Senapan kisar

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Revolver)
MAS 1873 & 1874
Senapan kisar jenis 26

Senapan kisar (Inggris: revolver) adalah sejenis senjata api di mana peluru dimasukkan ke tabung berputar. Cara pengisian senapan kisar dibagi menjadi 2 menurut rancangan dan bentuk revolver. Yang pertama adalah pengisian satu per satu seperti senapan kisar jenis lama seperti Colt's, dan yang kedua adalah langsung, ketika silinder pengangkut peluru keluar.

Senapan-kisar aksi-tunggal[sunting | sunting sumber]

Senapan-kisar aksi-tunggal adalah senapan kisar dengan palu (palu yang memukul peluru sehingga meledak dan mendorong proyektil peluru keluar) yang harus ditarik kearah belakang dengan ibu jari sebelum menembak, seperti revolver jenis colt. Silindernyapun harus diputar secara manual.

Senapan-kisar aksi-ganda[sunting | sunting sumber]

Senapan-kisar aksi-ganda dengan palu yang bergerak secara otomatis bersamaan dengan ditekannya pelatuk (dan silindernya bergerak ke arah peluru selanjutnya secara otomatis sesudah peluru keluar).

LeMat Revolver, revolver 9-tembakan yang tidak biasa dari era Perang Saudara Amerika dengan 8 ruang putar yang menembakkan peluru dan laras tengah yang menembakkan tembakan.