The Revenant (film 2015)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
The Revenant
The Revenant 2015 film poster.jpg
Poster film The Revenant
Sutradara Alejandro González Iñárritu
Produser Arnon Milchan
Steve Golin
Alejandro González Iñárritu
Mary Parent
Keith Redmon
James W. Skotchdopole
Skenario Alejandro González Iñárritu
Mark L. Smith
Berdasarkan The Revenant: A Novel of Revenge 
oleh Michael Punke
Pemeran Leonardo DiCaprio
Tom Hardy
Domhnall Gleeson
Will Poulter
Musik Ryuichi Sakamoto
Alva Noto
Sinematografi Emmanuel Lubezki
Penyunting Stephen Mirrione
Perusahaan
produksi
Regency Enterprises
RatPac-Dune Entertainment
Anonymous Content
M Productions
Appian Way Productions
Distributor 20th Century Fox
Tanggal rilis
  • 16 Desember 2015 (2015-12-16) (TCL Chinese Theatre)
  • 25 Desember 2015 (2015-12-25) (terbatas di Amerika Serikat)
  • 8 Januari 2016 (2016-1-8) (secara luas di Amerika Serikat)
Durasi
156 menit[1]
Negara Amerika Serikat
Bahasa Inggris
Anggaran $135 juta[2]
Pendapatan kotor $532,950,503[3]

The Revenant adalah film drama biografi kejahatan Amerika Serikat tahun 2015 yang disutradarai oleh Alejandro González Iñárritu dan diproduseri oleh Arnon Milchan, Steve Golin, Alejandro González Iñárritu, Mary Parent, Keith Redmon dan James W. Skotchdopole. Naskah film ini ditulis oleh Alejandro González Iñárritu dan Mark L. Smith berdasarkan novel non-fiksi The Revenant: A Novel of Revenge karya Michael Punke dan kisah penjelajah dan pemburu kulit Hugh Glass. Film ini dibintangi oleh Leonardo DiCaprio, Tom Hardy, Will Poulter dan Domhnall Gleeson.[4]

Film The Revenant merupakan film kolaborasi kedua Leonardo DiCaprio dan Tom Hardy setelah film Inception. Film ini ditayangkan secara perdana di TCL Chinese Theatre, Los Angeles, pada tanggal 16 Desember 2015 dan dirilis di Amerika Serikat pada tanggal 25 Desember 2015 secara terbatas dan 8 Januari 2016 secara luas.[5][6][7] Film ini mendapatkan review positif dari para kritikus.

Plot[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1823, Hugh Glass (Leonardo DiCaprio) memandu rombongan Andrew Henry (Domhnall Gleeson) melalui wilayah yang tidak terorganisir. Sementara Hugh dan putranya yang setengah Pawnee, Hawk (Forrest Goodluck), sedang berburu, perkemahan mereka diserang oleh rombongan suku Arikara. Dipandu oleh Hugh, kru yang selamat melakukan perjalanan dengan berjalan kaki ke Fort Kiowa, karena perjalanan ke hilir akan membuat mereka rentan diserang. Setelah tiba di Fort Kiowa, kru menyembunyikan kulit berbulu hasil perburuan mereka di tepi sungai.

Hugh diserang oleh beruang grizzly dan nyaris mati. John Fitzgerald (Tom Hardy), yang takut akan serangan suku Arikara lainnya, berpendapat bahwa mereka harus melakukan eutanasia dengan membunuh Hugh untuk meringankan penderitaannya dan meninggalkannya pergi. Andrew setuju, namun ia tidak mau menarik pelatuknya; Sebagai gantinya, ia memberikan uang kepada seseorang untuk tinggal dengan Hugh. Ketika satu-satunya sukarelawan adalah Hawk dan Jim Bridger (Will Poulter), John setuju untuk tinggal, demi menutup kerugiannya dari kulit berbulu hasil perburuan yang ditinggalkan.

Setelah rombongan yang lain pergi, John mencoba untuk mencekik Hugh, namun Hawk mengetahuinya. John menikam Hawk sampai mati dan Hugh melihatnya tak berdaya. Keesokan paginya, John meyakinkan Jim bahwa suku Arikara mendekat dan mereka harus meninggalkan Hugh. Setelah mereka berangkat, John mengakui bahwa ia berbohong. Ketika John dan Jim bertemu Andrew di Fort Kiowa, John memberitahu bahwa Hugh telah meninggal dan Hawk hilang.

Hugh memulai perjalanan yang sulit melalui padang belantara. Ia melakukan operasi sendiri dan menghindari suku Arikara yang mengejar putri kepala suku yang diculik, Powaqa (Melaw Nakehk'o). Hugh bertemu dengan pengungsi Pawnee, Hikuc (Arthur Redcloud), yang mengatakan bahwa "balas dendam ada di tangan sang Pencipta". Mereka berbagi daging bison, minum dan melakukan perjalanan bersama. Setelah perjalanan yang memabukkan karena minum, Hugh menemukan Hikuc digantung oleh pemburu Perancis. Ia menyusup ke perkemahan mereka dan melihat pemimpin perburuan memperkosa Powaqa. Ia membebaskannya, membunuh dua pemburu dan mencuri kuda Hikuc, meninggalkan botol minumnya. Keesokan paginya, Hugh disergap oleh suku Arikara dan jatuh ke tebing bersama kudanya. Ia bertahan dalam badai di malam hari dengan membunuh kudanya, mengiris perut kuda itu dan berlindung di dalam bangkainya.

Seorang pemburu Perancis, yang selamat dari serangan, terhuyung-huyung ke Fort Kiowa membawa sebuah botol minum. Jim mengenali botol minumnya milik Hugh. Percaya bahwa botol itu dicuri, Andrew mengatur pencarian Hugh. John, yang menyadari bahwa Hugh masih hidup, mengosongkan brankas pos keamanan dan melarikan diri. Pihak pencari menemukan Hugh yang kelelahan. Marah, Andrew memerintahkan untuk memenjarakan Jim, namun Hugh menyatakan bahwa Jim ditipu oleh John dan John membunuh Hawk. Hugh dan Andrew berangkat mengejar John.

Setelah keduanya berpisah, John menyergap dan membunuh Andrew. Hugh menggunakan mayat Andrew di atas kudanya sebagai umpan dan menembakkan lengan John. Ia mengejar John ke tepi sungai tempat mereka melakukan pertarungan brutal. Mulanya Hugh membunuh John, namun ia melihat rombongan suku Arikara di hilir. Ia ingat perkataan Hikuc, mendorong John ke hilir hingga ditangkap oleh suku Arikara. Kepala suku Arikara membunuh, menguliti kepala Fitzgerald dan menghindari Hugh. Dengan luka berat, Hugh mundur ke pegunungan di mana ia bertemu dengan roh istrinya.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

  • Leonardo DiCaprio sebagai Hugh Glass
  • Tom Hardy sebagai John Fitzgerald
  • Domhnall Gleeson sebagai Kapten Andrew Henry
  • Will Poulter sebagai Jim Bridger
  • Forrest Goodluck sebagai Hawk
  • Paul Anderson sebagai Anderson
  • Kristoffer Joner sebagai Murphy
  • Joshua Burge sebagai Stubby Bill
  • Duane Howard sebagai Elk Dog
  • Melaw Nakehk'o sebagai Powaqa
  • Fabrice Adde sebagai Toussaint
  • Arthur Redcloud sebagai Hikuc
  • Lukas Haas sebagai Jones
  • Brendan Fletcher sebagai Fryman
  • Tyson Wood sebagai Weston
  • Grace Dove sebagai istri Hugh Glass
  • Isaiah Tootoosis sebagai Boy Hawk

Tanggapan Kritikus[sunting | sunting sumber]

Film The Revenant mendapatkan review positif dari para kritikus. Berdasarkan Rotten Tomatoes, film ini memiliki rating 79%, berdasarkan 360 ulasan, dengan rating rata-rata 7.9/10.[8] Berdasarkan Metacritic, film ini mendapatkan skor 76 dari 100, berdasarkan 50 kritik, menunjukkan "ulasan yang baik".[9] Berdasarkan CinemaScore, film ini mendapatkan nilai "B+" dari penonton film untuk skala A+ sampai F.[10]

Box Office[sunting | sunting sumber]

Film The Revenant mendapatkan $183,637,894 di Amerika Utara dan $349,312,609 di negara lain. Total pendapatan yang dihasilkan oleh film ini mencapai $532,950,503, melebihi anggaran produksi film $135 juta.[3]

Pada pembukaan akhir pekan secara terbatas, film ini mendapatkan $474,560, menempati posisi ke-23 di box office. Namun, pada pembukaan akhir pekan secara luas, film ini mendapatkan $39,826,840, menempati posisi ke-2 di box office.[3]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ BBFC (December 28, 2015). "The Revenant". London, ENG: British Board of Film Classification. Diakses tanggal December 28, 2015. 
  2. ^ Waxman, Sharon (October 16, 2015). "'The Revenant' Budget Soars to $135 Million As New Regency Foots the Bill (Exclusive)". TheWrap. Diakses tanggal December 28, 2015. 
  3. ^ a b c "The Revenant (2015)". boxofficemojo.com. Diakses tanggal January 17, 2016. 
  4. ^ Chitwood, Adam (February 3, 2015). "Alejandro González Iñárritu Explains Why The Revenant Is Taking 9 Months to Shoot". Collider. Diakses tanggal August 11, 2015. 
  5. ^ CS Staff (July 17, 2015). "The Revenant Trailer: Leonardo DiCaprio and Tom Hardy in the Christmas Release". ComingSoon.net. Diakses tanggal December 28, 2015. 
  6. ^ Johnson, Neala (January 7, 2016). "British actor Tom Hardy says filming The Revenant was an education in endurance". News.com.au. News Limited. Diakses tanggal February 4, 2016. 
  7. ^ Rosser, Michael (November 17, 2015). "'The Revenant' sets UK release date". ScreenDaily.com. Diakses tanggal December 28, 2015. 
  8. ^ "The Revenant (2015)". Rotten Tomatoes. Diakses tanggal September 28, 2016. 
  9. ^ "The Revenant reviews". Metacritic. Diakses tanggal September 28, 2016. 
  10. ^ "CinemaScore". cinemascore.com. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]