Saoirse Ronan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Saoirse Ronan
Saoirse Ronan at BAFTA 2016 (1) (cropped).jpg
Saoirse Ronan di acara Penghargaan BAFTA 2016
LahirSaoirse Una Ronan
12 April 1994 (umur 25)
New York, Amerika Serikat
Tempat tinggalGreystones, Irlandia
Warga negaraIrlandia
Amerika Serikat
PekerjaanAktris
Tahun aktif2003–sekarang
Orang tuaPaul Ronan

Saoirse Una Ronan (/ˈsɜːrʃə ˈnə ˈrnən/ SUR-shə;[1] lahir di Bronx, New York, Amerika Serikat, 12 April 1994; umur 25 tahun) merupakan seorang aktris Irlandia dan Amerika. Ia terkenal karena karyanya dalam drama periode sejak remaja, ia adalah penerima beberapa penghargaan, termasuk Golden Globe Award, dan telah dinominasikan untuk tiga Academy Awards dan empat British Academy Film Awards.

Ronan melakukan debut aktingnya dengan serial drama medis Irlandia The Clinic pada tahun 2003 dan penampilan film pertamanya adalah dalam peran pendukung dalam komedi romantis I Could Never Be Your Woman pada 2007. Ia mulai terkenal ketika membintangi Antonement (2007), di mana ia dinominasikan di Academy Award untuk Aktris Pendukung Terbaik. Ronan juga membintangi The Lovely Bones (2009) dan seorang pembunuh remaja di Hanna (2011), dan aktris pendukung yang berperan sebagai tukang roti di The Grand Budapest Hotel (2014). Dia menerima pujian karena memerankan seorang gadis Irlandia yang rindu akan kampung halaman di New York pada 1950-an di drama romantis Brooklyn (2015) dan peran seorang siswa sekolah menengah atas dalam film Greta Gerwig, Lady Bird (2017). Dia memenangkan Golden Globe Award untuk Aktris Terbaik dan mendapatkan nominasi untuk Academy Award untuk Aktris Terbaik untuk kedua film.

Masa Muda[sunting | sunting sumber]

Ronan lahir pada 12 April 1994 di The Bronx, New York City, A.S. Dia adalah anak satu satunya dari pasangan Irlandia, Monica (née Brennan) dan Paul Ronan, yang berasal dari Dublin. Ayahnya bekerja sebagai kontraktor dan Bar sebelum menjadi aktor di New York. Ronan dan orang tuanya pindah kembali ke Dublin ketika dia berusia tiga tahun. Dia dibesarkan untuk waktu yang singkat di Ardattin, County Carlow di mana dia bersekolah di Ardattin National School. tetapi kemudian diajar di rumah oleh guru privat. Di awal remaja, Ronan pindah kembali ke Dublin bersama orang tuanya, menetap di desa tepi laut Howth. Dia dibesarkan sebagai seorang Katolik.

Karir[sunting | sunting sumber]

2003–2009: Atonement dan penampilan lainnya[sunting | sunting sumber]

Ronan melakukan debut di layar lebar pada penyiar nasional Irlandia RTÉ, dalam drama medis prime time 2003 The Clinic dan kemudian muncul dalam mini series Proof. Dalam waktu yang sama, Ronan mengikuti audisi untuk bermain Luna Lovegood di Harry Potter dan Orde Phoenix, peran yang akhirnya dia perankan oleh Evanna Lynch. Film pertama Ronan adalah komedi romantis Amy Heckerling, I Could Never Be Your Woman, yang difilmkan pada tahun 2005. Film ini dirilis secara teatrikal di beberapa pasar internasional pada tahun 2007. Dalam film tersebut, Ronan memerankan karakter anak perempuan dari Michelle Pfeiffer dan Paul Rudd berperan sebagai pasangan Pfeiffer. Joe Leydon dari Variety memberi label film ini "sangat tidak lucu" tetapi menganggap interaksi antara karakter Ronan dan Pfeiffer menjadi salah satu highlight film tersebut.

Pada usia 12, Ronan menghadiri panggilan casting untuk adaptasi film Joe Wright 2007 dari novel Ian McEwan Atonement. Dia mengikuti audisi untuk dan memenangkan bagian dari Briony Tallis, seorang novelis berusia 13 tahun yang bercita-cita tinggi, yang mempengaruhi beberapa kehidupan dengan menuduh kekasih saudara perempuannya melakukan kejahatan yang tidak dilakukannya. Dia memainkan peran bersama Keira Knightley dan James McAvoy. Menghabiskan budger sebesar US $ 30 juta, film ini menghasilkan lebih dari US $ 129 juta di seluruh dunia. Ty Burr of The Boston Globe called her "remarkable [and] eccentric". dan Christopher Orr dari The Atlantic menulis bahwa ia "luar biasa, secara elegan menangkap narsisme dan keraguan diri yang melekat pada prasyarat". Ronan dinominasikan untuk BAFTA Award, Golden Globe Award dan Academy Award untuk Aktris Pendukung Terbaik, menjadikannya nominasi Oscar termuda ketujuh dalam kategori itu.

Ronan selanjutnya memerankan putri seorang paranormal yang miskin (diperankan oleh Catherine Zeta-Jones) dalam film thriller supernatural Death Defying Acts (2007) dan memerankan Lina Mayfleet, seorang remaja heroik yang harus menyelamatkan penduduk kota bawah tanah bernama Ember dalam fantasi film City of Ember (2008). Kedua film menerima kritik dan gagal di box office. Dalam ulasan untuk yang terakhir, kritikus Stephen Holden mencatat bagaimana bakat Ronan terbuang di dalamnya.

Pada tahun 2009, Ronan membintangi film bersama Rachel Weisz, Mark Wahlberg, Susan Sarandon dan Stanley Tucci dalam drama supernatural Peter Jackson, The Lovely Bone sebuah adaptasi dari buku dengan judul yang sama oleh Alice Sebold. Ronan memerankan Susie Salmon yang berusia 14 tahun, yang setelah diperkosa dan dibunuh, menyaksikan kehidupan keluarganya yang berjuang untuk melanjutkan hidup mereka sementara dia berdamai dengan usahanya untuk membalas dendam. Ronan dan keluarganya awalnya ragu-ragu untuk menerima peran Ronan karena masalah pokoknya, tetapi setuju setelah Jackson meyakinkan mereka bahwa film tidak akan menampilkan adegan perkosaan dan pembunuhan. Film ini dianggap gagal di box office, tetapi memberi Ronan penghargaan BAFTA untuk nominasi Aktris Terbaik.

2010–2014: Bintang yang Bersinar[sunting | sunting sumber]

Dalam drama perang Peter Weir The Way Back (2010), Ronan memainkan peran pendukung Irena, seorang yatim piatu Polandia selama Perang Dunia II, yang melarikan diri dengan para narapidana Siberia dalam perjalanan 4.000 mil ke India. Film ini dibintangi bersama oleh Jim Sturgess, Colin Farrell dan Ed Harris, dan difilmkan di lokasi di Bulgaria, India dan Maroko. Tahun berikutnya, Ronan bersatu kembali dengan Joe Wright untuk memainkan karakter utama dalam film aksi Hanna, tentang seorang gadis berusia 15 tahun yang dibesarkan di hutan belantara Arktik untuk menjadi seorang pembunuh Film yang dibintangi bersama Eric Bana dan Cate Blanchett sebagai ayah Hanna dan agen CIA jahat. Ronan melakukan aksi sendiri dan dalam persiapan, ia menghabiskan beberapa bulan pelatihan dalam seni bela diri, tongkat dan pisau. Penampilan Ronan dan urutan aksi film ini dipuji oleh para kritikus. Dalam ulasannya untuk Rolling Stone, Peter Travers menyebut film ini "dongeng darah dan penyesalan yang surealis" dan menyebut Ronan sebagai "penyihir yang berakting". Hanna terbukti sukses secara komersial. Dia juga menyuarakan peran utama dalam versi bahasa Inggris dari film anime Jepang Studio Ghibli, Arriett.Pada usia 16, Ronan diundang untuk bergabung dengan Academy of Motion Picture Seni dan Sains.

Pada tahun 2011, Ronan ikut serta dalam promosi untuk Dana Pelestarian Arsip Institut Film Irlandia, di mana ia diedit secara digital ke dalam film-film Irlandia yang populer di masa lalu, serta cuplikan film dokumenter. Ronan dan Alexis Bledel memainkan peran sebagai pembunuh dalam film aksi Geoffrey S. Fletcher Violet & Daisy (2011). Eric Goldman dari IGN membandingkan film itu dengan karya Quentin Tarantino dan berkomentar bahwa kemampuan Ronan telah melampaui materi. Peter Jackson mendekati Ronan untuk memainkan peri dalam serial film The Hobbit, tetapi dia menarik diri dari proyek karena konflik penjadwalan. Dia malah tertarik pada film horor Neil Jordan Byzantium (2012), karena proyek "gelap, gothic dan terpelintir" memberinya kesempatan untuk memainkan karakter yang lebih kompleks dan dewasa. Film ini dibintangi Gemma Arterton dan dia sebagai vampir ibu dan anak. Menulis untuk Radio Times, kritikus Alan Jones menemukan film itu menjadi "dongeng menggugah yang menggunakan vampir sebagai prisma untuk mengomentari kemanusiaan" dan menganggap Arterton dan Ronan sebagai "berseri-seri" di dalamnya.

Dalam film adaptasi 2013 novel Stephenie Meyer The Host, Ronan memainkan peran ganda Melanie Stryder, seorang pemberontak manusia, dan Wanderer, seorang alien parasit. Dalam drama Kevin Macdonald How I Live Now, sebuah adaptasi dari novel dengan judul yang sama oleh Meg Rosoff, Ronan memerankan seorang remaja Amerika yang dikirim ke sebuah peternakan terpencil di Inggris selama pecahnya perang dunia ketiga fiksi. Olly Richards dari Empire menemukan Ronan berada dalam "bentuk yang biasanya ditonton" di dalamnya, tetapi film tersebut hanya menghasilkan sedikit di box office. Dalam rilis film terakhirnya tahun ini, Ronan menyuarakan pelayan bar bernama Talia dalam film animasi kritis yang digeser Justin and the Knights of Valor

Ronan memiliki dua film yang dirilis pada tahun 2014 dengan resepsi kritis yang sangat beragam - film komedi terkenal The Grand Budapest Hotel dari sutradara Wes Anderson dan debut sutradara Ryan Gosling Lost River. Dalam film sebelumnya, sebuah film ensembel yang dipimpin oleh Ralph Fiennes dan Tony Revolori, Ronan memainkan peran pendukung dari minat cinta terhadap karakter Revolori. Ini adalah proyek pertama yang dia syuting tanpa orang tuanya menemaninya di lokasi syuting. Film ini menghasilkan lebih dari $ 174 juta dengan anggaran $ 25 juta dan diperingkat oleh BBC sebagai salah satu film terbesar abad ini. Dalam film fantasi surealis realistis Lost River, Ronan memerankan seorang gadis muda misterius bernama Rat yang memiliki tikus peliharaan; Geoffrey Macnab dari The Independent menyebut film ini sebagai "perselingkuhan yang memanjakan diri sendiri" tetapi memuji penggambaran Ronan yang "tangguh namun rentan".

2015–sekarang: Brooklyn, Lady Bird, dan selanjutnya[sunting | sunting sumber]

Setelah membintangi di Stockholm, Pennsylvania (2015), sebuah thriller psikologis tentang sindrom Stockholm, Ronan memainkan peran utama Eilis Lacey, seorang gadis Irlandia yang rindu rumah di New York 1950-an di New York, dalam drama Brooklyn. Disutradarai oleh John Crowley, film ini didasarkan pada novel dengan judul yang sama oleh Colm Tóibín. Ronan percaya bahwa aspek-aspek tertentu dari perkembangan karakternya mencerminkan dirinya sendiri, mengatakan bahwa dia "menghubungkan [dengan setiap] perkataan, setiap aspek dari perjalanannya". Film dan penampilan Ronan mendapat pujian. Peter Bradshaw dari The Guardian menganggapnya sebagai "film yang menyentuh hati dan menyerap" dan menulis bahwa Ronan "tenang tenang menambatkan hampir setiap adegan dan setiap pemotretan". Kenneth Turan dari Los Angeles Times mencatat tentang "empati luar biasa yang ia ciptakan dengan cara-cara paling halus, cara luar biasa yang ia dapat ciptakan untuk sekuens emosional yang sangat pribadi yang menyakitkan, sementara tampaknya tidak melakukan banyak hal sama sekali. Ronan menerima nominasi untuk Academy Award untuk Aktris Terbaik dan Golden Globe Award untuk Aktris Terbaik dalam Drama.

Pada tahun 2016, Ronan pindah ke New York City untuk memulai latihan untuk penampilan debutnya di Broadway, dalam kebangkitan drama Arthur Miller, The Crucible.Dia mengambil peran Abigail Williams, seorang pembantu manipulatif yang bertanggung jawab atas kematian 150 orang yang dituduh melakukan sihir.

Ronan selanjutnya mengisi suara Marguerite Gachet dalam drama animasi biografi Loving Vincent (2017), dan membintangi film bersama Billy Howle sebagai pengantin baru yang bermasalah di bulan madu mereka dalam sebuah film yang diadaptasi dari novel Ian McEwan On Chesil Beach. Dalam tinjauan beragam dari film yang terakhir, Kate Erbland dari IndieWire berpikir bahwa Ronan kurang dimanfaatkan di dalamnya dan bahwa penampilannya telah dibayangi oleh karya Howle. Dia kemudian membintangi film Greta Gerwig, Lady Bird, di mana dia memainkan peran Christine "Lady Bird" McPherson, seorang siswa SMA yang memiliki hubungan buruk dengan ibunya (diperankan oleh Laurie Metcalf). Film ini mendapat peringkat di antara film-film terbaik yang diulas sepanjang masa di situs ulasan-agregator Rotten Tomatoes. Menandai kinerja Ronan sebagai salah satu yang terbaik tahun ini, AO Scott dari The New York Times menulis, "Ronan menavigasi setiap belokan dalam cerita Lady Bird dengan kombinasi luar biasa dari kepercayaan diri dan penemuan. Dia spontan dan tidak dapat diprediksi sebagai yang sebenarnya. 17 tahun ... yang menunjukkan tingkat kerajinan yang sangat menakjubkan. " Dia memenangkan Golden Globe Award untuk Aktris Terbaik dalam Komedi atau Musikal; dan menerima nominasi Academy Award, BAFTA, dan SAG untuk Aktris Terbaik. Juga pada tahun 2017, Ronan menjadi pembawa episode Saturday Night Live, di mana salah satu sketsanya dikritik di media karena penggambaran stereotip orang-orang Irlandia, dan ditampilkan dalam video musik untuk lagu Ed Sheeran. "Galway Girl"

Pada tahun 2018, Ronan membintangi sebuah adaptasi dari drama Anton Chekhov, The Seagull, di mana ia memerankan Nina, seorang aktris yang bercita-cita tinggi. Dalam tinjauan beragam dari film tersebut, Michael O'Sullivan dari The Washington Post memuji penampilan Ronan, menulis bahwa ia "membuat Nina pijar, terutama dalam pidato babak finalnya yang gila-gilaan". Pada tahun yang sama, ia berperan sebagai Mary Stuart dalam drama periode Mary Queen of Scots, co-dibintangi Margot Robbie sebagai Elizabeth I. Untuk menjaga jarak antara karakter mereka, Robbie dan Ronan tidak berinteraksi satu sama lain sebelum merekam pertemuan klimaks mereka. Kritikus Todd McCarthy memuji penampilan kedua aktris dan memuji Ronan untuk "carr [ying] film dengan semangat individualistis yang keras". Menjuluki Ronan sebagai "salah satu aktor muda paling mengesankan di industri ini", Benjamin Lee dari The Guardian menganggap perannya sebagai Mary sebagai "pergantian yang sangat percaya diri dan berkomitmen".

Filmografi[sunting | sunting sumber]

Film[sunting | sunting sumber]

Tahun Film Peran Sutradara Catatan
2007 I Could Never Be Your Woman Izzie Mensforth Amy Heckerling
The Christmas Miracle of Jonathan Toomey Celia Hardwick Bill Clark
Atonement Briony Tallis (umur 13 tahun) Joe Wright
Death Defying Acts Benji McGarvie Gillian Armstrong
2008 City of Ember Lina Mayfleet Gil Kenan
2009 The Lovely Bones Susie Salmon Peter Jackson
2010 Arrietty Arrietty Hiromasa Yonebayashi Pengisi suara berbahasa Inggris
The Way Back Irena Zielińska Peter Weir
2011 Hanna Hanna Heller Joe Wright
Violet & Daisy Daisy Geoffrey S. Fletcher
2012 Byzantium Eleanor Webb Neil Jordan
2013 The Host Melanie Stryder / Wanderer "Wanda" Andrew Niccol
How I Live Now Daisy Kevin Macdonald
Justin and the Knights of Valour Talia Manuel Sicilia Pengisi suara
2014 The Grand Budapest Hotel Agatha Wes Anderson
Muppets Most Wanted Penari balet James Bobin Kameo
Lost River Rat Ryan Gosling
2015 Stockholm, Pennsylvania Leia Dargon Nikole Beckwith
Brooklyn Éilis Lacey John Crowley
2017 Loving Vincent Marguerite Gachet Dorota Kobiela dan Hugh Welchman
Lady Bird Christine "Lady Bird" McPherson Greta Gerwig
On Chesil Beach Florence Ponting Dominic Cooke
2018 The Seagull Nina Zarechnaya Michael Mayer
Mary Queen of Scots Mary, Ratu Skotlandia Josie Rourke
2019 Little Women Josephine "Jo" March Greta Gerwig
TBA The French Dispatch TBA Wes Anderson
Ammonite Charlotte Murchison Francis Lee

Video musik[sunting | sunting sumber]

Tahun Lagu Penyanyi Peran
2013 "Garden's Heart" Bat for Lashes Peran utama
2016 "Cherry Wine" Hozier Peran utama
2017 "Galway Girl" Ed Sheeran Gadis desa

Televisi[sunting | sunting sumber]

Tahun Judul Peran Catatan
2003-2004 The Clinic Rhiannon Geraghty 4 episode
2005 Proof Orla Boland 4 episode
2014 Robot Chicken Beberapa karakter Pengisi suara, 2 episode
2017 Saturday Night Live Pembawa acara Episode: "Saoirse Ronan/U2"

Teater[sunting | sunting sumber]

Tahun Judul Peran Lokasi
2016 The Crucible Abigail Williams Walter Kerr Theatre

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Sheesh! Dennis Quaid sorry for mangling Saoirse Ronan's name". RTÉ.ie. 4 May 2017. Diakses tanggal 13 June 2017.  The standard Irish pronunciation is IPA: [ˈsˠiːɾʲʃə ˈuːnˠə ˈɾˠɔn̪ˠən̪ˠ]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]