soul' to Rebecca Hall's 'Passing'". TheWrap. Diakses tanggal January 26, 2021. 
  6. ^ Rubin, Rebecca (April 21, 2021). "Sundance Darling 'CODA' to Debut in Theaters and on Apple TV Plus in August". Variety. Diakses tanggal April 21, 2021. 
  7. ^ "CODA (2021)". Rotten Tomatoes. Diakses tanggal August 31, 2021. 
  8. ^ "CODA reviews". Metacritic. Diakses tanggal August 31, 2021.