Salib Kesatria dari Salib Besi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Salib Kesatria dari Salib Besi
Ritterkreuz des Eisernen Kreuzes
DE Band mit RK (1).jpg
Dianugerahkan oleh the Führer and Presiden Reich
Jenis Penghargaan Kalung
Persyaratan penerima personel Militer dan Paramiliter
Dianugerahkan atas dasar Keberanian militer atau kepemimpinan yang luar biasa
Dalam rangka Perang Dunia II
Status Kuno
Statistik
Ditetapkan pada 1 September 1939
Anugerah pertama 30 September 1939
Penerima anumerta Swords: 15
Oak Leaves: 95
Knight's Cross: 581
Penerima
istimewa
Over 7,000
Tingkatan
Lebih tinggi Grand Cross of the Iron Cross
Lebih rendah Iron Cross 1st Class

Salib Kesatria dari Salib Besi atau Knight's Cross of the Iron Cross (bahasa Jerman: Ritterkreuz des Eisernen Kreuzes), atau hanya Salib Kesatria (Ritterkreuz), dan variannya adalah penghargaan tertinggi di militer dan paramiliter pasukan Nazi Jerman selama Perang Dunia II.

Ritterkreuz yang telah diberikan untuk berbagai macam alasan dan di semua jajaran, dari seorang komandan senior untuk keterampilan dalam memimpin pasukannya dalam pertempuran dan untuk peringkat terendah prajurit untuk satu tindakan militer yang berani. Pergelaran dibuat untuk anggota dari tiga cabang militer dari Wehrmacht ( Heer (angkatan darat), Kriegsmarine (angkatan laut) dan Luftwaffe (angkatan udara), serta Waffen-SS, Reichsarbeitsdienst (RAD—Jasa Tenaga Kerja Reich) dan Volkssturm (milisi nasional Jerman), bersama dengan personil dari Blok Poros.

Penghargaan ini mulai diselenggarakan pada tanggal 1 September 1939, pada awal Jerman menginvasi Polandia. Kelas yang lebih tinggi, Daun Oak untuk Salib Kesatria, diselenggarakan pada tahun 1940. Pada tahun 1941, dua level yang lebih tinggi dari Salib Kesatria dengan Daun Oak yang diselenggarakan: Salib Kesatria dengan Daun Oak dan Pedang dan Salib Kesatria dengan Daun Oak, Pedang dan Berlian. Pada akhir tahun 1944 level teratas, Salib Kesatria dibuat dengan Daun Oak Golden, Pedang dan Berlian. Lebih dari 7.000 penghargaan dibuat selama perang.

Level[sunting | sunting sumber]

Dasar hukum untuk keputusan ini telah dibuat pada tahun 1937 dengan hukum Jerman dari Judul, Perintah dan Tanda Kehormatan (Gesetz über Titel, Orden und Ehrenzeichen) yang membuat Führer dan Presiden Reich satu-satunya orang yang diizinkan untuk menghadiahkan penghargaan atau tanda kehormatan. Oleh karena itu, re-institusi Salib Besi karena keputusan Führer, yang memiliki implikasi politik sejak Perjanjian Versailles telah secara eksplisit melarang penciptaan dekorasi, rangka atau medali militer. Pembaharuan untuk pertama kalinya telah menciptakan sebuah tanda kehormatan dari seluruh negara Jerman.

Ketika perang berlangsung empat tahun tambahan, para pemimpin harus membedakan orang-orang yang telah mendapatkan Salib Kesatria dari Salib Besi atau salah satu nilai yang lebih tinggi dan yang terus menunjukkan prestasi dalam pertempuran keberanian atau keberhasilan militer. Salib Ksatria itu akhirnya diberikan dalam lima kelas:

  • Salib Ksatria dari Salib Besi (Knight's Cross of the Iron Cross)
  • Salib Ksatria dari Salib Besi dengan daun oak (Knight's Cross of the Iron Cross with Oak Leaves)
  • Salib Ksatria dari Salib Besi dengan Daun Oak dan Pedang (Knight's Cross of the Iron Cross with Oak Leaves and Swords)
  • Salib Ksatria dari Salib Besi dengan Daun Oak, pedang dan Berlian (Knight's Cross of the Iron Cross with Oak Leaves, Swords and Diamonds)
  • Salib Ksatria dari Salib Besi dengan Daun Oak, pedang dan Berlian Golden (Knight's Cross of the Iron Cross with Golden Oak Leaves, Swords and Diamonds).

Referensi[sunting | sunting sumber]

Kutipan[sunting | sunting sumber]