Paramiliter

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari

Paramiliter adalah kekuatan berpasukan semi-militer yang struktur organisasi, pelatihan, subkultur, dan fungsi mendekati dengan militer sesungguhnya. Pasukan paramiliter juga dilatih sebagai unsur bantuan militer dalam suatu operasi atau penugasan bangsa/negara tertentu.

Organisasi paramiliter dapat memiliki berbagai fungsi. Paramiliter dapat dibentuk oleh pemerintah sebagai polisi paramiliter atau penjaga keamanan internal khusus. Beberapa organisasi (pemberontak) juga menggunakan istilah ini sebagai kelompok revolusioner yang menggunakan taktik tradisional atau gerilya untuk menentang pemerintah, contohnya seperti organisasi/pasukan Gerakan Aceh Merdeka dan Organisasi Papua Merdeka. Bentuk lain, adalah sebagai milisi swasta yang bertujuan menegakkan ketertiban tanpa terkekang oleh aturan hukum tertentu. Paramiliter juga dapat merupakan unit komando yang dibentuk oleh suatu negara dan ditujukan untuk misi pertempuran non-tradisional yang beroperasi di luar kendali resmi militer. Di lain pihak, ada juga kelompok yang mengadopsi organisasi militer dan aspek-aspek budaya dan disiplin militer, tapi tidak ditujukan untuk pertempuran.

Di Indonesia, pasukan yang dapat didefenisikan sebagai paramiliter resmi pemerintah ialah pasukan Brigade Mobil dan/atau Densus 88 Anti terror.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]