Tentara Rakyat Nasional Jerman

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Tentara Rakyat Nasional Jerman (TRNJ)
Nationale Volksarmee (NVA)
Coat of arms of NVA (East Germany).svg
Lambang NVA
Flag of NVA (East Germany).svg
Bendera Tentara Rakyat Nasional Jerman
SloganFür den Schutz der Arbeiter-und-Bauern-Macht
(Untuk Keamanan Para Pekerja, Petani, dan Kekuatan Negara)
Didirikan1 Maret 1956
Dibubarkan2 Oktober 1990
Angkatan
Markas besarStrausberg, Berlin Timur
Kepemimpinan
Head of State
Minister of Defence
Army General
Penambahan
usia militer/tahun
(175,300 (1987))

Tentara Rakyat Nasional Jerman atau dalam bahasa jerman: Nationale Volksarmee disingkat NVA, adalah nama angkatan bersenjata milik Jerman Timur.

TRNJ didirikan tahun 1956 dan dihapuskan tahun 1990. TRNJ ini sebenarnya tak pernah terlibat di dalam konflik bersenjata secara langsung, tetapi pada saat Pendudukan Uni Soviet ke Cekoslowakia berencana untuk dilibatkan namun pada menit-menit terakhir pelaksanaan Operasi Danube dibatalkan dengan alasan tak jelas dari Uni Soviet. Beberapa laporan juga merujuk kepada petinggi-petinggi TRNJ yang mana ada beredar kabar banyak membantu revolusi komunis di wilayah Afrika dan Timur Tengah pada era Perang Dingin.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Parade Prajurit TRNJ pada Hari Jadi ke-40 negara Republik Demokratik Jerman di Berlin

.

Nationale Volksarmee (NVA) ini, didirikan pada 1 Maret 1956, enam bulan setelah dibentuknya angkatan bersenjata Jerman Barat yang bernama Bundeswehr. Berawal dari Kasernierte Volkspolizei atau Barikade Polisi Rakyat, yaitu badan pendudukan militer milik Soviet di Jerman, yang kemudian nama dan fungsi nya diubah sehingga dapat membentuk suatu Angkatan Bersenjata Nasional yang dapat melindungi warga negara Jerman di Timur. Pada tahun-tahun persiapan banyak para bekas perwira Wehrmacht yang ikut membantu dalam pembentukan Angkatan Bersenjata baru untuk negara baru yang mana mengakibatkan masih ada bekas peninggalan Wehrmacht di tubuh NVA. Contohnya cara berparade yang menggunakan Langkah Angsa, Pakaian dengan warna abu-abu kehijau tuaan yang mana serupa dengan seragam wehrmacht, Bentuk helem yang dicampur dari desain helm milik Tentara Merah dan Stahlhelm milik Wehrmacht. Meski masih menggunakan tradisi lama milik Wehrmacht tetapi Pendoktrinisasi serta Struktur administratif di TRNJ berdasarkan serta serupa dengan Angkatan Bersenjata Uni Soviet. Selain mendapat bantuan awal pembentukan dari Wehrmacht TRNJ juga dibantu oleh mantan perwira Komunis bekas Perang Sipil Spanyol.

Awal-awal pembentukan NVA 27 persen perwira militer-nya merupakan bekas veteran Wehrmacht yang masa dinas-nya belum habis dan juga yang tidak di adili di Pengadilan Nuremberg. Dari sekitar 82 posisi tertinggi di jajaran NVA sekitar 61 posisi dipegang oleh para perwira-perwira wehrmacht. Mereka masih lanjut berdinas sampai tahun 1960-an karena pengetahuan di bidang militer mereka sangatlah di perlukan untuk pertahanan negara ini. Baik Jerman Barat maupun Jerman Timur menggunakan cara seperti ini untuk mengetahui rahasia-rahasia wehrmacht yang sangat efektif dalam hal bertempur.

Mantan tentara Wehrmacht di NVA[sunting | sunting sumber]

Daftar berikut termasuk para jenderal NVA dan laksamana yang dianugerahi Salib Jerman di Wehrmacht selama Perang Dunia Kedua dengan tanggal penghargaan serta pangkat yang dipegang pada waktu yang tertulis disamping nama.[1]

  • Mayor Jenderal Rudolf Bamler (12 Maret 1942 sebagai Kolonel)
  • Generalmajor Bernhard Bechler (28 Januari 1943 sebagai Major)
  • Generalmajor Dr. rer. pol. Otto Korfes (11 Januari 1942 sebagai Oberst)
  • Mayor Jenderal Arno dari Lenski (21 Januari 1943 sebagai General utama)
  • Letnan Jenderal Vincenz Müller (26 Januari 1942 sebagai Kolonel)
  • Generalmajor Hans Wulz (25 Januari 1943 sebagai Generalmajor)

Daftar berikut termasuk para jenderal NVA dan laksamana yang dianugerahi Salib Ksatria dari Salib Besi di Wehrmacht selama Perang Dunia Kedua dengan tanggal penghargaan serta pangkat yang dipegang pada waktu yang tertulis disamping nama.[2]

  • Generalmajor Wilhelm Adam (17 Desember 1942 sebagai Oberst)
  • Generalmajor Dr. rer. pol. Otto Korfes (22 Januari 1943 sebagai Generalmajor)
  • Letnan Jenderal Vincenz Müller (7 April 1944 sebagai Letnan Jenderal)

Referensi[sunting | sunting sumber]