Star Wars: The Force Awakens

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Star Wars: The Force Awakens
Sutradara J. J. Abrams
Produser
Penulis
Pemeran
Musik John Williams
Sinematografi Daniel Mindel
Penyunting
Perusahaan
produksi
Distributor Walt Disney Studios
Motion Pictures
Tanggal rilis
  • 18 Desember 2015 (2015-12-18)
Durasi
135 menit[1]
Negara Amerika Serikat
Bahasa Inggris
Anggaran $200 juta[2]
Pendapatan kotor $1.3 milyar[3]

Star Wars: The Force Awakens adalah sebuah film opera luar angkasa Amerika Serikat yang disutradarai oleh J. J. Abrams. Film ini merupakan yang ketujuh dari serial film Star Wars dan dibintangi oleh Harrison Ford, Mark Hamill, Carrie Fisher, Adam Driver, Daisy Ridley, John Boyega, Oscar Isaac, Lupita Nyong'o, Andy Serkis, Domhnall Gleeson, Anthony Daniels, Peter Mayhew, dan Max von Sydow. Kisah cerita film ini terjadi sekitar 30 tahun setelah peristiwa di dalam film Return of the Jedi (1983).

The Force Awakens merupakan film pertama dari trilogi sekuel Star Wars yang diumumkan setelah The Walt Disney Company mengakuisisi Lucasfilm pada Oktober 2012. Film ini diproduksi oleh presiden Lucasfilm Kathleen Kennedy, Abrams, dan rekannya Bryan Burk. Abrams menulis skenario film ini bersama Lawrence Kasdan, penulis kedua film trilogi original The Empire Strikes Back dan Return of the Jedi. Abrams dan Kasdan menulis ulang naskah awal yang ditulis oleh Michael Arndt. John Williams, komposer dari enam film sebelumnya, kembali mengarang musik untuk film ini. Pencipta Star Wars George Lucas bertindak sebagai konsultan kreatif selama tahap produksi awal film. The Force Awakens diproduksi oleh Lucasfilm dan Bad Robot Productions milik Abrams serta akan didistribusikan oleh Walt Disney Studios Motion Pictures. Syuting film dimulai pada April 2014 di Abu Dhabi dan Islandia, dengan pengambilan gambar yang juga mengambil tempat di Irlandia dan Pinewood Studios di Inggris.

The Force Awakens melakukan premiernya di Los Angeles pada 14 Desember 2015, dan dijadwalkan untuk rilis pada 18 Desember 2015 dalam format 2D, 3D, dan IMAX 3D, lebih dari 10 tahun setelah perilisan film terakhir franchise ini, Star Wars Episode III: Revenge of the Sith (2005). Film ini mendapatkan pujian daripara kritikus yang memadankannya dengan trilogi original, dengan pujian ditujukan pada adegan laga, karakter dan alur cerita. Disney mendukung film ini dengan kampanye pemasaran secara luas, dan film ini pun diprediksi memecahkan rekor box office dengan perkiraan keuntungan lebih dari $1 milyar. Dua sekuel, Episode VIII dan Episode IX, dijadwalkan dirilis masing-masing pada 26 Mei 2017 dan 2019.

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Sekitar 30 tahun setelah Death Star Ke-dua telah hancur, Luke Skywalker, Seorang Jedi yang terakhir, telah menghilang. First Order bangkit setelah jatuhnya kekuasaan Galactic Empire dan berusaha untuk menghilangkan Luke dan kekuasaan Republik. Kelompok Resistance yang didukung oleh Republik dan dipimpin oleh Leia Organa (Saudari kembar Luke Skywalker), menentang mereka sambil mencari Luke untuk meminta bantuannya.

Pilot Resistance,Poe Dameron bertemu dengan tetua desa Lor San Tekka di Planet Jakku untuk mendapatkan peta lokasi Luke. Nahasnya, Stormtroopers di bawah komando Kylo Ren menghancurkan desa dan menangkap Poe. Droid BB-8 berhasil lolos dengan membawa peta tersebut, dan bertemu dengan pemulung, Rey, di permukiman barang rongsokan. Ren menginterogasi & menyiksa Poe dengan menggunakan 'Force' untuk mengetahui keberadaan droid BB-8. Salah seorang Stromtrooper dengan kode FN-2187, tidak bisa membunuh rakyat Jakku untuk First Order. Dia memutuskan untuk membebaskan Poe dan mereka melarikan diri dengan cara mencuri pesawat TIE Fighter. Poe memberikan nama stromtrooper FN-2187 itu dengan nama Finn. Tetapi, saat mereka akan sampai ke markas Resistance, Mereka mengalami kecelakaan dan Pesawatnya jatuh di Planet Jakku. Kelihatannya, Finn satu-satunya korban yang selamat dari kecelakaan tersebut, dan dengan Jaket milik Poe, dia mengembara di Padang gurun Jakku. Ia bertemu dengan Rey dan BB-8 disebuah pasar, namun mereka di lacak oleh First Order dan berusaha menghindari serangan udara dari First Order. Mereka kabur dengan membawa pesawat rongsokan, Millenium Falcon.

Falcon tersebut telah rusak dan segera diambil oleh Pesawat yang lebih besar, dikemudikan oleh Han Solo dan Chewbacca, yang merebut kembali bekas pesawat mereka. Han menjelaskan bahwa Luke mencoba kembali membangun Jedi yang baru, tetapi dia pergi mengasingkan diri setelah muridnya, Kylo Ren berpaling ke Sisi Gelap dan menghancurkan segala sesuatu yang dibangun oleh Luke. Gang Kanjiklub berusaha menagih utang kepada Han Solo, tetapi mereka berhasil kabur karena Monster Rathar. Gang tersebut melaporkan kepada First Order atas keterlibatan Han. Kru Falcon tiba di planet Takodana dan bertemu di kantin milik Maz Kanata, yang dapat membantu BB-8 mencapai markas kelompok Resistance, tetapi Finn, dalam ketakutannya ingin melarikan diri. Rey kemudian menuju ke sebuah ruangan dan menemukan lightsaber milik Luke dan ayahnya sebelum dia. Rey melihat suatu gangguan dalam pikiran alam bawah sadarnya dan mencoba melarikan diri ke dalam hutan. Maz kemudian memberikan lightsaber itu kepada Finn untuk diamankan.

Pada markas First Order, Starkiller, sebuah Planet yang diubah menjadi senjata super yang mampu mengahancurkan sistem bintang dengan cepat. Supreme Leader Snoke memerintahkan Jenderal Hux untuk menggunakan senjata itu untuk pertama kalinya dan menghancurkan Ibukota Republik. Armadanya telah mengumumkan akhir dari Republik. Snoke memberitahu Ren bahwa untuk mengatasi panggilan dari Sisi Terang dan menguasai Sisi Gelap, dia harus membunuh ayahnya, Han Solo. First Order menyerang Planet Takodana. Han, Chewbacca, dan Finn, yang menggunakan lightsaber dalam pertempuran,diselamatkan oleh Armada Resistance X-Wing Fighter yang dipimpin Poe. Tetapi Rey ditangkap, dan dibawa ke dalam Markas Starkiller. Ren menginterogasi Rey dengan 'Force', tetapi Rey menolak pikirannya dibaca oleh Ren & malah menggunakan 'Force' untuk membaca pikiran Ren. Ren dengan takut menemukan bahwa Rey memiliki kekuatan Force yang sama, juga karena Rey mengetahui bahwa alasan Ren bergabung ke sisi gelap agar dia menjadi sehebat leluhurnya, Anakin Skywalker. Rey berhasil kabur dari Selnya menggunakan 'Force'dengan mempengaruhi pikiran salah satu Stormtrooper.

Han, Chewbacca, Finn, dan BB-8 tiba di basis Resistance di D'Qar, di mana mereka bertemu Leia dan droid C-3PO dan R2-D2, yang terakhir kali sudah tidak aktif sejak hilangnya Luke. Mereka juga mengetahui bahwa peta untuk lokasi Luke dalam BB-8 tidak lengkap. Starkiller bersiap untuk menghacurkan planet D'Qar, Resistance membuat rencana untuk menurunkan perisai planet itu sehingga pejuang mereka dapat menyerang. Leia mendesak Han untuk membawa pulang anaknya, Kylo Ren kepada dia. Dengan memakai Falcon tersebut, Han, Chewbacca, dan Finn menyusup ke dalam Markas Starkiller. Mereka menurunkan perisai, menemukan Rey, mengatur bom, dan menemukan Ren. Han menemui Ren dan memanggilnya dengan nama kelahirannya, Ben, dan dia memohon untuk kembali ke Sisi Terang. Meskipun bertentangan, Ren membunuh Han menggunakan Lightsabernya. Chewbacca mengamuk dan menembak Ren & meledakkan bom yang telah diatur sebelumnya. yang memungkinkan Armada Resistance X-Wing Fighter untuk menyerang senjata dan menghancurkan Markas First Order di Starkiller.

Ren yang terluka mengejar Finn dan Rey di luar Markas. Finn bertarung melawan Ren dengan Lightsabernya, tetapi dia terluka dan tak sadarkan diri. Rey melanjutkan pertarungan melawan Ren dengan mengambil Lightsaber itu. Dia mengalahkan Ren dengan Force, dan Ren terluka sebelum dipisahkan oleh tanah yang terbelah. Snoke memerintahkan Jenderal Hux untuk mengevakuasi dan membawa Ren untuk menyelesaikan latihannya. Sementara itu, Rey, Chewbacca, dan Finn melarikan diri ke dalam Falcon. Pada D'Qar, Kelompok Resistance merayakan kemenangannya, sementara Leia, Chewbacca, dan Rey berkabung atas kematian Han Solo. R2-D2 tiba tiba terbangun dan mengungkapkan sisa peta yang kemudian dilengkapi oleh BB-8. Berbekal peta yang sudah lengkap itu, Rey dengan R2-D2 dan Chewbacca menuju ke sebuah pulau di sebuah planet yang jauh. Rey menemukan Luke yang berdiri disebuah tebing dan menawarkan dia lightsabernya.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Perkenalan karakter Star Wars: The Force Awakens (dari atas) Adam Driver sebagai ksatria kegelapan Kylo Ren, Daisy Ridley sebagai Pemulung, Rey, John Boyega sebagai mantan stormtrooper Finn, dan Oscar Isaac sebagai pilot Armada X-wing fighter Poe Dameron.
Seorang Penipu dan Penyeludup Barang. Ford mengatakan bahwa Han "tidak mendambakan posisi Obi-Wan, juga tidak saya berkeinginan menjadi sebagian Era Baru Alec Guinness.Pengembangannya sangat konsisten dengan karakter, dan ada unsur emosional yang telah disebabkan pertumbuhannya ... Ada banyak sifat penipunya masih tersisa dari Karakter Han. Ada beberapa hal yang tidak mengalami perubahan ... "[4]
Salah satu sebagai ksatria Jedi terakhir yang telah bersembunyi. Mengenai karakter Luke, Han, dan Leia, Abrams menyatakan : "Mereka akan menjadi tua dan sebagai mitos seperti cerita Raja Arthur. Mereka akan menjadi karakter yang baru mungkin sudah pernah didengar, tetapi mungkin juga tidak. Mereka akan menjadi karakter yang mereka mungkin percaya ada, atau hanya terdengar seperti dongeng ... "[5]
Mantan Putri dari Planet yang telah hancur, Alderaan, ternyata adalah seorang Jendral kelompok Resistance dan saudari kembar Luke Skywalker.[6]. Setelah peristiwa Return of the Jedi, dia digambarkan sebagai "seseorang yang lelah bertarung, dan sedikit lebih patah hati."[7] Fisher digambarkan sebagai Leia "Seorang penyendiri, di bawah banyak tekanan. Memiliki komitmen seperti biasa penyebabnya, tapi saya akan membayangkan perasaan agak kalah, lelah, dan marah." Abrams mengatakan: ". Taruhannya cukup tinggi dalam cerita untuknya, sehingga tidak ada banyak bermain-main di sekitar di mana Leia yang dia perankan."[8]
Seorang prajurit Gelap dengan Force yang kuat, anggota dari Knight of Ren dan Panglima First Order.[9][10][11] Driver mengatakan bahwa timnya mencoba "tidak memikirkan dia sebagai buruk, atau jahat, atau penjahat. Sesuatu yang lebih tiga dimensi. dia lebih berbahaya dan tak terduga, dan moral dibenarkan dalam melakukan apa yang dia pikir benar."[12]
Seorang pemulung di Gurun Planet Jakku.[14] Mengenai karakternya, Ridley mengatakan, "Dia benar-benar mandiri dan melakukan segala sesuatu untuk dirinya sendiri, hingga ia bertemu karakter lain dan petualangannya dimulai."[14]
Seorang Prajurit First Order Stromtropper.[14][15].Boyega mengatakan bahwa dia bertemu dengan J.J. Abrams pada saat dia bersarapan pagi di Mayfairs,London, dan Abrams mengatakan "John, kau akan menjadi bintang baru dalam Star Wars."[16] Mengenai bagaimana karakter Finn dalam film ini, Boyega mengatakan, "Ketika kita menemukan Finn, dia menentang bahaya yang luar biasa. Dan cara dia menentang bahaya ini dapat mengubah kehidupannya dan memasukkan dirinya ke dalam Dunia Star Wars dengan cara yang unik."[14] Pada wawancara lain, John mengatakan "Dia sedang diajarkan tentang [Luke], dia tahu tentang riwayatnya. Baginya itu seperti bergabung dengan tentara dan kemudian belajar tentang salah satu musuh besar negara."[17]
Pilot Pertahanan X-Wing.[9][14] Mengenai karakternya dia mengatakan, "Dia adalah salah satu Pilot Gila di Galaksi....Dia dikirim pada suatu misi oleh Putri, dan akhirnya bergabung dengan Finn, Rey dan hubungan mereka terjalin selamanya."[14]
Figur Bijaksana dan tanggap mengoperasikan sebuah kantin agak teduh di planet hutan damai, Takodana.[18] J.J. Abrams mengatakan Kanata telah "hidup lebih dari seribu tahun. Dia memiliki lubang berair seperti ini ... dan itu seperti bar lain yang Anda akan menemukan di segala sudut Star Wars Universe."[19] Menurut Abrams, karakter ini didasarkan pada mantan guru bahasa Inggris pada saat SMA, Rose Gilbert, yang mengajar di Palisades Charter High School dari tahun 1961 hingga tahun 2013. Abrams mengatakan kepada timnya bahwa dia "benar-benar ingin membuat cerita yang otentik,meskipun itu fantasinya liar. Saya Menyebut Rose dalam cerita awal pertemuan sebagai semacam tak lekang oleh waktu, sosok yang bijaksana sosok yang saya lakukan benar-benar dikenal dalam hidup saya."[20]
Pemimpin politik First Order, dia adalah pembimbing untuk Kylo Ren dan sangat kuat di sisi gelap.[22] Serkis mendeskripsikan Snoke sebagai "Tokoh Misterius dan anehnya rentan terhadap di saat yang sama sebagai cukup kuat ... Dia besar. Dia tampaknya jangkung dan juga hanya dengan desain wajah. Kamu tidak akan menemukannya dalam bentuk prosthetic....Tanpa memberikan suatu hal yang jauh pada saat ini. Dia memang sangat khusus, memiliki tulang dan struktur wajah yang istimewa."[23]
Pimpinan dari Pangkalan Utama First Order, Starkiller Base.[24] Gleeson menggambarkan dia sebagai "seseorang yang cukup kejam. Sebuah pendisiplin yang kuat yang akan menjadi cara ringan meletakkan itu ... Dia agak berlawanan dengan Kylo Ren. Mereka memiliki hubungan mereka sendiri, yang masing-masing dan tidak biasa. Salah satunya adalah yang kuat dengan cara yang berbeda dari yang lain. Mereka berdua berlomba-lomba untuk kekuasaan."[25]
Sebuah droid protokol humanoid. Daniels mengatakan aktor diizinkan untuk bereksperimen dengan penampilan mereka, dan bahwa Abrams "membuat lapangan, playpen mana Anda diizinkan untuk mengambil waktumu dan menyarankan suatu hal."[26]
Sebuah wookie yang loyal dan sidekick Han Solo. Joonas Suotamo menganntikan perannya dalam adegan aksi, karena Peter Mayhew menderita sebuah penyakit di lutut pada usia senjanya saat ini.[27]
Seorang pensiunan petualang di Jakku, membantu Kelompok Resistance dalam menemukan Skywalker.[28]

Tim Rose dan Mike Quinn mengulangi lagi perannya sebagai Admiral Ackbar dan Nien Numb, keduannya berasal dari Return Of The Jedi. Quinn sebelumnya mempertujukkan Numb bersama Richard Bonehill sebelum Bonehill meninggal dunia;[29][30] Kipsang Rotich kembali menjadi pengisi suara Nien Numb[31] dan Erik Bauersfeld mengisi suara Admiral Ackbar.[32][33] Kenny Baker yang sebenarnya diumumkan sebagai bagian dari pemeran, dikreditkan sebagai "konsultan" untuk R2-D2.[34] Ewan McGregor disebutkan sebagai kameo pengisi suara Obi-Wan Kenobi pada adegan bawah sadar Rey, di mana arsip suara dari Frank Oz sebagai Yoda dan Alec Guiness (Obi-Wan Kenobi) masing-masing digunakan pada adegan yang sama; Oz merekam dialog baru untuk film ini, tetapi rekaman itu digantikan rekaman audio yang sudah ada pada The Empire Strikes Back.[35]

Gwendoline Christie berperan sebagai Captain Pashma, Prajurit Chrome yang bertugas di Pangkalan First Order.[36] Dave Chapman dan Brian Herring bertindak sebagai dalang Droid BB-8,[37] dengan Bill Hader dan Ben Schwartz terkredit sebagai "Konsultan Suara".[38] Ken Leung berperan sebagai Statura, Admiral Kelompok Resistance.[39] Simon Pegg berperan sebagai Unkar Plutt, Dealer besi tua di planet Jakku.[24][40] Greg Grunberg berperan sebagai Temmin "Snap" Wexley, Pilot X-Wing Fighter.[41][42] Kiran Shah sebagai Teedo, Pemulung di Planet Jakku yang Mengendarai semi-mekanik Luggabeast.[43] Jessica Henwick sebagai Jess Testor, Pilot X-Wing.[44][45] Yayan Ruhian, Iko Uwais dan Cecep Arif Rahman sebagai Tasu Leech, Razoo-Qin Fee, dan Crokind Shand, anggota Kanjiklub Gang, sebuah organisasi kriminal.[46][47][48] Warwick Davis berperan sebagai Wollivan, penghuni kedai di istana Maz Kanata.[49][50] Anna Brewster sebagai Bazine Netal, mata-mata First Order di Istana Maz Kanata.[51] Thomas Brodie-Sangster sebagai Thanisson, Petugas bawahan First Order.[52] Billie Lourd,anak dari Carrie Fisher berperan sebagai Connix, seorang Letnan Kelompok Resistance.[53][54] Emun Elliott sebagai Brance, Anggota Kelompok Resistance.[55] Harriet Walter sebagai Kalonia, seorang Dokter yang merawat Chewbacca..[56][57] Mark Stanley sebagai Knight of Ren.[57]

Daniel Craig, Michael Giacchino and Nigel Godrich memerankan kameo sebagai Stromtroopers.[58][59] Freema Agyeman membuat penampilan yang tidak disebutkan sebagai warga sipil di Hosnian Prime, sesaat sebelum sistem Hosnian dihancurkan.[60] Asisten J.J. Abrams, Morgan Dameron, tampil sebagai officer kelompok Resistance,[61] sementara ayahnya, Gerald W. Abrams, berperan sebagai Captain Cypress.[62] Sebagai tambahan, Crystal Clarke, Pip Andersen,[63] Christina Chong,[64] Miltos Yerolemou,[65] Maisie Richardson-Sellers,[66] Amybeth Hargreaves,[67] Leanne Best,[68] Judah Friedlander,[69] dan Kevin Smith[70] ikut main sebagai peran kecil. Abrams juga memerankan kameo sebagai pengisi suara,[71][72] sementara Pemeran Star Wars: The Clone Wars dan Star Wars Rebels seperti Dee Bradley Baker, Matt Lanter, Tom Kane, Catherine Taber, Matthew Wood, Sam Witwer, Meredith Salenger dan Dave Filoni masuk dalam daftar pengisi suara tambahan dalam film ini.[57][73]

Produksi[sunting | sunting sumber]

Pengembangan[sunting | sunting sumber]

Pencipta Star Wars, George Lucas, beberapa kali membahas ide untuk sekuel trilogi setelah trilogi aslinya berakhir, tetapi dia membantah niat tersebut.[74] Pada bulan Oktober 2012, dia menjual perusahaan produksinya Lucasfilm bersama dengan waralaba Star Wars ke The Walt Disney Company.[75] Saat dia diwawancarai bersama Presiden baru Lucasfilm, Kathleen Kennedy, Lucas mengatakan: "Saya selalu mengatakan saya tidak akan melakukan lagi dan itu benar, karena aku tidak akan melakukan lagi, tapi itu tidak berarti aku tidak mau menyerahkannya kepada Kathy untuk berbuat lebih banyak."[76]

Sebagai konsultan kreatif dalam film ini, Lucas menghadiri pertemuan cerita awal dan memberikan saran pada rincian dunia Star Wars.[75] Di antara bahan ide yang dia serahkan kepada tim produksi adalah perawatan cerita kasar dari Episode VIII-IX; dia menyatakan bahwa Disney membuang ide ceritanya[77][78] dan dia tidak akan terlibat lebih lanjut dengan film tersebut.[79] Jett, anak dari George Lucas mengatakan kepada The Guardian bahwa ayahnya sangat kecewa tentang dia menjual hak cipta untuk waralabanya, meskipun harus mengangkat tangan ke Abrams untuk memberikan arahan dan dia "ada" untuk membimbingnya (Abrams) tetapi dia ingin melepaskannya dan menjadi generasi baru.[80] Pada bulan November 2012, Lucas mengatakan bahwa Disney tidak tertarik untuk melibatkan dia dan mengakui:" Jika saya masuk ke sana, saya hanya akan menimbulkan masalah karena mereka tidak akan melakukan apa yang saya ingin mereka lakukan, dan saya tidak memiliki kontrol untuk melakukan itu lagi , dan semua itu akan lakukan adalah hanya mengotori semuanya. "[81] Pada bulan Desember 2015, setelah film itu dirilis, dia berkata:"Mereka ingin melakukan film itu menjadi retro. Saya tidak menyukainya. Setiap film, saya bekerja sangat keras untuk membuat mereka berbeda ...Saya membuat mereka planet yang sama sekali berbeda-berbeda, pesawat ruang angkasa yang berbeda untuk membuatnya sesuatu yang baru."[82][83]

(Kiri–Kanan) Produser Kathleen Kennedy, Penulis and Sutradara J. J. Abrams dan Penulis Cerita Lawrence Kasdan berbicara pada event San Diego Comic-Con International 2015

Skenario pertama Episode VII ditulis oleh Michael Arndt.[84][85][86][87] Ada beberapa sutradara yang dilirik untuk film ini, seperti David Fincher,[88] Brad Bird[89] and Guillermo del Toro,[90] sebelum J.J. Abrams diumumkan sebagai sutradara pada Januari 2013 bersama Lawrence Kasdan dan Simon Kinberg sebagai Konsultan Proyek.[91][92] Tim produksi mengumumkan keluarnya Ardant dari Proyek film pada 24 Oktober 2013, dan Kasdan-Abrams mengambil alih tugas penulis naskah.[93] Abrams sempat mengungkapkan kekhawatirannya pada saat perubahan penulis[94] (khususnya, Arndt membutuhkan 18 bulan untuk menyelesaikan penulisannya, yang mana waktu lebih yang diberikan oleh Disney atau Abrams)[87] dan merasa lega karena tanggal rilis diumumkan untuk bulan Desember 2015, bukan dirilis pada musim panas yang dibahas sebelumnya.[95] Abrams dan Kasdan merencanakan cerita sambil berkeliling tempat wisata di Santa Monica, New York City, Paris, dan London. Draft pertama selesai dikerjakan selama enam minggu.[96] Abrams mengatakan bahwa kunci dari film tersebut kembali pada akar film pertama Star Wars dan akan lebih berdasarkan pada emosi daripada sebuah penjelasan.[97] Pada bulan Januari 2014, Abrams menegaskan bahwa naskahnya telah selesai.[98] Bahasa fiksi dikembangkan oleh bintang YouTube, Sara Maria Forsberg, yang pernah membuat serial video viral "What Languages Sound Like To Foreigners";[99] Forsberg mengembangkan bahasa itu dengan mempelajari bahasa Euro-Asian termasuk bahasa Hindi & Gujarat.[99] Pada bulan April 2014, Lucasfilm menjelaskan bahwa Episode VII-IX tidak akan menampilkan alur cerita dari Extended Universe meskipun unsur-unsur lain dapat dimasukkan ke dalam serial TV Star Wars Rebels.[100]

Pra-produksi[sunting | sunting sumber]

Pada bulan Maret 2013, diumumkan bahwa Episode VII akan difilmkan di Inggris Raya.[101] Perwakilan dari Lucasfilm bertemu dengan Menteri Keuangan Britania Raya, George Osborne untuk menyetujui produksi Episode VII dilakukan di Inggris.[101] Osborn juga berjanji £ 25.000.000 ($ 37 juta) dari uang publik terhadap film, mengklaim bahwa itu adalah dorongan untuk budaya Inggris dan industri film.[102]

Dimulai pada September 2013, ruang produksi di fasilitas kantor Bad Robot Production diubah sebagai tempat syuting Episode VII untuk kepentingan syuting bagian kecil dari film di Amerika Serikat.[103]

Desainer kostum untuk film ini adalah Michael Kaplan, yang sebelumnya pernah bekerja sama dengan Abrams dalam film Star Trek dan Star Trek Into Darkness.[104] Editor Film Mary Jo Markey dan Maryann Brandon, juga kolaborator dengan Abrams ikut menandatangani kontrak.[105] Pada bulan Agustus 2013, sinematografer Daniel Mindel mengumumkan bahwa dia akan mengambil gambar dengan menggunakan Film 35 mm (khususnya Kodak 5219).[106] Pada bulan Oktober 2013, ada beberapa kru yang diumumkan ikut mengembangkan film ini yaitu, Desainer Suara Ben Burtt, Kepala Fotografi Daniel Mindel, Desainer Produksi Rick Carter dan Darren Gilford, Desainer Kostum Michael Kaplan, Supervisor Efek Spesial Chris Corbould, Mixer Rekaman Suara Gary Rydstrom, Supervisor Editor Suara Matthew Wood, Supervisor Visual Efek Roger Guyett, dan Produser Executive Tommy Harper and Jason McGatlin.[107][108][109][110]

Casting[sunting | sunting sumber]

Para pemeran film Star Wars: The Force Awakens di San Diego Comic Con International 2015(Kiri–Kanan: John Boyega, Daisy Ridley, Oscar Isaac, Adam Driver, Domhnall Gleeson, Gwendoline Christie, Carrie Fisher, Mark Hamill dan Harrison Ford)

Casting dimulai sekitar Agustus 2013, dengan rapat bersama Abrams dan Aktor yang berpotensial untuk membaca naskah dan tes layar. Audisi terbuka diadakan di Inggris, Irlandia, dan Amerika Serikat pada bulan November tahun 2013 untuk peran Rachel dan Thomas.[111][112][113] Casting dimulai dengan serius pada bulan Januari 2014, karena perubahan naskah oleh Kasdan dan Abrams.[114] Tes layar dengan aktor dilanjutkan sampai setidaknya tiga minggu sebelum pengumuman resmi pada tanggal 24 April 2014, dengan keputusan final casting yang dibuat hanya beberapa minggu sebelumnya. Aktor penguji memiliki perjanjian rahasia yang ketat, mencegah mereka, agen atau humas dari mengomentari keterlibatan potensi mereka.[115]

Meskipun Lucas mengisyaratkan bahwa pemeran sebelumnya seperti Carrie Fisher, Harrison Ford, dan Mark Hamill akan kembali untuk film baru pada awal Maret 2013,[116] peranan mereka tidak dikonfirmasi sampai lebih dari satu tahun kemudian.[117] Saoirse Ronan,[118] Michael B. Jordan,[119] dan Lupita Nyong'o[120] ikut audisi untuk memerankan karakter baru; publikasi industri melaporkan Jesse Plemons dianggap akan memerankan anak dari Luke Skywalker;[121] Adam Driver sebagai penjahat yang tidak diketahui namanya;[122] dan Maisie Richardson-Sellers untuk karakter yang tidak diketahui.[123] Pada bulan Maret 2014, Aktor Dominic Monaghan mengatakan bahwa Abrams sedang mencari tiga aktor yang tidak diketahui untuk memainkan peran utama dalam Episode VII dan bahwa rumor nama-nama bintang besar itu tidak benar.[124]

Daisy Ridley terpilih untuk film ini pada Februari 2014 dan menjelang akhir bulan bersepakat telah bekerja dengan Driver, yang mampu bekerja di sekitar jadwal serial Girlsnya. Pada bulan Maret 2014, pembicaraan dengan Andy Serkis dan Oscar Isaac mulai dan berlanjut sampai bulan April 2014. Pada bulan April 2014, John Boyega memulai pembicaraan setelah berhenti dari sebuah film biografi Jesse Owens.[115] Denis Lawson, yang memerankan Wedge Antilles pada dua trilogi sebelumnya, diminta untuk memerankan lagi perannya, namun dia menolak karena dia sudah bosan dengan peran karakter itu.[125]

Pada tanggal 29 April, 2014, para pemain diumumkan dengan foto meja pertama mereka yang sedang membaca naskah di Pinewood Studios dekat London,[126] bersama Abrams, Ford, Daisy Ridley, Fisher, Peter Mayhew, Produser Bryan Burk, Produser dan Presiden Lucasfilm Kathleen Kennedy, Domhnall Gleeson, Anthony Daniels, Hamill, Serkis, Oscar Isaac, Boyega, Driver, dan penulis naskah Lawrence Kasdan. Pengumuman ini awalnya direncanakan untuk tanggal 4 Mei (Hari Star Wars) tapi diumumkan lebih awal karena kekhawatiran kebocoran media. Pada bulan Juni 2014, Lupita Nyong'o dan Gwendoline Christie diumumkan akan ikut bermain.[127]

Untuk mempersiapkan perannya, Hamill memanjangkan Jenggotnya[128] dan menyewa pelatih pribadi dan ahli gizi atas permintaan produser, yang dia ingin menyerupai Luke dalam usia senja.[129] Begitupun juga Fisher menyewa pelatih pribadi dan ahli gizi untuk mempersiapkan perannya.[129] Abrams semula memperkirakan menggunakan Daniels hanya dalam peran suara untuk C-3PO,[130] meskipun Daniels memilih untuk memerankan lagi peran fisiknya juga; tim produksi membuat kostum baru C-3PO untuk mengakomodasi Daniels.[131]

Pada bulan Mei, Abrams mengadakan kontes sumbangan untuk UNICEF dari Star Wars ditetapkan di Abu Dhabi; para pemenang diizinkan untuk mengunjungi set, bertemu dengan para pemain dan ikut tampil dalam film.[132] Pada bulan Oktober 2014, Warwick Davis yang sebelumnya memerankan tokoh Wald dan Wizzle di The Phantom Menace dan Wicket di Return of the Jedi dilaporkan akan ikut tampil dalam film ini tetapi dia tidak mengungkapkan perannya.[133] Pada bulan November 2014, Debbie Reynolds mengkonfirmasi bahwa cucunya Billie Lourd (Putri dari Carrie Fisher), ikut bermain dalam film ini.[53] Paman Oscar Isaac yang juga seorang fan Star Wars berperan sebagai peran tambahan atas undangan Abrams setelah mengunjungi set.[134]

Pada bulan Desember 2015, The Mail melaporkan bahwa Ford menerima Gajinya sebesar $25 Juta ditambah 0.5% dari bagian pendapatan film. Daisy Ridley dan John Boyega masing-masing akan menerima $460,000 ditambah jika pendapatan kotor dari film tersebut mencapai $1 Milliar. Fisher mendapatkan $1.5 Juta dan Abrams menerima gaji sebesar $5.1 Juta ditambah 2% dari bagian pendapatan film. Pada Film Orginal yang dirilis tahun 1977, Harrison Ford menerima gajinya sebesar $10,000.[135]

Syuting[sunting | sunting sumber]

view over Skellig Michael showing stone beehive structures and Small Skellig island in the distance
concrete missile silo covered in grass
Skellig Michael di Irlandia (Atas) dan Bekas markas RAF Greenham Common di Inggris sebagai Tempat Syuting.

Pada bulan Februari 2014, Abrams mengatakan syuting akan dimulai pada bulan Mei dan berlangsung sekitar tiga bulan.[97] Pengumuman resmi datang pada tanggal 18 Maret, ketika Disney dan Lucasfilm mengumumkan bahwa persiapan pengambilan gambar akan dimulai pada bulan Mei dan akan berbasis di Pinewood Studios di Buckinghamshire, Inggris.[136] Pada bulan Maret, terungkap bahwa film pra-produksi akan berlangsung di Islandia sebelum dimulainya syuting resmi pada bulan Mei, yang terdiri dari gambar lanskap yang akan digunakan untuk pemandangan dalam film.[137] Pada Tanggal 4 April 2014, Chairman Walt Disney Studios, Alan Horn menegaskan bahwa pembuatan film telah dimulai,[138] syuting rahasia di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab oleh Unit ke-dua.[139][140] Kemudian pada bulan yang sama, terungkap bahwa selain film 35mm, segmen film itu mengambil gambar dalam format IMAX 65mm.[141] Pada tanggal 8 Juli, Bad Robot melaporkan di Twitter bahwa film ini akan setidaknya sebagian menggunakan kamera IMAX.[142]

Pada Hari Star Wars 2014, Studio memposting foto selfie yang diambil oleh Bob Iger dengan aktor yang tidak diketahui memakai kostum Chewbacca.[143] Iger menyatakan foto itu diambil ketika ia mengunjungi Pinewood Studios dua minggu sebelumnya untuk membahas pemotretan, "yang baru saja hendak dimulai," dengan Abrams, Kennedy, dan Horn.[144] Pengambilan gambar utamanya mulai di Abu Dhabi pada tanggal 16 Mei 2014.[145][146][147] Abrams dan anggota pemain pergi ke Abu Dhabi pada awal Mei, di mana set besar dibangun di lokasi, termasuk sebuah pesawat ruang angkasa antar-jemput, menara besar dan pasar yang besar, dan bahan peledak yang digunakan untuk membuat "ledakan kawah." Para pemain terlihat sedang mempraktikan kendaraan mengemudi yang akan digunakan selama pembuatan film.[148] Pembuatan Film pindah ke Pinewood pada bulan Juni.[149]

Pada tanggal 12 Juni, Harrison Ford mengalami cedera kaki saat syuting di Pinewood setelah pintu hidrolik pada set Millennium Falcon jatuh pada ke kakinya, dan dibawa ke rumah sakit.Menurut Abrams, pergelangan kaki Ford membentuk sudut 90-derajat.[87] Pembuatan film ini sempat kena skors selama 2 minggu untuk mengakomodir cedera kaki Harrison Ford.[150] Ben, anak dari Harrison Ford menyatakan bahwa ayahnya memerlukan Plat dan Sekrup dan pembuatan film tersebut bisa diubah dengan kru perlu untuk mengambil gambar Ford dari pinggang ke atas untuk waktu yang singkat sampai dia sembuh.[151] Jake Steinfeld, Pelatih Pribadi Ford, mengatakan di bulan Juli bahwa Ford telah sembuh dengan cepat.[152] Abrams juga terkena cedera tulang belakang di punggungnya sendiri ketika ia mencoba untuk membantu mengangkat pintu setelah insiden Ford.[87] Namun, dia menyimpan rahasia ini dan tidak memberitahu siapa pun tentang hal itu selama lebih dari sebulan.[153]

Pada tanggal 29 Juli 2014, syuting berlangsung selama tiga hari di pulau Skellig Michael lepas pantai County Kerry di Irlandia dengan para pemeran termasuk Mark Hamill dan Daisy Ridley.[154][155] Produksi dihentikan selama dua minggu pada awal Agustus 2014 sehingga Abrams bisa menyunting ulang tanpa kehadiran Ford dan dilanjutkan dengan Ford sepenuhnya sembuh selama pertengahan Agustus.[156][157] Pada bulan September 2014, bekas pangkalan militer umum RAF Greenham di Berkshire, dekat Pinewood Studios, digunakan sebagai lokasi pembuatan film dan mengatur konstruksi beberapa pesawat ruang angkasa dari Star Wars Universe.[158][159] Puzzlewood di Forest of Dean digunakan sebagai lokasi syuting untuk adegan dalam hutan.[160][161]

Pengambilan gambar berakhir pada tanggal 03 November 2014.[162]

Pasca Produksi[sunting | sunting sumber]

Kantor Bad Robot Productions,
di mana Abrams mengawasi pasca-produksi filmnya

Sinematografer Daniel Mindel menyatakan bahwa 'The Force Awakens' akan menggunakan lokasi yang nyata dan figur berskala lebih CGI untuk membuatnya lebih indah mirip dengan Trilogi Original Star Wars.[163] Rian Johnson, Sutradara Episode VIII menegaskan bahwa Abrams akan menggunakan sedikit CGI dan lebih praktis, efek tradisional khusus, sambil berkata:"Saya pikir orang-orang datang kembali melalui [efek praktis].Rasanya seperti ada semacam bahwa gravitasi menarik kita kembali ke arah itu. Saya berpikir bahwa semakin banyak orang yang memukul jenis massa yang kritis dalam istilah mengendalikan efek CG untuk meminjam adegan aksi itu sendiri untuk jenis yang sangat spesifik dalam adegan aksi dimana bentuk fisik itu keluar dari jendela dan menjadi sangat besar dan sangat cepat."[164] Niat Abrams dalam memprioritaskan efek khusus praktis adalah untuk menciptakan realisme visual dan keaslian ciri khas film Star Wars.[165] Untuk itu, droid BB-8 adalah properti fisik yang dikembangkan oleh Disney Research,[166] diciptakan oleh Artis Spesial Efek, Neal Scanlan, dan dioperasikan hidup di lokasi syuting dengan beberapa aktor.[167][168]

Pada bulan Februari 2014, Industrial Light & Magic (ILM) mengumumkan rencana untuk membuka sebuah fasilitas di London, mengutip pernyataan Disney Star Wars film sebagai katalis untuk ekspansi. Cabang Vancouver ILM juga akan bekerja pada efek khusus untuk film.[169]

Abrams mengawasi Pasca-Produksi dan menyunting film di Markas Bad Robot Productions, di Santa Monica.[87] Pada bulan Agustus 2015, Abrams memberi panjang waktu film sekitar 124-125 menit.[170] Abrams membuat perubahan plot film dalam proses editing untuk menyederhanakan film, dengan menghapus beberapa urutan ditampilkan di trailer: "Pada satu titik, Maz digunakan untuk melanjutkan bersama dengan karakter kembali ke markas Resistance, tetapi kami menyadari bahwa dia benar-benar tidak ada hubungannya dengan nilai, kecuali hanya duduk-duduk."[171]

Musik[sunting | sunting sumber]

Ini semua merupakan kelanjutan dari set awal dari ide. Ini agak seperti menambahkan paragraf untuk surat yang telah berlangsung selama beberapa tahun. Dimulai dengan film yang sama sekali baru, sebuah cerita yang saya tidak tahu, karakter yang saya tidak pernah temui, seluruh pendekatan saya untuk menulis musik benar-benar berbeda-mencoba untuk menemukan identitas, mencoba untuk menemukan identifikasi melodi jika yang dibutuhkan untuk sebuah karakter, dan sebagainya.

—John Williams dalam melanjutkan Star Wars universe[172]

Pada bulan Juli tahun 2013, John Williams dikonfirmasi untuk menyusun skor musik film ini.[173] Musik untuk dua trailer pertama film ini digubah ulang dari komposisi Williams sebelumnya.[174][175][176] Dia mulai bekerja pada film pada bulan Desember 2014, dan oleh Juni 2015 telah melalui sebagian besar gulungan film dan bekerja setiap hari.[176][177] Pada bulan Mei 2015, Williams menyatakan bahwa ia akan kembali ke tema dari film-film sebelumnya, seperti yang untuk Luke, Leia dan Han, cara-cara yang "akan tampak sangat alami dan tepat di saat-saat yang kami telah memilih untuk melakukan jenis kutipan ini. Ada tidak banyak dari mereka, tetapi ada beberapa yang saya pikir penting dan akan tampak sangat banyak bagian dari sebagian potongan struktur dengan cara yang positif dan konstruktif. "Dia mengatakan bahwa bekerja dengan Abrams adalah mirip dengan proses yang dia alami dengan Lucas di film-film sebelumnya.[172]

Sesi rekaman untuk The Force Awakens dimulai pada Juni 2015 di Sony Pictures Studios Barbra Streisand Scoring Stage di Culver City, dengan William Ross memimpin sebagian besar musik skor ini.[178] Hari pertama rekaman dilakukan pada tanggal 1 Juni 2015.[179] Williams menghadiri sesi itu dan mengiringkan sisa rekaman.[180][181] Proses perekaman itu "sangat mewah", Williams mengatakan, dengan 12 sesi yang tersebar selama lima bulan antara Juni dan November. Skor direkam oleh orkestra freelance, dengan sesi berlanjut dan kadang kadang selama periode lima bulan. 90 Potongan musik Orkestra direkam selama 175 menit, meskipun hampir satu jam dari sebagian skor yang dibuang, dimodifikasi, dan direkam kembali sebagai bagian film yang sudah di edit oleh Abrams. Tema Williams untuk Snoke direkam oleh 24 paduan suara Pria. Gustavo Dudamel mengiring lagu pembuka dan penutup film ini atas perintah Williams.[182] Rekaman skor selesai pada tanggal 14 November 2015.[176][177][183] Soundtrack film ini dirilis oleh Walt Disney Records pada tanggal 18 Desember 2015.[184] Skor film Williams berdurasi lebih dari dua jam.[177]

Lin-Manuel Miranda dan Abrams memberikan kontribusi musik untuk adegan kantin dalam film, sama seperti adegan kantin Mos Eisley pada Star Wars Episode IV: A New Hope. Abrams bertemu Miranda setelah melihat penampilan Miranda pada Musikal Broadway Hamilton di mana Miranda bercanda ketika ditawarkan untuk menulis skor musik untuk adegan kantin, dan harus diperlukan. Tanpa diketahui Miranda, Williams sebelumnya mengatakan kepada Abrams bahwa ia tidak ingin menulis musik untuk adegan itu, dan ingin fokus pada skor orkestra untuk film. Abrams menghubungi Miranda, dan keduanya berkolaborasi untuk membuat skor itu adegan itu selama dua bulan.[185]

Boyband asal Korea Selatan, EXO merilis single lagunya yang berjudul "Lightsaber" hasil kerja samanya dengan film ini untuk dirilis di negara asalnya pada tanggal 11 November 2015.[186] Lagu tersebut kemudian dipromosikan dengan rilisnya album Sing For You dengan versi Bahasa Tionghoa,[187] serta juga dirilis dalam versi Bahasa Jepang.[188]

Peluncuran[sunting | sunting sumber]

Pada tanggal 14 Desember 2015, Star Wars: The Force Awakens tayang perdana di TCL Chinese Theatre, El Capitan Theatre dan Dolby Theatre, Los Angeles.[189] Sebuah Tenda putih membentang di Hollywood Boulevard dari Orange Drive sampai Highland Avenue, mencakup acara besar diselenggarakan lebih dari lima ribu tamu.[190] Film ini dirilis di 12 negara termasuk negara-negara Eropa (seperti Italia dan Perancis yang dirilis pada hari Rabu), Filipina dan Thailand pada tanggal 16 Desember; 32 negara termasuk Inggris (dirilis pada hari Kamis), Meksiko dengan tambahan negara-negara Eropa, Asia, Afrika, Amerika Selatan, dan Pasifik pada tanggal 17 Desember; dan di Amerika Utara, Jepang, Spanyol, dan Venezuela pada tanggal 18 Desember,[191] dalam bentuk IMAX dan IMAX 3D.[192] Film ini juga dirilis di India pada tanggal 25 Desember [193] dan di Tiongkok pada tanggal 9 Januari 2016.[191]

Di Amerika Utara, film ini dirilis dalam versi Lebar di seluruh 4.134 Bioskop, yang mana 3.300 bioskop 3D dalam 392 Layar IMAX (13 di antaranya adalah film 70mm), 451 Format layar besar Premium, 146 Lokasi D-Box,[194][195] juga dirilis dalam format Dolby Vision (High dynamic range, Rec. 2020 warna) di Dolby Cinema.[196] Di seluruh dunia, film ini akan dirilis di 940 bioskop IMAX, sebuah rekor baru.[195] Pada tanggal 18 Desember 2015, film ini mulai diputar di setiap layar IMAX di Amerika Utara selama empat minggu berturut-turut hingga tanggal 14 Januari 2016. Hal ini membuat film pertama sejak Warner Bros Pictures, Trilogi The Hobbit menerima rilis tersebut.[197]

Pada tanggal 6 November 2014, pengumuman judul film ini adalah Star Wars: The Force Awakens.[198] Meskipun judul film tidak menyertakan kata-kata "Episode VII", "Episode VII" termasuk dalam Opening Crawl.[199][200] Pada bulan Desember 2015, Pablo Hidalgo, Eksekutif Kreatif Lucasfilm Story Group, yang menangani semua kelanjutan kanon untuk Star Wars Universe mengungkapkan bahwa judul film ini sebelumnya adalah Shadow of the Empire untuk waktu yang lama.[201] Pemesanan tiket untuk film ini dimulai pada tanggal 19 Oktober 2015,[202] dan dengan permintaan yang kuat menyebabkan situs pesan tiket online mengalami crash.[203][204] Vue Cinemas, jaringan bioskop terbesar ketiga di Inggris, menjual 45,000 tiket dalam 24 jam, 10,000 diantaranya terjual habis dalam 90 menit, sebuah rekor untuk penjualan tiket bioskop.[205] Di Amerika Serikat, pra-penjualan film ini memecahkan rekor $ 6.500.000 senilai penjualan tiket IMAX pada satu hari. IMAX sebelumnya tidak pernah terdaftar lebih dari $ 1 juta di pra-penjualan dalam satu hari.[206] Total yang terjual dalam pre-sales lebih dari $ 50 juta telah memecahkan rekor.[207][208] Jumlah ini meningkat menjadi $ 100 juta termasuk $ 50-60 juta dalam penjualan pesan tiket muka pada 14 Desember.[208][209] Namun, tidak semua tiket yang pra-jual itu untuk film pembukaan akhir pekan, Presiden Fandango, Paul Yanover mengatakan "Orang menyisihkan tiket untuk pemutaran di bulan Januari,beberapa minggu setelah Pembukaan besar..... Kami memiliki orang yang membeli Star Wars [The Force Awakens] pada awal 2016, Ini bukan hanya fenomena pembukaan akhir pekan."[207] Demikian pula, film ini memecahkan rekor penjualan di Inggris,[210] Kanada,[211] dan Jerman.[212]

Film ini adalah film Live-Action pertama Star Wars yang tidak dirilis secara teatrikal oleh 20th Century Fox; demikian film ini tidak diperkenalkan dengan logo perusahaan tersebut dengan musik fanfare yang disusun oleh Alfred Newman..[213] Tak lama setelah Disney mengakusisi Lucasfilm, studio ini telah menunjukkan bahwa film itu diberi judul akan dirilis di bawah merk "Disney-Lucasfilm",,[214] mirip dengan "Disney-Pixar", co-branding dari film produksi Pixar dirilis oleh Disney. Pada akhirnya, logo Disney absen dari pemasaran film, namun demikian muncul di merchandise, dan film ini dirilis dengan menampilkan logo Lucasfilm secara senyap sebelum Judul utama;[215] Chairman Disney, Bob Iger menjelaskan perubahan itu dengan mengatakan "Untuk para penggemar Star Wars".[216]

Pemasaran[sunting | sunting sumber]

Pada tanggal 28 November 2014, Lucasfilm merilis teaser film selama 90 detik untuk mempromosikan The Force Awakens. Teaser ini ditampilkan di beberapa bioskop yang terpilih di Amerika Serikat, Kanada dan di Bioskop seluruh dunia pada bulan Desember 2014. Dan juga dirilis di Youtube dan iTunes Store,[217] menghasilkan rekor 58.2 juta viewers di YouTube pada minggu pertama.[218] Kritikus membandingkan rekaman singkat yang menguntungkan dengan nilai-nilai produksi dari trilogi asli. The Hollywood Report menyebut trailer itu "Nostalgia sempurna yang ampuh" dengan memuji gabungan yang lama dan baru.[219] Empire terkesan dengan kelanjutan dengan film pertama sebagai "nuansa klasik star wars" tetapi mencatat absennya Hamill, Ford, dan Fisher dan berspekulasi tentang pentingnya karakter baru.[220] The Guardian menulis bahwa penggunaan fanfare star wars yang ditulis John Williams memperkuat cap loyalitas dikalangan penggemar.[221]

Poster iklan skala besar Star Wars: The Force Awakens di pusat kota Nürnberg, Jerman

Pada tanggal 11 Desember 2014, Abrams dan Kennedy merilis serangkaian delapan mock koleksi kartu Topps dengan mengungkapkan nama-nama beberapa karakter.[13] Pada tanggal 16 April 2015, trailer teaser kedua dirilis, yang satu ini berlangsung dua menit, ditunjukkan pada panel pembukaan di Star Wars Celebration di Anaheim, California. Presiden Lucasfilm, Kathleen Kennedy mengatakan reaksinya setelah menonton trailer tersebut "mengejutkan..... hampir delapan ribu orang dalam seluruh ruangan melompat dan meraung. Maksudku saya tidak bisa memikirkan apa pun seperti saya pernah menonton sebuah konser musik Rock, jadi mirip seperti itu."[222] Trailer itu dilihat lebih dari 88 juta kali dalam 24 jam pertama rilis, dan memecahkan rekor.[223][224] Menurut Guinness World Records, trailer teaser kedua mengumpulkan 30.65 juta orang dalam 24 jam, membuat rekor dunia baru untuk "paling banyak dilihat di YouTube trailer film selama 24 jam."[225] Acara ini disiarkan langsung oleh Verizon di YouTube, StarWars.com dan di bioskop. Trailer menunjukkan banyak karakter baru dan rekaman pertama Chewbacca dan Han Solo. Reporter The Huffington Post, Graham Milne menuliskan bahwa "trailer adalah penegasan dari sesuatu yang kita telah lama mengatakan itu tidak akan pernah terjadi. Ini adalah hadiah. Ini adalah keyakinan yang dihargai dan soal waktu."[226]

Vanity Fair adalah majalah pertama yang merilis sebuah isu ekslusif cover yang ditujukan untuk The Force Awakens. Majalah ini dirilis pada tanggal 7 Mei 2015, menampilkan wawancara eksklusif dan foto dari pemain difoto oleh Annie Leibovitz. .[227][228] Pada San Diego Comic-Con International 2015, selain panel dengan banyak aktor, di balik layar melihat film demonstrasi penggunaan film set praktis dan efek. Hal itu disambut secara positif, bersama Nigel M. Smith dari The Guardian menuliskan :"Sudut istimewa ini adalah salah satu yang kuat dan menghubungkan dengan penggemar trilogi asli dalam cara yang sangat pedih. Hal ini juga melakukan pekerjaan yang licik untuk mengejek tampilan baru Fisher sebagai Leia dan keterlibatan misterius Simon Pegg sebagai alien yang dikabarkan dalam film, tanpa benar-benar menunjukkan aksi dari para pemain." Smith membandingkan dengan strategi pemasaran film untuk film yang Abrams garap sebelumnya, Super 8, berkata "promosi ... yang penting untuk apa yang mereka goda, bukan apa yang mereka berikan."[229]

Walt Disney Studios dan Lucasfilm mempresentasikan rupa dari The Force Awakens pada acara Expo Disney D23 di bulan Agustus 2015.[230] Drew Struzan yang mendesain poster artwork film Star Wars sebelumnya, menciptakan poster perayaan untuk diberikan kepada peserta acara.[231] Pada bulan Oktober 2015, Lucasfilm meluncurkan poster teatrikal dan trailer ketiga.[232] Dalam poster itu tidak menampilkan Luke Skywalker dan mengungkapkan Death Star seperti sebuah "bola".[233] Trailer debutnya ditampilkan pada saat Jam Istirahat Monday Night Football sebelum dirilis secara online.[234] Reaksi para penggemar di sosial media sangat senang setelah melihat trailer tersebut, Lizo Mzimba dari BBC mengungkapkan bahwa "mungkin hal yang paling penting tentang trailer terakhir sebelum rilis film itu adalah bagaimana mengungkapkan sedikit cerita itu ."[235] Robbin Collin dari The Daily Telegraph merasa trailer adalah "perpaduan sempurna antara yang lama dengan yang baru, sesuai dengan estetika old-fashion Star Wars."[236] Trailer ini ditonton 128 juta penonton selama 24 jam, sebuah rekor baru penonton terbanyak selama 24 jam. 16 juta penonton berasal dari jeda tayang iklan diMonday Night Football.[237] Pada akhir Oktober, Air France mengumumkan paket "flight and Cinema", menyediakan pelanggan yang memilih memesan penerbangan ke Paris dan langsung ke bioskop untuk melihat film, karena Perancis adalah salah satu negara pertama yang merilis film ini.[238] Pada tanggal 6 November, dirilis trailer dalam versi Jepang.[239][240] Setelah melihat Trailer film itu, Olie Barder dari majalah Forbes menyatakan bahwa trailer itu memberikan "harapan" bahwa film itu tidak akan membuat kita kecewa seperti yang dilakukan prekuel trilogi dengan cerita yang berharga untuk saat ini.[241] Pada tanggal 23 November, Lucasfilm bekerja sama dengan Google diumumkan, di mana pengguna Google bisa memilih kedua sisi yaitu Sisi Gelap atau Sisi Terang yang akan mengubah tampilan website Google mereka. Selain itu, Disney bekerja sama dengan Verizon untuk menciptakan pengalaman virtual-reality untuk Google Cardboard.[242]

Pada awal Desember 2015, bertindak untuk memimpin rilisnya The Force Awakens, Perusahaan teater yang bermarkas di Chicago, Under the Gun Theater mengembangkan pertunjukan parodi yang merangkum semua enam episode film Star Wars.[243] Pada tanggal 17 Desember 2015, sebagian bioskop yang terpilih di seluruh Amerika Serikat menayangkan Star Wars secara maraton, dengan enam episode sebelumnya dalam versi 2D, diikuti versi 3D The Force Awakens.Peserta menerima lanyard khusus yang menampilkan seni eksklusif secara maraton.[244]

Merchandise[sunting | sunting sumber]

Disney Publishing Worldwide dan Lucasfilm mengumumkan serangkaian 20 buku dan e-books yang berjudul "Journey to Star Wars: The Force Awakens", yang dirilis pada akhir tahun 2015 sebelum film itu dirilis. Seri ini akan mencakup buku dari Del Rey dan Penerbit Disney-Lucasfilm dan buku komik dari Marvel Comics.Semua judul di bawah program adalah kanon untuk Star Wars Universe.[245][246] Novel pertama, Star Wars : Aftermath dirilis pada bulan September 2015 dan ditulis oleh Chuck Wendig. Kisahnya diatur setelah film Return of the Jedi dengan konsekuensi kematian Palpatine dan Darth Vader, serta kekosongan kekuasaan yang terbentuk dalam aturan Kekaisaran atas galaksi dan tindakan Pemberontakan selama bulan-bulan berikutnya . Hal ini dimaksudkan untuk menjadi yang pertama dalam trilogi novel yang akan menjembatani Star Wars waktu antara trilogi asli dan The Force Awakens.[247] Alan Dean Foster menuliskan novel The Force Awakens yang dirilis dalam bentuk e-book pada tanggal 18 Desember.[248] Dalam upaya untuk menghindari mengungkapkan rincian alur cerita sebelum rilis film itu, rilisan cetak novel itu ditunda sampai Januari 2016.[248]

Disney Consumer Products dan Lucasfilm mengumumkan bahwa tanggal 04 September 2015, akan dianggap "Force Friday" dan akan menjadi peluncuran resmi semua merchandise untuk The Force Awakens. Dimulai pada jam 00:01, penggemar bisa membeli mainan, buku, pakaian dan berbagai produk lainnya di Toko Disney dan pengecer lainnya di seluruh dunia.[249] Disney dan Maker Studios menjadi tuan rumah presentasi 18 jam yang live streaming di YouTube,menampilkan beberapa produk merchandise mulai pada tanggal 3 September 2015.[250][251] Di antaranya produk tersebut adalah remote control BB-8 yang dikembangkan oleh Sphero.[166] Sphero telah berpartisipasi dalam Disney-run startup accelerator pada bulan Juli 2014, di mana mereka diundang ke pertemuan pribadi dengan CEO Disney Bob Iger, di mana mereka ditampilkan pada-set foto dan citra dari BB-8 sebelum ditampilkan dihadapan publik.[252][253] Banyak pengecer tidak mampu memenuhi permintaan untuk produk Star Wars.[254]

Sambutan[sunting | sunting sumber]

Box Office[sunting | sunting sumber]

Pada tanggal 4 Januari, 2016, Star Wars: The Force Awaken telah meraup $750.2 Juta di Amerika Utara dan $ 786.1 Juta di wilayah lain untuk total seluruh dunia $1,5 Milliar, terhadap anggaran sebesar $ 200 juta.[3] Saat ini, film ini digadangkan sebagai film terlaris kedua tahun 2015, film terlaris tertinggi yang dirilis oleh Walt Disney Studios,[255] film terlaris tertinggi di Amerika Utara, dan film paling sukses keempat sepanjang masa. Ini adalah film ke-24 dalam sejarah sinematik yang melampaui pendapatan dengan $ 1 Miliar di seluruh dunia, bertahan sebagai film tercepat yang melampaui tanda demikian dalam 12 hari.[256][257]

Theatrical run[sunting | sunting sumber]

The Force Awakens dirilis di Amerika Serikat dan Kanada pada tanggal 18 Desember 2015. Hal itu membuat rekor $ 57 Juta dari tinjauan malam kamis,[N 1] yang diantaranya dihasilkan dari bioskop IMAX dengan memecahkan rekor sebanyak $ 5.7 Juta dari 391 layar.[261] Pada hari pembukaannya, film ini meraup $ 119.1 juta dari 14.300 layar, menandai rekor tunggal dan hari pembukaan terbesar[262] dan pertama kalinya sebuah film telah menerima pendapatan lebih dari $ 100 juta dalam satu hari.[263] Tanpa pendapatan kotor pada malam kamis, film tersebut meraup pendapatan bruto terbesar pada hari pembukaan kedua ($ 62.1 Juta).[264] Secara Total, film itu memperoleh rekor $ 247.966.675 untuk debut akhir pekannya dari hampir 28,8 juta tiket terjual,[265] termasuk rekor pembukaan akhir pekan bioskop IMAX sebanyak $ 30.1 Juta (12.65%) dari 391 bioskop IMAX,[266][267] yang hampir sama saja dengan $ 252.5 Juta Total yang diterima oleh Return of Jedi sebagai film terendah yang laris dalam seri dalam trilogi aslinya.[268] Minus $ 57 Juta itu diperoleh dari preview, film tersebut meraup $ 190.8 Juta pada hari Jumat hingga hari Minggu,dan memberikan rata-rata $ 63.6 Juta per hari.[264] Pemutaran layar 2D menyumbang 53% dari total pendapatan kotor pada saat pembukaan, sementara Pemutaran dalam versi 3D hanya menyumbang 47%.RealD 3D yang terdiri dari $ 78 Juta pendapatan kotor pembukaan, mencatat sebuah rekor baru.[266] Catatan lain yang ditetapkan oleh film termasuk yang terbesar akhir pekan per-teater rata-rata untuk rilisan layar lebar ($ 59.982 per teater),[269] Pembukaan akhir pekan terbesar,,[270] Pembukaan rating film PG-13 terbesar,[271] dan pembukaan bulan Desember terbesar.[272] Penonton pembukaan akhir pekan terbagi rata antara mereka yang di bawah dan di atas usia 25, dengan 58% dari penonton laki-laki, 71% orang dewasa, 20% keluarga dan 9% remaja.[264]

Secara internasional, film ini ditayangkan di 30,000 bioskop.[273] Dibuka pada tanggal 16 Desember 2015 di 12 pasar internasional dan memperoleh $ 14.1 Juta pada hari pembukaan, memulai debutnya di tempat pertama dari semuanya.[274] Diperluas dengan tambahan 42 negara pada 17 Desember, menghasilkan $ 58.6 Juta untuk total internasional selama dua hari dari $ 72.7 Juta, mencapai tempat pertama di semua 44 pasar..[275] Ini meraup total $ 129.5 Juta dalam tiga hari setelah menambahkan $ 56,8 pada hari ketiga, menduduki puncak box office harian di semua negara kecuali Korea Selatan di mana film ini berada di balik film Korea, The Himalayas,[275] dan menetapkan rekor baru tengah malam di Inggris dengan pendapatan $ 3.6 Juta.[276] Ini memecahkan rekor hari pembukaan di Inggris, Irlandia dan Malta ($ 14.3 Juta), Jerman ($ 7.1 Juta), Australia ($ 6.8 Juta), Swedia ($ 1.7 Juta), Norwegia ($ 1.1 Juta) dan di 16 negara lainnya.[261][274][276][277] Pasar lain yang dihasilkan hari pembukaan besar adalah Spanyol (US $ 3,5 juta), Meksiko ($ 3.4 Juta), Italia ($ 3.1 Juta) dan Jepang ($ 3 juta).[275] Setelah lima hari, The Force Awakens memiliki total gross pembukaan internasional sebanyak $ 281 Juta dari 30.000 layar di 72 pasar, rekor baru untuk pembukaan di bulan Desember[273][278] dan pembukaan terbesar ketiga internasional sepanjang masa.[279] Di pasar internasional, menghasilkan pembukaan akhir pekan dengan perhitungan minimal $ 10 Juta yang terdiri dari Inggris, Irlandia, dan Malta Pasar internasional menghasilkan pembukaan penghitungan akhir pekan setidaknya $ 10 juta adalah Inggris, Irlandia dan Malta ($ 50.6 Juta), Jerman ($ 27.5 Juta), Perancis ($ 22.5 Juta), Australia ($ 19.6 Juta) dan Jepang ($ 13.4 juta) dan Rusia ($ 12.3 Juta). Film ini memperoleh pembukaan terbesar sepanjang masa di 18 negara termasuk Inggris, Jerman, Australia, Rusia dan Swedia.[273][280] IMAX menghasilkan pendapatan $ 17.9 Juta dari 276 bioskop IMAX.[267]

Setelah lima hari film ini mempunyai rekor pembukaan di seluruh dunia total $ 529 Juta dari 74 wilayah, yang merupakan pembukaan terbesar seluruh dunia, sehingga kedua kalinya dalam sejarah sinematik - setelah Jurassic World, film ini sudah membuka pendapatan film lebih dari $ 500 Juta secara global.[278][281] Ini termasuk rekor pembukaan IMAX sebanyak $48 Juta.[281]

Pendapatan di pekan kedua film menurun hanya 39,8% di Amerika Serikat dan Kanada, penghasilan $ 149.2 Juta, untuk tetap berada di tempat pertama di box office[282] dan mencatat akhir pekan kedua terbesar sepanjang masa.[283] Pendapatan dari IMAX juga sedikit menyusut, menghasilkan $ 19 Juta di akhir pekan kedua, untuk total rekor lebih dari $ 70 juta dalam 10 hari.[284] Secara Internasional, film memiliki penurunan curam di akhir pekan kedua, jatuh 51% menjadi $ 136.9 Juta.[285] Dari Pasar Besar terkenal, film ini telah gagal membuka di India di mana dibuka ketiga di belakang film Dilwale dan Bajirao Mastani dengan pendapatan hanya $ 1.51 Juta.[286] Pada tanggal 4 Januari, pasar terbesar di luar Amerika Serikat dan Kanada adalah Inggris ($ 146.9 Juta), Jerman ($ 83.3 Juta) dan Perancis ($ 70.6 Juta), Jepang ($ 55.7 Juta) dan Australia ($ 51.7 Juta).[287]

The Force Awakens menyeberangi angka $ 1 miliar pada hari ke-12 dari rilisan umum (26 Desember 2015), sehingga film tercepat untuk mencapai tanda ini. Ini menjadi film terlaris kedua puluh empat lebih dari $ 1 miliar di seluruh dunia, dan film kelima dari 2015 untuk melakukannya, membuat 2015 tahun pertama yang memiliki lima film dengan pendapatan kotor lebih dari $ 1 miliar.[284] Film ini mengalami penurunan lain pendapatan di akhir pekan ketiga, turun 40,8% menjadi $ 88,2 secara domestik, yang tersisa di tempat pertama di box office,[288] untuk menetapkan rekor di akhir pekan ketiga.[289] Pada tanggal 2 Januari 2016, setelah 16 hari dirilis, film ini mendapat rekor pendapatan kotor lebih dari $700 Juta kedua setelah film Avatar di Amerika Utara.[290]

Analisis Komersial[sunting | sunting sumber]

Dengan estimasi modal dana sebanyak $200 Juta ($423 Juta termasuk pemasaran, percetakan, biaya pengiklanan, membuat dan mendistribusikan Home Video, bersama dengan tambahan $ 22.3 Juta yang dihabiskan untuk membuat trailer untuk TV dan lebih $ 51.4 juta dihabiskan untuk produk tambahan seperti video game, action figure dan kostum), The Force Awakens diprediksi akan sukses box office utama.[209][291][292] Laporan bulan April 2015 dari The Hollywood Reporter dan Amobee Brand Intelligence memprediksi film akan mendapatkan pendapatan sampai $ 540 juta di seluruh dunia untuk pembukaan, memecahkan rekor untuk film pembukaan terbesar di seluruh dunia, serta memecahkan rekor untuk film fpembukaan terbesar di Amerika Serikat. Mereka juga percaya bahwa The Force Awakens adalah rilisan film terluas yang pernah terjadi di Amerika Utara sebanyak 4.500 Bioskop.[293] Namun pada akhirnya menerima total 4.134 bioskop, dan meskipun tetap disebut pembukaan film terluas bulan Desember.[194] Analisis Box Office, Phil Contrino mengibaratkan film ini seperti film Avatar (2009) yang dibuka dengan $77 Juta di Amerika Utara dan mendapatkan pendapatan hingga $2.8 Milliar di Seluruh dunia, mengatakan The Force Awankens akan mendapatkan $ 1 Miliar "tanpa berkedip" dan bisa melampaui angka $ 2 miliar.[293] Pada bulan Agustus 2015, Deadline.com memprediksikan pembukaan akhir pekan di seluruh dunia mungkin akan mencapai $615 juta, termasuk pendapatan pembukaan di Amerika Utara yang senilai $300 juta.[294] Pada bulan November, para analisis memproyeksikan pembukaan akhir pekan akan mencapai $175–250 Juta.[194][295][296] Pada bulan Desember, analis modal Barton Crockett menyarankan bahwa film ini akan menjadi yang pertama untuk pendapatan kotor lebih dari $ 3 miliar di box office seluruh dunia.[297]

Analis telah mencatat, bagaimanapun, bahwa pendapatan box office film bila dibandingkan dengan pendahulunya, harus disesuaikan dengan inflasi, dan bahwa film pertama Star Wars dibuat lebih ketika penyesuaian ini dibuat.[298] Film ini telah lebih jauh diamati bahwa masing-masing dari tiga film pertama dalam seri itu lebih menguntungkan dalam menghitung pendapatan terhadap biaya produksi.[298] Paul Dergarabedian, salah satu analis box office yang paling terkenal di Hollywood, mengatakan bahwa sementara Avatar dan The Force Awakens yang keduanya dirilis pada tanggal yang sama 18 Desember, harga tiket yang lebih tinggi pada tahun 2015 dan pemutaran IMAX bisa mendorong Star Wars "ke stratosfer box office ".[299] Pada tanggal 23 Desember, Mark Hughes dari Forbes menyatakan bahwa The Force Awakens telah dicocokkan proyeksi paling optimis untuk pembukaan, dan dia meramalkan bahwa The Force Awakens akan melampaui film Titanic sebagai Film kedua terlaris sepanjang masa. Dia juga menyatakan bahwa The Force Awakens bisa mengejar Avatar sebagai film terlaris sepanjang masa, tetapi hanya jika itu berhasil menghindari penurunan besar minggu-ke-minggu dalam penjualan tiket.[300]

Sementara film ini sangat sukses di Amerika Utara, keberhasilan yang sama tidak disaksikan di banyak pasar individu luar negeri seperti Amerika Latin dan India; alasannya mungkin karena penonton di luar negeri tidak nostalgia tentang film dan tidak memiliki keterikatan yang sama untuk itu sebagai orang-orang di Amerika Serikat.[301]

Respon Kritikus[sunting | sunting sumber]

Star Wars: The Force Awakens mendapat respon yang positif dari beberapa kritikus film dan para penonton.[302][303][304][305] Dalam situs pengumpul tinjauan, Rotten Tomatoes, film ini memiliki persetujuan rating sebanyak 93% berdasarkan 320 ulasan, dengan rata-rata rating 8.2 dari 10. Situs kesepakatan kritis itu berbunyi, "Dikemas dengan aksi dan dihuni oleh wajah-wajah yang akrab dan segar, The Force awakens berhasil mengingatkan seri kejayaan sementara dengan menyuntikkan energi baru."[306] Menurut Metacritic, film ini memiliki skor 81 dari 100, berdasarkan 52 kritik, menunjukkan "pujian yang universal".[307] Lain halnya dengan CinemaScore, penonton memberikan film rata-rata kelas "A" pada A + untuk skala F; perempuan, di bawah usia 25 Tahun dan di bawah 18 tahun memberikannya "A +", sementara 98% dari penonton memberikannya "A" atau "B"..[308]

Robbie Collin dari The Daily Telegraph memberikan lima bintang kepada The Force Awakens dan menulis bahwa "membuat persiapan untuk mengguncang Star Wars dari tidur, dan berhubungan kembali seri dengan masa lalu yang jauh lebih.Bahwa itu mencapai tujuan tersebut baik secara langsung dan dengan sukacita barangkali merupakan dorongan tunggal terbesar untuk film akhir tahun."[309] Peter Bradshaw dari The Guardian juga memberikan lima bintang, menulis bahwa itu adalah "perkembangan narasi yang baik dari tiga film sebelumnya dan cerdas,mengharukan, next-gen reboot.... konyol dan melodramatis dan tentu saja sentimental, tetapi menarik dan penuh dengan energi dan memiliki ciri khas sendiri dengan kemurahan hati."[310] Justin Chang dari majalah Variety menulis bahwa film ini memiliki "cukup gaya, momentum, dasar kasih dan kepedulian untuk membuktikan yang tak tertahankan untuk setiap yang pernah menganggap diri mereka sebagai penggemar."[311] Richard Roeper dari Chicago Sun-Times memberikan empat bintang menggambarkannya sebagai "indah, menegangkan, gembira, mengejutkan, dan petualangan yang membuat jantung kita berdebar."[312] Tom Long dari The Detroit News menulis bahwa meskipun beberapa adegan film yang mirip dengan original trilogi Star Wars yang meninggalkan "para kejanggalan yang agak canggung dan tidak dibutuhkan dari prequels berikutnya jauh ke belakang..... humor dan kesederhanaan arah telah direbut kembali."[313] Associated Press menyebut film ini "pada dasarnya sama" sebagai film aslinya, namun "bukankah apa yang kita semuanya inginkan?"[314]

Ann Hornaday, menulis untuk The Washington Post bahwa film ini memiliki hal baru yang cukup untuk menciptakan lagi kelompok lain untuk menjadi penggemar berat ...The Force Awakens juga menyerang semua chords yang tepat, narasi yang emosional, merasa akrab dan membuat kegembiraan yang baru.[315] Christopher Orr menulis untuk The Atlantic menyebutkan film ini "karya gabungan" yang "mungkin benar-benar turunan" tetapi tetap menyenangkan."[316] Lawrence Topman dari The Charlotte Observers" berkata bahwa Abrams telah "melepas tindakan penyeimbangan halus, memberikan penghormatan yang cerdas untuk masa lalu."[317] Mick LaSalle dari San Francisco Chronicle memberikan rating tinggi dan menyebut "film yang terbaik dari sekuel Star Wars dan salah satu film terbaik 2015."[318] Frank Pallotta memberikan tinjauan film untuk CNN Money berpendapat bahwa film ini yang terbaik sejak Trilogi Aslinya dan pasti akan menjadi pengalaman film yang berharga untuk yang lama diingat untuk para penggemar dan non-penggemar.[319]

Beberapa kritikus menemukan film terlalu mengikuti dari film Star Wars sebelumnya.[82] Andrew O'Hehir menulis untuk website Salon bahwa itu adalah "karya seorang yang berbakat meniru atau ventriloquist yang bisa saja menutupi fakta bahwa dia tidak bisa banyak bicara."[320] Stephanie Zacharek dari majalah Time menulis bahwa Abrams telah menyampaikan "segala sesuatu yang kita harapkan, sebagai lawan mereka dengan keajaiban yang samar-samar yang kita tidak tahu yang kita inginkan."[321] Meninjau untuk Forbes, Scott Mendelson mencatat film "dengan nilai produksi yang tertinggi dan rasa yang kuat dalam lingkup dan skala",tetapi merasa itu begitu banyak "latihan untuk fan service [yang] hanya karena karisma dan bakat pemula dan keterampilan tak terbantahkan JJ Abrams 'sebagai pendongeng visual dengan narasi Mad Libs yang tidak langsung merusak gambar.[322] Brian Merchant menulis untuk Motherboard:"Fiksi ilmiah seharusnya semua tentang menjelajahi belum dijelajahi, tidak mengulangi untuk menginjak sumur..... salah satu perusahaan paling kreatif tanpa malu-malu dari abad ke-20 telah diberikan lain sebagian besar menyenangkan, tapi sebagian besar dilupakan pada Hollywood Reboot."[323]

Penghargaan[sunting | sunting sumber]

Beberapa penghargaan yang diadakan memberikan nominasi kepada film ini sebelum dirilis pada bulan Desember, membuat film ini memenuhi syarat untuk Penghargaan Golden Globe yang ke-73 dan beberapa upacara penghargaan lainnya.[324] Namun, film ini telah ditambahkan ke Critics Choice Awards yang ke-21 sebagai calon nominasi film terbaik setelah dipilih secara spesial oleh jajaran direksi,[325] dan pengumuman dari American Film Institute Awards 2015 ditunda sampai dirilisnya The Force Awakens.[324]

Penghargaan dan Nominasi
Penghargaan Tanggal Upacara Kategori Calon penerima nominasi Hasil
American Cinema Editors [326] January 29, 2016 Best Edited Feature Film - Dramatic Maryann Brandon, Mary Jo Markey Belum diputuskan
American Film Institute Awards [327] December 16, 2016 Movies of the Year The Force Awakens Menang
Art Directors Guild [328] January 31, 2016 Excellence in Production Design – Period Film Rick Carter, Darren Gilford Belum diputuskan
British Academy Film Awards [329] February 14, 2016 BAFTA Rising Star Award John Boyega Belum diputuskan
Critics' Choice Movie Awards [330] January 17, 2016 Best Picture Kathleen Kennedy, J. J. Abrams, Bryan Burk Belum diputuskan
Denver Film Critics Society [331] January 11, 2016 Best Science Fiction/Horror Film Kathleen Kennedy, J. J. Abrams, Bryan Burk Belum diputuskan
Best Visual Effects Roger Guyett, Patrick Tubach, Neal Scanlan, Chris Corbould Belum diputuskan
Best Score John Williams Belum diputuskan
Florida Film Critics Circle Awards [332] December 23, 2016 Best Visual Effects Roger Guyett, Patrick Tubach, Neal Scanlan, Chris Corbould Runner-Up
Best Score John Williams Nominasi
FCC Breakout Award Daisy Ridley Menang
Casting Society of America [333] January 21, 2016 Big Budget – Drama Nina Gold, April Webster, Alyssa Weisberg, Jessica Sherman Belum diputuskan
Central Ohio Film Critics Association Awards [334] January 7, 2016 Best Picture The Force Awakens Belum diputuskan
Actor of the Year Domhnall Gleeson (Brooklyn, Ex Machina, The Revenant, and Star Wars: The Force Awakens) Belum diputuskan
Breakthrough Film Artist Daisy Ridley Belum diputuskan
Best Film Editing Maryann Brandon, Mary Jo Markey Belum diputuskan
Georgia Film Critics Association [335] January 8, 2016 Best Production Design Rick Carter, Darren Gilford, Alastair Bullock, Gary Tomkins Belum diputuskan
Best Ensemble The Force Awakens Belum diputuskan
Best Original Score John Williams Belum diputuskan
Breakthrough Award Daisy Ridley Belum diputuskan

Daftar Top 10[sunting | sunting sumber]

Selain beberapa penghargaan dan nominasi,The Force Awakens muncul di daftar beberapa kritikus dari sepuluh film terbaik 2015. [336]

Sekuel[sunting | sunting sumber]

Rian Johnson dikonfirmasi pada bulan Agustus 2014 bahwa ia akan menyutradai Episode VIII.[164] Seperti The Force Awakens, Episode VIII akan syuting di Pinewood Studios dekat London.[337][338] Beberapa unit kedua telah melakukan syuting pada bulan September 2015 di Irlandia, dengan fotografi utama akan dimulai pada Januari 2016.[338][339][340] Film ini dijadwalkan tayang pada tanggal 26 Mei 2017.[341] Hamill,[342] Isaac,[343] Christie,[344] Boyega, and Daniels[345] akan kembali dengan peran-peran mereka sebagai Luke Skywalker, Poe Dameron, Captain Phasma, Finn, dan C3PO.[346] Kennedy mengumumkan pada 17 Desember 2015 di premier London untuk The Force Awakens bahwa seluruh pemain akan kembali untuk Episode VIII: "Akan ada beberapa pemeran baru di Episode VIII tetapi juga semua pemeran yang Anda lihat di sini malam ini akan di dalamnya juga ", karena itu juga mengkonfirmasikan Fisher dan Ridley mengulangi peran mereka.[347] Benicio Del Toro turut bermain dalam film ini,[348] dan Jimmy Vee memerankan R2-D2 pada syuting bulan November 2015..[349][350] Pada bulan Agustus 2015, Colin Trevorrow diumumkan sebagai sutradara untuk Episode IX.[351]

Catatan Kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Angka $ 57 Juta menggabungkan pendapatan yang dihasilkan dari "Star Wars Marathon Event" dari 135 bioskop di mana semua enam film Star Wars sebelumnya ditunjukkan bersama dengan Star Wars: The Force Awakens. Harga tiket biaya $ 59,99 untuk semua film (termasuk The Force Awakens) pada rata-rata $ 8,57 per film.[258][259][260]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Star Wars: The Force Awakens (12A)". British Board of Film Classification. December 8, 2015. Diarsipkan dari versi asli tanggal December 8, 2015. Diakses tanggal December 8, 2015. 
  2. ^ Luke Holland (7 April 2014). "Star Wars Episode VII: what we know as shooting starts". The Guardian. Diakses tanggal 16 Desember 2014. 
  3. ^ a b "Star Wars: The Force Awakens (2015)". Box Office Mojo. Diakses tanggal December 21, 2015. 
  4. ^ Breznican, Anthony (November 11, 2015). "'Harrison Ford IS Han Solo'". Entertainment Weekly. Diakses tanggal $1 $2. 
  5. ^ Breznican, Anthony (November 12, 2015). "'Where is Luke Skywalker? J.J. Abrams and Mark Hamill grapple with the question'". Entertainment Weekly. Diakses tanggal $1 $2. 
  6. ^ Child, Ben (November 12, 2015). "'Entertainment Weekly's new Star Wars: The Force Awakens issue – 10 things we learned'". The Guardian. Diakses tanggal $1 $2. 
  7. ^ Breznican, Anthony (November 11, 2015). "'Star Wars: The Force Awakens': An Exclusive EW Gallery of New Photos-Leia Return'". Entertainment Weekly. Diakses tanggal $1 $2. 
  8. ^ Breznican, Anthony (November 11, 2015). "'She's not called 'Princess' Leia anymore ...'". Entertainment Weekly. Diakses tanggal $1 $2. 
  9. ^ a b c Robinson, Joanna (May 4, 2015). "Adam Driver and Lupita Nyong’o’s Characters Revealed in Exclusive Star Wars: The Force Awakens Photos". Vanity Fair. Diakses tanggal May 4, 2015. 
  10. ^ Breznican, Anthony (August 12, 2015). "'Star Wars: The Force Awakens: Kylo Ren's shroud is pulled back at last, but..,'". Entertainment Weekly. Diakses tanggal $1 $2. 
  11. ^ . starwars.com [www.starwars.com/databank/kylo-ren title='Databank:Kylo Ren' www.starwars.com/databank/kylo-ren title='Databank:Kylo Ren'] Check |url= scheme (bantuan). Diakses tanggal $1 $2. 
  12. ^ Breznican, Anthony (December 06, 2015). "'Everything that happened during the Star Wars: The Force Awakens press conference'". Entertainment Weekly. Diakses tanggal $1 $2. 
  13. ^ a b c d Breznican, Anthony (December 11, 2014). "'Star Wars: The Force Awakens' character names revealed (in coolest way possible) -- exclusive". Entertainment Weekly. Diakses tanggal December 11, 2014. 
  14. ^ a b c d e f Abrams, Natalie (April 16, 2015). "10 things we learned from the Star Wars: The Force Awakens panel". Entertainment Weekly. Diakses tanggal May 23, 2015. 
  15. ^ [www.starwars.com/databank/finn "'Databank:Finn'"] Check |url= scheme (bantuan). starwars.com. Diakses tanggal $1 $2. 
  16. ^ Gardner, Chris (July 10, 2015). "'Star Wars' Star John Boyega: I'm Being Mentored by Robert Downey Jr.'". The Hollywood Reporter. Diakses tanggal $1 $2. 
  17. ^ Breznican, Anthony (November 12, 2015). "Where is Luke Skywalker? J.J. Abrams and Mark Hamill grapple with the question". Entertainment Weekly. Diakses tanggal December 29, 2015. 
  18. ^ Robinsson, Joanna (May 04, 2015). "Adam Driver’s and Lupita Nyong’o’s Characters Revealed in Exclusive Star Wars: The Force Awakens Photos". Vanity Fair. Diakses tanggal December 29, 2015. 
  19. ^ Breznican, Anthony (November 12, 2015). "Star Wars: The Force Awakens: J.J. Abrams reveals backstory of alien Maz Kanata". Entertainment Weekly. Diakses tanggal December 29, 2015. 
  20. ^ Stone, Natalie (December 24, 2015). "'J.J. Abrams Based a 'Star Wars' Character on His High School Teacher'". The Hollywood Reporter. Diakses tanggal $1 $2. 
  21. ^ "Capturing a Galaxy: An Interview with Annie Leibovitz – Exclusive". StarWars.com. StarWars.com. Diakses tanggal May 28, 2015. 
  22. ^ Dyer, James (August 25, 2015). "'JJ Abrams Spills Details On Kylo Ren'". Empire. Diakses tanggal $1 $2. 
  23. ^ Breznican, Anthony (November 12, 2015). "Supreme Leader Snoke: Andy Serkis on the 'damaged' villain of Star Wars: The Force Awakens". Entertainment Weekly. Diakses tanggal December 29, 2015. 
  24. ^ a b Davis, Edward (July 10, 2015). "'Star Wars: The Force Awakens': Domhnall Gleeson Revealed To Be On The Dark Side As General Hux". Indiewire. Diakses tanggal July 10, 2015. 
  25. ^ Breznican, Anthony (November 13, 2015). "Starkiller Base and General Hux: New details on the dark side of The Force Awakens". Entertainment Weekly. Diakses tanggal December 29, 2015. 
  26. ^ Breznican, Anthony (November 11, 2015). "Star Wars: The Force Awakens: An Exclusive EW Gallery of New Photos". Entertainment Weekly. Diakses tanggal December 29, 2015. 
  27. ^ Parfitt, Orlando (December 18, 2015). "Meet The New Chewbacca Actor In Star Wars: The Force Awakens". Yahoo News. Diakses tanggal December 29, 2015. 
  28. ^ Burns, Chris (December 18, 2015). "Star Wars: The Force Awakens – who is Lor San Tekka?". Slash Gear. Diakses tanggal December 22, 2015. 
  29. ^ McGrane, Danielle (September 25, 2015). "Tim Rose frustrated at Star Wars secrecy". The Australian. Australian Associated Press. Diakses tanggal September 5, 2015. 
  30. ^ "Star Wars legend Mike Quinn returns as nien nunb in star wars the force awakens". makingstarwars.net. Diakses tanggal December 4, 2015. 
  31. ^ Tunoi, Kevin (November 14, 2014). "We have found Bill Kipsang Rotich of Hollywood ‘Star Wars’ movie". SDE. 
  32. ^ Akande, Zainab (December 8, 2015). "Every Original Character Returning For 'Star Wars: The Force Awakens'". Bustle. 
  33. ^ "Star Wars Episode VII: The Force Awakens". Surrender to the Void. December 20, 2015. 
  34. ^ Marston, George (August 12, 2015). "J.J. Abrams: Rey and Finn's Last Names in Star Wars: The Force Awakens Are Purposely Secret". Newsarama. Diakses tanggal September 6, 2015. 
  35. ^ Breznican, Anthony (December 20, 2015). "Obi-Wan and Yoda are secretly in Star Wars: The Force Awakens". Entertainment Weekly. Diakses tanggal December 20, 2015. 
  36. ^ Petty, Jared (May 4, 2015). "GAME OF THRONES' GWENDOLINE CHRISTIE REVEALED AS STAR WARS' CHROME TROOPER CAPTAIN PHASMA". IGN. Diakses tanggal May 23, 2015. 
  37. ^ Brooks, Dan (August 26, 2015). "Droid Dreams: How Neal Scanlan and the Star Wars: The Force Awakens Team Brought BB-8 to Life". StarWars.com. Diakses tanggal December 18, 2015. 
  38. ^ "Wait a minute... who played the voice of BB-8 in Star Wars: The Force Awakens?". HitFix. December 15, 2015. 
  39. ^ Breznican, Anthony (December 18, 2015). "'Star Wars: The Force Awakens': A collection of cameos and Easter eggs: Lost Meets Star Wars". Entertainment Weekly. Diakses tanggal December 18, 2015. 
  40. ^ Breznican, Anthony (December 18, 2015). "'Star Wars: The Force Awakens': A collection of cameos and Easter eggs: Simon Pegg". Entertainment Weekly. Diakses tanggal December 18, 2015. 
  41. ^ "Databank: Snap Wexley". StarWars.com. Diakses tanggal December 26, 2015. 
  42. ^ Anderson, Tre'vell (December 16, 2015). "J.J. Abrams' good luck charm Greg Grunberg reveals his 'Force Awakens' character Snap Wexley". Los Angeles Times. Diakses tanggal December 16, 2015. 
  43. ^ "Databank: Teedo". StarWars.com. Diakses tanggal September 6, 2015. 
  44. ^ Lovett, Jamie (November 26, 2014). "Star Wars: The Force Awakens Adds Jessica Henwick To Cast". Comicbook.com. Diakses tanggal December 18, 2014. 
  45. ^ "13 ‘Star Wars: The Force Awakens’ Cameos You Might Have Missed". MTV. December 18, 2015. 
  46. ^ Husada, T.R. (December 12, 2015). "'Misteri Karakter Iko Uwais dan Yayan Ruhian di Film Star Wars: The Force Awakens Akhirnya Terungkap'". Cinemags.id. Diakses tanggal December 13, 2015. 
  47. ^ "Cecep Arif Rahman Melengkapi Trio The Raid di Star Wars: The Force Awakens". Cinemags.id. December 12, 2015. Diakses tanggal December 13, 2015. 
  48. ^ Brown, Todd (January 5, 2015). "'The Raid' Trio To Appear In 'Star Wars: Episode 7 - The Force Awakens". Twitch Film. Diakses tanggal January 5, 2015. 
  49. ^ Jagernauth, Kevin (October 16, 2014). "Warwick Davis aka Wicket Returns For 'Star Wars: Episode 7'". The Playlist (Indiewire). Diakses tanggal October 16, 2014. 
  50. ^ Breznican, Anthony (December 18, 2015). "'Star Wars: The Force Awakens': A collection of cameos and Easter eggs: Ewok No More". Entertainment Weekly. Diakses tanggal December 18, 2015. 
  51. ^ "Star Wars: The Force Awakens Cast + Crew". Fandango. Diakses tanggal December 21, 2015. 
  52. ^ Breznican, Anthony (December 18, 2015). "'Star Wars: The Force Awakens': A collection of cameos and Easter eggs: Newt Joins The Dark Side". Entertainment Weekly. Diakses tanggal December 18, 2015. 
  53. ^ a b Rodgers, Lisa (November 11, 2014). "Debbie Reynolds Gives a Family-Filled Curtain Call, Vegas Style". Vegas Seven. Diakses tanggal November 15, 2014. 
  54. ^ Breznican, Anthony (December 18, 2015). "'Star Wars: The Force Awakens': A collection of cameos and Easter eggs: Friend of the General". Entertainment Weekly. Diakses tanggal December 18, 2015. 
  55. ^ Fletcher, Rosie (December 18, 2015). "The famous actors you probably missed in Star Wars: The Force Awakens". GamesRadar. Diakses tanggal December 22, 2015. 
  56. ^ Ward, Jason (December 6, 2015). "Christopher Lee's niece Dame Harriet Mary Walter cast in Star Wars: The Force Awakens?". Making Star Wars. 
  57. ^ a b c "How to Spot All the ‘Star Wars: The Force Awakens’ Cameos, From Daniel Craig to Yoda". Daily Beast. December 19, 2015. Diakses tanggal December 21, 2015. 
  58. ^ Lee, Chris (December 17, 2015). "Daniel Craig's Star Wars: The Force Awakens cameo revealed". Entertainment Weekly. Diakses tanggal December 18, 2015. 
  59. ^ Breznican, Anthony (December 18, 2015). "'Star Wars: The Force Awakens': A collection of cameos and Easter eggs: Musical Troopers". Entertainment Weekly. Diakses tanggal December 18, 2015. 
  60. ^ Browne, Kit Simpson (December 22, 2015). "All the Star Wars Episode VII Cameos We've Spotted So Far". moviepilot.com. 
  61. ^ Breznican, Anthony (December 18, 2015). "'Star Wars: The Force Awakens': A collection of cameos and Easter eggs: The Real Dameron". Entertainment Weekly. Diakses tanggal December 18, 2015. 
  62. ^ Breznican, Anthony (December 18, 2015). "'Star Wars: The Force Awakens': A collection of cameos and Easter eggs: Join Me, Father...". Entertainment Weekly. Diakses tanggal December 18, 2015. 
  63. ^ "Star Wars Episode VII Production Update". StarWars.com. July 6, 2014. Diakses tanggal July 6, 2014. 
  64. ^ Kroll, Justin (July 17, 2014). "'Star Wars Episode VII' Casts Newcomer Christna Chong". Variety. Diakses tanggal July 17, 2014. 
  65. ^ Mzimba, Lizo (September 1, 2014). "Game of Thrones swordsman joins Star Wars film". BBC News. Diakses tanggal September 1, 2014. 
  66. ^ Vincent, Alice (December 18, 2014). "Maisie Richardson-Sellers confirms Star Wars The Force Awakens role". The Daily Telegraph. UK. Diakses tanggal December 18, 2014. 
  67. ^ Upkins, Dennis (January 18, 2015). "Star Wars The Force Awakens To Introduce Female Stormtrooper". ComicBook.com. Diakses tanggal January 18, 2015. 
  68. ^ Butler, Tom (January 20, 2015). "Star Wars 7 News: Woman In Black 2's Leanne Best Outed As Castmember". Yahoo! UK. Diakses tanggal January 28, 2015. 
  69. ^ Breznican, Anthony (December 18, 2015). "'Star Wars: The Force Awakens': A collection of cameos and Easter eggs: Galactic Barstools". Entertainment Weekly. Diakses tanggal December 18, 2015. 
  70. ^ Breznican, Anthony (December 18, 2015). "'Star Wars: The Force Awakens': A collection of cameos and Easter eggs: [[:Templat:Em]] Kevin Smith". Entertainment Weekly. Diakses tanggal December 18, 2015.  Wikilink embedded in URL title (bantuan)
  71. ^ Lovece, Frank (December 9, 2015). "J.J. Abrams talks ‘Star Wars: The Force Awakens’: I nearly turned it down". Newsday (New York). Diarsipkan dari versi asli tanggal December 16, 2015. Diakses tanggal December 16, 2015. Well, my voice is somewhere in the movie.  (perlu langganan)
  72. ^ Breznican, Anthony (December 18, 2015). "'Star Wars: The Force Awakens': A collection of cameos and Easter eggs: Musical Troopers". Entertainment Weekly. Diakses tanggal December 19, 2015. 
  73. ^ "Familiar voices are in that new movie! @MattLanter @cattaber @matthewood @MeredthSalenger @SamWitwer @DavidWCollins". Twitter. December 18, 2015. Diakses tanggal December 21, 2015. 
  74. ^ Boucher, Geoff (May 7, 2008). "George Lucas: 'Star Wars' won't go beyond Darth Vader". Los Angeles Times. Diakses tanggal September 9, 2012. 
  75. ^ a b Leonard, Davis (March 7, 2013). "How Disney Bought Lucasfilm—and Its Plans for 'Star Wars'". bloomberg.com. Diakses tanggal December 30, 2015. 
  76. ^ Nakashima, Ryan (October 30, 2012). "Disney to make new 'Star Wars' films, buy Lucas co". Los Angeles, California: Yahoo! Finance. Diarsipkan dari versi asli tanggal October 30, 2012. Diakses tanggal December 18, 2015. 
  77. ^ Chitwood, Adam (January 21, 2015). "George Lucas Says His Treatments for the New 'Star Wars' Films Were Discarded". Collider.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal January 27, 2015. Diakses tanggal January 23, 2015. 
  78. ^ Romano, Nick (2015). "How George Lucas' Star Wars 7 Ideas Were Used By Disney" (Written coverage /Video interview). Cinema Blend. Diakses tanggal January 20, 2015. 
  79. ^ "Star Wars Creator George Lucas Doesn't Know Force Awakens Story". /Film. Diakses tanggal October 20, 2015. 
  80. ^ Child, Ben (October 9, 2013). "Star Wars sequels: George Lucas 'constantly talking' to JJ Abrams". The Guardian. UK. Diakses tanggal January 23, 2015. 
  81. ^ Goldberg, Matt (November 20, 2015). "Star Wars: George Lucas and Disney Disagreed on New Films". Collider.com. Diakses tanggal November 21, 2015. 
  82. ^ a b Stack, Liam (December 31, 2015). "George Lucas Criticizes Latest ‘Star Wars’ Installment". New York Times. Diakses tanggal December 31, 2015. 
  83. ^ "George Lucas Quips He Sold 'Star Wars' to "White Slavers"; Criticizes "Retro" Tone of New Film". The Hollywood Reporter. Diakses tanggal December 31, 2015. 
  84. ^ Brodesser-Akner, Claude (November 8, 2012). "Update: Toy Story 3's Michael Arndt Confirmed As Star Wars: Episode VII Writer". Vulture. Diakses tanggal May 23, 2014. 
  85. ^ Kit, Borys (November 8, 2012). "New 'Star Wars' Movie Has Treatment by 'Toy Story 3' Writer". The Hollywood Reporter. Diakses tanggal May 23, 2014. 
  86. ^ Kit, Borys (November 9, 2012). "Lucasfilm Confirms Michael Arndt to Write 'Star Wars: Episode VII'". The Hollywood Reporter. Diakses tanggal October 24, 2013. 
  87. ^ a b c d e Hiatt, Brian (December 2, 2015). "'Star Wars' Strikes Back: Behind the Scenes of the Biggest Movie of the Year". Rolling Stone. Diakses tanggal December 22, 2015. 
  88. ^ Staff (September 29, 2014). "David Fincher discusses meeting Disney about Star Wars: Episode VII". Total Film. Diakses tanggal September 29, 2014. 
  89. ^ Bernardin, Marc (May 16, 2013). "Brad Bird on 'Incredibles' Sequel: 'I Would Probably Wanna Do That' (Q&A)". The Hollywood Reporter. Diakses tanggal June 12, 2014. 
  90. ^ Jagernauth, Kevin (July 1, 2013). "Guillermo Del Toro Says He Was Approached For 'Star Wars: Episode 7,' Would Have Loved To See Brad Bird Direct The Sequel". Indiewire. Diakses tanggal September 5, 2014. 
  91. ^ "'Star Wars Is Being Kick-Started with Dynamite'". starwars.com. Diakses tanggal $1 $2. 
  92. ^ "'Disney Plans Stand-Alone 'Star Wars' Films '". cnbc.com. Diakses tanggal $1 $2. 
  93. ^ Kit, Borys (October 24, 2013). "Writer Michael Arndt Exits 'Star Wars: Episode VII'". The Hollywood Reporter. Diakses tanggal October 24, 2013. 
  94. ^ Patten, Dominic (November 7, 2013). "J.J. Abrams: Taking Over ‘Star Wars’ Writing Duties With Lawrence Kasdan A Matter Of Time". Deadline.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal August 1, 2015. Diakses tanggal May 23, 2014. 
  95. ^ Sullivan, Kevin (November 25, 2013). "J.J. Abrams Tells Us What Will Make ‘Star Wars’ ‘Infinitely Better’". MTV. Diakses tanggal May 23, 2014. 
  96. ^ "Star Wars screenwriter Lawrence Kasdan on the past, present and future of 'Star Wars'". Los Angeles Times. Diakses tanggal December 11, 2015. 
  97. ^ a b Micke, Sébastien (February 22, 2014). "J.J. Abrams un livre et des étoiles". Paris Match. Diakses tanggal May 23, 2014. 
  98. ^ Molloy, Tim (January 19, 2014). "J.J. Abrams Says 'Star Wars Episode VII' Script Done, Confirms Jesse Plemons Talks". The Wrap. Diakses tanggal January 19, 2014. 
  99. ^ a b Brouwer, Bree. "YouTube Star SAARA Developed An Alien Language For ‘Star Wars: The Force Awakens’". Tubefilter. Diakses tanggal December 21, 2015. 
  100. ^ Nicholson, Matt (April 25, 2014). "Lucasfilm Clarifies Star Wars Expanded Universe". IGN. Diakses tanggal May 1, 2014. 
  101. ^ a b "Star Wars Feature Film Production Returns to the U.K.". StarWars.com. May 10, 2013. Diakses tanggal May 25, 2013. 
  102. ^ Dathan, Matt (December 18, 2015). "Star Wars: George Osborne criticised after being given The Force Awakens credit". Independent. Diakses tanggal December 19, 2015. 
  103. ^ Abramian, Alexandria (September 11, 2013). "Source: J. J. Abrams Building 'Star Wars' Postproduction Facility in L.A. (Exclusive)". The Hollywood Reporter. Diakses tanggal March 19, 2014. 
  104. ^ Butler, Tom (May 19, 2013). "Star Trek Costume Designer Joins Star Wars VII Crew". Diakses tanggal May 19, 2013. 
  105. ^ "Maryann Brandon and Mary Jo Markey on Cutting Star Trek Into Darkness", Studio Daily, May 22, 2013. Retrieved May 26, 2013.
  106. ^ Sneider, Jeff (August 22, 2013). "J.J. Abrams Hires 'Star Trek' Cinematographer to Shoot 'Star Wars: Episode VII' on 35MM Film". TheWrap. Diakses tanggal August 23, 2013. 
  107. ^ Olsen, Mark (October 24, 2013). "'Star Wars: Episode VII': Lawrence Kasdan's big move". Los Angeles Times. Diakses tanggal October 30, 2013. 
  108. ^ "Master Filmmaking Team Announced for Star Wars: Episode VII". StarWars.com. October 24, 2013. Diakses tanggal May 5, 2014. 
  109. ^ McIntyre, Gina (October 24, 2013). "'Star Wars: Episode VII': J.J. Abrams, Lawrence Kasdan to pen script". Los Angeles Times. Diakses tanggal October 24, 2013. 
  110. ^ Barnes, Brooks (October 24, 2013). "Abrams and Kasdan Take Over Writing of New 'Star Wars' Movie". The New York Times. Diakses tanggal October 24, 2013. 
  111. ^ "Star Wars open auditions venue and dates change". BBC News. November 12, 2013. Diakses tanggal May 23, 2014. 
  112. ^ Smith, Jeanie (November 9, 2013). "Disney holds St. Louis casting call for upcoming movie". KSDK-TV. Diakses tanggal May 23, 2014. 
  113. ^ "Worldwide Search For Two Major Roles in Star Wars". Diakses tanggal May 23, 2014. 
  114. ^ Breznican, Anthony (May 16, 2014). "Star Wars Episode VII A New Hope (Really)". Entertainment Weekly. 
  115. ^ a b Kit, Borys (April 30, 2014). "How 'Star Wars' Director J.J. Abrams Kept the Cast Secret". The Hollywood Reporter. Diakses tanggal April 30, 2014. 
  116. ^ Leonard, Devin (March 7, 2013). "How Disney Bought Lucasfilm—and Its Plans for 'Star Wars'". Bloomberg Businessweek. Diakses tanggal May 26, 2013. 
  117. ^ "Star Wars: Episode VII Cast Announced". Diakses tanggal December 30, 2015. 
  118. ^ Jacobs, Matthew (October 1, 2013). "Saoirse Ronan Confirms She Did Audition For 'Star Wars: Episode VII' Role, But 'So Did Everyone'". The Huffington Post. Diakses tanggal October 1, 2013. 
  119. ^ "Michael B. Jordan Confirms 'Star Wars' Rumor". The Huffington Post. October 10, 2013. Diakses tanggal November 3, 2013. 
  120. ^ Kit, Borys (March 14, 2014). "Lupita Nyong'o Meets With J.J. Abrams for 'Star Wars: Episode VII'". The Hollywood Reporter. Diakses tanggal March 17, 2014. 
  121. ^ Sneider, Jeff (January 10, 2014). "‘Breaking Bad's’ Jesse Plemons Eyed for Lead in ‘Star Wars: Episode VII’ (Exclusive)". The Wrap. Diakses tanggal May 23, 2014. 
  122. ^ Kroll, Justin (February 26, 2014). "'Star Wars': Adam Driver Near Deal to Play the Villain (EXCLUSIVE)". Variety. Diakses tanggal February 27, 2014. 
  123. ^ Kit, Borys (April 9, 2014). "'Star Wars: Episode VII' Speculation Centers on Unknown Oxford Actress". The Hollywood Reporter. Diakses tanggal April 9, 2014. 
  124. ^ Dassanayake, Dion (March 30, 2014). "JJ Abrams looking at 'unknown actors' for Star Wars Episode VII like original trilogy cast". Express. Diakses tanggal March 30, 2014. 
  125. ^ Topping, Kirsty (May 5, 2014). "New Star Wars films 'would have bored me', says Scots actor Denis Lawson". The Courier. Diakses tanggal May 11, 2014. 
  126. ^ "Star Wars: Episode VII cast announced". StarWars.com. April 29, 2014. Diakses tanggal April 29, 2014. 
  127. ^ "Academy Award Winner Lupita Nyoung'o Joins the Cast of Star Wars: Episode VII". StarWars.com. June 2, 2014. Diakses tanggal June 2, 2014. 
  128. ^ Franich, Darren (June 6, 2014). "And now we know that Luke Skywalker has a beard in 'Star Wars: Episode VII' -- PHOTO". Entertainment Weekly. Diakses tanggal June 7, 2014. 
  129. ^ a b Earnes, Tom (June 26, 2013). "'Star Wars 7' actors Mark Hamill, Carrie Fisher 'told to lose weight'". DigitalSpy. Diakses tanggal May 1, 2014. 
  130. ^ Eisenberg, Eric. "Star Wars' C-3PO Demanded These 2 Things From J.J. Abrams Before Signing His Contract". Cinemablend. Diakses tanggal December 14, 2015. 
  131. ^ Hibberd, James (September 16, 2014). "Anthony Daniels' deep-dive 'Star Wars' interview: C-3PO's past, present and future". Entertainment Weekly. Diakses tanggal September 19, 2014. 
  132. ^ THR Staff (May 21, 2014). "'Star Wars: Episode VII': J.J. Abrams Offers Fans a Chance to Be in Movie". The Hollywood Reporter. Diakses tanggal May 23, 2014. 
  133. ^ "Warwick Davis Will Return for Star Wars: Episode VII, Plus Darth Vader's Star Wars Rebels Appearance Revealed". ComingSoon.net. October 16, 2014. Diakses tanggal November 14, 2014. 
  134. ^ Oscar Isaac's Uncle Scored a Role in Star Wars VII Using T-Shirts. YouTube. March 31, 2015. Diakses tanggal April 17, 2015. 
  135. ^ Sheridan, Peter; Wood, Mark (December 19, 2015). "In another galaxy! Harrison Ford nets £23m from Star Wars (that’s 76 times more than newcomer Daisy Ridley)". The Mail. Diakses tanggal December 20, 2015. 
  136. ^ "Episode VII filming to begin in UK in May". BBC News. March 18, 2014. Diakses tanggal March 18, 2014. 
  137. ^ Westbrook, Caroline (March 22, 2014). "Star Wars 7 Iceland rumours spark speculation of return to Hoth". Metro. Diakses tanggal March 22, 2014. 
  138. ^ Appelo, Tim (April 5, 2014). "Disney Chief Reveals 'Star Wars: VII' Casting Almost Complete, Says Film Is Already Shooting (Video)". The Hollywood Reporter. Diakses tanggal April 6, 2014. 
  139. ^ "Abu Dhabi is First Location for Star Wars: Episode VII". twofour54. March 21, 2014. Diakses tanggal May 26, 2014. 
  140. ^ Newbould, Chris (April 23, 2014). "Disney confirms that Star Wars: Episode 7 is filming in Abu Dhabi desert". The National. Abu Dhabi. Diakses tanggal April 25, 2014. 
  141. ^ Fordham, Joe (April 20, 2014). "Film Renaissance". Cinefex Blog. Diakses tanggal April 27, 2014. 
  142. ^ Lussier, Germain (July 8, 2014). "'Star Wars Episode VII' Is Filming In IMAX". /Film. Diakses tanggal July 8, 2014. 
  143. ^ McMillan, Graeme (May 5, 2014). "Bob Iger and Chewbacca share 'Star Wars' selfie". The Hollywood Reporter. Diakses tanggal December 24, 2014. 
  144. ^ Faber, David (May 7, 2014). "Disney Chairman & CEO Bob Iger Speaks with CNBC's David Faber on "Squawk on the Street" Today". Squawk on the Street. CNBC. Diakses tanggal May 8, 2014. 
  145. ^ Ford, Rebecca (May 21, 2014). "It's Official: 'Star Wars: Episode VII' Filming in Abu Dhabi". The Hollywood Reporter. Diakses tanggal May 23, 2014. 
  146. ^ Hamad, Marwa (May 15, 2014). "‘Star Wars’ begins filming on Friday in Abu Dhabi". Gulf News. Diakses tanggal May 23, 2014. 
  147. ^ "Star Wars: 'Day one' filming begins". BBC News. May 16, 2014. Diakses tanggal May 23, 2014. 
  148. ^ Newbould, Chris (May 10, 2014). "Star Wars filming to start on May 13 in Abu Dhabi desert". The National. Au Dhabi. Diakses tanggal May 23, 2014. 
  149. ^ "Harrison Ford Injured on the Set of 'Star Wars: Episode VII'". Variety. June 12, 2014. Diakses tanggal June 13, 2014. 
  150. ^ "Harrison Ford's Leg Injury To Halt 'Star Wars: Episode VII' Production For 2 Weeks". The Huffington Post. July 7, 2014. Diakses tanggal July 7, 2014. 
  151. ^ Ford, Rebecca (June 14, 2014). "Harrison Ford's 'Star Wars' Injury: New Details!". Yahoo!. Diakses tanggal June 14, 2014. 
  152. ^ "Harrison Ford is recovering rapidly". Contactmusic.com. Bang Showbiz. July 4, 2014. Diakses tanggal July 4, 2014. 
  153. ^ Lewis, Hilary (July 31, 2015). "J.J. Abrams Broke His Back While Filming 'Star Wars: The Force Awakens'". The Hollywood Reporter. Diakses tanggal July 31, 2015. 
  154. ^ "And . . . action! New 'Star Wars' film shoot kicks off on Skellig Michael". Irish Independent. July 29, 2014. Diakses tanggal August 1, 2014. 
  155. ^ "An island far, far away: Filming for Star Wars Episode 7 takes place on remote Irish island under veil of secrecy". Daily Mail. July 29, 2014. Diakses tanggal August 1, 2014. 
  156. ^ "'Star Wars: Episode VII' to resume filming". CNN. August 13, 2014. Diakses tanggal August 13, 2014. 
  157. ^ "Harrison Ford to return to 'Star Wars'". Houston Chronicle. August 14, 2014. Diakses tanggal August 14, 2014. 
  158. ^ "Star Wars surprise: Millennium Falcon and X-Wing pictured". BBC News. September 10, 2014. Diakses tanggal March 20, 2015. 
  159. ^ Ward, Jason (September 21, 2014). "Close up photos of the Star Wars: Episode VII Greenham Common set". MakingStarWars.net. Diakses tanggal March 20, 2015. 
  160. ^ "Be Transported into your very own Star Wars Film in Puzzlewood". Visit England. Diakses tanggal October 26, 2015. 
  161. ^ "Star Wars: Puzzlewood 'magical' location for filming". BBC News. December 17, 2015. Diakses tanggal December 22, 2015. 
  162. ^ Butler, Tom (November 3, 2014). "Star Wars 7: 'Extraordinary' Cast and Crew Hailed As Film Wraps". Yahoo! UK. Diarsipkan dari versi asli tanggal November 3, 2014. Diakses tanggal November 3, 2014. 
  163. ^ "Star Wars Episode VII to Use Film, Be More Like Original Trilogy". Mashable. Diakses tanggal September 7, 2013. 
  164. ^ a b McMillan, Graeme (August 18, 2014). "Rian Johnson Says Next 'Star Wars' Will Have Less CGI, More Practical Effects". The Hollywood Reporter. Diakses tanggal August 18, 2014. 
  165. ^ "Star Wars Celebration: Why Star Wars 7 Uses Practical Effects". IGN. April 16, 2015. Diakses tanggal April 21, 2015. 
  166. ^ a b Hackett, Robert (May 26, 2015). "Disney just developed the most adorable walking robot". Fortune. Diakses tanggal July 23, 2015. 
  167. ^ "Mark Hamill Says Star Wars: The Force Awakens' BB-8 Is a Prop, Not CGI". IGN. December 13, 2014. Diakses tanggal April 21, 2015. 
  168. ^ "Watch Awesome ‘The Force Awakens’ Droid BB-8 Appear Live on Stage". /Film. April 16, 2015. Diakses tanggal April 21, 2015. 
  169. ^ Cohen, David (February 11, 2014). "'Star Wars,' 'Avengers' Spawn Industrial Light & Magic's London Expansion". Variety. Diarsipkan dari versi asli tanggal February 11, 2014. Diakses tanggal February 11, 2014. 
  170. ^ Chitwood, Adam (August 15, 2015). "‘Star Wars: The Force Awakens’ — Current Runtime Revealed". Collider.com. Diakses tanggal August 16, 2015. 
  171. ^ Shepherd, Jack. "Star Wars: The Force Awakens: JJ Abrams on why major scene featuring Maz Kanata and Leia was cut". The Independent. Diakses tanggal December 26, 2015. 
  172. ^ a b Handy, Bruce (May 21, 2015). "John Williams Says His New Star Wars Score Will Include the Original Themes". Vanity Fair. Diakses tanggal May 23, 2015. 
  173. ^ Hayden, Erik (July 27, 2013). "John Williams Confirmed to Score 'Star Wars: Episode VII'". The Hollywood Reporter. Diakses tanggal July 31, 2013. 
  174. ^ Sciretta, Peter (October 21, 2015). "Who Composed The Star Wars: The Force Awakens Trailer Music?". /Film. Diakses tanggal December 12, 2015. 
  175. ^ "Yes, that’s new John Williams score in #TheForceAwakens teaser". Star Wars verified Twitter account. November 28, 2014. Diakses tanggal January 3, 2015. 
  176. ^ a b c Pine, Rachel. "International Musician John Williams". American Federation of Musicians. Diakses tanggal October 18, 2015. 
  177. ^ a b c Burlingame, Jon (December 9, 2015). "Film Score Icons Williams, Morricone and Horner Loom Large in Oscar Race". Variety. Diakses tanggal December 12, 2015. 
  178. ^ "Scoring". Sony Pictures Studios. 
  179. ^ "John Williams has started scoring STAR...". Facebook. 
  180. ^ "John Williams is recording Star Wars: The Force Awakens in LA". NerdReactor.com. 
  181. ^ "John Williams to Record Star Wars: The Force Awakens Score in Los Angeles". StarWars.com. Diakses tanggal April 17, 2015. 
  182. ^ Grieving, Tim (December 14, 2015). "'Star Wars' surprise: Gustavo Dudamel conducted parts of 'The Force Awakens' score". Los Angeles Times. Diakses tanggal December 15, 2015. 
  183. ^ "They've been on and off....". Doug Adams Music Twitter account. 
  184. ^ Walt Disney Records (September 4, 2015). Walt Disney Records Announces Star Wars: The Force Awakens Original Motion Picture Soundtrack From Oscar-winning Composer John Williams. Siaran pers. Diakses pada September 4, 2015.
  185. ^ "'Star Wars': J.J. Abrams Wrote Cantina Band Music with 'Hamilton' Creator Lin-Manuel Miranda". The Hollywood Reporter. December 1, 2015. Diarsipkan dari versi asli tanggal December 1, 2015. Diakses tanggal December 1, 2015. 
  186. ^ Benjamin, Jeff (November 10, 2015). "EXO Collaborate With 'Star Wars' on New Single 'Lightsaber,' Video: Watch". Billboard. Diakses tanggal December 30, 2015. 
  187. ^ "SING FOR YOU - Winter Special Album, 2015 by EXO". iTunes Store. December 10, 2015. Diakses tanggal December 30, 2015. 
  188. ^ "LIGHTSABER Japanese Ver.- Single by EXO". iTunes Store. December 18, 2015. Diakses tanggal December 30, 2015. 
  189. ^ Rainey, James; Sage, Alyssa (December 11, 2015). "‘Star Wars’ Premiere: Fans, Security to Bring the Force". Variety. Diakses tanggal December 12, 2015. 
  190. ^ Ford, Rebecca; Kit, Borys (December 15, 2015). "Inside the Star Wars: The Force Awakens World Premiere and Party". The Hollywood Reporter. Diakses tanggal December 15, 2015. 
  191. ^ a b McClintock, Pamela (December 7, 2015). "'Star Wars: The Force Awakens': When the Film Opens Around the World". The Hollywood Reporter. Diakses tanggal December 8, 2015. 
  192. ^ "Disney to Release Avengers: Age of Ultron, Star Wars: Episode VII in IMAX". ComingSoon.net. March 20, 2014. Diakses tanggal March 20, 2014. 
  193. ^ McLan, Sean (December 11, 2015). "Why ‘Star Wars’ Arrives a Week Late in India". The Wall Street Journal. Diakses tanggal December 13, 2015. 
  194. ^ a b c McClintock, Pamela (December 14, 2015). "Box-Office Preview: 'Star Wars: Force Awakens' Gets Widest December Release of All Time". The Hollywood Reporter. Diakses tanggal December 15, 2015. 
  195. ^ a b D'Alessandro, Anthony; Tartaglione, Nancy (December 14, 2015). "Planet Earth Braces For ‘Star Wars: The Force Awakens’ To Make Intergalactic B.O. History". Deadline.com. Diakses tanggal December 15, 2015. 
  196. ^ Giardina, Carolyn (November 16, 2015). "'Star Wars' Dolby Cinema Release Could Push Forward the New Format". The Hollywood Reporter. Diakses tanggal November 17, 2015. 
  197. ^ Kilday, Gregg (August 26, 2015). "'Star Wars: The Force Awakens' Set to Take Over Imax for a Month". The Hollywood Reporter. Diakses tanggal August 26, 2015. 
  198. ^ Hayden, Erik (November 6, 2014). "'Star Wars: Episode VII' Title Revealed". The Hollywood Reporter. Diakses tanggal November 6, 2014. 
  199. ^ Eric (November 06, 2015). [www.theforce.net/story/front/Star_Wars_Episode_VII_Will_Be_Called_The_Force_Awakens_160763.asp "Star Wars: Episode VII Will Be Called The Force Awakens"] Check |url= scheme (bantuan). theforce.net. Diakses tanggal January 06, 2015. 
  200. ^ Staff, Screencrush (December 18, 2015). "Read the Full ‘Star Wars: The Force Awakens’ Opening Crawl". screencrush. Diakses tanggal January 06, 2015. 
  201. ^ Gwaltney, Javy (December 27, 2015). "The Original Title for The Force Awakens Revealed". Game Informer. GameStop. Diakses tanggal December 27, 2015. 
  202. ^ "'Star Wars' tickets go on sale after trailer debut on Monday Night Football". CNN. October 19, 2015. Diakses tanggal October 19, 2015. 
  203. ^ Gajewski, Ryan; McClintock, Pamela (October 19, 2015). "'Star Wars: The Force Awakens' Presales Crash Movie Ticket Sites". The Hollywood Reporter. Diakses tanggal October 19, 2015. 
  204. ^ Ritman, Alex (October 19, 2015). "'Star Wars' Advance Ticket Demand Crashes U.K. Theater Websites". The Hollywood Reporter. Diakses tanggal October 19, 2015. 
  205. ^ Ritman, Alex (October 20, 2015). "'Star Wars' Advance Ticket Sales Set Record for U.K. Exhibitor". The Hollywood Reporter. Diakses tanggal October 20, 2015. 
  206. ^ Ford, Rebecca (October 20, 2015). "'Star Wars: The Force Awakens' Scores $6.5M in IMAX Ticket Sales". The Hollywood Reporter. Diakses tanggal October 20, 2015. 
  207. ^ a b Faughnder, Ryan (December 10, 2015). "'Star Wars' is latest film to show why Hollywood wants you to buy tickets in advance". Los Angeles Times. Diakses tanggal December 13, 2015. 
  208. ^ a b McClintock, Pamela (December 15, 2015). "'Star Wars: The Force Awakens' Advance Ticket Sales Cross Historic $100M". The Hollywood Reporter. Diakses tanggal December 16, 2015. 
  209. ^ a b D'Alessandro, Anthony; Tartaglione, Nancy (December 14, 2015). "Planet Earth Braces For ‘Star Wars: The Force Awakens’ To Make Intergalactic B.O. History". Deadline.com. Diakses tanggal December 15, 2015. 
  210. ^ Ritman, Alex (December 15, 2015). "'Star Wars: The Force Awakens' Sets U.K. Pre-Sales Record With "Way Beyond 1 Million" Tickets". The Hollywood Reporter. Diakses tanggal December 15, 2015. 
  211. ^ Vlessing, Etan (December 15, 2015). "'Star Wars' Sales in Canada Sees Premium Seats Go First". The Hollywood Reporter. Diakses tanggal December 15, 2015. 
  212. ^ Roxborough, Scott (December 15, 2015). "Box-Office Preview: 'Star Wars: The Force Awakens' Breaks German Pre-Sales Record But Police Warn of Security Concerns". The Hollywood Reporter. Diakses tanggal December 15, 2015. 
  213. ^ Molloy, Tim (November 8, 2013). "‘Star Wars VII’ Will Have Major Change to Opening: No Fox Fanfare". The Wrap. Diakses tanggal January 3, 2016. 
  214. ^ Truitt, Brian (January 26, 2013). "Abrams officially tapped as 'Star Wars' director". USA Today. Diakses tanggal January 2, 2016. 
  215. ^ Fritz, Ben (December 15, 2015). "Inside the World Premiere of ‘Star Wars: The Force Awakens’". The Wall Street Journal. Diakses tanggal January 3, 2016. ...the Lucasfilm logo preceding the movie (there was no Disney logo)... 
  216. ^ Sampson, Mike (October 15, 2015). "There Will Be No Disney Logo Before ‘Star Wars: The Force Awakens’". ScreenCrush. Diakses tanggal January 2, 2016. 
  217. ^ Chmielewski, Dawn (November 26, 2014). ""Star Wars: The Force Awakens" Trailer Debuts Friday on Apple’s iTunes". Re/code. Diakses tanggal November 28, 2014. 
  218. ^ Lewis, Andy (December 1, 2014). "Trailer Report: 'Star Wars' Teaser Beats 'Age of Ultron' In Debut". The Hollywood Reporter. Diakses tanggal December 2, 2014. 
  219. ^ McMillan, Graeme (November 28, 2014). "'Star Wars: The Force Awakens' Teaser: Perfectly Potent Nostalgia Strikes Back". The Hollywood Reporter. Diakses tanggal April 19, 2015. 
  220. ^ Plumb, Ali (November 28, 2014). "The Teaser Trailer For Star Wars: The Force Awakens Arrives". Empire. Diakses tanggal April 19, 2015. 
  221. ^ Bradshaw, Peter (December 1, 2014). "Star Wars: The Force Awakens trailer - a classic recipe trailed across the taste buds". The Guardian (UK). Diakses tanggal April 19, 2015. 
  222. ^ Mzimba, Lizo. "Star Wars executive 'staggered' by teaser reaction". BBC News. Diakses tanggal April 21, 2015. 
  223. ^ Burlingame, Russ (April 19, 2015). "Star Wars: The Force Awakens Trailer Viewed 88 Million Times In 24 Hours". ComicBook.com. Diakses tanggal April 19, 2015. 
  224. ^ Gonzales, David (April 20, 2015). "This Weekend, 'Star Wars' 88 Million Views Made 'Superman' Bleed". Forbes. Diakses tanggal April 20, 2015. 
  225. ^ Swatman, Rachel (June 16, 2015). "Star Wars: The Force Awakens second trailer sets YouTube world record". Guinness World Records. Diakses tanggal June 17, 2015. 
  226. ^ Miline, Graham (April 20, 2015). "Chewie, We're Home.". The Huffington Post. Diakses tanggal April 20, 2015. 
  227. ^ "Star Wars Cover: J.J. Abrams Reveals His Idea to Kill Jar Jar Binks". Vanity Fair. 2015. Diakses tanggal May 6, 2015. 
  228. ^ Robinson, Joanna (May 4, 2015). "Adam Driver’s and Lupita Nyong’o’s Characters Revealed in Exclusive Star Wars: The Force Awakens Photos". Vanity Fair. Diakses tanggal May 6, 2015. 
  229. ^ Smith, Nigel M. (July 13, 2015). "Comic-Con: Why the Force was with Star Wars and not Batman v Superman". The Guardian. UK. Diakses tanggal July 16, 2015. 
  230. ^ Lincoln, Ross (July 21, 2015). "Disney To Tease ‘Captain America: Civil War’, ‘The Force Awakens’, More At D23 Expo 2015". Deadline.com. Diakses tanggal August 17, 2015. 
  231. ^ Gilman, Greg (August 15, 2015). "New ‘Star Wars: The Force Awakens’ Poster Highlights Aging Han Solo, New Jedi (Photo)". The Wrap. Diakses tanggal August 17, 2015. 
  232. ^ "'Star Wars: The Force Awakens' Theatrical Poster First Look, In-Theater Exclusives and More". StarWars.com. October 18, 2015. Diakses tanggal October 18, 2015. 
  233. ^ McCormick, Rich; Miller, Ross (October 20, 2015). "Every new scene in the third Star Wars: The Force Awakens trailer, analyzed". The Verge. Diakses tanggal October 20, 2015. 
  234. ^ "Star Wars: The Force Awakens – six things we learned from the new trailer". The Guardian. UK. October 20, 2015. Diakses tanggal October 20, 2015. 
  235. ^ "Star Wars: The Force Awakens: Frenzied social media reaction to trailer". London: BBC News. October 20, 2015. Diakses tanggal October 20, 2015. 
  236. ^ Collin, Robbie. "Star Wars: The Force Awakens trailer: 'evokes the spirit of the original trilogy'". The Daily Telegraph. Diakses tanggal October 20, 2015. 
  237. ^ Ford, Rebecca (October 23, 2015). "'Star Wars: Force Awakens' Trailer Viewed 112 Million Times in 24 Hours". The Hollywood Reporter. Diakses tanggal October 24, 2015. 
  238. ^ Albert, Brian (October 28, 2015). "Fly Air France to See 'The Force Awakens' 2 Days Early". IGN. Diakses tanggal November 4, 2015. 
  239. ^ Hoffman, Jordan. "Star Wars: The Force Awakens – six things learned from the Japanese trailer". The Guardian. Diakses tanggal November 7, 2015. 
  240. ^ McAloon, Jonathan. "Japanese Star Wars: The Force Awakens trailer reveals new footage". The Telegraph. Diakses tanggal November 7, 2015. 
  241. ^ Barder, Ollie. "Japan Gets An Awesome 'Star Wars: The Force Awakens' Trailer". Forbes. Diakses tanggal November 7, 2015. 
  242. ^ "Google’s 'Star Wars' promo lets you go to the dark side (or the light)". Entertainment Weekly's EW.com. Diakses tanggal November 29, 2015. 
  243. ^ Hatch, Megan Horst. "Celebrate the release of ‘Star Wars: The Force Awakens’ in style in Chicago". AXS TV. Diakses tanggal December 9, 2015. 
  244. ^ "Fandango Offers Star Wars Movie Marathons Including 'The Force Awakens' Premiere". Tech Times. October 17, 2015. Diakses tanggal October 17, 2015. 
  245. ^ Breznican, Anthony (March 10, 2015). "Star Wars to release 20 books in journey to The Force Awakens". Entertainment Weekly. Diakses tanggal March 10, 2015. 
  246. ^ StarWars.com (March 10, 2015). 'Journey To Star Wars: The Force Awakens' Publishing Program Coming Fall 2015. Siaran pers. Diakses pada March 12, 2015.
  247. ^ StarWars.com (March 17, 2015). What Happened After Endor? Find Out in Star Wars: Aftermath. Siaran pers. Diakses pada March 24, 2015.
  248. ^ a b Trachtenberg, Jeffrey (November 2, 2015). "‘Star Wars’ Cloak of Secrecy Extends to Tie-In Book". The Wall Street Journal. Diakses tanggal December 25, 2015. 
  249. ^ "Star Wars: The Force Awakens Products Coming on September 4". ComingSoon.net. May 3, 2015. Diakses tanggal May 3, 2015. 
  250. ^ McNary, Dave (August 26, 2015). "Disney Sets Massive ‘Star Wars’ Toy Promotion". Variety. Diakses tanggal August 27, 2015. 
  251. ^ McMillan, Graeme (August 26, 2015). "'Star Wars: The Force Awakens' Toys to Be Unveiled During 18-Hour YouTube Marathon". The Hollywood Reporter. Diakses tanggal August 27, 2015. 
  252. ^ "The Story (And Tech) Behind That Awesome Star Wars BB-8 Toy". Wired. Diakses tanggal September 5, 2015. 
  253. ^ Nakashima, Ryan (August 15, 2015). "Disney’s support for start-ups led to one new company winning a dream Star Wars contract". The National. Abu Dhabi. Diakses tanggal September 5, 2015. 
  254. ^ Lussier, Germain (September 4, 2015). "Force Friday Was A Disaster For Many Star Wars Fans". io9. Diakses tanggal September 6, 2015. 
  255. ^ Lang, Brent (December 31, 2015). "‘Star Wars: The Force Awakens’ Passes ‘The Avengers’ at Domestic Box Office". Variety. Diakses tanggal January 1, 2016. 
  256. ^ Lang, Brent (December 27, 2015). "Box Office: ‘Star Wars’ Crosses $1 Billion Globally at Record Pace". Variety. Diakses tanggal December 27, 2015. 
  257. ^ "'Force Awakens' becomes fastest movie to $1 billion". The Big Story. Diakses tanggal December 28, 2015. 
  258. ^ Brevet, Brad (December 18, 2015). "'Star Wars: The Force Awakens' Targets Record Breaking $100M+ Opening Day". Box Office Mojo. Diakses tanggal December 19, 2015. 
  259. ^ Schwartz, Nick (October 20, 2015). "This is why you shouldn't buy a Star Wars marathon ticket". USA Today. Diakses tanggal December 19, 2015. 
  260. ^ "Star Wars: The Force Awakens Theatrical Poster First Look, In-Theater Exclusives and More". StarWars.com. Diakses tanggal December 19, 2015. 
  261. ^ a b McClintock, Pamela; Ford, Rebecca (December 18, 2015). "Box Office: 'Star Wars: The Force Awakens' Hits Record $57 Million Thursday Night". The Hollywood Reporter. Diakses tanggal December 19, 2015. 
  262. ^ McClintock, Pamela; Ford, Rebecca (December 17, 2015). "Box Office: 'Star Wars: The Force Awakens' Blazes to Record $120.5M Friday, Crosses $250M Globally". The Hollywood Reporter. Diakses tanggal December 19, 2015. 
  263. ^ Brevet, Brad (December 19, 2015). "'Star Wars: The Force Awakens' Shatters Opening Day Record". Box Office Mojo. Diakses tanggal December 19, 2015. 
  264. ^ a b c "'Star Wars: The Force Awakens' Box Office: $248M Opening Weekend, $529M Worldwide". Forbes. December 19, 2015. Diakses tanggal December 19, 2015. 
  265. ^ Mendelson, Scott (December 22, 2015). "'Star Wars: The Force Awakens': 3 Reasons Its Box Office Blowout Is Good News". Forbes. Diakses tanggal December 22, 2015. 
  266. ^ a b D'Alessando, Anthony; Busch, Anita (December 20, 2015). "'Force Awakens' Rises On Saturday Night; Opening Weekend Record Now At $241M-$246M – Sunday AM Update". Deadline.com. Diakses tanggal December 21, 2015. 
  267. ^ a b Tartaglione, Nancy (December 20, 2015). "‘Star Wars’ Smashes IMAX Records With $48M Galactic Launch". Box Office Mojo. Diakses tanggal December 21, 2015. 
  268. ^ "Series: Star Wars". Box Office Mojo. Diakses tanggal December 22, 2015. 
  269. ^ "Top Weekend Theater Averages". Box Office Mojo. Diakses tanggal December 21, 2015. 
  270. ^ "Opening Weekends by Season (Holiday)". Box Office Mojo. Diakses tanggal December 21, 2015. 
  271. ^ "Top Opening Weekends by MPAA Rating (PG-13)". Box Office Mojo. Diakses tanggal December 21, 2015. 
  272. ^ "Top Opening Weekends by Month (December)". Box Office Mojo. Diakses tanggal December 21, 2015. 
  273. ^ a b c Tartaglione, Nancy; D'Alessandro, Anthony (December 20, 2015). "‘The Force Awakens’ With $517M Worldwide Weekend; No. 2 All-Time Global Bow – Update". Deadline.com. Diakses tanggal December 21, 2015. 
  274. ^ a b McClintock, Pamela (December 17, 2015). "Box Office: 'Star Wars: The Force Awakens' Blasts Off Overseas With $14.1M Wednesday". The Hollywood Reporter. Diakses tanggal December 17, 2015. 
  275. ^ a b c D'Alessandro, Anthony; Tartaglione, Nancy (December 18, 2015). "‘Star Wars: The Force Awakens’ Hits $250M Worldwide Box Office In 3 Days". Deadline.com. Diakses tanggal December 19, 2015. 
  276. ^ a b Szalai, Georg (December 18, 2015). "U.K. Box Office: 'Star Wars' Opens With Highest Single-Day Gross". The Hollywood Reporter. Diakses tanggal December 18, 2015. 
  277. ^ McNarry, Dave (December 18, 2015). "‘Star Wars: The Force Awakens’ Hits Stellar $72.7 Million at International Box Office". Variety. Diakses tanggal December 19, 2015. 
  278. ^ a b Hoad, Phil (December 21, 2015). "What Star Wars: The Force Awakens has to do to beat Avatar". The Guardian. Diakses tanggal December 25, 2015. 
  279. ^ "OVERSEAS TOTAL ALL TIME OPENINGS". Box Office Mojo. Diakses tanggal January 4, 2016. 
  280. ^ Tartaglione, Nancy (December 20, 2015). "‘Star Wars’ Rules Galaxy; What Else Is Up At The International Box Office". Deadline.com. Diakses tanggal December 21, 2015. 
  281. ^ a b Brevet, Brad (December 20, 2015). "'Star Wars: The Force Awakens' Crushes Records, Topping Largest Box Office Weekend of All Time". Box Office Mojo. Diakses tanggal December 21, 2015. 
  282. ^ Brevet, Brad (December 27, 2015). "'Star Wars: Force Awakens' Crosses $1 Billion Worldwide, Topping Christmas Weekend". Box Office Mojo. Diakses tanggal December 28, 2015. 
  283. ^ "TOP SECOND WEEKENDS". Box Office Mojo. Diakses tanggal January 4, 2016. 
  284. ^ a b D'Alessandro, Anthony; Busch, Anita (December 27, 2015). "'Daddy', 'Joy' & 'Hateful Eight' Reap Fortune As 'Star Wars' Hits $540M+ … Can 'Force Awakens' Hit $1 Billion In U.S.?". Deadline.com. Diakses tanggal December 28, 2015. 
  285. ^ Tartaglione, Nancy (December 27, 2015). "'Star Wars' Crosses $1B Global Box Office To Break "World" Record; Offshore Cume Rises To $550.3M – Monday Update". Box Office Mojo. Diakses tanggal December 28, 2015. 
  286. ^ Ramachandran, Naman (December 30, 2015). "India Box Office: ‘Star Wars’ Opens in Third Place". Variety. Diakses tanggal December 31, 2015. 
  287. ^ Nancy Tartaglione (January 4, 2015). "‘The Force Awakens’ Speeds Past ‘Furious 7’, ‘Avengers’ On All-Time Worldwide Chart". Deadline.com. Diakses tanggal January 6, 2016. 
  288. ^ Anthony D'Alessandro, Anita Busch (January 3, 2016). "With $88.3M-$90M Weekend, ‘Force Awakens’ Will Claim All-Time Domestic Crown This Week". Deadline.com. Diakses tanggal January 4, 2016. 
  289. ^ "TOP THIRD WEEKENDS". Box Office Mojo. Diakses tanggal January 4, 2016. 
  290. ^ Brad Brevet. "'Star Wars' Crosses $700 Million Domestically as 2016 is Off to a Strong Start". Box Office Mojo. Diakses tanggal January 4, 2016. 
  291. ^ Lieberman, David (June 23, 2015). "‘Star Wars VII’ Could Become The 3rd Highest Grossing Film Ever – Analyst". Deadline.com. Diakses tanggal June 25, 2015. 
  292. ^ Child, Ben (June 24, 2015). "Star Wars: The Force Awakens likely to make $2bn at box office". The Guardian. UK. Diakses tanggal June 25, 2015. 
  293. ^ a b McClintock, Pamela (April 21, 2015). "Could 'Star Wars' Open at $500 Million? The Force Is Strong". The Hollywood Reporter. Diakses tanggal April 22, 2015. 
  294. ^ D'Alessandro, Anthony; Tartaglione, Nancy (August 26, 2015). "How 'Star Wars' Will Blow Up The Record Books With A $615M+ Global Opening". Deadline.com. Diakses tanggal August 26, 2015. 
  295. ^ "‘Star Wars: The Force Awakens’ Hits B.O. Tracking Boards: Current Opening Estimates At $185M-$210M". Deadline.com. 
  296. ^ Miller, Daniel (December 13, 2015). "How 'Star Wars' could become Disney's next cash cow". Los Angeles Times. Diakses tanggal December 15, 2015. 
  297. ^ "'Star Wars: The Force Awakens' Tracking Suggests Film Could Make $2.7 Billion Profit". The Hollywood Reporter. 
  298. ^ a b Kyle Stock, "Why Force Awakens Can’t Hope to Match the Box-Office Power of the Original", Bloomberg Business (December 16, 2015).
  299. ^ Masters, Tim (December 17, 2015). "Star Wars: Will The Force Awakens be biggest film of all time?". BBC News. Diakses tanggal December 19, 2015. 
  300. ^ Hughes, Mark (December 23, 2015). "'Star Wars: The Force Awakens' To Hit $1 Billion In Record Time". Forbes. Diakses tanggal December 25, 2015. 
  301. ^ Nancy Tartaglione (January 5, 2016). "‘Star Wars: The Force Awakens’ Vs ‘Avatar’: It’s A Different Picture Overseas". Deadline.com. Diakses tanggal January 6, 2016. 
  302. ^ Fechter, Joshua (December 16, 2015). "Critics' reviews of 'Star Wars: The Force Awakens' overwhelmingly positive". mySA. Diakses tanggal December 28, 2015. 
  303. ^ Epstein, Adam (December 16, 2015). "‘Star Wars: The Force Awakens’ reviews are in, and they’re overwhelmingly positive". Quartz. Diakses tanggal December 28, 2015. 
  304. ^ Wong, Jessica (December 15, 2015). "Star Wars: The Force Awakens earns positive early reviews". CBC News. Diakses tanggal December 28, 2015. 
  305. ^ "Star Wars: The Force Awakens gets rave reviews". BBC News. December 16, 2015. Diakses tanggal December 28, 2015. 
  306. ^ "Star Wars: The Force Awakens (2015)". Rotten Tomatoes. Diakses tanggal January 2, 2016. 
  307. ^ "Star Wars: The Force Awakens (2015)". Metacritic. Diakses tanggal December 30, 2015. 
  308. ^ D'Alessandro, Anthony; Busch, Anita (December 18, 2015). "‘Star Wars’ Stomps On Dinos & Witch-Slaps ‘Potter’ As ‘Force Awakens’ Flies Toward $251M-$255M Opening Record – Late Night Update". Deadline.com. Diakses tanggal December 19, 2015. 
  309. ^ "Star Wars: The Force Awakens review: 'the magic is back'". The Daily Telegraph (dalam en-GB). UK. Diakses tanggal December 16, 2015. 
  310. ^ Bradshaw, Peter. "Star Wars: The Force Awakens review – a spectacular homecoming". The Guardian. UK. Diakses tanggal December 16, 2015. 
  311. ^ Chang, Justin (December 15, 2015). "J. J. Abrams' hugely anticipated blockbuster brings welcome jolts of energy, warmth and excitement back to the biggest franchise in movie history.". Variety. Diakses tanggal December 16, 2015. 
  312. ^ Roeper, Richard (December 15, 2015). "Star Wars: The Force Awakens: The thrills are strong with this one". Chicago Sun-Times. Diakses tanggal December 16, 2015. 
  313. ^ Long, Tom (December 16, 2015). "Movie review: The Force is back, baby". The Detroit News. Diakses tanggal December 16, 2015. 
  314. ^ Bahr, Lindsey (December 16, 2015). "Review: Star Wars: The Force Awakens Is Fun Fan Service". ABC News. Associated Press. Diakses tanggal December 16, 2015. 
  315. ^ Hornaday, Ann (December 16, 2015). "‘Star Wars: The Force Awakens’ gets the nostalgia-novelty mix just right". The Washington Post. p. T29. 
  316. ^ Orr, Christopher (December 15, 2015). "Star Wars: The Force Awakens Is a Mashup Masterpiece". The Atlantic. Diakses tanggal December 16, 2015. 
  317. ^ Toppman, Lawrence (December 16, 2015). "The force is strong with new ‘Star Wars’ installment, ‘The Force Awakens’". The Charlotte Observer. p. 5C. 
  318. ^ LaSalle, Mick (December 16, 2015). "Star Wars: The Force Awakens is the best sequel yet". San Francisco Chronicle. Diakses tanggal December 15, 2015. 
  319. ^ Pallotta, Frank (December 15, 2015). "'Star Wars: The Force Awakens' is best film since original trilogy". CNN Money. Diakses tanggal December 16, 2015. 
  320. ^ ""Star Wars: The Force Awakens": You know all the spoilers in J.J. Abrams’ obsessive reboot — because you’ve seen this movie before". Salon. Diakses tanggal December 16, 2015. 
  321. ^ Zacharek, Stephanie (December 15, 2015). "Review: The Force Awakens Is Everything You Could Hope for in a Star Wars Movie—and Less". Time. Diakses tanggal December 16, 2015. 
  322. ^ Mendelson, Scott (December 15, 2015). "Star Wars: The Force Awakens Review: The Empire Strikes Out". Forbes. Diakses tanggal December 16, 2015. 
  323. ^ "‘The Force Awakens’ Is the Least Interesting Star Wars Yet". Motherboard (dalam en-us). Diakses tanggal December 28, 2015. 
  324. ^ a b AP (December 22, 2015). "Critics' Choice Awards add 'The Force Awakens' as an 11th best picture nominee". U.S. News & World Report. Associated Press. Diakses tanggal December 25, 2015. 
  325. ^ Feinberg, Scott (December 22, 2015). "Critics' Choice Awards: 'Star Wars' Added as 11th Best Pic Nominee". The Hollywood Reporter. Diakses tanggal December 22, 2015. 
  326. ^ Giardina, Carolyn (January 4, 2016). "'Star Wars' Among Nominees for ACE Eddie Awards for Film Editing". The Hollywood Reporter. Diakses tanggal January 4, 2016. 
  327. ^ AFI Editors (December 22, 2015). "AFI Awards 2015". American Film Institute. Diakses tanggal December 22, 2015. 
  328. ^ Giardina, Carolyn (January 5, 2015). "'Star Wars,' 'Mad Max: Fury Road' Among Art Directors Guild Award Nominees". The Hollwood Reporter. Diakses tanggal January 5, 2016. 
  329. ^ BAFTA Editors (January 5, 2016). "EE Rising Star Award in 2016". British Academy Film Awards. Diakses tanggal January 5, 2016. 
  330. ^ Feinberg, Scott (December 22, 2015). "Critics' Choice Awards: 'Star Wars' Added as 11th Best Pic Nominee". The Hollywood Reporter. Diakses tanggal December 22, 2015. 
  331. ^ Denver Film Critics Society Editors (January 5, 2016). "DFCS Nominates ‘Mad Max: Fury Road,’ ‘Spotlight’ as Year’s Best Films". Denver Film Critics Society. Diakses tanggal January 5, 2016. 
  332. ^ Florida Film Critics Circle Editors (January 4, 2016). "‘MAD MAX: FURY ROAD’ DOMINATES 2015 FLORIDA FILM CRITICS AWARDS". Florida Film Critics Circle. Diakses tanggal January 4, 2016. 
  333. ^ Gray, Tim (January 4, 2016). "‘Star Wars,’ ‘The Big Short,’ ‘Carol’ Among Casting Society of America Nominees". Variety. Diakses tanggal January 4, 2016. 
  334. ^ Adam, Ryan (January 3, 2016). "Central Ohio Film Critics nominations". Awards Daily. Diakses tanggal January 3, 2016. 
  335. ^ Georgia Film Critics Association Editors (January 4, 2016). "Georgia Film Critics Association 2015 Awards". Georgia Film Critics Association. Diakses tanggal January 4, 2016. 
  336. ^ "Best of 2015: Film Critic Top Ten Lists". Metacritic. Diakses tanggal December 15, 2015. 
  337. ^ Ashurst, Sam (October 16, 2014). "ILM London Launch: Updates on Star Wars Episode VII & Avengers: Age of Ultron". IGN. Diarsipkan dari versi asli tanggal October 16, 2014. Diakses tanggal October 16, 2014. 
  338. ^ a b Rahman, Abid (May 4, 2015). "'Star Wars: Episode VIII' to Shoot at U.K.'s Pinewood". The Hollywood Reporter. Diakses tanggal May 4, 2015. 
  339. ^ Breznican, Anthony (September 9, 2015). "CORRECTED: Star Wars: Episode VIII will shoot in Ireland this month". Entertainment Weekly. Diakses tanggal September 9, 2015. 
  340. ^ "Which Characters Are Returning for ‘Star Wars Episode VIII’?". Slash Film. December 21, 2015. Diakses tanggal September 22, 2015. 
  341. ^ Hipes, Patrick (March 12, 2015). "'Star Wars 8' Gets 2017 Release Date, Spinoff 'Rogue One'". Deadline.com. Diakses tanggal March 12, 2015. 
  342. ^ Vejvoda, Jim (September 15, 2015). "Mark Hamill Reports to Set of Star Wars: Episode VIII". IGN. Diakses tanggal December 5, 2015. 
  343. ^ "Oscar Isaac Talks 'Star Wars: The Force Awakens' and Going After X-Men's Apocalypse (EXCLUSIVE)". Moviefone. March 19, 2015. Diakses tanggal May 12, 2015. 
  344. ^ "Star Wars: Episode VIII: Captain Phasma to Return". Collider. December 4, 2015. Diakses tanggal December 5, 2015. 
  345. ^ Rainey, James (September 4, 2015). "‘Star Wars’: Anthony Daniels Slams Disney’s ‘Kremlin Attitude’ Over ‘Force Awakens’". Variety. Diakses tanggal September 4, 2015. And he is signed on for two more sequels. 
  346. ^ Siegel, Lucas (December 14, 2015). "Two More Actors Confirmed to Return for Star Wars Episode VIII". ComicBook.com. Diakses tanggal December 14, 2015. 
  347. ^ Ruby, Jennifer (December 17, 2015). "Star Wars producer Kathleen Kennedy confirms that entire cast will return for eighth film". London Evening Standard. Diakses tanggal December 17, 2015. 
  348. ^ "Star Wars 8 Filming Briefly Halts; Benicio Del Toro Not A Villain?". Screen Rant. 
  349. ^ McEwan, Cameron K (November 16, 2015). "Doctor Who actor Jimmy Vee is the new R2-D2 in Star Wars Episode 8". Metro. 
  350. ^ Ward, Jason (editor-in-chief). "Little actor Jimmy Vee is Artoo-Detoo in Star Wars: Episode VIII?". Making Star Wars. 
  351. ^ Ford, Rebecca (August 15, 2015). "'Star Wars: Episode IX' Sets 'Jurassic World' Director Colin Trevorrow to Helm". The Hollywood Reporter. Diakses tanggal August 16, 2015. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]