Wehrmacht

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Angkatan Pertahanan Nasional Jerman
Wehrmacht
Balkenkreuz.svg
Simbol Balkenkreuz adalah lambang Wehrmacht.
Aktif 1935–46
Negara  Nazi Jerman
Cabang Heer
Kriegsmarine
Luftwaffe
Peran Angkatan Bersenjata Nazi Jerman
Jumlah personil

20,700,000 (pasukan siap tugas sejak awal)

2,200,000 (1945)
Markas Zossen
Pelindung Adolf Hitler
Warna seragam Feldgrau
Pertempuran Perang Saudara Spanyol
Perang Dunia ke-2
Komandan tempur
Wakil komandan Adolf Hitler
Tokoh berjasa Adolf Hitler
Hermann Göring
Wilhelm Keitel
Erich Raeder
Karl Dönitz
Robert Ritter von Greim
Erwin Rommel
Insignia
Tanda pengenal Balkenkreuz
Tanda pengenal Swastika

Wehrmacht adalah nama angkatan bersenjata Nazi-Jerman sejak tahun 1935 sampai 1945. Selama Perang Dunia II, Wehrmacht terdiri dari Heer (Angkatan Darat), Kriegsmarine (Angkatan Laut), Luftwaffe (Angkatan Udara) dan Pasukan Elit Jerman saat itu Waffen-SS ("SS Bersenjata"), serta ditambah unit-unit bekas Sturmabteilung (SA).

Asal dan penggunaan istilah[sunting | sunting sumber]

Sebelum bangkitnya NSDAP, istilah Wehrmacht digunakan dalam arti umum untuk menyebutkan angkatan bersenjata dari bangsa manapun, yang difungsikan sebagai "pertahanan tanah air". Contohnya, istilah Britische Wehrmacht berarti menunjuk kepada angkatan bersenjata Inggris.

Pasal 47 dari Undang-undang Dasar Republik Weimar tahun 1919 menyatakan "Reichspräsident memegang kekuasaan tertinggi semua angkatan bersenjata Reich". Untuk memberi ciri khas, istilah Reichswehr digunakan untuk menyebut angkatan bersenjata Jerman.

Pada tahun 1935, atau pada saat Kaum Nazi bangkit, Reichswehr kemudian diganti menjadi Wehrmacht. Maka, istilah Wehrmacht secara tak resmi digunakan untuk merujuk kepada angkatan bersenjata Jerman selama masa Reich ke-3 dan PD II.

Pasca Perang Dunia II[sunting | sunting sumber]

Setelah Nazi Jerman menyerah tanpa syarat pada tanggal 7 Mei 1945, Jerman dilarang memiliki angkatan bersenjata. Terbelahnya Jerman pada masa Perang Dingin memicu pembentukan angkatan militer di Republik Federal Jerman (Jerman Barat) dan Republik Demokratik Jerman (Jerman Timur).

Militer Jerman Barat terbentuk pada tanggal 5 Mei 1955 dengan nama Bundeswehr yang berarti Angkatan Pertahanan Federal. Sementara militer Jerman Timur dibentuk pada 1 Maret 1956 dengan nama Tentara Rakyat Nasional (Nationale Volksarmee).

Catatan[sunting | sunting sumber]

  • Adalah tidak tepat jika menyamakan Wehrmacht hanya dengan angktan darat (Heer). Kendaraan Wehrmacht yang digunakan oleh Heer, Luftwaffe atau angkatan laut memiliki plat nomor dengan WH, WL, WM.