Gladiator (film)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Gladiator
Gladiator ver1.jpg
Poster film Gladiator
Sutradara Ridley Scott
Produser Douglas Wick
David Franzoni
Branko Lustig
Skenario David Franzoni
John Logan
William Nicholson
Cerita David Franzoni
Pemeran Russell Crowe
Joaquin Phoenix
Connie Nielsen
Oliver Reed
Derek Jacobi
Djimon Hounsou
Richard Harris
Musik Hans Zimmer
Lisa Gerrard
Sinematografi John Mathieson
Penyunting Pietro Scalia
Perusahaan
produksi
Scott Free Productions
Red Wagon Entertainment[1]
Distributor DreamWorks Pictures
(Amerika Serikat)
Universal Pictures
(internasional)
Tanggal rilis
  • 1 Mei 2000 (2000-5-1) (Los Angeles)
  • 5 Mei 2000 (2000-5-5) (Amerika Serikat)
Durasi
155 menit[2]
Negara Amerika Serikat
Britania Raya
Bahasa Inggris
Anggaran $103 juta[3]
Pendapatan kotor $460,583,960[3]

Gladiator adalah film drama petualangan tahun 2000 yang disutradarai oleh Ridley Scott dan diproduseri oleh Douglas Wick, David Franzoni dan Branko Lustig. Naskah film ini ditulis oleh David Franzoni, John Logan dan William Nicholson, sementara ceritanya ditulis oleh David Franzoni. Film ini dibintangi oleh Russell Crowe, Joaquin Phoenix, Connie Nielsen, Oliver Reed, Derek Jacobi, Djimon Hounsou dan Richard Harris.

Film Gladiator ditayangkan secara perdana di Los Angeles pada tanggal 1 Mei 2000 dan dirilis di Amerika Serikat pada tanggal 5 Mei 2000. Film ini mendapatkan review positif dari para kritikus.

Plot[sunting | sunting sumber]

Pada 180 Masehi, Jenderal Hispano-Romawi Maximus Decimus Meridius (Russell Crowe) bermaksud untuk kembali ke kampung halamannya setelah ia memimpin pasukan Romawi menuju kemenangan melawan suku bangsa Jermanik dekat Vindobona di Limes Germanicus. Kaisar Marcus Aurelius (Richard Harris) memberitahu Maximus bahwa putranya sendiri, Commodus (Joaquin Phoenix), tidak layak berkuasa dan bahwa ia menghendaki Maximus untuk menggantikannya sebagai bupati untuk membantu menyelamatkan Roma dari korupsi. Commodus membunuh ayahnya ketika ia diberitahu tentang rencana itu.

Commodus mengumumkan bahwa ia adalah Kaisar baru dan meminta Maximus untuk tunduk kepada Commodus, namun Maximus menolaknya. Maximus ditangkap oleh para penjaga dan diberitahu bahwa ia dan keluarganya akan mati. Maximus membunuh para penculiknya dan kembali ke kampung halamannya di dekat Trujillo di mana ia menemukan keluarganya dibunuh. Maximus mengubur istri dan putranya, lalu ia pingsan. Ia ditemukan oleh pedagang budak (Omid Djalili) yang membawanya ke provinsi Romawi, Zucchabar, di mana ia dijual kepada seorang pelatih gladiator bernama Antonius Proximo (Oliver Reed).

Meskipun ia awalnya keberatan, Maximus bertarung di turnamen lokal dan berteman dengan dua gladiator lainnya, Juba (Djimon Hounsou), seorang Numidia, dan Hagen (Ralf Moeller), seorang Jermanik. Keterampilan militernya membantunya memenangkan pertarungan dan mendapatkan pengakuan dari gladiator lain dan banyak orang. Antonius memberitahu bahwa ia pernah menjadi gladiator dan menyarankan Maximus bahwa ia harus "mendapatkan perhatian banyak orang" untuk memenangkan kebebasannya. Antonius membawa gladiatornya bertarung di Koloseum karena Commodus telah mengatur pertarungan tersebut selama 150 hari.

Disamarkan oleh helm, Maximus pertama kali bertarung sebagai gladiator di Koloseum sebagai carthaginian dalam adegan Pertempuran Zama. Tanpa diduga, Maximus memimpin timnya menuju kemenangan dan Commodus masuk ke Koloseum untuk mengucapan selamat kepadanya. Ia memerintahkan Maximus, yang masih menyamar, sebagai pemimpin gladiator untuk menunjukkan dirinya dan memberikan namanya. Maximus kemudian mengungkapkan dirinya dan menyatakan pembalasan. Commodus dipaksa oleh banyak orang untuk membiarkan para gladiator hidup dan Garda Praetoria muncul untuk menahan serangan para gladiator.

Pertarungan Maximus selanjutnya menjadi kemenangan atas gladiator yang tak terkalahkan dan legendaris. Commodus memerintahkan Maximus untuk membunuh gladiator tersebut, namun Maximus membiarkannya hidup sehingga ia disebut "Maximus yang Murah Hati" oleh banyak orang. Marah atas hasil ini, Commodus menghina Maximus tentang kematian keluarganya, namun Maximus berbalik dan meninggalkan pertarungan tersebut.

Maximus mengetahui dari Cicero (Tommy Flanagan), mantan pengawalnya, bahwa mantan pasukannya tetap setia. Lucilla (Connie Nielsen), kakak Commodus, Gracchus (Derek Jacobi), seorang senator yang berpengaruh, dan Maximus bertemu secara diam-diam. Maximus akan melarikan diri dari Roma, bergabung dengan pasukannya, menggulingkan Commodus dengan kekuatan dan menyerahkan kekuasaan kembali ke Senat Romawi. Commodus mengetahui rencana tersebut dari Lucilla yang mengancamnya dan memiliki Garda Praetoria yang menangkap Gracchus dan menyerang barak gladiator. Antonius dan gladiatornya, termasuk Hagen, mengorbankan diri untuk membiarkan Maximus melarikan diri. Maximus ditangkap di tempat pertemuan dengan Cicero di mana Cicero terbunuh.

Commodus menantang Maximus untuk berduel di Koloseum. Ia menusuk Maximus sebelum pertarungan dimulai untuk mendapatkan keuntungan. Maximus melucuti senjata Commodus di mana Garda Praetoria menolak untuk membantu Commodus. Commodus kemudian mendapatkan pisau yang tersembunyi, di mana Maximus mendorong pisau yang dipegang Commodus ke tenggorokannya hingga Commodus terbunuh. Maximus terluka parah dan sebelum ia meninggal, ia meminta reformasi politik agar sekutu gladiatornya dibebaskan dan agar nama Senator Gracchus dipulihkan. Teman-teman Maximus dan sekutunya menghormatinya sebagai "prajurit Roma" atas perintah Lucilla dan membawa tubuh Maximus keluar dari pertarungan, meninggalkan Commodus yang mati.

Juba mengunjungi Koloseum pada malam hari dan mengubur patung-patung istri dan putra Maximus di tempat ia meninggal. Juba memberitahu bahwa ia sedang kembali ke keluarganya sendiri dan berjanji untuk bertemu dengan Maximus lagi, "namun masih belum".

Pemeran[sunting | sunting sumber]

  • Russell Crowe sebagai Maximus Decimus Meridius
  • Joaquin Phoenix sebagai Commodus
  • Connie Nielsen sebagai Lucilla
  • Oliver Reed sebagai Antonius Proximo
  • Derek Jacobi sebagai Senator Gracchus
  • Djimon Hounsou sebagai Juba
  • Richard Harris sebagai Marcus Aurelius
  • Ralf Moeller sebagai Hagen
  • Tommy Flanagan sebagai Cicero
  • David Schofield sebagai Senator Falco
  • John Shrapnel sebagai Senator Gaius
  • Tomas Arana sebagai Jendral Quintus
  • Spencer Treat Clark sebagai Lucius Verus
  • David Hemmings sebagai Cassius
  • Sven-Ole Thorsen sebagai Tigris dari Galia
  • Omid Djalili sebagai pedagang budak
  • Giannina Facio sebagai istri Maximus
  • Giorgio Cantarini sebagai putra Maximus

Tanggapan kritikus[sunting | sunting sumber]

Film Gladiator mendapatkan review positif dari para kritikus. Berdasarkan Rotten Tomatoes, film ini memiliki rating 76%, berdasarkan 191 ulasan, dengan rating rata-rata 7.2/10.[4] Berdasarkan Metacritic, film ini mendapatkan skor 67 dari 100, berdasarkan 46 kritik, menunjukkan "ulasan yang baik".[5] Berdasarkan CinemaScore, film ini mendapatkan nilai "A" dari penonton film untuk skala A+ sampai F.[6]

Box office[sunting | sunting sumber]

Film Gladiator mendapatkan $187,705,427 di Amerika Utara dan $272,878,533 di negara lain. Total pendapatan yang dihasilkan oleh film ini mencapai $460,583,960, melebihi anggaran produksi film $103 juta.[3]

Pada pembukaan akhir pekan, film ini mendapatkan $34,819,017, menempati posisi teratas di box office.[3]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Gladiator - Cast, Crew, Director and Awards". NYTimes.com. Diakses tanggal July 30, 2010. 
  2. ^ "Gladiator (15)". British Board of Film Classification. April 19, 2000. Diakses tanggal May 2, 2018. 
  3. ^ a b c d "Gladiator (2000)". Box Office Mojo. Diakses tanggal May 2, 2018. 
  4. ^ "Gladiator (2000)". Rotten Tomatoes. Diakses tanggal February 13, 2018. 
  5. ^ "Gladiator reviews". Metacritic. Diakses tanggal February 13, 2018. 
  6. ^ "CinemaScore". cinemascore.com. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]