The Town (film 2010)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
The Town
The Town Poster.jpg
Poster film The Town
Sutradara Ben Affleck
Produser Graham King
Basil Iwanyk
Skenario Peter Craig
Ben Affleck
Aaron Stockard
Berdasarkan Prince of Thieves 
oleh Chuck Hogan
Pemeran Ben Affleck
Rebecca Hall
Jon Hamm
Jeremy Renner
Blake Lively
Chris Cooper
Pete Postlethwaite
Musik Harry Gregson-Williams
David Buckley
Sinematografi Robert Elswit
Penyunting Dylan Tichenor
Perusahaan
produksi
Legendary Pictures
GK Films
Thunder Road Pictures
Distributor Warner Bros. Pictures
Tanggal rilis
Durasi
124 menit[1]
Negara Amerika Serikat
Bahasa Inggris
Anggaran $37 juta[2]
Pendapatan kotor $154,026,136[2]

The Town adalah film drama kriminal thriller Amerika Serikat tahun 2010 yang disutradarai oleh Ben Affleck dan diproduseri oleh Graham King dan Basil Iwanyk. Naskah film ini ditulis oleh Peter Craig, Ben Affleck dan Aaron Stockard berdasarkan novel Prince of Thieves karya Chuck Hogan. Film ini dibintangi oleh Ben Affleck, Rebecca Hall, Jon Hamm, Jeremy Renner, Blake Lively, Chris Cooper dan Pete Postlethwaite.

Film The Town ditayangkan secara perdana di Festival Film Venesia pada tanggal 8 September 2010[3] dan dirilis di Amerika Serikat pada tanggal 17 September 2010.[4] Film ini mendapatkan review positif dari para kritikus.

Plot[sunting | sunting sumber]

Empat sahabat dari lingkungan Charlestown, Boston, Douglas "Doug" MacRay (Ben Affleck), James "Jem" Coughlin (Jeremy Renner), Albert "Gloansy" MacGloan (Slaine) dan Desmond "Dez" Elden (Owen Burke), merampok sebuah bank. Mereka membawa manajer bank, Claire Keesey (Rebecca Hall), menyanderanya, namun mereka membebaskannya tanpa cedera. Ketika mereka mengetahui bahwa Claire tinggal di lingkungan mereka, Doug mulai mengikutinya untuk mengetahui seberapa banyak yang ia katakan kepada polisi, dan untuk memastikan Jem tidak membunuh Claire sebagai saksi. Ketika hubungan romantis mereka semakin tumbuh, Doug menyembunyikan hubungannya dari para sahabatnya. Ketika mereka semakin dekat, Doug memberitahu Claire tentang pencarian ibu Doug, yang telah lama hilang, di mana Doug percaya ibunya tinggal dengan bibinya di Tangerine, Florida. Doug juga menceritakan kesempatannya untuk menjadi pemain hoki profesional yang disia-siakannya untuk melakukan kriminal, mengikuti jejak ayahnya. Claire memberitahu Doug bahwa ia melihat tato di salah satu perampok tersebut dan Doug mengetahui bahwa Claire dapat mengidentifikasi Jem, lalu ia mengirim mereka semua ke penjara. Doug juga mengetahui bahwa Jem akan membunuh Claire jika ia mengetahui kebenaran sehingga Doug meyakinkan Claire bahwa pihak berwenang tidak dapat melindunginya dan Claire memutuskan untuk tidak memberitahu pihak berwenang.

Setelah Claire memberitahu Doug tentang pelecehan yang dialami Claire dan mobil Claire dirusak oleh Alex Colazzo (Isaac Bordoy), seorang preman lokal, Doug mendaftarkan Jem demi kebaikan, di mereka tidak ingin membahasnya. Doug dan Jem tidak mengenakan topeng hoki dan dengan keras menyerang pelanggar tanpa sepengetahuan Jem alasan sebenarnya berbaik hati adalah untuk melindungi Claire.

Agen khusus FBI Adam Frawley (Jon Hamm) memeriksa Doug dan tiga sahabatnya dan mengetahui hubungan mereka dengan bos kriminal setempat Fergus "Fergie" Colm (Pete Postlethwaite), yang memiliki perampokan lain yang direncanakan untuk mereka. Ketika mereka berkunjung ke ayahnya, Stephen (Chris Cooper), di penjara, Doug mengungkapkan rencananya untuk meninggalkan Boston dan pergi ke Florida. Perampokan mereka selanjutnya di North End, Boston, menjadi kacau dan mereka nyaris tidak meloloskan diri. Mereka diinterogasi oleh Adam, namun Adam gagal mendapatkan pengakuan dan terpaksa melepaskan mereka. Doug bertanya kepada Claire apakah Claire akan pergi bersamanya dan ia menyetujuinya. Ketika Adam mengetahui bahwa Claire berhenti dari pekerjaannya, ia menyadap telepon Claire dan mengancam untuk mengadili Claire sebagai kaki tangan setelah menyadari bahwa Claire melihat Doug. Terkejut mengetahui bahwa kekasihnya adalah salah satu penyerangnya, Claire dipaksa bekerja sama dengan FBI dan memutuskan hubungan dengan Doug. Sementara itu, Fergie dan Jem mendesak Doug tentang perampokan selanjutnya, namun Doug bertekad untuk keluar. Fergie mengancam untuk membunuh Claire jika Doug tidak menyelesaikan pekerjaan itu dan memberitahu Doug bagaimana Fergie mengendalikan ayahnya dengan membuat ibunya menjadi pecandu, yang menyebabkan ibunya bunuh diri. Doug menyerah, namun ia bersumpah akan membunuh Fergie jika terjadi sesuatu pada Claire.

Di Fenway Park, Doug dan Jem masuk dan menyamar sebagai petugas kepolisian Boston, mencuri $3,500,000 di pintu gerbang dan bersiap untuk melarikan diri dengan mobil ambulans serta menyamar sebagai paramedis. Krista "Kris" Coughlin (Blake Lively), mantan kekasih Doug dan adik Jem, diancam oleh Adam dan patah hati karena Doug pergi tanpanya, merasa cukup bagi FBI untuk mengelilingi Fenway Park sebelum mereka bisa keluar. Mereka terjebak dalam baku tembak dengan petugas SWAT FBI, menyebabkan Dez dan Gloansy terbunuh. Adam melihat Jem dan mereka saling tembak-menembak. Jem, yang bertekad untuk tidak kembali ke penjara dan kehabisan amunisi, melakukan bunuh diri dengan cara dibunuh polisi, keluar dari persembunyiannya membawa pistolnya dan terbunuh. Mengetahui bahwa Claire berada dalam bahaya dan bahwa Doug tidak akan pernah bisa lolos selama Fergie hidup, Doug membunuh Fergie dan pengawalnya dan menghubungi Claire. Melihat dari seberang jalan menggunakan teropong, Doug melihat bahwa FBI bersamanya ketika Claire menyuruhnya untuk datang. Awalnya, Doug mengira Claire ingin mengkhianatinya, namun akhirnya Claire memberinya petunjuk untuk memperingatkannya, yang kemudian digunakannya. Doug melarikan diri sebagai gantinya, memakai seragam MBTA dan melarikan diri melalui kereta api. Doug meninggalkan sebuah catatan di mobil Adam berisi hinaan untuk Adam. Kemudian, saat berkebun, Claire menemukan tas yang terkubur berisi uang curian, sebuah jeruk dan catatan dari Doug, yang menunjukkan bahwa Claire dapat menggunakan uang tersebut lebih baik dan mereka mungkin akan bertemu lagi. Claire menyumbangkan uang itu, mengenang ibu Doug, untuk memperbarui lapangan es lokal tempat Doug pernah bermain hoki. Di sebuah rumah kecil di pinggir sungai, Doug melihat pemandangan, sedih dan sendiri, namun ia tampaknya aman di Florida.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

  • Ben Affleck sebagai Douglas "Doug" MacRay
  • Rebecca Hall sebagai Claire Keesey
  • Jon Hamm sebagai agen khusus FBI Adam Frawley
  • Jeremy Renner sebagai James "Jem" Coughlin
  • Blake Lively sebagai Krista "Kris" Coughlin
  • Chris Cooper sebagai Stephen MacRay
  • Pete Postlethwaite sebagai Fergus "Fergie" Colm
  • Slaine sebagai Albert "Gloansy" MacGloan
  • Owen Burke sebagai Desmond "Dez" Elden
  • Titus Welliver sebagai petugas Dino Ciampa
  • Dennis McLaughlin sebagai Rusty
  • Brian Scannell sebagai Henry
  • Isaac Bordoy sebagai Alex Colazzo
  • Jack Neary sebagai Arnold Washton
  • Edward O'Keefe sebagai Morton Previt
  • Victor Garber sebagai David

Tanggapan Kritikus[sunting | sunting sumber]

Film The Town mendapatkan review positif dari para kritikus. Berdasarkan Rotten Tomatoes, film ini memiliki rating 93%, berdasarkan 218 ulasan, dengan rating rata-rata 7.7/10.[5] Berdasarkan Metacritic, film ini mendapatkan skor 74 dari 100, berdasarkan 42 kritik, menunjukkan "ulasan yang baik".[6] Berdasarkan CinemaScore, film ini mendapatkan nilai "B+" dari penonton film untuk skala A+ sampai F.[7]

Box Office[sunting | sunting sumber]

Film The Town mendapatkan $92,186,262 di Amerika Utara dan $61,839,874 di negara lain. Total pendapatan yang dihasilkan oleh film ini mencapai $154,026,136, melebihi anggaran produksi film $37 juta.[2]

Pada pembukaan akhir pekan, film ini mendapatkan $23,808,032, menempati posisi teratas di box office.[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "The Town (15)". British Board of Film Classification. August 13, 2010. Diakses tanggal September 7, 2013. 
  2. ^ a b c d "The Town (2010)". Box Office Mojo. Diakses tanggal February 7, 2018. 
  3. ^ Macnab, Geoffrey (September 8, 2010). "The Town, Venice Film Festival". The Independent. Diakses tanggal March 10, 2018. 
  4. ^ Shone, Tom (September 13, 2010). "Ben Affleck interview for The Town". The Daily Telegraph. Diakses tanggal March 10, 2018. 
  5. ^ "The Town (2010)". Rotten Tomatoes. Diakses tanggal February 7, 2018. 
  6. ^ "The Town reviews". Metacritic. Diakses tanggal February 7, 2018. 
  7. ^ "CinemaScore". cinemascore.com. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]