The Last Duel

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
The Last Duel
Lastduelposter2021.jpg
Poster film The Last Duel
Sutradara
Produser
Penulis
Didasarkan
dari
The Last Duel: A True Story of Trial by Combat in Medieval France
oleh Eric Jager
PemeranMatt Damon
Adam Driver
Jodie Comer
Ben Affleck
Penata musikHarry Gregson-Williams
SinematograferDariusz Wolski
PenyuntingClaire Simpson
Perusahaan
produksi
Distributor20th Century Studios
Tanggal rilis
  • 10 September 2021 (2021-09-10) (Festival Film Venesia)
  • 15 Oktober 2021 (2021-10-15) (Britania Raya dan Amerika Serikat)
Durasi153 menit[1]
Negara
Bahasa
Anggaran$100 juta[2]
Pendapatan
kotor
$30.552.111[3][4]

The Last Duel adalah film drama sejarah tahun 2021 yang disutradarai oleh Ridley Scott dan diproduseri oleh Ridley Scott, Kevin J. Walsh, Jennifer Fox, Nicole Holofcener, Ben Affleck dan Matt Damon. Naskah film ini ditulis oleh Nicole Holofcener, Ben Affleck dan Matt Damon berdasarkan buku The Last Duel: A True Story of Trial by Combat in Medieval France karya Eric Jager. Film ini dibintangi oleh Matt Damon, Adam Driver, Jodie Comer dan Ben Affleck.

Film The Last Duel ditayangkan secara perdana di Festival Film Venesia pada tanggal 10 September 2021[5] dan dirilis di Amerika Serikat dan Britania Raya pada tanggal 15 Oktober 2021.[6][7] Film ini mendapatkan ulasan positif dari para kritikus.

Plot[sunting | sunting sumber]

Setelah bertugas di Perang Caroline, ksatria Prancis Jean de Carrouges (Matt Damon) dan Jacques Le Gris (Adam Driver) bersumpah setia kepada Pierre d'Alençon (Ben Affleck), yang telah dinobatkan oleh Raja Charles VI (Alex Lawther). Jacques kemudian memberitahu Jean bahwa Pierre telah menugaskannya untuk mengumpulkan retribusi perang, setuju untuk meminta keringanan hukuman atas nama Jean ketika saudara iparnya menjelaskan bahwa ia kekurangan dana.

Untuk memulihkan keuangannya, Jean menikahi Marguerite de Thibouville (Jodie Comer) dengan janji mahar besar dari ayah Marguerite, Robert (Nathaniel Parker), yang memberikan hak atas banyak harta. Pierre, bagaimanapun, merebut harta Aunou-le-Faucon itu untuk melunasi utang pajak Robert dan memberikannya kepada Jacques, yang telah mendapatkan posisi pengadilan dengan menggunakan pengetahuan akuntansi untuk mengatur keuangan Pierre. Jean membawa masalah itu ke hadapan Raja Charles VI, yang menolak gugatan itu. Pierre membalas dengan menunjuk Jacques sebagai kapten sebuah pos keluarga Carrouges setelah kematian ayah Jean.

Pernikahan Jean berantakan karena Marguerite sulit hamil. Jean dan Jacques akhirnya berdamai di sebuah perayaan di mana Jacques jatuh cinta dengan Marguerite setelah Marguerite berteman dengannya dalam upaya untuk memenangkan hati. Jacques salah menafsirkan hal ini sebagai balasan dari kasih sayangnya dan mencurigai bahwa Marguerite tidak mencintai Jean.

Setelah kampanye militer yang dikalahkan di Skotlandia yang membuatnya mendapat gelar bangsawan atas usahanya tetapi ia masih bangkrut, Jean berangkat ke Paris untuk mengumpulkan upahnya, meninggalkan Marguerite untuk mengelola perkebunan saat Jean tidak ada. Suatu hari, ibu Jean membawa semua pelayannya untuk mengurus bisnis legal, meninggalkan Marguerite sendirian. Jacques kemudian mengunjungi kastil dan menyatakan cintanya. Ketika Jacques mengabaikan perintah Marguerite untuk pergi, Marguerite mencoba melarikan diri darinya, tetapi Jacques mengejarnya ke kamar Marguerite dan meskipun Marguerite melawan, Jacques memperkosa Marguerite sebelum memerintahkannya untuk tidak memberitahu Jean.

Saat Jean kembali, Marguerite memberitahunya apa yang terjadi. Setelah Jean marah sambil mempertanyakan apakah Marguerite mengatakan yang sebenarnya, Jean menjadi yakin bahwa Jacques memperkosa Marguerite sebagai simbol penghinaan terhadap Jean. Jean bersikeras bahwa Marguerite langsung berhubungan seks dengannya sehingga Jacques tidak akan menjadi "pria terakhir yang mengenalnya".

Pierre memberitahu Jacques bahwa Jean menuduhnya memperkosa Marguerite, yang dibantahnya. Terlepas dari upaya Pierre untuk menggunakan otoritasnya, Jean mengajukan banding atas kasusnya langsung ke Raja Charles VI dan meminta duel sampai mati. Jacques menerimanya setelah memutuskan untuk tidak mencari forum yang menguntungkan dari pengadilan gereja Katolik dengan hakim imamat. Teman-teman Marguerite meninggalkannya dan percaya bahwa Marguerite berbohong untuk menutupi perselingkuhan, sedangkan ibu Jean bersikeras Marguerite membatalkan tuduhannya dan menerima konsekuensi apapun.

Pada persidangan Jacques enam bulan kemudian, Marguerite yang sekarang hamil tetap teguh bahwa ia mengatakan yang sebenarnya, sedangkan pengadilan menyiratkan bahwa Jacques adalah ayah dari anaknya. Raja Charles VI mengabulkan permintaan Jean untuk berduel sampai mati dalam menentukan kasusnya. Marguerite juga diberitahu bahwa ia akan dibakar hidup-hidup karena sumpah palsu jika suaminya kalah. Marguerite marah kepada Jean karena tidak memberitahunya bahwa ia akan dibakar hidup-hidup jika Jean gagal. Marguerite melahirkan putranya tidak lama sebelum duel berlangsung.

Duel dimulai dengan Jean dan Jacques berkelahi hingga mereka berdua kehilangan tunggangannya dan bertarung satu lawan satu. Jean ditikam tetapi ia akhirnya berhasil menjatuhkan Jacques. Jean menuntut agar Jacques mengaku atau menghadapi hukuman, tetapi Jacques mengaku bahwa dirinya tidak bersalah sehingga Jean kemudian membunuh Jacques. Jean menikmati kemenangannya, sedangkan Marguerite mengikuti dengan tenang di belakang Jean. Pada akhirnya, mayat Jacques ditelanjangi dan digantung terbalik di depan umum.

Film berakhir dengan Jean meninggal dalam pertempuran di Perang Salib, sedangkan Marguerite tetap mengelola tanah milik Jean, hidup dalam damai selama sisa hidupnya dan tidak pernah menikah lagi.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

  • Matt Damon sebagai Jean de Carrouges
  • Adam Driver sebagai Jacques Le Gris
  • Jodie Comer sebagai Marguerite de Carrouges
  • Ben Affleck sebagai Pierre d'Alençon
  • Harriet Walter sebagai Nicole de Buchard
  • Alex Lawther sebagai Raja Charles VI
  • Serena Kennedy sebagai Ratu Isabeau
  • Marton Csokas sebagai Crespin
  • Željko Ivanek sebagai Le Coq
  • Tallulah Haddon sebagai Marie
  • Bryony Hannah sebagai Alice
  • Nathaniel Parker sebagai Sir Robert de Thibouville
  • Sam Hazeldine sebagai Thomin du Bois
  • Michael McElhatton sebagai Bernard Latour
  • Oliver Cotton sebagai Jean de Carrouges III
  • Clive Russell sebagai paman Raja Charles VI
  • Adam Nagaitis sebagai Adam Louvel
  • Bosco Hogan sebagai pendeta
  • Clare Dunne sebagai Ceila
  • Caoimhe O'Malley sebagai Elizabeth

Tanggapan kritikus[sunting | sunting sumber]

Film The Last Duel mendapatkan review positif dari para kritikus. Berdasarkan Rotten Tomatoes, film ini memiliki rating 85%, berdasarkan 283 ulasan, dengan rating rata-rata 7,4/10.[8] Berdasarkan Metacritic, film ini mendapatkan skor 67 dari 100, berdasarkan 50 kritik, menunjukkan "ulasan yang baik".[9] Berdasarkan CinemaScore, film ini mendapatkan nilai "B+" dari penonton film untuk skala A+ sampai F.[10]

Box office[sunting | sunting sumber]

Film The Last Duel mendapatkan $10.853.945 di Amerika Utara dan Kanada dan $19.698.166 di negara lain. Total pendapatan yang dihasilkan oleh film ini mencapai $30.552.111, lebih kecil dari anggaran produksi film $100 juta.[3]

Pada pembukaan akhir pekan, film ini mendapatkan $4.759.151, menempati posisi kelima di box office di belakang film Halloween Kills, No Time to Die, Venom: Let There Be Carnage dan The Addams Family 2.[3]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "The Last Duel". British Board of Film Classification. Diakses tanggal October 15, 2021. 
  2. ^ Lang, Brent (October 17, 2021). "Box Office: 'Halloween Kills' Scores Bloody Great $50.4 Million Debut, 'The Last Duel' Bombs". Variety (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal October 17, 2021. Diakses tanggal October 17, 2021. 
  3. ^ a b c "The Last Duel (2021)". Box Office Mojo. Diakses tanggal December 29, 2021. 
  4. ^ "The Last Duel (2021)". The Numbers. Diakses tanggal December 2, 2021. 
  5. ^ Vivarelli, Nick (July 26, 2021). "Venice Film Festival Full Lineup Unveiled – Live Updates". Variety. Diakses tanggal July 26, 2021. 
  6. ^ D'Alessandro, Anthony (July 23, 2020). "'Mulan' Off The Calendar; Disney Also Delays 'Avatar' & 'Star Wars' Movies By One Year As Studio Adjusts To Pandemic". Deadline Hollywood. Diakses tanggal July 23, 2020. 
  7. ^ Rubin, Rebecca (July 23, 2020). "'Star Wars' Films, 'Avatar' Sequels Pushed Back a Year in Disney Release Calendar Shakeup". Variety. Diakses tanggal July 23, 2020. 
  8. ^ "The Last Duel (2021)". Rotten Tomatoes. Diakses tanggal July 1, 2022. 
  9. ^ "The Last Duel reviews". Metacritic. Diakses tanggal July 1, 2022. 
  10. ^ "CinemaScore". cinemascore.com. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]