All the Money in the World

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
All the Money in the World
All the Money in the World Poster.jpg
Poster film All the Money in the World
Sutradara Ridley Scott
Produser Chris Clark
Quentin Curtis
Dan Friedkin
Mark Huffam
Ridley Scott
Bradley Thomas
Kevin J. Walsh
Skenario David Scarpa
Berdasarkan Painfully Rich: The Outrageous Fortunes and Misfortunes of the Heirs of J. Paul Getty 
oleh John Pearson
Pemeran Michelle Williams
Christopher Plummer
Mark Wahlberg
Musik Daniel Pemberton
Sinematografi Dariusz Wolski
Penyunting Claire Simpson
Perusahaan
produksi
Imperative Entertainment[1]
Scott Free Productions[1]
Distributor TriStar Pictures
(Amerika Serikat dan Britania Raya)
STX Entertainment
(internasional)
Tanggal rilis
  • 18 Desember 2017 (2017-12-18) (Samuel Goldwyn Theater)
  • 25 Desember 2017 (2017-12-25) (Amerika Serikat)
  • 5 Januari 2018 (2018-1-5) (Britania Raya)
Durasi
133 menit[2]
Negara Amerika Serikat
Britania Raya
Bahasa Inggris
Anggaran $50 juta[3]
Pendapatan kotor $55,624,282[4]

All the Money in the World adalah film drama kriminal misteri Amerika Serikat tahun 2017 yang disutradarai oleh Ridley Scott dan diproduseri oleh Chris Clark, Quentin Curtis, Dan Friedkin, Mark Huffam, Ridley Scott, Bradley Thomas dan Kevin J. Walsh. Naskah film ini ditulis oleh David Scarpa berdasarkan buku Painfully Rich: The Outrageous Fortunes and Misfortunes of the Heirs of J. Paul Getty karya John Pearson. Film ini dibintangi oleh Michelle Williams, Christopher Plummer dan Mark Wahlberg.

Mulanya, film All the Money in the World ditayangkan secara perdana di Festival Lembaga Film Amerika pada tanggal 16 November 2017.[5] Namun, karena beberapa kasus pelecehan seksual yang dilakukan oleh Kevin Spacey, yang berperan sebagai J. Paul Getty dalam film ini, maka pemutaran film ini di Festival Lembaga Film Amerika dibatalkan.[6] Ridley Scott membuat keputusan untuk mengulang proses produksi film ini selama lima minggu sebelum film ini dirilis untuk memotong adegan Kevin Spacey, yang digantikan oleh Christopher Plummer.[7][8][9] Film ini ditayangkan secara perdana di Samuel Goldwyn Theater pada tanggal 18 Desember 2017 dan dirilis di Amerika Serikat pada tanggal 25 Desember 2017 dan di Britania Raya pada tanggal 5 Januari 2018.[10] Film ini mendapatkan review positif dari para kritikus.

Plot[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1973, John Paul Getty III (Charlie Plummer) yang berusia 16 tahun, cucu raja minyak J. Paul Getty (Christopher Plummer), yang saat itu adalah warga negara terkaya di dunia, diculik di Roma oleh sekelompok kriminal terorganisir. Para penculik menuntut tebusan $17 juta. Adegan kilas balik menunjukkan bahwa orang tua Paul III, Gail Harris (Michelle Williams) dan John Paul Getty Jr. (Andrew Buchan), bercerai pada tahun 1971 karena Paul Getty Jr. yang kecanduan narkotika dan bahwa Gail menolak segala tunjangan sebagai ganti hak asuh penuh atas anak-anaknya dalam perceraian. Oleh karena itu, Gail tidak memiliki sarana untuk membayar tebusan. Gail melakukan perjalanan ke perkebunan Paul Getty dan memohon kepadaya untuk membayar uang tebusan, namun Paul Getty menolak dan menyatakan bahwa penculikan Paul III akan mendorong penculikan lebih lanjut terhadap anggota keluarganya. Media mengambil kisah ini, dengan banyak orang yang percaya bahwa Gail menjadi kaya dan menyalahkan Gail karena menolak untuk membayar tebusan. Sementara itu, Paul Getty meminta Fletcher Chace (Mark Wahlberg), seorang perantara Getty Oil dan mantan agen CIA, untuk menyelidiki kasus ini dan menjamin pembebasan Paul III.

Paul III ditahan sebagai sandera di lokasi terpencil di Italia. Awalnya, para penculik, terutama Cinquanta (Romain Duris), toleran dengan Paul III karena sikapnya yang tenang dan patuh yang menyebabkan mereka agak bermasalah. Namun, hal-hal ini menjadi semakin tegang ketika berminggu-minggu berlalu tanpa uang tebusan dibayarkan, jauh lebih lama dari yang diperkirakan oleh para penculik. Perseteruan timbul mengenai apakah mereka akan memindahkan Paul III ke lokasi baru menjelang musim dingin dan tempat persembunyian mereka tidak cocok untuk kondisi dingin. Keadaan semakin memburuk ketika salah satu penculik secara tidak sengaja menunjukkan wajahnya kepada Paul III, memaksa salah satu dari para penculik untuk membunuh pria itu karena kecerobohannya. Mayatnya yang telah dibakar dan cacat ditemukan di sungai, lalu para peneliti salah mengidentifikasi mayat tersebut adalah Paul III, namun Gail memeriksa mayat tersebut dan membantahnya.

Menggunakan kemampuannya dari mayat tersebut, Chace mampu menentukan tempat persembunyian di mana Paul III ditahan. Sebuah serangan dilakukan dengan beberapa penculik yang terbunuh, namun Paul III tidak lagi berada di sana karena ia telah dijual ke organisasi kriminal baru. Para penculik baru kurang sabar dengan Paul III dan berunding lebih agresif dengan keluarga Paul Getty untuk menerima tebusan mereka. Setelah proses perundingan berulang dengan Gail dan Chace serta para penculik yang frustrasi selama beberapa waktu, mereka menurunkan harga yang diminta menjadi $4 juta. Paul Getty akhirnya memutuskan untuk membayar uang tebusan, namun hanya $1 juta, yang menjadi jumlah maksimum yang dapat diakuinya sebagai pengurangan pajak. Selain itu, Paul Getty juga hanya akan melakukannya jika Gail menandatangani dokumen hukum yang melepaskan hak asuh atas Paul III dan anak-anaknya yang lain dan memberikan mereka kepada Paul Getty Jr., mantan suaminya. Gail terpaksa menandatanganinya.

Para penculik memotong salah satu telinga Paul III dan mengirimkannya ke surat kabar utama, mengaku bahwa mereka akan terus memutilasi Paul III hingga tebusan dibayarkan. Dihina oleh Chace yang putus asa, Paul Getty akhirnya menyerah dan setuju untuk membayar tebusan penuh serta membatalkan perjanjian hak asuh dengan Gail. Gail dan Chace membawa uang itu ke Italia dan mengikuti instruksi tertentu dari para penculik, meninggalkan uang tersebut di lokasi terpencil dan mendapatkan pesan untuk mengambil Paul III dari lokasi konstruksi. Namun, Paul III yang ketakutan melarikan diri dari lokasi tersebut menuju kota terdekat sejauh bermil-mil. Sementara itu, para penculik menyadari bahwa Chace berbohong dan membawa polisi kepada para penculik. Marah, para penculik memutuskan untuk menemukan dan membunuh Paul III. Chace, Gail dan para penculik tiba di kota untuk mencari Paul III. Salah satu penculik menemukan Paul III, namun Cinquanta menyerang penculik tersebut agar Paul III melarikan diri. Chace dan Gail menemukan Paul III dan menyembunyikannya ke luar negeri dengan selamat.

Paul Getty meninggal karena sebab-sebab yang tidak terkait, lalu Gail mengelola warisan kekayaan anak-anaknya hingga mereka dewasa. Getty Oil didirikan sebagai kepercayaan amal, yang berarti bahwa pendapatan Paul Getty bebas pajak namun juga tidak dapat dibelanjakan. Paul Getty telah banyak menginvestasikannya dalam lukisan, patung dan artefak lainnya, kebanyakan dari barang-barang tersebut sekarang tinggal di Museum Getty di Los Angeles.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

  • Michelle Williams sebagai Gail Harris
  • Christopher Plummer sebagai J. Paul Getty, pengusaha minyak terkaya dan ayah mertua Gail
  • Mark Wahlberg sebagai Fletcher Chace, perantara Getty Oil dan mantan agen CIA
  • Charlie Plummer sebagai John Paul Getty III, putra Gail dan cucu J. Paul Getty
    • Charlie Shotwell sebagai John Paul Getty III muda
  • Romain Duris sebagai Cinquanta, salah satu penculik John Paul Getty III
  • Marco Leonardi sebagai Saverio Mammoliti, salah satu penculik John Paul Getty III dan atasan Cinquanta
  • Timothy Hutton sebagai Oswald Hinge, pengacara J. Paul Getty
  • Ghassan Massoud sebagai syekh Arab
  • Andrew Buchan sebagai John Paul Getty Jr., ayah John Paul Getty III dan mantan suami Gail
  • Stacy Martin sebagai asisten J. Paul Getty
  • Giuseppe Bonifati sebagai Giovanni Iacovoni, pengacara Gail
  • Kit Cranston sebagai Mark Getty muda, saudara John Paul Getty III
  • Maya Kelly sebagai Aileen Getty muda, saudara John Paul Getty III

Tanggapan Kritikus[sunting | sunting sumber]

Film All the Money in the World mendapatkan review positif dari para kritikus. Berdasarkan Rotten Tomatoes, film ini memiliki rating 78%, berdasarkan 206 ulasan, dengan rating rata-rata 6.9/10.[11] Berdasarkan Metacritic, film ini mendapatkan skor 72 dari 100, berdasarkan 47 kritik, menunjukkan "ulasan yang baik".[12] Berdasarkan CinemaScore, film ini mendapatkan nilai "B" dari penonton film untuk skala A+ sampai F.[13]

Box Office[sunting | sunting sumber]

Film All the Money in the World mendapatkan $25,113,707 di Amerika Utara dan $30,510,575 di negara lain. Total pendapatan yang dihasilkan oleh film ini mencapai $55,624,282, melebihi anggaran produksi film $50 juta.[4]

Pada pembukaan akhir pekan, film ini mendapatkan $5,584,684, menempati posisi ke-7 di box office di belakang film Star Wars: The Last Jedi, Jumanji: Welcome to the Jungle, Pitch Perfect 3, The Greatest Showman, Ferdinand dan Coco.[4]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b "Film releases". Variety Insight. Diakses tanggal December 1, 2017. 
  2. ^ "All the Money in the World (15)". British Board of Film Classification. December 13, 2017. Diakses tanggal April 26, 2018. 
  3. ^ Giardina, Carolyn (December 18, 2017). "Ridley Scott Reveals How Kevin Spacey Was Erased From 'All the Money in the World'". The Hollywood Reporter. Diakses tanggal December 26, 2017. 
  4. ^ a b c "All the Money in the World (2017)". Box Office Mojo. Diakses tanggal December 29, 2017. 
  5. ^ Anthony D'Alessandro (September 14, 2017). "Ridley Scott's 'All The Money In The World' To Premiere At AFI Fest In Closing-Night Slot". Diakses tanggal September 14, 2017. 
  6. ^ Fleming Jr, Mike; Hipes, Patrick (November 6, 2017). "More Kevin Spacey Shrapnel: Ridley Scott's 'All The Money In The World' Exits AFI Fest Closing Slot". Deadline.com. Diakses tanggal November 6, 2017. 
  7. ^ "Shocker: Kevin Spacey Dropped From 'All The Money In The World;' J Paul Getty Role Recast With Christopher Plummer". Deadline.com. November 8, 2017. Diakses tanggal November 9, 2017. 
  8. ^ "Kevin Spacey: Completed film to be reshot without accused actor". BBC. November 9, 2017. 
  9. ^ Rubin, Rebecca (November 13, 2017). "Christopher Plummer on Replacing Kevin Spacey in 'All the Money in the World': 'It's a Shame'". Variety. Diakses tanggal November 20, 2017. 
  10. ^ Fleming Jr, Mike (December 7, 2017). "Ridley Scott's 'All The Money In The World' Moves To Christmas Day". Deadline. Diakses tanggal December 7, 2017. 
  11. ^ "All the Money in the World (2017)". Rotten Tomatoes. Diakses tanggal December 29, 2017. 
  12. ^ all-the-money-in-the-world "All the Money in the World reviews" Periksa nilai |url= (bantuan). Metacritic. Diakses tanggal December 29, 2017. 
  13. ^ "CinemaScore". cinemascore.com. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]