Quentin Tarantino

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Quentin Tarantino

Quentin Jerome Tarantino (lahir 27 Maret 1963; umur 53 tahun) adalah seorang sutradara, aktor, dan penulis skenario terkenal asal Amerika Serikat. Karakter film-filmnya terkenal dengan cerita yang non-linear, unsur satir, adegan kekerasan dan berdarah yang artistik, banyaknya adegan yang fokus pada dialog tokoh-tokohnya, serta ensemble cast (film dengan banyak aktor/aktris sebagai tokoh utama) baik aktor yang sudah terkenal maupun yang kurang terkenal, memiliki referensi dengan kultur-populer, penggunaan soundtrack lagu dan musik dari tahun 1960-an hingga 1980-an, dan sebagian filmnya bergaya neo-noir.

Karirnya dimulai di akhir 1980-an, ketika ia mulai menulis dan menyutradarai My Best Friend's Birthday. Pada awal 1990-an, Tarantino memulai karirnya dengan menjadi pembuat film independen melalui rilisnya Reservoir Dogs (1992), yang dianggap menjadi karya klasik dan cult, hingga disebut "Greatest Independent Film of All Time" oleh majalah Empire. Popularitasnya semakin menanjak selepas karya keduanya, Pulp Fiction (1994), sebuah film black-comedy yang memperoleh kesuksesan dari penonton umum maupun kritikus. Banyak kritikus berpendapat bahwa Pulp Fiction adalah salah satu film paling berpengaruh di dunia perfilman modern. Di tahun 1997, Quentin Tarantino merilis film Jackie Brown, yang merupakan adaptasi novel Rum Punch.

Enam tahun setelahnya, Quentin Tarantino merilis Kill Bill, sebuah film tentang balas dendam yang sangat stylish dan menyatukan genre film Kung Fu, Japanese Martial Arts, Spaghetti Western, dan Italian Horror yang dirilis menjadi dua bagian: Kill Bill Vol. 1 tahun 2003, dan Kill Bill Vol. 2 tahun 2004. Di tahun 2007 Tarantino kemudian menyutradarai Death Proof sebagai salah satu bagian dari film Grindhouse, dengan bagian satunya Planet Terror disutradarai oleh Robert Rodriguez. Pada tahun 2009, Quentin Tarantino merilis film Inglourious Basterds yang bercerita tentang sejarah alternatif dari Perang Dunia 2 - tentang pembunuhan pemimpin Nazi. Film juga ini mendapat apresiasi positif. Ia kemudian kembali memperoleh kesuksesan lewat film Django Unchained (2012), sebuah film western yang bersetting di era antebellum di Amerika Serikat. Sejauh ini, Django Unchained merupakan film Tarantino yang memperoleh pendapatan box office tertinggi. Film kedelapannya, The Hateful Eight, dirilis di akhir tahun 2015 yang difilmkan dengan penggunaan format film 70 mm.

Film-film Tarantino tidak hanya meraih kesuksesan secara komersial tapi juga oleh para kritikus film. Ia telah banyak memperoleh penghargaan dari industri perfilman, yaitu dua piala Oscar (Academy Awards), dua Golden Globe Awards, dua BAFTA Awards, dan juga Palme d'Or, serta pernah dinominasikan di Emmy dan Grammy. Ia juga disebut dalam daftar "100 Most Influential People In The World" oleh majalah Time di tahun 2005. Pada tahun 2015, Quentin Tarantino memperoleh bintang dari Hollywood Walk of Fame atas kontribusinya bagi industri perfilman.

Filmografi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]