Jedi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search

Jedi /ˈɛd/ adalah para pahlawan utama dalam jagat Star Wars. Mereka digambarkan sebagai sebuah organisasi yang bersifat monastik, akademik, meritokratik, dan paramiliter yang terbentuk sekitar 25.000 tahun sebelum terjadinya peristiwa-peristiwa dalam film pertama yang dirilis oleh waralaba multimedia Star Wars.

Jedi terkenal karena bakat mereka dalam menggunakan dan menghormati The Force. Dengan menggunakan benda-benda hidup di sekitar mereka untuk menggunakan The Force dan memainkan pedang cahaya (lightsabers) khas mereka,para anggota Organisasi Jedi ini bertempur untuk mempertahankan kedamaian dan keadilan di Galactic Republic selama sekitar 20.000 hingga 25.000 tahun sebelum Pertempuran Yavin.Anggota Orde Jedi sebagian besar terdiri dari para polymaths : Guru,filsuf, ilmuwan,dokter,diplomat dan prajurit, yang menghargai pengetahuan dan kebijaksanaan diatas kebangsaan.Dengan melayani orang lain, Jedi memberikan diri mereka melalui tindakan amal, kewarganegaraan, kesukarelaan,dan perbuatan baik. Senjata tradisional mereka adalah lightsaber ,Perangkat yang menghasilkan aliran plasma dikendalikan seperti pisau. Organisasi fiktif telah mengilhami gerakan keagamaan baru nonteistik di dunia nyata,Jediisme.

Ikhtisar[sunting | sunting sumber]

Seperti yang digambarkan dalam waralaba norma, Studi Jedi, melayani dan memanfaatkan kekuatan mistis yang disebut Force , Dalam rangka untuk membantu dan melindungi yang membutuhkan mereka. Para anggota Jedi, dikenal sebagai Ksatria Jedi menghormati semua kehidupan dengan membela dan melindungi mereka yang tidak bisa melakukannya sendiri, berjuang untuk solusi damai dan non-agresif untuk setiap masalah yang mereka hadapi dan berjuang hanya untuk membela diri dan untuk membela orang-orang yang mereka lindungi.Seperti rekan-rekan mereka yang jahat, yang Sith, Senjata utama mereka adalah lightsaber.Dengan melatih pikiran dan tubuh Jedi berusaha untuk memperbaiki diri dengan memperoleh akses terbatas kepada Force.

Latar Belakang dan Asal[sunting | sunting sumber]

Canon[sunting | sunting sumber]

Pembersihan Besar Jedi[sunting | sunting sumber]

Informasi lebih lanjut: Pembersihan besar Jedi

Sesuai dengan Perintah No.66, Untuk kejahatan "hasutan dan pengkhianatan tingkat tinggi" terhadap Republik Galactic, Jedi yang hampir dibasmi oleh Angkatan Darat Clone di bawah perintah Sith Lord Darth Sidious,dengan hanya beberapa orang yang selamat salah satunya Obi-Wan Kenobi dan Yoda di antara mereka.Orang pertama yang mengeluarkan perintah ini adalah Komandan Clone Cody (yang sampai saat itu di bawah komando Jenderal Jedi Obi-Wan Kenobi).Darth Vader memimpin Operasi: Knightfall terhadap Kuil Jedi dengan Legiun Ke-501 sementara sisa tentara clone di sekitar galaksi melakukan Perintah No.66.

Personel[sunting | sunting sumber]

Ukuran yang tepat dari keanggotaan dan operasi Jedi itu tidak pernah ditentukan.Namun, dalam episode "Path of Jedi" di Star Wars Rebels, Kanan Jarrus menyatakan: " ... Ada sekitar 10.000 Jedi Knights membela galaksi. Sekarang, kita sedikit. Tapi pada hari-hari, kami memiliki pos-pos kecil, candi yang tersebar di seluruh bintang. Kekaisaran mencari kuil ini dan menghancurkan banyak dari mereka ..."

Orde Baru Jedi[sunting | sunting sumber]

Ligtsiber

Karakter Berafiliasi Terkemuka[sunting | sunting sumber]

Master Jedi[sunting | sunting sumber]

Yoda[sunting | sunting sumber]

Yoda adalah Grand Master Jedi dari spesies yang tidak diketahui dan merupakan Jedi tertua (setidaknya 900 + tahun) yang pernah ada, dan dianggap Master Jedi paling bijaksana dan paling kuat dalam Star Wars alam semesta. Yoda telah membimbing atau melatih hampir setiap Jedi muda, Padawan, dan Master Jedi yang dikenal di Jedi Temple sepanjang tahun sebagai Jedi Grand Master, yang meliputi: Count Dooku,Mace Windu,Obi-Wan Kenobi,Ki-Adi-Mundi,Kit Fisto,Oppo Rancisis; Ahsoka Tano,Kanan Jarrus,dan Luke Skywalker.

Luke Skywalker[sunting | sunting sumber]

Luke Skywalker adalah Grand Master manusia laki-laki dari Jedi yang mendirikan Jedi Orde Baru dan protagonis dari trilogi asli Star Wars. Sebagai Padawan terakhir Obi-Wan "Ben" Kenobi, ia menjadi tokoh penting di perjuangan Aliansi Pemberontakan melawan Kekaisaran Galactic.Luke adalah pewaris keluarga yang sangat kuat dalam Force , saudara kembar dari pemimpin Pemberontakan,Princess Leia dari planet Alderaan,putra mantan Ratu Naboo dan Senator Republik Padmé Amidala dan Jedi yang berbalik menjadi Sith Lord Darth Vader (Anakin Skywalker),paman dari Ben ,paman dari Jacen dan Jaina Solo dan nenek moyang dari Cade Skywalker.

Ki-Adi-Mundi[sunting | sunting sumber]

Ki-Adi-Mundi adalah Master Jedi dari Planet Cerean yang menjabat sebagai anggota Dewan Tinggi Jedi selama tahun-tahun terakhir Republik Galactic.Dia adalah salah satu Jedi yang berpartisipasi dalam Pertempuran Geonosis.Ia menjadi Jenderal Jedi di Perang Clone dan mengambil bagian dalam konflik seperti Pertempuran Kedua Geonosis.Sementara ia memimpin kontingen Marinir Galaksi Clone di Planet Mygeeto, ia dieksekusi oleh pasukannya sendiri di bawah Order 66.

Plo Koon[sunting | sunting sumber]

Plo Koon adalah Master Jedi dari Planet Kel Dor yang menjabat sebagai anggota Dewan Tinggi Jedi selama tahun-tahun terakhir Republik Galactic.

Kit Fisto[sunting | sunting sumber]

Kit Fisto adalah Master Jedi dari Planet Nautolan yang melayani selama tahun-tahun terakhir Republik Galactic.

Referensi[sunting | sunting sumber]