Dunkerque

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Dunkirk
Dunkerque dot.png
Negara Perancis
Arondisemen Dunkerque
Kanton Kota utama dari 2 kanton
Antarkomune Dunkerque grand littoral
Kode INSEE/pos 59183

Dunkerque (bahasa Belanda: Duinkerke; bahasa Inggris: Dunkirk) ialah sebuah kota pelabuhan dan komune di Nord, Perancis bagian utara, 10 km dari perbatasan Belgia. Penduduknya berjumlah 91.412 orang berdasarkan sensus penduduk pada tahun 2016.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Peristiwa paling menonjol dalam sejarah kota ini adalah Evakuasi Dunkirk atau penyelamatan atas prajurit Sekutu dari Perancis ke Britania Raya selama Perang Dunia II. Di antara mereka terdapat Jenderal Charles De Gaulle yang kemudian menjadi pimpinan gerakan perlawanan Perancis.

Evakuasi Dunkirk[sunting | sunting sumber]

Dalam Perang Dunia II (1939–1945), pasukan Jerman menyerang Perancis pada Mei 1940. Untuk membantu Perancis, Britania Raya mengirimkan pasukan yang disebut British Expeditionary Force (BEF), namun malangnya pasukan ini terkepung oleh gerakan maju pasukan Jerman dan terputus hubungan dengan pasukan Perancis. Mereka terdesak dan terkepung di wilayah sekitar pelabuhan Dunkirk pada 26 Mei 1940, dan menunggu diselamatkan oleh Angkatan Laut Kerajaan Britania Raya. Evakuasi ini dinyatakan berakhir pada 4 Mei 1940 dan berhasil menyelamatkan lebih dari 338.226 orang prajurit (termasuk 123,00 tentara Perancis) dengan menggunakan berbagai jenis kapal besar dan kecil, termasuk perahu-perahu nelayan dan pesiar. Perdana Menteri Britania Raya, Sir Winston Churchill, yang memerintahkan pelaut-pelaut dan pemilik kapal-kapal sipil untuk berlayar ke Dunkirk untuk menyelamatkan pasukan tersebut, sampai menyebut keberhasilan operasi penyelamatan militer terbesar dalam sejarah tersebut sebagai Keajaiban Dunkirk. Lebih dari 900 kapal terlibat, dan meskipun dua pertiga dari penyintas dievakuasi melalui pelabuhan, sekitar 100.000 orang berangkat dari pantai. Operasi penyelamatan ini diberi nama kode Operasi Dynamo.

Selama bertahun-tahun, ada anggapan bahwa Adolf Hitler memerintahkan Wehrmacht untuk menghentikan serangan, dan membiarkan pemboman dilanjutkan oleh Luftwaffe. Namun berdasarkan Official War Diary of Army Group A, komandan pasukan Jerman Generaloberst Gerd von Rundstedt lah yang memerintahkan penghentian tersebut. Hitler baru mengesahkan perintah ini beberapa jam kemudian. Hal ini memberikan kesempatan beberapa hari bagi Sekutu untuk mengevakuasi pasukannya yang terkepung.

Tujuan wisata[sunting | sunting sumber]

  • Musée Portuaire memperlihatkan gambar-gambar pelabuhan masa lalu.
  • Musée des Beaux-Arts memiliki koleksi lukisan dan pahatan bangsa Flandria, Italia, dan Perancis.
  • Karnaval Dukerque

Transportasi[sunting | sunting sumber]

Dunkerque memiliki hubungan feri dengan Dover, Inggris.

Kota kembar[sunting | sunting sumber]

Rujukan[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]