Django Unchained

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Django Unchained
Django Unchained Poster.jpg
Poster film Django Unchained
Sutradara Quentin Tarantino
Produser Reginald Hudlin
Stacy Sher
Pilar Savone
Skenario Quentin Tarantino
Pemeran Jamie Foxx
Christoph Waltz
Leonardo DiCaprio
Kerry Washington
Samuel L. Jackson
Walton Goggins
Sinematografi Robert Richardson
Penyunting Fred Raskin
Perusahaan
produksi
A Band Apart
Columbia Pictures
Distributor The Weinstein Company
Columbia Pictures
Tanggal rilis
  • 11 Desember 2012 (2012-12-11) (Ziegfeld Theatre)
  • 25 Desember 2012 (2012-12-25) (Amerika Serikat)
Durasi
165 menit[1]
Negara Amerika Serikat
Bahasa Inggris
Anggaran $100 juta[2]
Pendapatan kotor $425,368,238[2]

Django Unchained adalah film drama kriminal thriller Amerika Serikat tahun 2012 yang disutradarai oleh Quentin Tarantino dan diproduseri oleh Reginald Hudlin, Stacy Sher dan Pilar Savone. Naskah film ini ditulis oleh Quentin Tarantino. Film ini dibintangi oleh Jamie Foxx, Christoph Waltz, Leonardo DiCaprio, Kerry Washington, Samuel L. Jackson dan Walton Goggins.

Film Django Unchained merupakan film kolaborasi kedua Jamie Foxx dan Kerry Washington setelah film Ray. Film ini ditayangkan secara perdana di Ziegfeld Theatre pada tanggal 11 Desember 2012 dan dirilis di Amerika Serikat pada tanggal 25 Desember 2012.[3][4] Film ini mendapatkan review positif dari para kritikus.

Plot[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1858 di Texas, Speck bersaudara, Ace (James Remar) dan Dicky (James Russo), memimpin sekelompok budak berkulit hitam dengan berjalan kaki. Di antara budak yang terbelenggu adalah Django (Jamie Foxx), dijual dan terpisah dari istrinya, Broomhilda "Hildi" von Shaft (Kerry Washington). Speck bersaudara dihentikan oleh Dr. King Schultz (Christoph Waltz), mantan dokter gigi Jerman yang bekerja sebagai pemburu bayaran dari Düsseldorf, yang meminta untuk membeli salah satu budak itu. Ia menanyakan Django informasi tentang Brittle bersaudara, sekelompok penjahat di luar hukum di mana Dr. King membawa surat perintah untuk menangkap mereka. Ketika Ace curiga, Dr. King, seorang pemburu bersenjata yang unggul, membunuh Ace dengan hasil imbang yang cepat, lalu menembak kuda Dicky, menjepit Dicky ke tanah dan menghancurkan kakinya. Dr. King bersikeras untuk membeli Django dengan harga yang pantas dan terhormat kepada Dicky sebelum meninggalkannya atas belas kasihan para budak yang baru dibebaskan, yang membunuhnya dan mengikuti Bintang Utara untuk kebebasan. Ketika Django mengetahui identitas Brittle bersaudara, Dr. King menawarkan kebebasannya sebagai ganti bantuan untuk melacak mereka.

Setelah melacak Brittle bersaudara ke perkebunan Tennessee milik Spencer "Big Daddy" Bennett (Don Johnson) yang kaya dan membunuh Brittle bersaudara, Django yang bebas bekerja sama dengan Dr. King dan menjadi muridnya. Malam itu, mereka diburu oleh Big Daddy dan sekelompok besar orang berkulit putih (referensi ke Ku Klux Klan), namun Dr. King mengelabui mereka dan membunuh sebagian besar geng Big Daddy dengan sebuah ledakan dan Django membunuh Big Daddy. Dr. King menjelaskan bahwa ia merasa bertanggung jawab atas Django karena Django adalah orang pertama yang pernah ia bebaskan, dan merasa berkewajiban secara moral untuk membantu Django bersatu kembali dengan Hildi. Setelah Django terlatih sepenuhnya, ia mengumpulkan hadiah pertamanya dan menjaga hadiah tersebut demi keuntungan.

Pada tahun 1859, Django dan Dr. King pergi ke Mississippi di mana mereka mengetahui identitas majikan Hildi, "Monsieur" Calvin J. Candie (Leonardo DiCaprio), pemilik perkebunan Candyland yang tanpan namun kejam, di mana para budak dipaksa untuk berperang sampai mati dalam pertandingan gulat brutal yang disebut "pertarungan Mandingo". Django dan Dr. King bertemu dengan Monsieur di klub prianya di Greenville dan mengajukan tawaran mereka untuk membeli salah satu petarung terbaiknya. Namun, ini adalah kepura-puraan. Motif tersembunyi mereka adalah membeli Hildi. Penasaran, Monsieur mengajak mereka ke peternakannya di Candyland.

Dalam perjalanan ke Candyland, mereka melewati sekelompok antek Monsieur yang menyudutkan salah satu petarung Mandingo, D'Artagnan (Ato Essandoh), yang mencoba melarikan diri karena tidak ingin bertarung lagi. Monsieur memberitahu hal itu karena ia membeli D'Artagnan seharga $500 dan D'Artagnan (yang hanya bertarung tiga kali) harus bertarung minimal lima kali. Ketika Django dan Dr. King menawarkan untuk mengganti rugi Monsieur dan kemudian mengubah pikiran mereka, Monsieur memerintahkan antek utamanya, Mr. Stonecipher (David Steen), untuk melepaskan beberapa anjing penyerang yang melahap D'Artagnan hidup-hidup.

Setelah menemukan Hildi dan menceritakan rencananya, Dr. King mengaku terpesona olehnya dan menawarkan untuk membelinya juga. Saat makan malam, budak setia dan penjaga rumah Monsieur, Stephen (Samuel L. Jackson), curiga. Menyimpulkan bahwa Django dan Hildi saling mengenal satu sama lain dan bahwa penjualan petarung Mandingo adalah tipu muslihat, Stephen memperingatkan Monsieur, yang mengubah kesepakatan sehingga Hildi akan dijual dan bukan petarung Mandingo. Dr. King setuju, dan surat-surat untuk kebebasannya disusun dan ditandatangani. Monsieur yang sombong bersikeras bahwa kesepakatan itu disegel melalui jabat tangan, yang ditolak Dr. King. Ketika Monsieur menyuruh pengawalnya, Butch Pooch (James Remar), dan mengancam akan membunuh Hildi, Dr. King, yang akhirnya hilang kesabaran atas kekejaman Monsieur dan masih memikirkan kematian D'Artagnan, menembak Monsieur melalui hati dengan pistol Derringer, yang membunuhnya seketika. Ketika Stephen berkabung atas kematian Monsieur, Butch berbalik dan membunuh Dr. King dengan menembaknya dengan senapan, lalu Butch dibunuh oleh Django dengan revolver Butch sendiri. Insiden baku tembak terjadi dan Django menembak sekelompok besar antek Monsieur sebelum menyerah saat Hildi disandera.

Keesokan paginya, Stephen memberitahu Django bahwa kakak Monsieur, Lara Lee Candie-Fitzwilly (Laura Cayouette), yang sekarang bertanggung jawab, dan Django akan dijual ke sebuah tambang dan bekerja sampai mati. Dalam perjalanan ke tambang tersebut, Django membuktikan kepada pendampingnya bahwa ia adalah pemburu hadiah dengan menunjukkan kepada mereka hadiahnya. Pengawal melepaskannya dan memberinya pistol, yang segera ia gunakan untuk membunuh mereka sebelum mencuri seekor kuda dan kembali ke Candyland dengan sekantong dinamit. Di perkebunan, Django membunuh lebih banyak antek Monsieur, termasuk Mr. Stonecipher, mengambil surat kebebasan Hildi dari saku Dr. King yang meninggal, dan membebaskan istrinya dari pondok terdekat. Ketika pengiring jenazah Monsieur kembali dari pemakamannya, Django membunuh Lara dan antek yang tersisa, melepaskan dua budak setia yang tersisa dan menembak kaki Stephen sebelum menyalakan dinamit yang telah ditanamnya di rumah besar. Django dan Hildi melihat dari kejauhan saat rumah besar tersebut meledak, membunuh Stephen, sebelum mereka pergi bersama.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

  • Jamie Foxx sebagai Django Freeman
  • Christoph Waltz sebagai Dr. King Schultz
  • Leonardo DiCaprio sebagai "Monsieur" Calvin J. Candie
  • Kerry Washington sebagai Broomhilda "Hildi" von Shaft
  • Samuel L. Jackson sebagai Stephen
  • Walton Goggins sebagai Billy Crash
  • Don Johnson sebagai Spencer "Big Daddy" Bennett
  • James Remar sebagai Ace Speck dan Butch Pooch
  • Dennis Christopher sebagai Leonide "Leo" Moguy
  • James Russo sebagai Dicky Speck
  • David Steen sebagai Mr. Stonecipher
  • Tom Wopat sebagai Gill Tatum
  • Dana Gourrier sebagai Cora
  • Nichole Galicia sebagai Sheba
  • Laura Cayouette sebagai Lara Lee Candie-Fitzwilly
  • Ato Essandoh sebagai D'Artagnan
  • Sammi Rotibi sebagai Rodney
  • Clay Donahue sebagai Fontenot
  • Escalante Lundy sebagai Big Fred
  • Miriam F. Glover sebagai Betina
  • Quentin Tarantino sebagai Frankie
  • Omar Dorsey sebagai Chicken Charlie
  • Franco Nero sebagai Amerigo Vessepi

Tanggapan Kritikus[sunting | sunting sumber]

Film Django Unchained mendapatkan review positif dari para kritikus. Berdasarkan Rotten Tomatoes, film ini memiliki rating 87%, berdasarkan 262 ulasan, dengan rating rata-rata 8/10.[5] Berdasarkan Metacritic, film ini mendapatkan skor 81 dari 100, berdasarkan 42 kritik, menunjukkan "pengakuan universal".[6] Berdasarkan CinemaScore, film ini mendapatkan nilai "A-" dari penonton film untuk skala A+ sampai F.[7]

Box Office[sunting | sunting sumber]

Film Django Unchained mendapatkan $162,805,434 di Amerika Utara dan $262,562,804 di negara lain. Total pendapatan yang dihasilkan oleh film ini mencapai $425,368,238, melebihi anggaran produksi film $100 juta.[2]

Pada pembukaan akhir pekan, film ini mendapatkan $30,122,888, menempati posisi kedua di box office di belakang film The Hobbit: An Unexpected Journey.[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Django Unchained (18)". British Board of Film Classification. December 17, 2012. Diakses tanggal December 17, 2012. 
  2. ^ a b c d "Django Unchained (2012)". Box Office Mojo. Diakses tanggal March 3, 2018. 
  3. ^ Raup, Jordan (June 14, 2011). "Quentin Tarantino's 'Django Unchained' Sets 2012 Release Date". TheFilmStage.com. Diakses tanggal February 2, 2012. 
  4. ^ Brevet, Brad (June 14, 2011). "Tarantino's 'Django Unchained' Set for Christmas Day 2012 Release". RopeofSilicon.com. Rope of Silicon LLC. Diakses tanggal February 2, 2012. 
  5. ^ "Django Unchained (2012)". Rotten Tomatoes. Diakses tanggal March 3, 2018. 
  6. ^ "Django Unchained reviews". Metacritic. Diakses tanggal March 3, 2018. 
  7. ^ "CinemaScore". cinemascore.com. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]