Little Women (film 2019)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Little Women
LittleWomenOPoster2019.jpg
Poster film Little Women
SutradaraGreta Gerwig
ProduserAmy Pascal
Denise Di Novi
Robin Swicord
Penulis skenarioGreta Gerwig
Didasarkan
dari
Little Women
oleh Louisa May Alcott
PemeranSaoirse Ronan
Emma Watson
Florence Pugh
Eliza Scanlen
Timothée Chalamet
Laura Dern
Meryl Streep
Penata musikAlexandre Desplat
SinematograferYorick Le Saux
PenyuntingNick Houy
Perusahaan
produksi
Columbia Pictures
Regency Enterprises
Pascal Pictures
DistributorSony Pictures Releasing
Tanggal rilis
  • 7 Desember 2019 (2019-12-7) (Museum of Modern Art)
  • 25 Desember 2019 (2019-12-25) (Amerika Serikat)
Durasi135 menit[1]
NegaraAmerika Serikat
BahasaBahasa Inggris
Anggaran$40 juta[2]
Pendapatan
kotor
$206.006.503[3]

Little Women adalah film drama romantis Amerika Serikat tahun 2019 yang disutradarai oleh Greta Gerwig dan diproduseri oleh Amy Pascal, Denise Di Novi dan Robin Swicord. Naskah film ini ditulis oleh Greta Gerwig berdasarkan novel Little Women karya Louisa May Alcott. Film ini dibintangi oleh Saoirse Ronan, Emma Watson, Florence Pugh, Eliza Scanlen, Timothée Chalamet, Laura Dern dan Meryl Streep.

Film Little Women merupakan film kolaborasi kedua Saoirse Ronan dan Timothée Chalamet setelah film Lady Bird. Film ini ditayangkan secara perdana di Festival Film Internasional Rio de Janeiro pada tanggal 9 Desember 2019[4] dan dirilis di Amerika Serikat pada tanggal 25 Desember 2019.[5] Film ini mendapatkan review positif dari para kritikus.

Plot[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1868, Jo March (Saoirse Ronan) adalah seorang guru di New York. Ia menemui editor, Mr. Dashwood (Tracy Letts), yang setuju untuk menerbitkan cerita yang telah ditulisnya. Adik Jo, Amy (Florence Pugh), berada di Paris bersama bibi March (Meryl Streep). Mereka melihat teman masa kecil mereka, Laurie (Timothée Chalamet), dan mengundangnya ke pesta. Di sana, ia sangat marah terhadap perilaku mabuk Laurie dan ia mengejeknya karena menghabiskan waktu dengan pengusaha kaya, Fred Vaughn (Dash Barber). Di New York, Jo terluka ketika Friedrich Bhaer (Louis Garrel), seorang profesor yang tergila-gila padanya, mengkritik tulisan Jo hingga ia mengakhiri persahabatan mereka. Setelah menerima surat bahwa penyakit adik perempuannya, Beth (Eliza Scanlen), semakin memburuk, Jo pulang ke rumah.

Tujuh tahun yang lalu, Jo dan tiga saudara perempuannya tinggal di Concord, Massachusetts. Di sebuah pesta dengan kakak perempuannya, Meg (Emma Watson), Jo berteman dengan Laurie, cucu tetangga mereka, Mr. Laurence (Chris Cooper). Keesokan harinya pada hari Natal, ibu mereka, Marmee (Laura Dern), membujuk putrinya untuk memberikan sarapan kepada tetangga mereka yang miskin, Mrs. Hummel (Sasha Frolova), dan anak-anaknya yang kelaparan. Sekembalinya ke rumah, para gadis menemukan meja mereka penuh makanan dari Mr. Laurence dan sepucuk surat dari ayah mereka (Bob Odenkirk) yang berperang dalam Perang Saudara Amerika. Jo mengunjungi bibi March, yang mengundangnya ke Eropa. Laurie memperhatikan Amy berdiri di luar, dipukul oleh gurunya karena bertingkah buruk di kelas, lalu ia mengundangnya masuk sebelum keluarganya datang untuk membawanya pulang.

Ketika Meg, Jo, Laurie dan John (James Norton) – tutor Laurie dan akhirnya menjadi suami Meg – pergi ke teater, Amy yang cemburu membakar tulisan Jo, membuat Jo sangat sedih. Keesokan harinya, Amy, yang ingin berbaikan dengan Jo, mengejarnya ke sebuah danau tempat Jo dan Laurie berseluncur. Mereka menyelamatkan Amy ketika ia jatuh melalui es. Mr. Laurence mengundang Beth untuk bermain piano di rumahnya, ketika ia mengingat Beth pada mendiang putrinya. Saat ini, Laurie mengunjungi Amy untuk meminta maaf atas perilakunya. Laurie mendesak Amy untuk tidak menikah dengan Fred, tetapi untuk menikah dengannya. Meskipun Amy jatuh cinta dengan Laurie, ia menolak dan kesal karena selalu menjadi "yang kedua setelah Jo". Amy kemudian menolak lamaran Fred, hanya untuk mengetahui Laurie telah pergi ke London.

Di masa lalu, Marmee mengetahui ayah mereka sakit akibat perang dan pergi mengunjunginya. Mr. Laurence memberikan piano kepada Beth, yang menderita demam Scarlet dari keluarga Hummels. Amy, yang belum pernah menderita penyakit itu sebelumnya, dikirim untuk tinggal bersama bibi March. Marmee pulang lebih awal ketika kondisi Beth memburuk, tetapi ia pulih tepat saat Natal dan ayah mereka kembali ke rumah. Saat ini, kondisi Beth memburuk hingga ia meninggal. Di masa lalu, pada hari pernikahan Meg, Jo mencoba meyakinkannya untuk melarikan diri, tetapi Meg memberitahu bahwa ia senang menikah dengan John. Bibi March mengumumkan perjalanannya ke Eropa, tetapi ia mengambil Amy alih-alih Jo. Setelah pernikahan itu, Laurie mengakui perasaannya terhadap Jo, tetapi ia bersikeras ia tidak merasakan hal yang sama.

Di masa kini, Marmee mengungkapkan bahwa Amy yang hancur akan kembali dari Eropa dengan bibi March yang sakit. Jo bertanya-tanya apakah ia terlalu cepat untuk menolak Laurie dan menulis surat untuknya. Bersiap untuk pergi, Amy memberitahu Laurie bahwa ia menolak lamaran Fred, lalu mereka mencium dan kemudian menikah dalam perjalanan pulang. Laurie dan Jo setuju hanya sebatas teman, lalu Jo membuang surat yang ditulis untuknya. Ia mulai menulis sebuah novel berdasarkan kehidupannya dan saudara perempuannya, lalu ia mengirimkan bab-bab pertama kepada Mr. Dashwood, yang tidak terkesan. Friedrich Bhaer muncul di rumah keluarga March dalam perjalanan ke California.

Di New York, putri Mr. Dashwood menuntut untuk mengetahui bagaimana novel Jo berakhir. Ia setuju untuk menerbitkan buku itu, tetapi ia merasa tidak terima bahwa tokoh utamanya belum menikah. Jo mengubah akhir ceritanya sehingga karakter utama, yaitu dirinya sendiri, mengejar Friedrich Bhaer dan menghentikannya pergi ke California. Jo menegosiasikan hak cipta dan royalti dengan Mr. Dashwood. Akhirnya, Jo mewarisi rumah bibi March dan membukanya sebagai sekolah, tempat Meg, Amy dan Friedrich Bhaer mengajar. Jo melihat pencetakan novelnya yang berjudul Little Women.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

  • Saoirse Ronan sebagai Josephine "Jo" March
  • Emma Watson sebagai Margaret "Meg" March
  • Florence Pugh sebagai Amy March
  • Eliza Scanlen sebagai Elizabeth "Beth" March
  • Timothée Chalamet sebagai Theodore "Laurie" Laurence
  • Laura Dern sebagai Marmee March
  • Meryl Streep sebagai bibi March
  • Tracy Letts sebagai Mr. Dashwood
  • Bob Odenkirk sebagai Mr. March
  • James Norton sebagai John Brooke
  • Louis Garrel sebagai Friedrich Bhaer
  • Chris Cooper sebagai Mr. Laurence
  • Jayne Houdyshell sebagai Hannah
  • Rafael Silva sebagai teman Friedrich
  • Dash Barber sebagai Fred Vaughn
  • Hadley Robinson sebagai Sallie Gardiner Moffat
  • Abby Quinn sebagai Annie Moffat
  • Maryann Plunkett sebagai Mrs. Kirke
  • Edward Fletcher sebagai pelayan keluarga Laurence
  • Sasha Frolova sebagai Mrs. Hummel

Tanggapan kritikus[sunting | sunting sumber]

Film Little Women mendapatkan review positif dari para kritikus. Berdasarkan Rotten Tomatoes, film ini memiliki rating 95%, berdasarkan 376 ulasan, dengan rating rata-rata 8,57/10.[6] Berdasarkan Metacritic, film ini mendapatkan skor 91 dari 100, berdasarkan 57 kritik, menunjukkan "pengakuan universal".[7] Berdasarkan CinemaScore, film ini mendapatkan nilai "A-" dari penonton film untuk skala A+ sampai F.[8]

Box office[sunting | sunting sumber]

Film Little Women mendapatkan $108.101.214 di Amerika Utara dan Kanada dan $97.905.289 di negara lain. Total pendapatan yang dihasilkan oleh film ini mencapai $206.006.503, melebihi anggaran produksi film $40 juta.[3]

Pada pembukaan akhir pekan, film ini mendapatkan $16.755.310, menempati posisi keempat di box office di belakang film Star Wars: The Rise of Skywalker, Jumanji: The Next Level dan Frozen II.[3]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Little Women (U)". British Board of Film Classification. November 18, 2019. Diakses tanggal December 1, 2019. 
  2. ^ Siegel, Tatiana (December 13, 2019). "The First Couple of Film: Greta Gerwig and Noah Baumbach Open Up on Their Personal and Professional Partnership". The Hollywood Reporter. Diarsipkan dari versi asli tanggal December 13, 2019. Diakses tanggal December 14, 2019. 
  3. ^ a b c "Little Women (2019)". Box Office Mojo. Diakses tanggal February 18, 2020. 
  4. ^ ""Little Women" to open Festival do Rio". Festival Film Internasional Rio de Janeiro. November 25, 2019. Diakses tanggal December 1, 2019. 
  5. ^ "Quentin Tarantino's Manson Movie Shifts Off Sharon Tate Murder Anniversary Date". Diarsipkan dari versi asli tanggal July 19, 2018. Diakses tanggal July 18, 2018. 
  6. ^ "Little Women (2019)". Rotten Tomatoes. Diakses tanggal February 18, 2020. 
  7. ^ "Little Women reviews". Metacritic. Diakses tanggal February 18, 2020. 
  8. ^ "CinemaScore". cinemascore.com. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]