Derringer

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Sebuah Philadelphia Deringer asli buatan Henry Deringer. Ini adalah pistol kantung yang dipakai oleh John Wilkes Booth dalam pembunuhan Abraham Lincoln.

Istilah derringer (/ˈdɛrnər/) adalah sebuah kesalahan pengucapan umum dari nama akhir Henry Deringer, seorang pembuat pistol kantung kecil terkenal pada abad ke-19.[1] Beberapa jiplakan dari pistol Philadelphia Deringer asli dibuat oleh para pembuat senjata lainnya di seluruh dunia, dan nama tersebut sering salah diucapkan; kesalahan pengucapan tersebut kemudian menjadi istilah generik alternatif untuk pistol kantung manapun, bersama dengan frase generik palm pistol, yang para pesaing Deringer pakai dan investasikan dalam periklanan mereka. Pistol Deringer asli adalah pistol muzzleloading tembakan tunggal; dengan kemajuan senjata api cartridge, pistol yang mulai diproduksi dalam bentuk modern masih disebut sebagai derringer.[2]

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama Flayderman2007
  2. ^ Chapel, Charles Edward (19 September 2013). Guns of the Old West: An Illustrated Guide. Courier Dover Publications. hlm. 104–106. ISBN 978-0-486-42161-2. 

Referensi[sunting | sunting sumber]

Flayderman, Norm (3 December 2007). Flayderman's Guide to Antique American Firearms and Their Values. Iola, Wisconsin: Gun Digest Books. ISBN 1-4402-2651-2. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]