Jason Bourne (film)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Jason Bourne
Jason Bourne (film).jpg
Poster film Jason Bourne
Sutradara Paul Greengrass
Produser Matt Damon
Paul Greengrass
Gregory Goodman
Frank Marshall
Jeffrey M. Weiner
Ben Smith
Skenario Paul Greengrass
Christopher Rouse
Berdasarkan Karakter Jason Bourne 
oleh Robert Ludlum
Pemeran Matt Damon
Tommy Lee Jones
Alicia Vikander
Vincent Cassel
Julia Stiles
Riz Ahmed
Musik John Powell
David Buckley
Sinematografi Barry Ackroyd
Penyunting Christopher Rouse
Perusahaan
produksi
The Kennedy/Marshall Company
Captivate Entertainment
Pearl Street Films
Perfect World Pictures
Distributor Universal Pictures
Tanggal rilis
  • 11 Juli 2016 (2016-7-11) (Odeon Leicester Square)
  • 29 Juli 2016 (2016-7-29) (Amerika Serikat)
Durasi
123 menit[1]
Negara Amerika Serikat
Bahasa Inggris
Anggaran $120 juta[2]
Pendapatan kotor $415,484,914[2]

Jason Bourne adalah film laga thriller Amerika Serikat tahun 2016 yang disutradarai oleh Paul Greengrass dan diproduseri oleh Matt Damon, Paul Greengrass, Gregory Goodman, Frank Marshall, Jeffrey M. Weiner dan Ben Smith. Naskah film ini ditulis oleh Paul Greengrass dan Christopher Rouse berdasarkan karakter Jason Bourne karya Robert Ludlum. Film ini dibintangi oleh Matt Damon, Tommy Lee Jones, Alicia Vikander, Vincent Cassel, Julia Stiles dan Riz Ahmed.

Film Jason Bourne merupakan film kelima dari serial film Bourne dan sekuel dari film The Bourne Ultimatum tahun 2007. Film ini ditayangkan secara perdana di Odeon Leicester Square, London, pada tanggal 11 Juli 2016 dan dirilis di Amerika Serikat pada tanggal 29 Juli 2016.[3] Film ini mendapatkan review rerata dari para kritikus.

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Satu dekade setelah Jason Bourne (Matt Damon) mengungkapkan Operasi Blackbriar dan menghilang, Jason akhirnya pulih dari amnesianya, mengasingkan dirinya dari dunia dan mencari nafkah dengan berpartisipasi dalam pertarungan jalanan liar. Di Reykjavík, Nicky Parsons (Julia Stiles), yang telah bergabung dengan kelompok hacktivisme di bawah pimpinan Christian Dassault (Vinzenz Kiefer), masuk ke server komputer mainframe CIA untuk membongkar program operasi "hitam" (rahasia). Pembongkaran ini memperingatkan Heather Lee (Alicia Vikander), kepala divisi dalam badan operasi keamanan cyber tersebut, dan direktur CIA Robert Dewey (Tommy Lee Jones). Dalam prosesnya, Nicky menemukan dokumen tentang perekrutan Jason ke operasi Treadstone dan peran ayahnya dalam program ini. Nicky pergi ke Athena untuk mencari dan memberi tahu Jason.

Di Yunani, Nicky dan Jason bertemu di Syntagma Square ketika terjadi demonstrasi anti-pemerintah yang ricuh dan anarkis. Mereka menghindari tim CIA yang dikirim untuk menangkap mereka, namun Nicky ditembak oleh sang Aset (Vincent Cassel), mantan pembunuh dalam operasi Blackbriar yang juga menyimpan dendam pribadi terhadap Jason dan pernah ditangkap serta disiksa karena konsekuensi yang tidak disengaja dari pembongkaran operasi Blackbriar oleh Jason. Sebelum Nicky meninggal, ia memberikan kunci loker yang menyimpan file CIA kepada Jason.

Mencari jawaban tentang masa lalunya dan keluarganya, Jason bertemu dengan Christian di Berlin. Jason memecahkan kode di dalam file Nicky dan menemukan bahwa ayahnya, Richard Webb (Gregg Henry), merupakan seorang analis CIA yang terlibat dalam pembuatan program operasi Treadstone. Program "malware" yang ditanamkan ke dalam file Nicky memberitahukan CIA tentang lokasi Jason saat ini dan Robert menyuruh timnya untuk menangkap Jason, sementara Heather menghapus file-file tersebut dari jarak jauh. Christian menyerang Jason, namun ia terbunuh. Heather memperingatkan Bourne dengan timnya diam-diam, karena Heather yakin bahwa Jason dapat dibujuk untuk kembali ke CIA. Menggunakan beberapa petunjuk yang dikumpulkannya di Berlin, Jason melacak Malcolm Smith (Bill Camp), seorang mantan pengawas operasi Treadstone, di London dan menyusun rencana untuk bertemu dengannya di Paddington Plaza.

Heather membujuk atasan Robert, Edwin Russell (Scott Shepherd), direktur badan intelijen nasional, untuk mengizinkannya menghubungi Jason secara langsung untuk mencoba membawanya kembali. Robert, yang menentang rencananya, secara diam-diam memberi wewenang kepada sang Aset untuk melenyapkan tim Heather dan membunuh Jason. Jason menghindari Heather dan sang Aset cukup lama untuk bertemu dengan Malcolm. Malcolm mengakui bahwa Richard Webb menciptakan operasi Treadstone, namun ia berusaha mencegah CIA merekrut putranya. Di bawah perintah Robert, sang Aset membunuh Richard Webb di Beirut, sehingga terlihat seperti serangan teroris, untuk meyakinkan Jason agar bergabung dengan operasi Treadstone. Malcolm dibunuh oleh sang Aset, sementara Jason kabur dan menemukan Heather. Heather mengakui bahwa ia tidak nyaman dengan cara Robert dan mengarahkan Jason ke sebuah konvensi teknologi di Las Vegas.

Robert dijadwalkan untuk menghadiri konvensi debat publik tentang hak privasi dengan Aaron Kalloor (Riz Ahmed), CEO media sosial raksasa Deep Dream. Aaron merupakan publik figur dengan tanggung jawab sosial perusahaan di era internet, namun ia diam-diam didanai oleh Robert di tahap awalnya. Direktur CIA bermaksud menggunakan Deep Dream untuk melakukan pengawasan massal tepat waktu bersamaan dengan perilisan terbaru dari program 'Beta' tentang pembunuhan yang ditargetkan oleh CIA, yang dikenal sebagai "Iron Hand" (Tangan Besi). Ketika Aaron memiliki pemikiran berbeda tentang pemberian akses Deep Dream ke CIA, Robert memberi wewenang kepada sang Aset untuk membunuh Aaron dan Heather. Jason menggagalkan pembunuhan tersebut dan berhadapan dengan Robert di kamarnya. Robert mengulur waktu dengan mengapresiasi pendirian Jason tentang patriotisme. Jason membunuh Craig Jeffers (Ato Essandoh), tangan kanan Robert. Heather membunuh Robert sebelum Robert menembak Jason. Jason menutupi keterlibatan Heather sebelum mengejar sang Aset di Las Vegas Strip dan akhirnya membunuhnya dalam pertarungan dengan tangan kosong dan brutal.

Akibat dari peristiwa itu, Heather meyakinkan Edwin Russell bahwa cara Robert sudah usang dan menawarkan dirinya sendiri sebagai direktur CIA sekaligus mata dan telinga Edwin di dalam CIA, menggantikan Robert. Heather menguraikan rencananya dengan menggunakan kepercayaan Jason untuk membawanya kembali ke CIA, namun ia siap membunuh Jason jika Jason menolak. Heather bertemu dengan Jason, menjanjikan kepadanya bahwa CIA akan menjadi organisasi yang seharusnya ketika Jason bergabung dengan organisasi tersebut. Jason meminta waktu untuk mempertimbangkan tawaran Heather dan pergi. Heather kembali ke mobilnya dan menemukan rekaman, yang dibuat oleh Jason, berisi percakapan antara Heather dengan Edwin sebelumnya tentang membawa kembali Jason ke CIA.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

  • Matt Damon sebagai Jason Bourne, terlahir dengan nama David Webb, mantan pembunuh CIA yang menghilang setelah mempublikasikan rincian dari program pembunuhan bertarget CIA
  • Tommy Lee Jones sebagai Robert Dewey, direktur CIA dan pemimpin program Iron Hand
  • Alicia Vikander sebagai Heather Lee, kepala divisi Operasi Siber CIA
  • Vincent Cassel sebagai sang Aset, pembunuh dalam operasi Blackbriar
  • Julia Stiles sebagai Nicolette "Nicky" Parsons
  • Riz Ahmed sebagai Aaron Kalloor, CEO dan pendiri Deep Dream
  • Ato Essandoh sebagai Craig Jeffers, agen CIA dan tangan kanan Robert
  • Scott Shepherd sebagai Edwin Russell, direktur badan intelijen nasional
  • Bill Camp sebagai Malcolm Smith, mantan analis CIA
  • Vinzenz Kiefer sebagai Christian Dassault, seorang peretas, whistleblower dan pemimpin grup aktivis privasi
  • Gregg Henry sebagai Richard Webb, ayah Jason Bourne dan pembuat asli program Treadstone yang dibunuh oleh the Asset
  • Stephen Kunken sebagai Baumen, karyawan Deep Dream yang merupakan salah satu asisten pribadi Aaron

Tanggapan Kritikus[sunting | sunting sumber]

Film Jason Bourne mendapatkan review rerata dari para kritikus. Berdasarkan Rotten Tomatoes, film ini memiliki rating 56%, berdasarkan 279 ulasan, dengan rating rata-rata 5.9/10.[4] Berdasarkan Metacritic, film ini mendapatkan skor 58 dari 100, berdasarkan 50 kritik, menunjukkan "ulasan rerata".[5] Berdasarkan CinemaScore, film ini mendapatkan nilai "A-" dari penonton film untuk skala A+ sampai F.[6]

Box Office[sunting | sunting sumber]

Film Jason Bourne mendapatkan $162,434,410 di Amerika Utara dan $253,050,504 di negara lain. Total pendapatan yang dihasilkan oleh film ini mencapai $415,484,914, melebihi anggaran produksi film $120 juta.[2]

Pada pembukaan akhir pekan, film ini mendapatkan $59,215,365, menempati posisi teratas di box office.[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Jason Bourne (12A)". British Board of Film Classification. 15 Juli 2016. 
  2. ^ a b c d "Jason Bourne (2016)". Box Office Mojo. Diakses tanggal October 25, 2017. 
  3. ^ Yamato, Jen (January 6, 2015). "Universal Moves Damon-Greengrass 'Bourne' Sequel Into 'Apes' Slot". Deadline.com. Diakses tanggal May 24, 2015. 
  4. ^ "Jason Bourne (2016)". Rotten Tomatoes. Diakses tanggal October 25, 2017. 
  5. ^ "Jason Bourne reviews". Metacritic. Diakses tanggal October 25, 2017. 
  6. ^ "CinemaScore". cinemascore.com. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]