Ali and Nino (film)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Ali and Nino
SutradaraAsif Kapadia
ProduserKris Thykier, Sasha Harris, Alex Sutherland, Mairi Bett, Leyla Aliyeva, Pip Williams
Ditulis olehChristopher Hampton
Berdasarkan
Ali and Nino
oleh Kurban Said
Pemeran
Penata musikDario Marianelli[1]
SinematograferGökhan Tiryaki
PenyuntingAlexander Berner
Perusahaan
produksi
Tanggal rilis
Durasi104 menit
NegaraUnited Kingdom
BahasaEnglish, Azerbaijani, Russian
Anggaran$20 juta [2]

Ali and Nino adalah film bertema drama romansa tentang perang yang diproduksi Inggris pada tahun 2016. Film ini dibuat berdasarkan novel karangan Kurban Said dengan judul yang sama . Film ini ditulis oleh seorang produser bernama Christopher Hampton [3] dan disutradarai oleh Asif Kapadia .[4] Sebagian besar latar tempat di film tersebut mengambil gambar di negara Azerbaijan, Turki, Georgia, dan Rusia.[5] Para pemeran dalam film ini adalah pemain internasional dengan Maria Valverde [6] dan Adam Bakri sebagai pemain yang menjadi peran utama.[7] Film ini memiliki makna tentang pencarian kebenaran dan rekonsiliasi yang digambarkan melalui perbandingan beragam antara Islam dan Kristen, antara Timur dan Barat, antara golongan tua dan pemuda, dan antara pria dan wanita.

Alur[sunting | sunting sumber]

Selama era Kekaisaran Rusia, Ali dan Nino saling jatuh cinta. Ali merupakan seorang Muslim yang berasal dari Azerbaijan. Ia tinggal di kota Baku yang kaya minyak, di dalam sebuah istana milik keluarga Shirvanshir. Nino sendiri merupakan seorang pemeluk agama Kristen Ortodoks dari Georgia. Ia berasal dari keluarga Kipiani yang kaya raya dan juga tinggal di Baku. Teman Ali yang bernama Malik, setuju untuk membantu mereka agar keluarga aristokratnya mau menerima pernikahan ia dengan Nino. Sayangnya, Perang Dunia I kemudian pecah di Eropa.

Suatu hari, Malik dan Nino pergi bersama ke sebuah pertunjukkan opera. Di sisi lain, Ali dan Nino sendiri memiliki janji untuk bertemu secara diam-diam setelah selesai dari opera. Malik yang merupakan orang Armenia ternyata juga jatuh cinta kepada Nino. Malik kemudian menculiknya dan merencanakan pernikahan dengan Nino secara diam-diam. Ali kemudian datang menghadapi Malik dan membunuhnya dengan sebuah belati. Ali terluka selama pertempuran dengan Malik. Kemudian ia melarikan diri ke Dagestan untuk menyembuhkan lukanya dan bersembunyi dari keluarga Malik yakni keluarga Nachararyan yang berbahaya. Di tempat lain terjadi peristiwa Revolusi Rusia yang berhasil menggulingkan Tsar Nicholas II dari kekuasannya.

Ibu Nino yang bernama Tamar kemudian khawatir jika nantinya tidak ada seorang pun yang akan menikahi putrinya. Tamar kemudian berencana mengirim Nino ke Moskow. Yang terjadi kemudian adalah berbeda dari yang direncanakan. Mustafa kembali menyatukan Nino dan Ali di sebuah gunung. Setelah semalaman bercinta dan dengan hilangnya keperawanan Nino, Ali berteriak memanggil seorang Mullah. Mustafa kemudian meyakinkan pasangan tersebut bahwa tidak ada imam yang diperlukan karena dirinya dapat melakukan upacara pernikahan. Terlepas dari masa kanak-kanaknya yang aristokrat, kehidupan pedesaan yang sederhana sangat cocok dengan Ali dan Nino yang menjadi pengantin baru. Di tempat tersebut mereka menemukan kebahagiaan sejati. Di saat yang sama Republik Demokratik Azerbaijan berhasil mendapatkan kemerdekaannya.

Ali kembali ke Baku. Kemudian ia diangkat menjadi Wakil Menteri Luar Negeri. Dia mulai membesarkan keluarga mudanya di tanah air yang merdeka. Negara muda itu kemudian menandatangani perjanjian persahabatan dengan negara-negara tetangganya. Namun terdapat ketakutan pada kaum Bolshevik di Rusia. Mengetahui bahwa Rusia telah menyiapkan 30.000 tentara di perbatasan, pemerintah Azerbaijan kemudian melarikan diri dengan kereta api. Saat Nino dan putri mereka menuju Paris, Ali melompat dari kereta. Ali turun untuk meledakkan jembatan. Nino aman bersama putrinya di kereta, sayangnya Ali tertembak dan terbunuh. Ali meninggal saat berjuang membela negaranya.

Pemain[sunting | sunting sumber]

  • Adam Bakri sebagai Ali Khan Shirvanshir - Azerbaijan - Muslim
  • María Valverde sebagai Nino Kipiani - Georgia - Kristen
  • Riccardo Scamarcio sebagai Malik Nakhararyan - Armenia - Kristen
  • Homayoun Ershadi sebagai Safar Khan - ayah Ali
  • Halit Ergenç sebagai Fatali Khan Khoyski
  • Assaad Bouab sebagai Ilyas Bey
  • Numan Acar sebagai Seyid Mustafa
  • Ekin Koç sebagai Mehmed Heydar
  • Connie Nielsen sebagai Duchess Tamar Kipiani - ibu Nino
  • Mandy Patinkin sebagai Adipati Gregor Kipiani - ayah Nino
  • Parviz Mamedrzayev sebagai Qochu
  • Qurban Ismayilov sebagai Kasi Mullah
  • Jumshud Zeynalov sebagai Yayha Guli
  • Fakhraddin Manafov sebagai Zeynalabdin Taghiyev
  • Nigar Gulahmadova sebagai Sona Taghiyeva
  • Parviz Bagirov sebagai Musa Naghiyev
  • Daniz Tajeddin sebagai Darya - teman Nino #1
  • Khumar Salimova sebagai Eka - teman Nino #2
  • Mehriban Zaki sebagai Sultan Hanum
  • Rasim Jafarov sebagai Ivan

Pemutaran di Indonesia[sunting | sunting sumber]

Ali and Nino merupakan salah satu film yang diputar dalam Festival Film Europe on Screen tahun 2019. Film ini masuk ke dalam program festiveties yang menayangkan film-film cerita panjang. Adapun penayangnnya dilakukan sebanyak empat di Erasmus Huis Jakarta pada 19 April, Gran Aston Medan pada 23 April, IFI Surabaya pada 24 April, dan di Ke:kini pada 27 April.[8]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Dario Marianelli to Score Laika's 'Kubo and the Two Strings'". filmmusicreporter.com. Diakses tanggal 7 October 2016. 
  2. ^ "Box office / business for Ali and Nino". imdb.com. Diakses tanggal 7 October 2016. 
  3. ^ "Christopher Hampton to adapt 'Ali and Nino, Diana Lodderhose, Variety, 9 Januari 2012. (dalam bahasa Inggris)
  4. ^ Direktur Inggris Asif Kapadia untuk Helm 'Ali and Nino' Dari PeaPie Films, Patrick Brzeski, The Hollywood Reporter, 19 Mei 2013. (dalam bahasa Inggris)
  5. ^ Maria Valverde Bergabung dengan 'Ali & Nino'; Fotografi Utama Dimulai Pada Februari, Ali Jaafar, deadline.com, 8 Januari 2015. (dalam bahasa Inggris)
  6. ^ Maria Valverde akan membintangi 'Ali & Nino', https://news.yahoo.com, 9 Januari 2015. (dalam bahasa Inggris).
  7. ^ История любви Али и Нино вскоре появится на больших экранах, Елена Остапенко, 1news.az, 27 Agustus 2014. (dalam bahasa Azerbaijan).
  8. ^ Buku Program Europe on Screen. 2019.  Ali and Nino. diakses melalui http://europeonscreen.org/wp-content/uploads/2019/04/04082019_eProgram-Book-Rev.pdf Diarsipkan 2019-04-11 di Wayback Machine. pada 11 April 2019.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]