Once Upon a Time in Hollywood

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Once Upon a Time in Hollywood
Once Upon a Time in Hollywood poster.png
Poster film
SutradaraQuentin Tarantino
Produser
PenulisQuentin Tarantino
Pemeran
NaratorKurt Russell
SinematografiRobert Richardson
PenyuntingFred Raskin[1]
Perusahaan
produksi
DistributorSony Pictures Releasing
Tanggal rilis
  • 21 Mei 2019 (2019-5-21) (Cannes)
  • 26 Juli 2019 (2019-7-26) (Amerika Serikat)
  • 14 Agustus 2019 (2019-8-14) (Britania Raya)
  • 27 Agustus 2019 (2019-8-27) (Indonesia)
Durasi
161 menit[2]
Negara
  • Amerika Serikat
  • Britania Raya
BahasaInggris
AnggaranUS$90–96 juta[3]
Pendapatan kotorUS$357,8 juta[4]

Once Upon a Time in Hollywood[a] adalah film drama komedi 2019 yang ditulis dan disutradarai oleh Quentin Tarantino . Diproduksi oleh Columbia Pictures, Bona Film Group, Heyday Films, dan Visiona Romantica dan didistribusikan oleh Sony Pictures Releasing, ini merupakan film produksi bersama internasional antara Amerika Serikat dan Inggris. Film ini dibintangi oleh Leonardo DiCaprio, Brad Pitt, Margot Robbie, Emile Hirsch, Margaret Qualley, Timothy Olyphant, Austin Butler, Dakota Fanning, Bruce Dern dan Al Pacino dalam peran pendukung. Film ini berlatar tahun 1969 di Los Angeles di mana seorang aktor televisi fiksi yang telah menua dan teman lamanya yang lakon menavigasi industri film Hollywood yang terus berubah.[5] Film ini menampilkan para pemeran terkenal yang membintangi "berbagai alur cerita dalam sebuah kisah dongeng modern sebagai penghormatan kepada saat-saat terakhir zaman keemasan Hollywood."[6][7]

Diumumkan pada Juli 2017, film ini menjadi film Tarantino pertama yang tidak dikaitkan dengan produser Harvey Weinstein, setelah Tarantino memutuskan hubungan menyusul tuduhan pelecehan seksual terhadap Weinstein pada Oktober itu. Sony Pictures memenangkan hak distribusi, setelah memenuhi beberapa tuntutan Tarantino termasuk hak potongan final. Pitt, DiCaprio, dan Robbie, serta beberapa pelanggan tetap Tarantino seperti Zoë Bell dan Kurt Russell, bergabung dengan para pemain antara Januari dan Juni 2018. Fotografi utama berlangsung dari bulan Juni hingga November di sekitar Los Angeles. Ini adalah film terakhir yang menampilkan Luke Perry, yang meninggal pada Maret 2019.

Once Upon a Time di Hollywood tampil perdana di Festival Film Cannes pada 21 Mei 2019, dirilis di bioskop Amerika Serikat pada 26 Juli 2019, dan dijadwalkan dirilis pada 14 Agustus 2019 di Britania Raya. The Hollywood Reporter menulis bahwa para kritikus memiliki "pandangan positif secara keseluruhan" dari film tersebut, yang menyebut film itu sebagai "Surat cinta Tarantino kepada zaman tahun 60-an di Los Angeles" dan memuji pilihan dan latar belakang pemerannya".[8]

Alur[sunting | sunting sumber]

Pada Februari 1969, aktor Hollywood Rick Dalton, bintang seri televisi Barat tahun 1950-an Bounty Law, takut kariernya memasuki masa senja. Agen pencari bakat Marvin Schwarz menyarankan agar dia main di film-film koboi Italia, tetapi Dalton merasa dirinya lebih baik daripada pemeran film seperti itu. Sahabat Dalton sekaligus pemeran penggantinya, Cliff Booth veteran perang yang tinggal di rumah gandeng bersama anjing pit bull Brandy mengantar Dalton ke mana-mana karena Dalton sendiri pemabuk dan sering ditilang. Booth tidak terlibat lagi di dunia perfilman sejak istrinya meninggal dunia. Menurut kabar burung yang beredar, dia membunuh istrinya sendiri.

Aktris Sharon Tate dan suaminya, sutradara Roman Polanski, baru saja pindah ke rumah tetangganya Dalton. Dalton ingin berteman mereka supaya bisa panjat sosial. Malam itu, Tate dan Polanski bersama Jay Sebring mendatangi pesta eksklusif di Playboy Mansion.

Keesokan harinya, Booth memperbaiki antena TV Dalton. Dia mengenang kembali perkelahian antara dirinya dengan Bruce Lee di studio The Green Hornet yang menyebabkan Booth langsung dipecat di tempat. Charles Manson mampir ke rumah Polanski dan Tate untuk menemui produser rekaman Terry Melcher yang pernah tinggal di sana, tetapi diminta pulang oleh Sebring.

Saat menyetir mobil Dalton, Booth mengajak seorang pencari tumpangan, Pussycat. Dia diturunkan di Spahn Ranch. Booth pernah syuting Bounty Law di sana. Booth curiga karena banyak orang hippie tinggal di situ (keluarga Manson) dan menduga mereka memanfaatkan pemiliknya, George Spahn. Booth memaksa bertemu dengan Spahn meski Squeaky Fromme keberatan. Spahn meyakinkan Booth semua baik-baik saja.

Saat hendak pulang, Booth menemukan bannya dibocorkan oleh Clem Grogan; Booth menghajarnya dan memaksanya memperbaiki ban mobil tersebut. Salah satu gadis hippie, Sundance, memanggil Tex Watson. Namun, Booth telanjur pergi ketika Watson tiba. Tate jalan-jalan dan memutuskan mampir ke bioskop untuk menonton dirinya sendiri dalam film The Wrecking Crew.

Dalton diterima sebagai pemeran antagonis dalam episode pertama sebuah seri baru, Lancer, dan mengobrol dengan rekan pemainnya yang berusia delapan tahun, Trudi Fraser. Dalam satu adegan, Dalton yang sedang mabuk lupa dialognya. Setelah mengamuk sejenak di ruang pribadinya, Dalton kembali ke studio dan memberikan penampilan luar biasa yang memukau sang sutradara, Sam Wanamaker, dan Fraser. Dalton pun semakin percaya diri. Setelah menyaksikan penampilan tamu Dalton dalam satu episode The F.B.I., Schwarz merekrutnya sebagai pemeran utama film Barat besutan Sergio Corbucci, Nebraska Jim. Dalton mengajak Booth berkarier di Eropa selama enam bulan. Dalton tampil di di dua film Barat lainnya dan satu film komedi mata-mata Eropa. Dia menikahi bintang film asal Italia, Francesca Capucci.

Sepulangnya ke Los Angeles, Dalton memberitahu Booth dia tidak sanggup lagi menggajinya dan mereka berdua sepakat untuk berpisah. Mereka minum-minum dan pulang ke rumah Dalton, ketika Capucci masih terlelap. Booth mengisap rokok berbalut LSD dan mengajak Brandy jalan-jalan malam. Sementara itu, Watson, Susan Atkins, Linda Kasabian, dan Patricia Krenwinkel parkir di luar untuk bersiap-siap membunuh semua orang di rumah Tate. Dalton mendengar suara mobil dan menyuruh mereka pulang sambil marah-marah. Mereka memutuskan untuk membunuh Dalton setelah Atkins meyakinkan mereka bahwa film-film Hollywood "mengajarkan mereka untuk membunuh orang".

Kasabian kabur meninggalkan tiga temannya. Mereka mendobrak masuk rumah Dalton dan berseteru dengan Capucci dan Booth. Booth sadar pernah bertemu mereka di Spahn Ranch. Booth menyuruh Brandy menyerang, lalu mereka berdua membunuh Krenwinkel dan Watson dan melukai Atkins. Atkins, sambil memegang senjata, kelimpungan dan tersandung ke luar. Dalton yang sedang mendengar musik pun tersentak dan tidak tahu apa yang sedang terjadi. Dia mengambil penyembur api, salah satu properti filmnya, dan membakar Atkins. Setelah Booth dibawa ke rumah sakit dan Capucci kembali tidur, Sebring mengobrol dengan Dalton. Tate mengundang Dalton bercengkerama bersama tamu mereka, Sebring, Abigail Folger, dan Wojciech Frykowski.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

  • Leonardo DiCaprio sebagai Rick Dalton:
    Seorang aktor yang membintangi serial televisi Barat Bounty Law dari tahun 1958 hingga 1963, berdasarkan Wanted Dead or Alive (1958–1961). Usahanya untuk beralih ke film gagal dan pada tahun 1969 ia berjuang. Hubungan Dalton dengan Cliff Booth didasarkan pada hubungan aktor Burt Reynolds dan aksi lamanya yang lama, Hal Needham .[9] Dalton mencontoh aktor yang memulai karir mereka di Hollywood Klasik, tetapi goyah pada 1960-an setelah tipe pria terkemuka mereka keluar dari mode.[10]
  • Brad Pitt sebagai Cliff Booth:
    Seorang veteran perang dan akrobat lama Rick dan sahabatnya.[11] Tarantino dan Pitt menjadi model Booth setelah Billy Jack, karakter yang diperankan dalam empat film oleh aktor Tom Laughlin .
  • Margot Robbie sebagai Sharon Tate :
    Seorang aktris hamil dan tetangga sebelah Dalton. Robbie tidak berkonsultasi dengan Polanski dalam persiapan untuk peran tersebut, tetapi membaca otobiografinya yang ditulis Roman oleh Polanski.[12][13]
  • Emile Hirsch sebagai Jay Sebring :
    Penata rambut Hollywood, teman, dan mantan pacar Tate.
  • Margaret Qualley sebagai Pussycat:
    Seorang anggota " Keluarga Manson ". Berbasis longgar pada Kathryn Lutesinger yang memiliki nama panggilan "Kitty".
  • Timothy Olyphant sebagai James Stacy :
    Seorang aktor yang membintangi Lancer.[11]
  • Julia Butters sebagai Trudi Fraser:
    Seorang aktor cilik, yang berperan sebagai Maribel di Lancer .
  • Austin Butler sebagai Charles "Tex" Watson :
    Seorang anggota "Keluarga Manson".
  • Dakota Fanning sebagai Lynette "Squeaky" Fromme :
    Seorang anggota "Keluarga Manson" yang mendapat julukannya saat tinggal di peternakan George Spahn.
  • Bruce Dern sebagai George Spahn :
    Seorang pria hampir 80 tahun yang hampir buta yang menyewakan peternakannya untuk orang Barat. Charles Manson meyakinkan Spahn untuk mengizinkannya dan para pengikutnya hidup di peternakan. Burt Reynolds awalnya berperan dalam peran itu, tetapi meninggal sebelum adegannya bisa difilmkan.[14][15]
  • Mike Moh sebagai Bruce Lee
  • Luke Perry sebagai Wayne Maunder
  • Damian Lewis sebagai Steve McQueen
  • Al Pacino sebagai Marvin Schwarz:
    Produser Hollywood dan agen Dalton.
  • Brenda Vaccaro sebagai Mary Alice Schwarz, istri Marvin
  • Nicholas Hammond sebagai Sam Wanamaker
  • Samantha Robinson sebagai Abigail Folger
  • Rafał Zawierucha sebagai Roman Polanski
  • Lorenza Izzo sebagai Francesca Cappucci, istri akhirnya Dalton.
  • Costa Ronin sebagai Wojciech Frykowski
  • Damon Herriman sebagai Charles Manson
  • Lena Dunham sebagai Catherine Bagikan
  • Madisen Beaty sebagai Patricia Krenwinkel
  • Mikey Madison sebagai Susan Atkins
  • James Landry Hébert sebagai Steve Grogan
  • Maya Hawke sebagai Linda Kasabian
  • Victoria Pedretti sebagai Leslie Van Houten
  • Sydney Sweeney sebagai anggota Keluarga Manson, Danau Dianne
  • Harley Quinn Smith sebagai anggota Keluarga Manson, Froggie
  • Dallas Jay Hunter sebagai anggota Keluarga Manson, Deliah
  • Kansas Bowling sebagai Sandra Bagus
  • Parker Love Bowling sebagai anggota Manson Family, Tadpole
  • Cassidy Hice sebagai anggota Keluarga Manson, Sundance
  • Ruby Rose Skotchdopole sebagai anggota Keluarga Manson, Butterfly
  • Danielle Harris sebagai anggota Keluarga Manson, Angel
  • Josephine Valentina Clark sebagai anggota Keluarga Manson, Catherine Gillies
  • Dyani Del Castillo sebagai anggota Keluarga Manson, Pebbles.
  • David Steen sebagai anggota MC Setan Lurus yang tinggal di Spahn Ranch
  • Geser McNairy sebagai Bisnis Bob Gilbert, penjahat di Lancer
  • Clifton Collins Jr sebagai Ernesto The Mexican Vaquero di Lancer
  • Marco Rodríguez sebagai Bartender di Lancer
  • Ramón Franco sebagai Ruben, seorang manajer bioskop
  • Dreama Walker sebagai Connie Stevens
  • Rachel Redleaf sebagai Mama Cass
  • Rebecca Rittenhouse sebagai Michelle Phillips
  • Rumer Willis sebagai Joanna Pettet
  • Spencer Garrett sebagai Allen Kincade, seorang tokoh fiksi TV.
  • Clu Gulager sebagai pemilik toko buku
  • Martin Kove sebagai Sheriff Hukum Bounty
  • Rebecca Gayheart sebagai Billie Booth, istri mendiang Cliff.
  • Kurt Russell sebagai Randy, koordinator aksi dan narator.
  • Zoë Bell sebagai Janet, istri Randy, juga koordinator aksi.
  • Michael Madsen sebagai Sheriff Hackett pada Bounty Law
  • Daniella Pick sebagai aktris fiksi Daphna Ben-Cobo
  • Perla Haney-Jardine sebagai pengedar narkoba Hippie
  • James Remar sebagai Ugly Owl Hoot, penjahat di Bounty Law
  • Kate Berlant sebagai petugas loket bioskop
  • Quentin Tarantino sebagai direktur iklan Red Apple Cigarettes
  • Craig Stark, Keith Jefferson, Lew Temple, Vincent Laresca, Maurice Compte, Gilbert Salvidar, dan Eddie Perez sebagai Bajak Laut.
  • Tim Roth, James Marsden, dan Danny Strong mengambil adegan untuk film tetapi tidak termasuk dalam rilis teater. Roth memerankan Butler Inggris Jay Sebring, Marsden memerankan Burt Reynolds, dan Danny Strong memerankan Dean Martin.

Produksi[sunting | sunting sumber]

Pra-Produksi[sunting | sunting sumber]

Pada tanggal 11 Juli 2017, diketahui bahwa film selanjutnya Quentin Tarantino bakal bercerita tentang pembunuhan Manson Family. Harvey dan Bob Weinstein bakal terlibat, tapi tidak diketahui apakah The Weinstein Company bakal mendistribusikan filmnya, karena Tarantino mencari Pemain Film lebih dahulu ketimbang mengirimkan naskahnya ke Studio.Tarantino berusaha mendekati Brad Pitt dan Jennifer Lawrence untuk bermain di dalam film. Dilaporkan juga Margot Robbie dipertimbangkan menjadi Sharon Tate.[16] Samuel L. Jackson juga dipertimbangkan untuk mengambil peran utama, sementara Pitt dipertimbangkan untuk mengambil peran Detektif yang menginvestigasi pembunuhan.

Setelah tuduhan pelecehan seksual Weinstein, Tarantino memutuskan hubungan dengan Weinstein dan mencari distributor baru, setelah berkerja bersama Weinstein selama karirnya. Leonardo Dicaprio diketahui sedang dipertimbangkan Tarantino untuk film tersebut. [17] Tidak lama kemudian, beredar laporan bahwa Tom Cruise sedang dalam pembicaraan bermain satu atau dua peran utama, dan bahwa David Heyman bergabung sebagai Produser bersama Tarantino dan Shannon McIntosh. [18]

Pada Tanggal 11 November 2017, Sony Pictures mengumumkan bakal mendistribusikan filmnya, mengalahkan Warner Bros, Universal Pictures, Paramount Pictures, Annapurna Pictures, dan Lionsgate. [19] Permintaan Tarantino termasuk budget $95 Juta, hak kreatif kontrol film, dan keuntungan sebesar 25% dari penghasilan film, [20] juga ketentuan hak filmnya akan kembali dalam 10 sampai 20 tahun.

Casting[sunting | sunting sumber]

Pada bulan Januari 2018, Dicaprio menandatangani kontrak untuk membintangi film tersebut,[21] Al Pacino juga sedang dipertimbangkan untuk sebuah peran. Pada tanggal 28 Februari 2018, film ini diberi judul Once Upon A Time In Hollywood dengan Pitt mengambil peran yang Cruise ditawarkan.[22] Dicaprio dan pitt dibayar sekitar $10 juta. Pada bulan Maret 2018, Robbie, yang tertarik untuk berkerja bersama Tarantino, bergabung sebagai Sharon Tate, sementara Zoë Bell dikonfirmasi bakal hadir.[23][24] pada bulan April 2018, Jessica Lange dalam pembicaraan untuk bermain sebagai Mary Alice Schwarz, tapi keluar dan digantikan oleh Brenda Vaccaro. Pada bulan Mei 2018, Burt Reynolds, Tim Roth, Kurt Russell dan Michael Madsen bergabung dalam peran yang kecil, Timothy Olyphant juga ikut bergabung [25] bulan Juni 2018 Damian Lewis, Luke Perry, Emile Hirsch, Dakota Fanning, Clifton Collins Jr, Keith Jefferson, Nicholas Hammond, Pacino, dan Scoot McNairy bergabung sebagai pemain.

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Dalam tayangan ditampilkan sebagai Once Upon a Time... in Hollywood dan pada poster sebagai Once Upon a Time in... Hollywood.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Once Upon a Time in Hollywood news round-up for June". Diarsipkan dari versi asli tanggal May 2, 2019. Diakses tanggal May 3, 2019. 
  2. ^ "ONCE UPON A TIME IN HOLLYWOOD (18)". British Board of Film Classification. July 11, 2019. Diakses tanggal July 15, 2019. 
  3. ^ D'Alessandro, Anthony (July 27, 2019). "Hooray For 'Hollywood': Quentin Tarantino Sees His Biggest B.O. Opening Of All-Time With $40M+ As 'Lion King' Still Lords With $76M+ – Sunday Update". Deadline Hollywood. Diakses tanggal July 27, 2019. 
  4. ^ "Once Upon a Time in Hollywood (2019)". Box Office Mojo. IMDb. Diarsipkan dari versi asli tanggal August 30, 2019. Diakses tanggal October 4, 2019. 
  5. ^ Sperling, Nicole (November 17, 2017). "Quentin Tarantino Is Ditching Weinstein for Sony". Vanity Fair. Diarsipkan dari versi asli tanggal February 25, 2018. Diakses tanggal June 18, 2018. 
  6. ^ "Once Upon a Time In... Hollywood Movie Synopsis | Official Website | Sony Pictures". Once Upon a Time In... Hollywood. Diarsipkan dari versi asli tanggal March 22, 2019. Diakses tanggal March 22, 2019. 
  7. ^ Olson, Matthew. "Does Quentin Tarantino's 'Once Upon A Time In Hollywood' Live Up To The Hype? Here's What Critics Say". Digg.com. Diakses tanggal 25 July 2019. 
  8. ^ Beresford, Trilby; Kilkenny, Katie (May 21, 2019). "'Once Upon a Time in Hollywood': What the Critics Are Saying". The Hollywood Reporter. Diakses tanggal May 21, 2019. 
  9. ^ Langmann, Brady (July 25, 2019). "The Stuntman Who Inspired Brad Pitt's Once Upon a Time in Hollywood Character Is More Badass In Real Life". Esquire. Diakses tanggal July 26, 2019. 
  10. ^ http://thenewbev.com/blog/2019/07/pure-cinema-podcast-july-2019-with-quentin-tarantino/ (minute 13)
  11. ^ a b Coates, Tyler (March 21, 2019). "The Real-Life People Portrayed in Once Upon a Time in Hollywood". Esquire. Diarsipkan dari versi asli tanggal March 22, 2019. Diakses tanggal March 23, 2019. 
  12. ^ Sharf, Zack (December 3, 2018). "Margot Robbie Didn't Consult Roman Polanski for Her Portrayal of Sharon Tate". IndieWire. Diarsipkan dari versi asli tanggal December 5, 2018. Diakses tanggal January 6, 2019. 
  13. ^ "Margot Robbie as Sharon Tate in Quentin Tarantino's Once Upon A Time… in Hollywood". Filmoria.co.uk. Diarsipkan dari versi asli tanggal March 22, 2019. Diakses tanggal March 20, 2019. 
  14. ^ Galuppo, Mia (September 6, 2018). "Burt Reynolds Did Not Shoot Role in Quentin Tarantino's New Movie". The Hollywood Reporter. Diarsipkan dari versi asli tanggal September 6, 2018. Diakses tanggal September 6, 2018. 
  15. ^ Fleming Jr., Mike (September 27, 2018). "Bruce Dern Replaces His Friend Burt Reynolds in Quentin Tarantino's 'Once Upon A Time in Hollywood'". Deadline Hollywood. Diarsipkan dari versi asli tanggal October 4, 2018. Diakses tanggal October 30, 2018. 
  16. ^ "Quentin Tarantino prepping new movie tackling manson murders". Diakses tanggal 30 Agustus 2019. 
  17. ^ "Quentin Tarantino Seeking new movie home". Diakses tanggal 30 Agustus 2019. 
  18. ^ "Bidding on Quentin Tarantino script with David Heyman as Producer". Diakses tanggal 30 Agustus 2019. 
  19. ^ "Sony Pictures confirm Quentin Tarantino deals". Diakses tanggal 30 Agustus 2019. 
  20. ^ "How Sony nabbed Quentin Tarantino Manson Movie". Diakses tanggal 30 Agustus 2019. 
  21. ^ "Leonardo Dicaprio To Star In Quentin Tarantino new movies". Diakses tanggal 30 Agustus 2019. 
  22. ^ "Quentin Tarantino taps Pitt to join 'Once Upon A Time In Hollywood". Diakses tanggal 30 Agustus 2019. 
  23. ^ "Margot Robbie Now in negotiations to play in Quentin Tarantino Movie". Diakses tanggal 30 Agustus 2019. 
  24. ^ "Zoe Bell to work on Quentin Tarantino 'Once Upon A Time In Hollywood'". Diakses tanggal 30 Agustus 2019. 
  25. ^ "Quentin Tarantino to cast, Burt Reynolds to star, Tim Roth, and Michael Madsen to play small role". Diakses tanggal 30 Agustus 2019. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]