Darth Vader

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Anakin Skywalker/Darth Vader
Tokoh Star Wars
Darth Vader.jpg
David Prowse sebagai Darth Vader
dalam The Empire Strike Back.
Penampilan
perdana
Star Wars (1977)
Penampilan
terakhir
Revenge of the Sith (2005)
PenciptaGeorge Lucas
Pemeran
Pengisi suara
Informasi
AliasDarth Vader (nama Sith)
Julukan"Ani" (oleh Padmé Amidala dan Qui-Gon Jinn)
"Sky Guy" (oleh Ahsoka Tano)
SpesiesDarth Vader: Manusia/siborg
Anakin Skywalker: Manusia
Jenis kelaminLaki-laki
PekerjaanDarth Vader: Sith Lord, Komandan Agung Armada Kekaisaran
Anakin Skywalker: Ksatria Jedi, Jenderal dalam Tentara Besar Republik
AfiliasiDarth Vader:
Sith
Galactic Empire
Anakin Skywalker:
Jedi
Galactic Republic
KeluargaShmi Skywalker (ibu)
Cliegg Lars (ayah tiri)
Owen Lars (saudara tiri)
Ben (cucu)
PasanganPadmé Amidala
AnakLuke Skywalker
Leia Organa
Planet asalTatooine

Darth Vader (terlahir Anakin Skywalker) adalah tokoh khayalan dalam cerita Star Wars. Darth Vader pertama kali muncul pada film Star Wars tahun 1977 sebagai tokoh antagonis dan menjadi penggerak cerita dalam trilogi asli Star Wars. Pada trilogi pendahuluan Star Wars, diceritakan kehidupan Anakin Skywalker muda sebelum berganti nama menjadi Darth Vader. Tokoh Darth Vader diciptakan oleh George Lucas dengan bantuan Ralph McQuarrie dalam merancang desainnya.[1]

Tokoh Darth Vader pada film trilogi asli Star Wars diperankan oleh David Prowse, dengan Bob Anderson sebagai pemeran laga dan James Earl Jones sebagai pengisi suara. Pada trilogi pendahuluan, Jake Lloyd dan Hayden Christensen memerankan Anakin Skywalker muda. Tokoh Darth Vader juga muncul dalam berbagai permainan video, film seri kartun, buku novel, buku komik, sandiwara radio, dan media lain dengan banyak aktor sebagai pemerannya.[2]Darth Vader dinobatkan oleh Institut Film Amerika (AFI) sebagai tokoh penjahat terbesar ketiga dalam AFI's 100 Years...100 Heroes & Villains.[3]

Sebagian besar badan Darth Vader adalah mesin karena sebelumnya Anakin terbakar di dekat lava ketika melawan Obi Wan Kenobi, karena itu untuk dapat membuatnya bertahan hidup, organ-organ tubuhnya yang rusak diganti dengan mesin. Dia juga salah satu pendiri Galactic Empire. Darth Vader meninggal pada akhir Episode VI, ketika beberapa saat setelah dia terkena Force Lightning Darth Sidious untuk menyelamatkan anaknya dan membunuh Darth Sidious dengan menjatuhkannya kesebuah reaktor Nuklir. Pada akhirnya, dia memutuskan untuk membuka topengnya yang berarti akan membuatnya meninggal untuk melihat anaknya, Luke Skywalker, dengan matanya sendiri. Mayatnya kemudian diperabukan oleh Luke, sebagai tanda bahwa dia kembali ke sisi Terang bersama Yoda dan Obi wan Kenobi. Sisa helm Darth Vader ditemukan oleh cucunya, Kylo Ren pada film Star Wars The Force Awakens.


trilogi asli

Darth Vader pertama kali muncul di Star Wars[d] sebagai cyborg kejam Sith Lord yang melayani Kekaisaran Galaksi.[54] Dia ditugaskan, bersama dengan Grand Moff Tarkin (Peter Cushing), dengan memulihkan rencana rahasia untuk senjata super Death Star, yang dicuri oleh Aliansi Pemberontak. Vader menangkap dan menyiksa Putri Leia (Carrie Fisher), yang telah menyembunyikan rencana di dalam droid R2-D2 (Kenny Baker) dan mengirimkannya untuk menemukan mantan Jedi Master Obi-Wan Kenobi (Alec Guinness) Vader di planet Tatooine. Selama penyelamatan Leia oleh sekutu Obi-Wan Luke Skywalker (Mark Hamill) dan Han Solo (Harrison Ford), Vader menjatuhkan Obi-Wan dalam duel lightsaber. Setelah menempatkan alat pelacak di atas kapal mereka, Millennium Falcon, Vader mampu melacak basis Pemberontak di planet Yavin 4.[88] Selama serangan Pemberontak di Death Star, Vader menaiki pejuang TIE-nya dan menembak jatuh pejuang sayap-X Pemberontak, tetapi Solo mengintervensi dan mengirim kapal Vader berputar keluar jalur, memungkinkan Luke menghancurkan Death Star.

Dalam The Empire Strikes Back, Vader menjadi terobsesi untuk menemukan Luke yang peka terhadap kekuatan[88] dan memimpin pasukan stormtroopernya untuk menyerang markas Pemberontak di Hoth, tetapi Pemberontak melarikan diri. Saat berbicara dengan Kaisar (Ian McDiarmid) melalui hologram, Vader meyakinkannya bahwa Luke akan menjadi sekutu yang berharga jika dia bisa berubah menjadi sisi gelap. Vader menyewa sekelompok pemburu hadiah untuk mengikuti teman Luke, dan bernegosiasi dengan administrator Bespin Lando Calrissian (Billy Dee Williams) untuk membuat jebakan bagi mereka untuk umpan Luke. Setelah Han, Leia, Chewbacca (Peter Mayhew), dan C-3PO (Anthony Daniels) tiba, Vader menyiksa dan membekukan Han dalam karbonit dan memberikannya kepada pemburu hadiah Boba Fett (Jeremy Bulloch).[88] Ketika Luke tiba, Vader mengalahkannya dalam duel lightsaber, memutuskan tangannya. Vader memberi tahu Luke bahwa dia adalah ayahnya, dan mencoba membujuknya untuk bergabung dengan sisi gelap dan membantunya menggulingkan Kaisar. Ngeri, Luke lolos melalui poros udara. Vader telepati memberitahu Luke bahwa itu adalah takdirnya untuk bergabung dengan sisi gelap.

Dalam Return of the Jedi, Vader dan Kaisar mengawasi tahap akhir konstruksi Death Star kedua.[88] Berpikir bahwa masih ada kebaikan dalam diri ayahnya, Luke menyerah pada Vader dan mencoba meyakinkannya untuk berbalik dari sisi gelap. Vader membawa Luke ke Death Star kedua untuk bertemu Kaisar. Sementara di sana, Kaisar menggoda Luke untuk menyerah pada kemarahannya, yang menyebabkan Vader berduel dengan Luke sekali lagi. Menyadari bahwa Leia adalah saudara kembar Luke, Vader mengancam untuk mengubahnya ke sisi gelap jika Luke tidak mau tunduk. Marah, Luke mengalahkan Vader dan memutuskan tangan cybernetic ayahnya. Kaisar memohon Luke untuk membunuh Vader dan menggantikannya. Luke menolak dan Kaisar menyiksanya dengan petir Force. Tidak ingin membiarkan putranya mati, Vader melemparkan Kaisar ke saluran reaktor sampai kematiannya, tetapi terluka parah oleh petir mantan tuannya dalam proses tersebut. Anakin Skywalker yang telah ditebus meminta Luke untuk melepaskan topengnya, dan mengakui bahwa bagaimanapun juga masih ada kebaikan dalam dirinya saat ia meninggal dengan damai di pelukan putranya.[89] Luke lolos dari Death Star kedua dengan tubuh ayahnya dan mengkremasinya di tumpukan kayu di Endor. Saat Pemberontak merayakan kehancuran Death Star dan kekalahan Kekaisaran, Luke melihat roh Anakin, Yoda (Frank Oz), dan Obi-Wan mengawasinya.


Dalam Star Wars: Episode I – The Phantom Menace, yang berlangsung 32 tahun sebelum A New Hope, Anakin muncul sebagai budak sembilan tahun yang tinggal di Tatooine bersama ibunya Shmi (Pernilla August). Selain menjadi pilot dan mekanik yang berbakat, Anakin telah membangun droid protokolnya sendiri, C-3PO. Jedi Master Qui-Gon Jinn (Liam Neeson) bertemu Anakin setelah melakukan pendaratan darurat di Tatooine dengan Ratu Naboo Padmé Amidala (Natalie Portman). Qui-Gon mengetahui dari Shmi bahwa Anakin dikandung tanpa ayah dan dapat meramalkan masa depan. Qui-Gon merasakan hubungan kuat Anakin dengan the Force dan menjadi yakin bahwa dia adalah "Yang Terpilih" dari ramalan Jedi yang akan membawa keseimbangan pada the Force. Setelah memenangkan kebebasannya dalam taruhan podrace, Anakin pergi dengan Qui-Gon untuk dilatih sebagai Jedi di Coruscant, tetapi terpaksa meninggalkan ibunya. Selama perjalanan, Anakin membentuk ikatan dengan Padmé. Qui-Gon meminta izin kepada Dewan Jedi untuk melatih Anakin, tetapi mereka merasakan ketakutan pada bocah itu dan menolak. Akhirnya, Anakin membantu mengakhiri invasi Federasi Dagang yang korup ke Naboo dengan menghancurkan kapal kendali mereka. Setelah Qui-Gon terbunuh dalam duel lightsaber dengan Sith Lord Darth Maul (diperankan oleh Ray Park, disuarakan oleh Peter Serafinowicz), magang Qui-Gon Obi-Wan Kenobi (Ewan McGregor) berjanji untuk melatih Anakin, dengan persetujuan dewan yang enggan. [89] Palpatine, yang baru terpilih sebagai Kanselir Republik Galaksi, berteman dengan Anakin dan mengatakan kepadanya, "Kami akan melihat karier Anda dengan penuh minat".

Dalam Episode II: Attack of the Clones, yang terjadi 10 tahun setelah The Phantom Menace, Anakin yang berusia 19 tahun masih menjadi murid Padawan Obi-Wan. Selama bertahun-tahun, dia telah tumbuh kuat tetapi arogan, dan percaya bahwa Obi-Wan menahannya. Setelah menyelamatkan Padmé dari upaya pembunuhan, Anakin pergi bersamanya ke Naboo sebagai pengawalnya, dan mereka jatuh cinta, yang bertentangan dengan Kode Jedi. Merasakan bahwa Shmi kesakitan, Anakin pergi bersama Padmé ke Tatooine untuk menyelamatkan ibunya. Saat berada di sana, Anakin mengetahui bahwa Shmi telah dibebaskan dan menikah dengan petani Cliegg Lars (Jack Thompson) beberapa tahun setelah dia pergi. Dia kemudian mengunjungi Cliegg dan mengetahui darinya bahwa dia diculik oleh Tusken Raiders. Anakin menempatkan Shmi di perkemahan Tusken, di mana dia meninggal dalam pelukannya. Diatasi dengan kesedihan dan kemarahan, Anakin membantai suku Tusken dan kembali ke wisma Lars untuk mengubur Shmi. Anakin kemudian melakukan perjalanan dengan Padmé ke Geonosis untuk menyelamatkan Obi-Wan dari Sith Lord Count Dooku (Christopher Lee). Dooku menangkap ketiganya dan menghukum mati mereka. Namun, batalion Jedi datang dengan pasukan pasukan kloning untuk menghentikan eksekusi. Obi-Wan dan Anakin menghadapi Dooku, tetapi Sith Lord mengalahkan mereka berdua dalam duel lightsaber dan memutuskan lengan Anakin. Setelah diselamatkan oleh Yoda, Anakin dilengkapi dengan lengan robot dan menikahi Padmé dalam sebuah upacara rahasia.

Hayden Christensen sebagai Anakin Skywalker di Revenge of the Sith (2005)

Dalam Episode III: Revenge of the Sith, berlatar tiga tahun setelah Attack of the Clones, Anakin sekarang menjadi Jedi Knight dan pahlawan Clone Wars. Dia dan Obi-Wan memimpin misi untuk menyelamatkan Palpatine dari komandan Separatis Jenderal Grievous (disuarakan oleh Matthew Wood). Dua Jedi bertempur melawan Count Dooku, yang Anakin kuasai dan potong kepalanya dengan darah dingin atas desakan Palpatine. Mereka menyelamatkan Palpatine dan kembali ke Coruscant. Anakin bersatu kembali dengan Padmé, yang mengatakan kepadanya bahwa dia hamil. Meskipun awalnya bersemangat, Anakin segera mulai mengalami mimpi buruk tentang Padmé yang sekarat saat melahirkan.[89] Palpatine juga menunjuk Anakin ke Dewan Jedi sebagai perwakilan pribadinya. Mencurigai Palpatine, Dewan mengizinkan Anakin sebagai anggota, tetapi menolak untuk memberinya pangkat Jedi Master dan malah menginstruksikannya untuk memata-matai Palpatine, mengurangi kepercayaan Anakin pada Jedi. Kemudian, Palpatine mengungkapkan kepada Anakin bahwa dia adalah Sith Lord Darth Sidious, dan mengatakan bahwa hanya dia yang memiliki kekuatan untuk menyelamatkan Padmé dari kematian. Anakin melaporkan pengkhianatan Palpatine kepada Jedi Master Mace Windu (Samuel L. Jackson), yang menghadapi dan menaklukkan Sith Lord. Putus asa untuk menyelamatkan Padmé, Anakin campur tangan atas nama Palpatine dan melucuti Windu, memungkinkan Palpatine untuk membunuhnya. Anakin kemudian berjanji pada Sith, dan Palpatine menjulukinya Darth Vader.

Atas perintah Palpatine, Vader memimpin Legiun ke-501 untuk membunuh semua orang di Kuil Jedi, termasuk anak-anak, dan kemudian pergi ke planet vulkanik Mustafar untuk membunuh Dewan Separatis. Padmé yang putus asa pergi ke Mustafar dan memohon Vader untuk meninggalkan sisi gelap, tetapi dia menolak. Merasakan kehadiran Obi-Wan, dan berpikir bahwa mereka berkonspirasi untuk membunuhnya, Vader dengan marah menggunakan the Force untuk mencekik Padmé hingga pingsan. Obi-Wan melibatkan Vader dalam duel lightsaber yang berakhir dengan Obi-Wan memutuskan anggota badan Vader dan membiarkannya mati di tepi aliran lava, di mana Vader meluncur terlalu dekat dan mengalami luka bakar yang parah. Palpatine menemukan Vader yang hampir tidak hidup dan membawanya ke Coruscant, di mana dia dimutilasi


Trilogi sekuel

Helm meleleh Darth Vader muncul di The Force Awakens (2015), di mana cucu Vader, Kylo Ren (Adam Driver) terlihat menyapanya, meskipun Vader tidak muncul dalam film tersebut. Pada satu titik, helmnya dianggap sebagai film MacGuffin.[90] Helm itu muncul lagi di The Rise of Skywalker (2019), ketika Kylo bermeditasi sebentar dengannya, dan selama duel pertama film itu antara Kylo dan Rey (Daisy Ridley). Helm terakhir terlihat di planet Kijimi, yang kemudian dihancurkan oleh Sith Star Destroyer. Film ini juga mengungkapkan bahwa suara yang Ren anggap berasal dari helm Vader di The Force Awakens dihasilkan oleh Palpatine yang dibangkitkan.

Dalam The Rise of Skywalker, Anakin membuat cameo vokal, bersama dengan "suara Jedi Past" lainnya, di mana dia mendorong Rey untuk "mengembalikan keseimbangan... seperti yang [dia] lakukan" sebelum dia menghadapi Palpatine.


Film Star Wars lainnya

Perang Klon (film)

Dalam film animasi 3D 2008 The Clone Wars, Yoda (disuarakan oleh Tom Kane) menugaskan Ahsoka Tano (disuarakan oleh Ashley Eckstein) sebagai murid Padawan dari Anakin, sebuah tanggung jawab yang awalnya enggan diterima oleh Anakin. Anakin memanggilnya "Snips" karena sikapnya yang "snippy", sementara Ahsoka memanggilnya "Skyguy" sebagai plesetan pada nama keluarganya.[89] Setelah mendapatkan rasa hormat Anakin selama misi berbahaya, Ahsoka bergabung dengannya dalam upaya untuk menyelamatkan putra bayi Jabba the Hutt, Rotta. Keberaniannya mengganggu dan membuatnya disayangi oleh tuannya, dan Anakin mengembangkan kasih sayang yang ramah untuk muridnya.

Penjahat Satu

Dalam film antologi pertama Rogue One (2016), Darth Vader membuat penampilan cameo di mana ia memanggil Orson Krennic (Ben Mendelsohn), Direktur Kekaisaran Penelitian Senjata Tingkat Lanjut, ke istananya di Mustafar. Dia menghadapkan dia tentang penanganannya dari proyek Death Star dan penghancuran Kota Jedha, sementara Krennic meminta Vader untuk audiensi dengan Kaisar mengenai Death Star, yang dia kehilangan komando Tarkin. Vader menolak, memerintahkan dia untuk memastikan bahwa proyek Death Star belum dikompromikan. Ketika Krennic bertanya apakah dia masih akan mendapatkan kembali komando Death Star, Vader menggunakan Force untuk mencekiknya, mengatakan kepadanya, "Hati-hati untuk tidak tersedak aspirasi Anda, Direktur." [94] Di akhir film, Vader menaiki kapal andalan Pemberontak yang cacat, MC75 Star Cruiser Profundity, dengan kader pasukan Legiun ke-501 dan membunuh beberapa tentara Pemberontak saat ia mencoba untuk memulihkan rencananya. Namun, pelari blokade yang berlabuh Tantive IV lolos dengan rencananya, menyiapkan acara A New Hope.

Darth Vader memiliki peran yang jauh berbeda dalam versi awal cerita film tersebut. Penulis skenario Gary Whitta menyatakan bahwa dalam nada awalnya, Vader akan muncul di Scarif dan membantai blokade Pemberontak di sana.[95] Dalam alur cerita sebelumnya, Vader juga akan membunuh Krennic karena kegagalannya mencegah Pemberontak mencuri rencana Death Star. Gambar adegan yang dihapus yang menampilkan Vader terungkap pada Februari 2021 oleh animator efek visual Industrial Light & Magic Hal Hickel, yang menambahkan bahwa Vader seharusnya melakukan percakapan dengan Tarkin di adegan itu.


Serial televisi

Perang Klon (2003–2005)

Anakin adalah karakter utama dalam semua tiga musim dari seri mikro Clone Wars, yang berlangsung tak lama setelah akhir dari Attack of the Clones. Anakin menjadi Ksatria Jedi dan dengan cepat dipromosikan menjadi Jenderal Tentara Klon Republik, sebagian karena pengaruh Palpatine (disuarakan oleh Nick Jameson). Di antara misi lainnya, dia bertarung duel dengan murid Dooku, Asajj Ventress (disuarakan oleh Gray DeLisle), membantu Obi-Wan (disuarakan oleh James Arnold Taylor) merebut benteng yang dikuasai Separatis dan menyelamatkan Jedi Master Saesee Tiin (disuarakan oleh Dee Bradley Baker) selama pertempuran antariksa. Selama musim ketiga, Anakin membebaskan spesies asli sebuah planet dari kendali Separatis dan melihat visi samar tentang masa depannya sebagai Darth Vader. Di akhir seri, Anakin dan Obi-Wan menjalankan misi untuk menyelamatkan Palpatine dari General Grievous, yang mengarah ke pembukaan Revenge of the Sith.

Perang Klon (2008–2014, 2020)

Anakin adalah karakter utama di semua musim The Clone Wars. Sebagai Ksatria Jedi, ia memimpin Legiun ke-501 dalam misi dengan tuannya Obi-Wan dan muridnya Ahsoka Tano selama perang. Beberapa tindakan Anakin yang dilakukan karena kepedulian terhadap Ahsoka melanggar kode Jedi, seperti menyiksa tahanan yang mungkin mengetahui lokasinya saat dia hilang.[98] Sepanjang seri ada beberapa referensi untuk Anakin akhirnya jatuh ke sisi gelap, termasuk visi masa depannya sebagai Darth Vader di musim ketiga, dan kekecewaan dengan Dewan Jedi setelah mereka salah menuduh Ahsoka mengebom Kuil Jedi di musim kelima. Sementara dia kemudian dimaafkan setelah pelakunya ditemukan, dia tetap memilih untuk meninggalkan Jedi Order. Anakin muncul sebagai Vader di adegan terakhir dari seri terakhir, beberapa saat setelah Revenge of the Sith. Dia menyelidiki lokasi jatuhnya Penghancur Bintang Ahsoka, yang runtuh selama pertempurannya dengan pasukan kloningnya setelah Darth Sidious mengeluarkan Order 66, mengubah kloning itu melawan Jedi. Menemukan lightsaber di antara reruntuhan, Vader berasumsi bahwa mantan Padawannya telah tewas dan pergi dengan lightsaber.

Pemberontak (2014–2018)

Darth Vader muncul di musim pertama Star Wars Rebels, yang berlangsung 14 tahun setelah The Clone Wars berakhir, dan berperan sebagai antagonis utama musim kedua. Vader memimpin skuadron Inkuisitor Kekaisaran yang peka terhadap kekuatan yang secara aktif mencari dan membunuh anak-anak Jedi dan yang peka terhadap kekuatan yang tersisa. Di musim pertama, dia mengirim Inkuisitor Agung, dan tiba di planet Lothal saat Inkuisitor terbunuh. Dalam pemutaran perdana musim kedua, Vader mengatur pembunuhan Menteri Kekaisaran Maketh Tua, yang mencoba membelot ke Pemberontakan, dan menghadapi Jedi Kanan Jarrus dan Ezra Bridger. Ketika dia kemudian menyerang armada Skuadron Phoenix, Vader menemukan bahwa Ahsoka masih hidup dan telah bergabung dengan Aliansi Pemberontak,[101] sementara Ahsoka kewalahan ketika dia mengenali Anakin di bawah "lapisan kebencian" di Darth Vader. Kaisar memerintahkan Vader untuk mengirim Inkuisitor lain untuk menangkapnya. Kemudian di musim itu, Ahsoka mendapat penglihatan di mana Anakin menyalahkannya karena membiarkannya jatuh ke sisi gelap. Di akhir musim, Ahsoka berduel dengan mantan tuannya di dalam Kuil Sith, memungkinkan teman-temannya untuk melarikan diri dari Vader dan kehancuran kuil. Saat episode berakhir, Vader melarikan diri dari reruntuhan kuil. Vader membuat cameo tanpa suara terakhir di episode akhir musim keempat "A World Between Worlds", di mana terungkap bahwa Ahsoka lolos dari duel sebelumnya dengan Vader dengan memasuki Force-realm. Tak lama kemudian, suara Vader terdengar bergema di kehampaan.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Darth Vader". Encyclopædia Britannica. Encyclopædia Britannica Online. Encyclopædia Britannica Inc., 2016. Web. 25 Mar. 2016 [1].
  2. ^ "Darth Vader (Character)". IMDb. IMDb.com,Inc., 2016. Web. 25 Mar. 2016 [2] Diarsipkan 2017-07-06 di Wayback Machine.
  3. ^ "AFI's 100 GREATEST HEROES & VILLAINS". American Film Institute, 2016. Web. 25 Mar. 2016 [3]