Bintara

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Pangkat terendah dalam golongan Bintara TNI (Sersan Dua)
Pangkat terendah dalam golongan Bintara POLRI (Bripda)

Bintara (Bahasa Inggris: Non-commissioned Officer disingkat NCO) adalah golongan pangkat ketentaraan dan kepolisian yang lebih rendah dari Letnan Dua/Inspektur Polisi Dua, dan lebih tinggi dari Kopral/Ajun Brigadir Polisi.[1] Bintara merupakan tulang punggung kesatuan di militer yang berperan sebagai penghubung antara Perwira dengan Tamtama atau sebaliknya dalam segi operasional.

Biasanya para Pelatih dalam instansi TNI atau POLRI berasal dari golongan pangkat ini untuk membentuk rekrut menjadi aparat yang professional. Pada umumnya berasal dari golongan "Bintara" bukan "Bintara Tinggi".

Bintara juga memiliki tugas untuk membimbing dan mengepalai beberapa jumlah anggota Tamtama seukuran regu yang dipimpin oleh seorang Sersan.

Di Polri, golongan pangkat ini disebut "Brigadir".

Pembagian bintara[sunting | sunting sumber]

Bintara terbagi dua yaitu:

  1. Bintara Tinggi
    merupakan golongan calon perwira di TNI (Pembantu Letnan Dua dan Pembantu Letnan Satu) dan Polri (Ajun Inspektur Polisi Dua dan Ajun Inspektur Polisi Satu), pangkat ini sepadan dengan Warrant Officer di negara-negara lain.
  2. Bintara
    merupakan golongan pangkat "Sersan" di TNI (Sersan Dua sampai Sersan Mayor) dan "Brigadir" di Polri (Brigadir Polisi Dua sampai Brigadir Polisi Kepala). Di negara lain sepadan dengan Specialist atau Non-commisioned officer.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka, 1994. ISBN 979-407-182-X.