Star Wars: The Rise of Skywalker

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Star Wars: The Rise of Skywalker
Star Wars The Rise of Skywalker poster.jpg
Poster perilisan teater
SutradaraJ. J. Abrams
Produser
Penulis
BerdasarkanKarakter
oleh George Lucas
Pemeran
MusikJohn Williams
SinematografiDan Mindel[1]
Penyunting
Perusahaan
produksi
DistributorWalt Disney Studios
Motion Pictures
Tanggal rilis
  • 18 Desember 2019 (2019-12-18) (Indonesia)
  • 20 Desember 2019 (2019-12-20) (Amerika Serikat)
Durasi
142 Menit
NegaraAmerika Serikat
BahasaInggris
Anggaran$275 Juta
Pendapatan kotor$1.049 Miliar

Star Wars: The Rise of Skywalker (dikenal juga dengan Star Wars: Episode IX - The Rise of Skywalker) adalah film epik opera luar angkasa Amerika tahun 2019 yang diproduksi, ditulis bersama, dan disutradarai oleh J. J. Abrams. Ini adalah angsuran ketiga dari trilogi sekuel Star Wars, mengikuti The Force Awakens (2015) dan The Last Jedi (2017), dan episode terakhir dari sembilan bagian "Skywalker saga". Film ini diproduksi oleh Lucasfilm dan Perusahaan produksi Abrams, Bad Robot Productions, dan didistribusikan oleh Walt Disney Studios Motion Pictures. Pemain ansambel film ini termasuk Carrie Fisher, Mark Hamill, Adam Driver, Daisy Ridley, John Boyega, Oscar Isaac, Anthony Daniels, Naomi Ackie, Domhnall Gleeson, Richard E. Grant, Lupita Nyong'o, Keri Russell, Joonas Suotamo , Kelly Marie Tran, Ian McDiarmid, dan Billy Dee Williams.

The Rise of Skywalker mengadakan pemutaran perdana dunianya di Los Angeles pada 16 Desember 2019, dan dirilis secara teatrikal di Indonesia pada 18 Desember 2019 ,dan Amerika Serikat pada 20 Desember 2019. Film ini mendapat ulasan beragam dari para kritikus, dengan sebagian memuji perayaan seluruh saga dan yang lainnya. menganggapnya tidak imajinatif dan turunan.

Alur cerita[sunting | sunting sumber]

Menyelidiki pesan misterius, Kylo Ren memperoleh perangkat Sith Wayfinder dan melakukan perjalanan ke planet Exegol. Ia menemukan Palpatine yang cacat fisik,[2] yang mengungkapkan bahwa ia menciptakan Snoke sebagai boneka untuk mengendalikan First Order dan memikat Kylo ke sisi gelap. Palpatine meluncurkan armada rahasia Star Destroyers dan memberitahu Kylo untuk menemukan dan membunuh Rey, yang melanjutkan pelatihan Jedi di bawah Jenderal Leia Organa. Sementara itu, Finn, Poe Dameron, dan Chewbacca mengambil informasi yang berasal dari mata-mata First Order yang mengkonfirmasikan kembalinya Palpatine. Rey menemukan catatan dalam teks Jedi Luke tentang artefak Sith yang dapat membawa mereka ke Palpatine. Rey, Poe, Finn, Chewbacca, BB-8, dan C-3PO pergi ke Pasaana untuk mencari kontak yang diketahui Luke, sementara R2-D2 tetap tinggal bersama Leia.

Di Pasaana, mereka bertemu Lando Calrissian, yang membawa mereka ke lokasi artefak terakhir yang diketahui di padang pasir. Kylo belajar di mana Rey melalui ikatan Kekuatan mereka dan melakukan perjalanan ke Pasaana dengan Knights of Ren. Rey dan yang lainnya menemukan sisa-sisa seorang pembunuh, kapalnya, dan sebuah belati bertuliskan teks Sith, yang pemrograman C-3PO melarangnya menerjemahkannya

. Merasakan bahwa Kylo ada di dekatnya, Rey pergi untuk menghadapinya. First Order menangkap Milenium Falcon, Chewbacca, dan belati; Rey, yang berusaha menyelamatkan Chewbacca, secara tidak sengaja menghancurkan transportasi First Order dengan petir Force. Kelompok itu melarikan diri di kapal pembunuh, dengan anggapan Chewbacca terbunuh dalam ledakan itu.

Poe menyarankan agar mereka pergi ke Kijimi untuk mendapatkan teks Sith diekstraksi dari memori C-3PO. Teks ini mengungkapkan koordinat ke Wayfinder di Kef Bir; Memori C-3PO dihapus sebagai hasil dari ekstraksi. Rey merasakan bahwa Chewbacca masih hidup, dan kelompok itu melakukan misi penyelamatan. Sementara Kylo mencari Rey, kelompok itu menyusup ke Star Destroyer-nya dengan bantuan Zorii Bliss, seorang teman lama Poe's. Melalui the Force, Kylo memberi tahu Rey bahwa dia adalah cucu perempuan Palpatine; Palpatine telah memerintahkan kematiannya sebagai seorang anak, takut akan kekuatannya. Rey pulih belati dan memiliki visi pembunuh menggunakannya untuk membunuh orang tuanya. Jenderal Hux menemukan kelompok itu dan menyatakan dirinya sebagai mata-mata. Dia memungkinkan mereka untuk melarikan diri di Falcon, tetapi dieksekusi karena pengkhianatan.

Grup tiba di Kef Bir. Seorang wanita bernama Jannah membawa mereka ke sisa-sisa Death Star kedua, tempat Rey menemukan Wayfinder. Kylo, ​​setelah melacak grup ke Kef Bir, menghancurkan Wayfinder dan duel Rey. Leia yang sekarat memanggil Kylo melalui the Force, dan Rey menusuknya. Merasakan kematian Leia, Rey menyembuhkan Kylo dan mengasingkan diri dengan Ahch-To. Spirit Force Luke muncul dan mendorong Rey untuk menghadapi Palpatine ketika dia pernah berhadapan dengan Darth Vader, memberinya lightsaber Leia dan sayap X-tuanya. Rey pergi ke Exegol, menggunakan Wayfinder dari kapal Kylo. Di Kef Bir, Kylo bercakap-cakap dengan visi ayahnya Han Solo dan membuang lightsaber-nya, mengklaim kembali identitasnya sebagai Ben Skywalker-Solo.

Di markas Resistance, R2-D2 mengembalikan memori C-3PO dari penyimpanan cadangan lama. Perlawanan mengikuti koordinat Rey ke Exegol. Rey berhadapan dengan Palpatine, yang menuntut agar dia membunuhnya untuk mentransfer semangatnya padanya. Perlawanan terlibat dalam pertempuran dengan armada Palpatine. Ben mengalahkan Knights of Ren dan datang untuk membantu Rey. Palpatine menyerap esensi kehidupan Rey dan Ben, meremajakan dirinya sendiri, dan melemparkan Ben ke jurang. Dia menyerang armada Perlawanan dengan kekuatan petirnya. Seorang Rey yang lemah mendengar suara-suara Jedi masa lalu yang meminjamkannya kekuatan mereka; Palpatine menyerangnya dengan kilat, tapi dia membloknya dengan menggunakan dua lightsaber, membunuhnya. Rey meninggal sesudahnya. Ben menggunakan the Force untuk membangkitkannya; ciuman sebelum Ben meninggal. Lando memimpin Perlawanan, didukung oleh bala bantuan, untuk menghancurkan sisa armada Palpatine.

Saat galaksi merayakan, Rey mengunjungi rumah Lars di Tatooine. Dia mengubur lightsabers Skywalker, setelah membangun sendiri. Seorang penduduk setempat menanyakan namanya; ketika roh Luke dan Leia melihat, dia menjawab "Rey Skywalker."

Pemeran[sunting | sunting sumber]

  • Daisy Ridley sebagai Rey,[5] seorang pemulung dari Jakku, seorang anggota Resistance . Dia adalah Jedi terakhir dan murid Luke Skywalker dan Leia Organa.

Produksi[sunting | sunting sumber]

Pengembangan[sunting | sunting sumber]

Pada Oktober 2012, pencipta Star Wars George Lucas menjual perusahaan produksinya, Lucasfilm, dan dengannya Waralaba Star Wars, ke The Walt Disney Company.[15] Disney kemudian mengumumkan trilogi sekuel Star Wars. Pada Juni 2014, diumumkan bahwa Rian Johnson, penulis dan sutradara The Last Jedi, akan menulis sebuah cerita perawatan untuk Episode IX. Pada bulan Agustus 2015, Colin Trevorrow diumumkan sebagai sutradara film; ia akan menulis naskah dengan kolaborator yang sering Derek Connolly.[16] Pada April 2017, Johnson menyatakan bahwa ia tidak terlibat dalam penulisan film. Pada bulan Februari 2016, kepala eksekutif Disney, Bob Iger membenarkan bahwa pra-produksi di Episode IX telah dimulai.[17] Pada akhir April 2017, Disney mengumumkan bahwa film tersebut akan dirilis pada 24 Mei 2019. Sebulan kemudian, syuting diharapkan dimulai pada Januari 2018,[18] tetapi ini kemudian didorong kembali ke Agustus.

Sulih suara[sunting | sunting sumber]

Carrie Fisher, yang berperan sebagai Leia Organa, meninggal pada 27 Desember 2016. Variety dan Reuters melaporkan bahwa dia telah direncanakan untuk peran kunci dalam The Rise of Skywalker.[19] Pada Januari 2017, Lucasfilm menyatakan bahwa tidak ada rencana untuk secara digital menghasilkan kinerja Fisher seperti yang mereka miliki untuk Rogue One. April berikut, saudara Fisher Todd mengungkapkan bahwa putri Fisher, Billie Lourd, telah memberikan Disney hak untuk menggunakan rekaman terbaru Fisher. Namun, seminggu kemudian, Kathleen Kennedy menyatakan bahwa Fisher tidak akan muncul dalam film. Pada Juli 2018, J. J. Abrams mengumumkan bahwa rekaman Fisher yang tidak digunakan dari The Force Awakens akan digunakan untuk membantu menyelesaikan cerita. Menurut Todd Fisher:

Ada banyak menit rekaman. Maksudku bukan disensor. Ini adalah konten baru yang tidak terpakai yang dapat ditenun ke dalam alur cerita. ... Ini akan terlihat seperti seharusnya. Seperti tertembak kemarin.

Pengambilan gambar[sunting | sunting sumber]

Pengambilan gambar utama dimulai pada 1 Agustus 2018, di Pinewood Studios di Buckinghamshire, Inggris. Pengambilan gambar juga berlangsung di Wadi Rum, Yordania.[20] Oscar Isaac menyatakan bahwa Abrams memungkinkan akting yang lebih improvisasi daripada di dua film sebelumnya. Karena jadwal yang padat, beberapa penyuntingan dilakukan di lokasi syuting. Fotografi prinsipal yang dibungkus pada 15 Februari 2019. Cuplikan dari film ini ditayangkan pada pertemuan pemegang saham tahunan The Walt Disney Company pada 7 Maret 2019. Pemotretan ulang berlangsung di Bad Robot Productions antara akhir September dan pertengahan Oktober.[21]

Pascaproduksi[sunting | sunting sumber]

Efek visual diciptakan oleh Industrial Light & Magic dan diawasi oleh Roger Guyett.[22] Film ini selesai diproduksi pada 25 November 2019. Setelah Boyega secara tidak sengaja meninggalkan salinan naskah di kamar hotel mereka, film itu terdaftar di eBay dengan harga sekitar £ 65. Seorang karyawan Disney mengidentifikasi naskah itu asli dan membelinya dari penjual dengan jumlah yang dirahasiakan.

Musik[sunting | sunting sumber]

Pada 10 Januari 2018, dilaporkan bahwa John Williams, yang menggubah musik untuk delapan film saga sebelumnya, akan kembali untuk menulis dan melakukan Episode IX.[23][24] Bulan berikutnya, Williams mengumumkan bahwa itu akan menjadi film Star Wars terakhir di mana ia akan menyusun skor.[25]

Penayangan[sunting | sunting sumber]

Film ini awalnya direncanakan akan ditayangkan pada 24 Mei 2019, sebelum diundurkan ke 20 Desember di Amerika Serikat.[26] Premier dunianya di Los Angeles pada 16 Desember,[27] dan 18 Desember di Indonesia. Tidak seperti kebanyakan film studio, Disney tidak mengadakan Uji pemutaran untuk Star Wars: The Rise of Skywalker, melainkan hanya menunjukkannya kepada teman dan keluarga Abrams, serta penggemar yang sakit parah.

Film ini akan ditayangkan di Disney+ pada tahun 2020.[28]

Penerimaan[sunting | sunting sumber]

Pencapaian[sunting | sunting sumber]

Pada tanggal 26 Desember 2019, Star Wars: The Rise of Skywalker telah mendapat $ 258,9 juta di Amerika Serikat dan Kanada, dan $ 257,9 juta di wilayah lain, dengan total total dunia $ 516,8 juta di seluruh dunia.[29]

Tiket pra-penjualan mulai dijual pada 21 Oktober 2019 dan film ini menjual lebih banyak tiket pada jam pertama ketersediaannya di Tiket Atom daripada pemegang rekor sebelumnya untuk penjualan tiket, Avengers: Endgame. Ini menjadi penjual hari pertama Atom Tickets terbaik kedua sepanjang masa di belakang Endgame, menjual lebih dari dua kali jumlah tiket karena The Last Jedi menjual dalam jangka waktu yang sama, sementara Fandango melaporkan penjualannya melebihi semua film Star Wars sebelumnya.[30] Pelacakan box office memiliki The Rise of Skywalker mendapat sekitar $ 205 juta pada akhir pekan pembukaannya, meskipun beberapa perusahaan memperkirakan debut mendekati $ 175 juta. Film ini menghasilkan $ 90 juta pada hari pertama, termasuk $ 40 juta dari preview Kamis malam, hari pembukaan tertinggi keenam sepanjang masa.

Di seluruh dunia film ini diproyeksikan untuk menghasilkan sekitar $ 450 juta pada akhir pekan pembukaannya, termasuk $ 250 juta dari wilayah internasional.[31] Itu menghasilkan $ 59.1 juta dari hari pertama rilis internasionalnya di 46 negara. Pasar terbesar adalah Inggris ($ 8,3 juta), Jerman ($ 7,2 juta), Prancis ($ 5,3 juta) dan Australia ($ 4,3 juta). Di Cina, di mana Star Wars tidak pernah menjadi daya tarik besar dan setiap angsuran Disney dibuka dengan jumlah yang semakin berkurang, film ini menghasilkan hanya $ 1,6 juta (RMB11,6 juta) hingga hari pertama, dengan perkiraan debut hanya $ 17,8 juta.[32]

Respon kritik[sunting | sunting sumber]

Agregator ulasan Rotten Tomatoes melaporkan peringkat persetujuan 52% berdasarkan 469 ulasan, dengan peringkat rata-rata 6.17 / 10. Konsensus kritik situs web tersebut berbunyi: "Star Wars: The Rise of Skywalker menderita karena kurangnya imajinasi, tetapi menyimpulkan kisah tercinta ini dengan pengabdian yang berfokus pada penggemar."[33] Metacritic, agregator review lain, memberikan film skor rata-rata tertimbang 54 dari 100 berdasarkan 60 kritik, yang mengindikasikan "tinjauan campuran atau rata-rata.[34]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Catatan kaki

  1. ^ According to McDiarmid, Star Wars creator George Lucas told him that the character is definitely dead before the events of Episode IX.[12]

Kutipan

  1. ^ a b c Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama RestOfCastAnnounced
  2. ^ "Emperor Palpatine actor was done with 'Star Wars.' Then J.J. Abrams called". Los Angeles Times (dalam bahasa Inggris). 2019-12-17. Diakses tanggal 2019-12-22. 
  3. ^ Hipes, Patrick; Hipes, Patrick (2018-07-27). "'Star Wars: Episode IX' Rounds Out Cast, Which Will Include Carrie Fisher In Unreleased Footage". Deadline (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2019-12-22. 
  4. ^ a b c d e f g h Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama RestOfCastAnnounced2
  5. ^ a b c d Hutchinson, Corey (December 18, 2017). "Star Wars: Every Confirmed Cast Member For Episode 9". Screen Rant. Diarsipkan dari versi asli tanggal July 2, 2018. Diakses tanggal January 2, 2018. 
  6. ^ Kachka, Boris (March 24, 2017). "Anthony Daniels on 4 Decades of Life As C-3PO". Vulture. Diarsipkan dari versi asli tanggal August 19, 2019. Diakses tanggal June 11, 2019. 
  7. ^ Burton, Bonnie (April 12, 2019). "Meet Star Wars: The Rise of Skywalker character Jannah". CNET (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal April 14, 2019. Diakses tanggal April 14, 2019. 
  8. ^ Grossman, Lev (May 22, 2019). "Star Wars: The Rise of Skywalker, The Ultimate Preview". Vanity Fair. Diarsipkan dari versi asli tanggal July 24, 2019. Diakses tanggal May 22, 2019. 
  9. ^ "Check Out New Star Wars Products Just Revealed for Triple Force Friday". StarWars.com. September 26, 2019. Diakses tanggal October 3, 2019. 
  10. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama Hibberd
  11. ^ Hughes, Mark (April 12, 2019). "J.J. Abrams Confirms Emperor Returns In 'Star Wars: The Rise Of Skywalker'". Forbes (dalam bahasa Inggris). New York City. Diarsipkan dari versi asli tanggal April 13, 2019. Diakses tanggal April 12, 2019. 
  12. ^ Hall, Charlie (April 15, 2019). "Ian McDiarmid says the Emperor is definitely 'dead' before Episode IX". Polygon. Diarsipkan dari versi asli tanggal April 15, 2019. Diakses tanggal April 16, 2019. 
  13. ^ "Endor Express on Instagram: "Ever wondered what Lando was short for? His cane from The Rise of Skywalker has this inscription: Baron Landonis Balthazar Calrissian III.…"". Instagram. 
  14. ^ Wild, Allison (July 10, 2018). "Billy Dee Williams to Return as Lando in Star Wars: Episode IX". The Portalist. Diarsipkan dari versi asli tanggal October 22, 2018. Diakses tanggal October 21, 2018. 
  15. ^ ""How Disney Bought Lucasfilm—and Its Plans for 'Star Wars'"". www.bloomberg.com. Diakses tanggal 2019-12-22. 
  16. ^ Chitwood, Adam (2016-01-12). "'Star Wars: Episode IX' Director Colin Trevorrow Promises "Satisfying" Answer to Rey Theories". Collider (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2019-12-22. 
  17. ^ "'Star Wars: Episode VIII' has started filming, Disney CEO says". EW.com (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2019-12-22. 
  18. ^ "Star Wars: Episode IX to begin filming in January 2018". clicklancashire.com. Diakses tanggal 2019-12-22. 
  19. ^ Agency, Reuters News (2016-12-28). "How will Carrie Fisher's death affect the Star Wars franchise and will they recast Princess Leia?". The Telegraph (dalam bahasa Inggris). ISSN 0307-1235. Diakses tanggal 2019-12-22. 
  20. ^ "Photos of Jordan's Wadi Rum set from Star Wars: Episode IX!". Making Star Wars (dalam bahasa Inggris). 2018-10-08. Diakses tanggal 2019-12-22. 
  21. ^ Trivedi, Sachin (2019-10-14). "'Star Wars: The Rise Of Skywalker' Reshoots And Trailer Update Revealed". International Business Times. Diakses tanggal 2019-12-22. 
  22. ^ "STAR WARS: THE RISE OF SKYWALKER". The Art of VFX (dalam bahasa Prancis). 2019-12-16. Diakses tanggal 2019-12-22. 
  23. ^ Weiss, Josh (January 10, 2018). "John Williams Says He's Scoring Star Wars: Episode IX For J.J. Abrams". Syfy Wire. Diakses tanggal January 11, 2018. 
  24. ^ Jones, Jordan (January 11, 2018). "John Williams will be returning for Star Wars: Episode IX". Flickering Myth. Diakses tanggal January 11, 2018. 
  25. ^ Hughes, William (March 3, 2018). "John Williams says he's only got one more of these damn Star Wars movies in him". The A.V. Club. Diakses tanggal March 3, 2018. 
  26. ^ Khatchatourian, Brent Lang,Maane; Lang, Brent; Khatchatourian, Maane (2017-04-25). "Disney Dates 'Lion King' and 'Frozen 2,' Pushes Fifth 'Indiana Jones' Film to 2020". Variety (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2019-12-22. 
  27. ^ D'Alessandro, Anthony; D'Alessandro, Anthony (2019-11-27). "'Star Wars: The Rise Of Skywalker' Seeing $205M+ Opening: Here's Why". Deadline (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2019-12-22. 
  28. ^ "The Mandalorian Will Premiere on Disney+ November 12". io9.gizmodo.com. Diakses tanggal 2019-12-22. 
  29. ^ "Star Wars: Episode IX - The Rise of Skywalker". Box Office Mojo. Diakses tanggal 2019-12-22. 
  30. ^ Staff, RYAN PAINTER | KUTV (2019-10-21). "Star Wars: The Rise of Skywalker final trailer, tickets now on sale". KUTV. Diakses tanggal 2019-12-22. 
  31. ^ Tartaglione, Anthony D'Alessandro,Nancy; D'Alessandro, Anthony; Tartaglione, Nancy (2019-12-17). "'Star Wars: Rise Of Skywalker' Eyes $450M+ Global Debut: The Last Huge Event Opening At The B.O. Until 2021?". Deadline (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2019-12-22. 
  32. ^ "China Box Office: 'Star Wars: Rise of Skywalker' Crashing, Beaten by Local Blockbusters". The Hollywood Reporter (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2019-12-22. 
  33. ^ Star Wars: The Rise of Skywalker (2019) (dalam bahasa Inggris), diakses tanggal 2019-12-22 
  34. ^ Star Wars: Episode IX - The Rise of Skywalker, diakses tanggal 2019-12-22 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]