Atonement (film)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Atonement
Atonement poster.jpg
Poster film Atonement
Sutradara Joe Wright
Produser Tim Bevan
Eric Fellner
Paul Webster
Skenario Christopher Hampton
Berdasarkan Atonement 
oleh Ian McEwan
Pemeran James McAvoy
Keira Knightley
Saoirse Ronan
Romola Garai
Vanessa Redgrave
Musik Dario Marianelli
Sinematografi Seamus McGarvey
Penyunting Paul Tothill
Perusahaan
produksi
StudioCanal
Working Title Films
Distributor Focus Features
(Amerika Serikat)
Universal Pictures
(internasional)
Tanggal rilis
  • 29 Agustus 2007 (2007-8-29) (Festival Film Venesia)
  • 7 September 2007 (2007-9-7) (Britania Raya)
  • 7 Desember 2007 (2007-12-7) (terbatas di Amerika Serikat)
  • 11 Januari 2008 (2008-1-11) (secara luas di Amerika Serikat)
Durasi
123 menit[1]
Negara Britania Raya
Perancis
Bahasa Inggris
Anggaran $30 juta[2]
Pendapatan kotor $129,266,061[3]

Atonement adalah film drama misteri romantis tahun 2007 yang disutradarai oleh Joe Wright dan diproduseri oleh Tim Bevan, Eric Fellner dan Paul Webster. Naskah film ini ditulis oleh Christopher Hampton berdasarkan novel Atonement karya Ian McEwan. Film ini dibintangi oleh James McAvoy, Keira Knightley, Saoirse Ronan, Romola Garai dan Vanessa Redgrave.

Film Atonement ditayangkan secara perdana di Festival Film Venesia pada tanggal 29 Agustus 2007[4] dan dirilis di Britania Raya pada tanggal 7 September 2007.[5] Film ini dirilis di Amerika Serikat pada tanggal 7 Desember 2007 secara terbatas dan 11 Januari 2008 secara luas. Film ini mendapatkan review positif dari para kritikus.

Plot[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1935 di Inggris, Briony Tallis (Saoirse Ronan) merupakan seorang gadis berusia 13 tahun yang berasal dari keluarga kaya. Ia baru saja selesai menulis drama pertamanya untuk menandai kepulangan kakaknya dan berencana untuk mementaskannya nanti dengan sepupunya yang datang ke rumahnya.

Sambil memandang keluar dari jendela kamar tidurnya, ia melihat kakaknya, Cecilia (Keira Knightley), dan putra pengurus rumah tangganya, Robbie Turner (James McAvoy), yang ditaksir oleh Briony. Cecilia pergi ke kolam untuk mengisi vas bunga, Robbie memegang salah satu gagangnya, namun gagang vas tersebut patah dan sebagian pecahannya jatuh ke kolam. Cecilia menanggalkan pakaiannya dan berenang ke kolam air mancur untuk mengambil pecahan vas bunga tersebut. Sesaat kemudian, ia memanjat keluar, basah kuyup dan Robbie melihatnya.

Robbie menyusun beberapa catatan untuk Cecilia yang meminta maaf atas insiden tersebut. Salah satunya berisi ungkapan yang jelas dari hasrat seksualnya untuknya. Ia menulisnya hanya sebagai lelucon belaka dan itu membuat Robbie tertawa sendiri. Ia kemudian menulis surat lain yang lebih formal dan meminta Briony untuk mengantarkan surat itu. Baru setelah Briony pergi, Robbie menyadari bahwa ia telah memberikan surat yang eksplisit kepada Cecilia.

Briony membaca surat itu sebelum memberikannya pada Cecilia. Kemudian, Briony membayangkannya kepada sepupu tamunya yang lebih tua, Lola (Juno Temple), yang menyebut Robbie sebagai "penggila seks". Paul Marshall (Benedict Cumberbatch), seorang teman dari kakak Briony dan seorang cendikiawan, memperkenalkan dirinya kepada sepupunya yang berkunjung dan tampaknya tertarik pada Lola.

Sebelum makan malam, Robbie meminta maaf atas surat eksplisit tersebut dan Cecilia mengaku bahwa ia mencintai Robbie. Mereka bercinta di perpustakaan dan ketika Briony masuk dan mengintip mereka, Briony mengira Cecilia diserang. Cecilia dan Robbie mencoba melewatkan kejadian itu.

Saat makan malam, Briony menemukan bahwa saudara kembar Lola telah melarikan diri dan Paul melakukan pencarian di lahan perkebunan. Dalam perjalanannya, Briony sekilas melihat Lola diperkosa oleh seorang pria. Ia mendatangi Lola dan mereka membuat pernyataan satu sama lain bahwa Robbie adalah pelakunya, meskipun pelaku sebenarnya adalah Paul. Keyakinan itu dipertahankan selama pemeriksaan polisi dan catatan sebelumnya dipandang sebagai bukti yang menguatkan. Robbie ditangkap dan dipenjara, meskipun ibu Robbie (Brenda Blethyn) menghalanginya.

Sekitar empat tahun kemudian, selama Perang Dunia II, Robbie telah dibebaskan dari penjara dengan syarat bahwa ia bergabung dengan Angkatan Darat Britania Raya dan bertempur dalam Pertempuran Perancis. Terpisah dari unitnya, ia berjalan kaki ke Dunkerque, sambil memikirkan pertemuannya dengan Cecilia di London enam bulan sebelumnya, ketika mereka memperbarui cinta mereka sebelum kembali ke pekerjaan Cecilia sebagai perawat dan Robbie berangkat ke barisan depan Perancis.

Briony (Romola Garai), yang berusia 18 tahun, telah memilih untuk bergabung dengan unit perawatan lama Cecilia di Rumah Sakit St. Thomas di London daripada pergi ke Universitas Cambridge karena ia ingin melakukan "hal praktis untuk masyarakat". Ia menulis surat kepada kakaknya, namun Cecilia tidak memaafkannya karena telah berbohong dalam penyelidikan bertahun-tahun sebelumnya. Sementara Robbie, yang sakit parah akibat infeksi luka, akhirnya tiba di pantai Dunkerque, di mana ia menunggu untuk dievakuasi.

Kemudian, Briony, yang sekarang menyesali kebohongannya, mengetahui dari seorang wartawan bahwa Paul, yang memiliki pabrik pemasok jatah tentara Britania Raya, akan segera menikah dengan Lola. Briony pergi ke upacara tersebut dan saat pastur bertanya apakah ada yang keberatan dengan pernikahan tersebut, ia ingat melihat Paul menyerang Lola. Namun, ia tetap diam. Saat Paul dan Lola meninggalkan gereja, mereka melihat Briony, namun mereka juga tidak mengatakan apapun.

Setelah itu, Briony mengunjungi Cecilia untuk meminta maaf kepadanya secara langsung. Ia terkejut saat menemukan kakaknya bersama Robbie, yang sedang berada di London untuk siap berangkat ke Perancis. Briony meminta maaf atas tipu muslihatnya, namun Robbie sangat marah karena Briony masih belum menerima tanggung jawab atas tindakannya saat tentara yang berusia lebih muda dari Briony meninggal dalam perang tersebut. Cecilia menenangkannya dan mereka meminta Briony untuk mengakuinya dan meminta agar catatan hukum Robbie dihapus. Briony setuju. Namun, ia juga harus memberitahu mereka bahwa Paul telah menikah dengan Lola. Paul sekarang sangat tidak mungkin dihukum, karena Lola tidak dapat bersaksi melawan suaminya sendiri dan Briony akan dianggap sebagai saksi yang tidak dapat dipercaya.

Briony (Vanessa Redgrave), yang sekarang berusia lanjut dan menjadi novelis yang sukses, menjawab sebuah wawancara tentang buku terbarunya yang akan mengakhiri kariernya. Ia sekarang sekarat karena demensia vaskular. Briony memberitahu bahwa novel otobiografi ini, yang berjudul Atonement, sangat sulit untuk ditulis, karena ia tidak tahu bagaimana pendekatannya tentang apa yang telah dilakukannya terhadap Robbie dan Cecilia. Ia telah mengerjakannya sejak awal kariernya. Ia mengaku bahwa kejadian dalam buku yang menggambarkan kunjungan dan permintaan maafnya kepada Cecilia dan Robbie sepenuhnya imajiner.

Cecilia dan Robbie tidak pernah bersatu kembali. Robbie meninggal karena septikemia di Dunkerque pada pagi hari saat ia dievakuasi, sementara Cecilia tenggelam beberapa bulan kemudian dalam pengeboman stasiun Balham ketika terjadi peristiwa the Blitz. Briony berharap bisa memberikan mereka, dalam novel fiksinya, kebahagiaan yang dirampas Briony dalam kehidupan nyata. Adegan terakhir menunjukkan Cecilia dan Robbie yang membayangkan kembali kebahagiaan dan tinggal di sebuah rumah di tepi laut.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

  • James McAvoy sebagai Robbie Turner
  • Keira Knightley sebagai Cecilia Tallis
  • Saoirse Ronan sebagai Briony Tallis usia 13 tahun
  • Romola Garai sebagai Briony Tallis usia 18 tahun
  • Vanessa Redgrave sebagai Briony Tallis usia 77 tahun
  • Harriet Walter sebagai Emily Tallis
  • Patrick Kennedy sebagai Leon Tallis
  • Brenda Blethyn sebagai Grace Turner
  • Juno Temple sebagai Lola Quincey
  • Charlie dan Felix von Simson sebagai Jackson dan Pierrot Quincey
  • Benedict Cumberbatch sebagai Paul Marshall
  • Daniel Mays sebagai Tommy Nettle
  • Nonso Anozie sebagai Frank Mace
  • Jérémie Renier sebagai Luc Cornet
  • Lionel Abelanski sebagai pemuda Perancis
  • Alfie Allen sebagai Danny Hardman
  • Anthony Minghella sebagai pewawancara televisi

Tanggapan Kritikus[sunting | sunting sumber]

Film Atonement mendapatkan review positif dari para kritikus. Berdasarkan Rotten Tomatoes, film ini memiliki rating 83%, berdasarkan 211 ulasan, dengan rating rata-rata 7.4/10.[6] Berdasarkan Metacritic, film ini mendapatkan skor 85 dari 100, berdasarkan 36 kritik, menunjukkan "pengakuan universal".[7]

Box Office[sunting | sunting sumber]

Film Atonement mendapatkan $50,927,067 di Amerika Utara dan $78,338,994 di negara lain. Total pendapatan yang dihasilkan oleh film ini mencapai $129,266,061, melebihi anggaran produksi film $30 juta.[3]

Pada pembukaan akhir pekan secara terbatas, film ini mendapatkan $784,145, menempati posisi ke-15 di box office. Namun, pada pembukaan akhir pekan secara luas, film ini mendapatkan $4,221,866, menempati posisi ke-10 di box office.[3]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Atonement (15)". British Board of Film Classification. July 10, 2007. Diakses tanggal April 11, 2014. 
  2. ^ "Keira Knightly shines in Atonement". The Age. Diakses tanggal January 6, 2008. 
  3. ^ a b c "Atonement (2007)". Box Office Mojo. Diakses tanggal October 12, 2012. 
  4. ^ "Joe Wright: A New Movie Master, by David Gritten". The Daily Telegraph. London. August 24, 2007. Diakses tanggal October 30, 2009. 
  5. ^ "Atonement (2007)". Film in Focus. Diarsipkan dari versi asli tanggal 24 July 2009. Diakses tanggal 30 October 2009. 
  6. ^ "Atonement (2007)". Rotten Tomatoes. Diakses tanggal February 13, 2018. 
  7. ^ "Atonement reviews". Metacritic. Diakses tanggal February 13, 2018. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]