Jurassic World

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Jurassic World
Jurassic World poster.jpg
Poster Film Jurassic World
SutradaraColin Trevorrow
ProduserFrank Marshall
Patrick Crowley
PenulisDerek Connolly
Colin Trevorrow
Rick Jaffa
Amanda Silver
BerdasarkanKarakter oleh
oleh Michael Crichton
PemeranChris Pratt
Bryce Dallas Howard
Vincent D'Onofrio
Nick Robinson
Ty Simpkins
B. D. Wong
Irrfan Khan
MusikMichael Giacchino
SinematografiJohn Schwartzman
PenyuntingKevin Stitt
Perusahaan
produksi
Legendary Pictures
Amblin Entertainment
DistributorUniversal Pictures
Tanggal rilis
  • 29 Mei 2015 (2015-5-29) (Le Grand Rex)
  • 12 Juni 2015 (2015-6-12) (Amerika Serikat)
Durasi
124 menit[1]
NegaraAmerika Serikat
BahasaInggris
Anggaran$150 juta[2]
Pendapatan kotor$1,671,713,208[2]

Jurassic World adalah sebuah film petualangan fiksi ilmiah 3D dari Amerika Serikat yang disutradarai oleh Colin Trevorrow. Film ini merupakan film keempat dari serial film Jurassic Park yang dimulai tahun 1993 dan dibuat oleh Steven Spielberg dan kali ini, Steven menjadi produser film ini.

Plot[sunting | sunting sumber]

Dua puluh dua tahun setelah insiden Isla Nublar (di film Jurassic Park), Zach Mitchell (Nick Robinson) dan Gray Mitchell (Ty Simpkins) berwisata sekaligus mengunjungi bibi mereka, Claire Dearing (Bryce Dallas Howard). Claire merupakan manajer operasional taman Jurassic World, sebuah taman dinosaurus berfungsi penuh yang berlokasi di Isla Nublar, sebuah pulau lepas pantai Kosta Rika. Sampai di pulau itu, mereka mengetahui bahwa Claire terlalu sibuk untuk menghabiskan waktu dengan mereka sehingga mereka harus dijaga oleh asisten pribadinya, Zara (Katie McGrath). Simon Masrani (Irrfan Khan), pemilik taman sekaligus kepala Masrani Corporation (yang membeli InGen, perusahaan yang mengelola Jurassic Park pada film-film sebelumnya), datang dan memanggil Claire untuk melihat dinosaurus baru hasil rekayasa genetika mereka, Indominus rex. Setelah pemeriksaan kandang, Simon mengatakan ia ingin memanggil Owen Grady (Chris Pratt), seorang mantan prajurit angkatan laut, ahli dan pelatih empat Velociraptor, untuk memastikan kandang Indominus rex kukuh dan memadai.

Owen dipanggil oleh Vic Hoskins (Vincent D'Onofrio), kepala keamanan InGen, yang mengusulkan untuk menggunakan raptor Owen sebagai senjata perang, dan Owen tidak menyetujuinya. Namun, terjadi insiden saat salah satu staf jatuh ke dalam kandang raptor. Owen menyelamatkannya, menahan raptor tersebut, dan melarikan diri, membuktikan bahwa raptor tidak jinak. Zach dan Gray meninggalkan Zara dan menjelajahi taman sebelum bepergian dengan monorel gyrosphere, sementara Claire sampai di tempat tinggal Owen dan meminta Owen untuk memeriksa kandang Indominus rex. Sampai di kandang, Owen menyatakan bahwa menciptakan makhluk hibrida ini adalah ide buruk dan menemukan makhluk ini mencakar dinding dan melarikan diri. Ketika Owen dan dua staf masuk dan memeriksa lebih lanjut kandang itu, Indominus rex menyergap mereka, setelah memalsukan pelarian dirinya, dan membunuh kedua staf. Owen berhasil keluar dari kandang, bersembunyi di bawah sebuah mobil, dan memotong selang bahan bakar untuk menyembunyikan aroma tubuhnya dari makhluk itu.

Simon mengirimkan tim ACU (Unit Pengendalian Aset) yang dipimpin oleh Katashi Hamada (Brian Tee) untuk menangkap Indominus rex dan menemukan bahwa makhluk itu telah mengeluarkan alat pelacak di tubuhnya. Seluruh anggota tim dibunuh oleh Indominus rex yang menyamar. Claire memutuskan untuk menutup bagian utara taman, tetapi Zach dan Gray keluar jalur dengan gyrosphere ke hutan dan diserang oleh Indominus rex. Mereka berhasil keluar dari gyrosphere, melompat ke air terjun, menyusuri hutan, dan menemukan gedung Jurassic Park lama. Di sana, mereka memperbaiki mobil jip dari Jurassic Park dan berhasil, lalu mereka kembali ke taman. Sementara itu, Owen dan Claire memeriksa gyrosphere yang hancur, Apatosaurus yang mati tercakar, dan gedung Jurassic Park lama (mengetahui bahwa Zach dan Gray lolos), tetapi mereka diserang oleh Indominus rex dan berhasil kabur. Kemudian, Simon terbang dengan menggunakan helikopter untuk mengejar dan menembak makhluk itu, mengakibatkan makhluk itu menerobos masuk kandang burung dinosaurus dan berkomunikasi. Pteranodon dan Dimorphodon keluar menyerang helikopter sehingga jatuh, menewaskan Simon, dan membebaskan hewan lain di dalam kandang.

Zach dan Gray sampai di taman dan kawanan Pteranodon terbang menyerang para wisatawan. Zara menemukan mereka tetapi dengan cepat diculik oleh Pteranodon dan jatuh ke laguna Mosasaurus. Ketika Pteranodon menculik dan mengangkatnya lagi, Mosasaurus langsung memakan mereka berdua. Owen, Claire, dan tim keamanan taman tiba dan membius kawanan terbang itu, lalu berkumpul kembali dengan Zach dan Gray. Vic mengambil alih Jurassic World dan memutuskan menggunakan raptor Owen untuk menemukan dan membunuh Indominus rex, meskipun Owen tidak menyetujui. Namun, ketika para raptor bertemu dengan makhluk itu, ia berkomunikasi dengan mereka, mengungkapkan bahwa makhluk itu juga memiliki DNA raptor. Mengetahui hal itu, tim InGen Vic menembak Indominus rex dan para raptor, tetapi Indominus rex lolos. Kemudian para raptor menyerang tim InGen Vic, menewaskan banyak prajurit. Ketika salah satu raptor yang menyerang anggota tim itu memandang Owen, raptor itu mati karena tembakan misil. Lalu Owen melihat Barry (Omar Sy) terjebak di dalam sebatang pohon ketika salah satu raptor yang lain menyerangnya, sehingga Owen berinisiatif memancing raptor itu agar ia mengejar Owen, sehingga Barry selamat. Atas pemberitahuan seorang anggota tim, Claire berangkat mengendarai truk medis dengan Zach dan Gray duduk di belakang, tetapi truk itu diserang oleh raptor dan anggota tim itu mati. Claire dikejar dan menyenggol satu raptor, sementara Zach dan Gray menyetrum raptor lain dengan tongkat setrum. Owen kembali dengan Claire dan bergegas kembali ke taman.

Vic dan tim InGen mengevakuasi tim ilmuwan Jurassic Park di bawah pimpinan Dr. Henry Wu (B. D. Wong) beserta embrio dinosaurus melalui helikopter. Ketika memasuki pusat inovasi, Owen, Claire, Zach, dan Gray menemukan Vic berkemas di laboratorium dan mengungkapkan bahwa mereka berencana untuk mengubah Indominus rex dan membuat banyak jenis dinosaurus baru untuk dijadikan senjata perang, tetapi ia dibunuh oleh raptor. Owen, Claire, Zach, dan Gray melarikan diri dan terpojok oleh tiga raptor lain, dan Owen berhasil membangun kembali hubungannya dengan mereka. Ketika Indominus rex tiba, Owen dan para raptor menyerang, dan menewaskan dua raptor. Menyadari mereka tidak memiliki kekuatan untuk mengalahkannya, Claire meminta Lowery Cruthers (Jake Johnson) untuk membuka kandang 9 yang berisi Tyrannosaurus, memancingnya dengan suar, dan berkelahi dengan Indominus rex. Ketika Tyrannosaurus kalah dan menyerah, satu raptor tersisa muncul dan menyerang makhluk itu. Keduanya melawan Indominus rex dan mengalahkannya, lalu ia diseret oleh Mosasaurus ke laguna, dan dimakan. Tyrannosaurus dan raptor pergi, lalu Owen, Claire, Zach, Gray, beserta para wisatawan lain dievakuasi ke Kosta Rika. Zach dan Gray bertemu kembali dengan orang tua mereka (Judy Greer dan Andy Buckley), sementara Owen dan Claire pergi bersama, menjadi pasangan. Di Isla Nublar, Tyrannosaurus naik ke gedung yang hancur dan mengaum.

Pemain[sunting | sunting sumber]

  • Chris Pratt sebagai Owen Grady, pelatih Velociraptor.
  • Bryce Dallas Howard sebagai Claire Dearing, manajer operasional taman.[3]
  • Vincent D'Onofrio sebagai Vic Hoskins, kepala keamanan InGen.
  • Nick Robinson sebagai Zach Mitchell, keponakan Claire, kakak Gray.[4]
  • Ty Simpkins sebagai Gray Mitchell, keponakan Claire, adik Zach.[4]
  • B. D. Wong sebagai Dr. Henry Wu, kepala tim ilmuwan genetika yang menciptakan dinosaurus untuk Jurassic Park milik John Hammond.
  • Irrfan Khan sebagai Simon Masrani, kepala Masrani Corporation dan pemilik Jurassic World.[5]
  • Jake Johnson sebagai Lowery Cruthers, operator kecerdasan teknologi di taman.
  • Brian Tee sebagai Katashi Hamada, anggota tim ACU (keamanan) di Isla Nublar.[6][7]
  • Lauren Lapkus sebagai Vivian, karyawan di ruang kontrol taman.
  • Omar Sy sebagai Barry, sahabat Owen.
  • Katie McGrath sebagai Zara, asisten pribadi Claire.
  • Judy Greer sebagai Karen Mitchell, ibu Zach dan Gray, kakak Claire.
  • Andy Buckley sebagai Scott Mitchell, suami Karen, ayah Zach dan Gray.
  • James DuMont sebagai Hal Osterly, pebisnis.
  • Jimmy Fallon sebagai dirinya sendiri di monitor.

Rilis[sunting | sunting sumber]

Rilis Teatrikal[sunting | sunting sumber]

Film ini dirilis perdana di Prancis pada tanggal 29 Mei 2015 di The Grand Rex cinema. Kemudian, pada tanggal 10 Juni 2015 film ini dirilis secara teatrikal di 66 teritori, termasuk di bioskop-bioskop Indonesia.

Secara keseluruhan, Jurassic World dirilis di 809 teater IMAX (364 diantaranya ada di Amerika Utara), membuatnya menjadi film dengan penayangan terbanyak ketiga sepanjang sejarah IMAX.[8]

Media Rumahan[sunting | sunting sumber]

Jurassic World dirilis dalam bentuk DVD, Blu-Ray dan Blu-ray 3D pada tanggal 20 Oktober 2015.[9] Pada minggu pertamanya setelah rilis, DVD film ini telah terjual sebanyak 3 juta unit, dan menjadikannya film live-action dengan angka penjualan media terbanyak untuk Universal pada tahun 2015. Sementara itu, total hasil penjualan DVD dan Blu-Ray ini mencapai $82.6 juta sepanjang minggu pertamanya.[10]

Penayangan di Televisi Indonesia[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 2016, film ini didubbing dalam Bahasa Indonesia untuk tayang perdana di HBO pada tanggal 6 Juli 2016 sebagai salah satu pilihan bahasa. Beberapa artis yang terlibat dalam dubbing film ini adalah Indy Barends, Ben Joshua, Derby Romero dan Mike Lewis.[11]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Jurassic World (12A)". British Board of Film Classification. June 2, 2015. Diakses tanggal June 2, 2015. 
  2. ^ a b "Jurassic World (2015)". Box Office Mojo. Diakses tanggal June 2, 2015. 
  3. ^ Stack, Tim (December 18, 2014). "'Jurassic World': See Chris Pratt ride with some raptors -- exclusive". Entertainment Weekly. Diakses tanggal December 18, 2014. 
  4. ^ a b Purser, Louise (June 12, 2014). "Check Out Brand New Images from Jurassic World Ahead of Next Year's Release". EntertainmentWise.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal August 8, 2014. Diakses tanggal June 27, 2014. 
  5. ^ Bhai, Ibbi (November 23, 2014). "'Jurassic World' New Images And Teaser Trailer!". Moviepilot. Diakses tanggal November 28, 2014. 
  6. ^ "Brian Tee Talks Jurassic World's Hamada". Moviepilot. June 28, 2014. Diakses tanggal November 28, 2014. 
  7. ^ De Semlyen, Nick (November 27, 2014). "Empire's Jurassic World Trailer Tour (p.15)". Empire. Diakses tanggal November 28, 2014. 
  8. ^ "'Jurassic World' to Get Biggest-Ever Worldwide Release by Imax". The Hollywood Reporter. Diakses tanggal 2016-10-13. 
  9. ^ http://www.homemediamagazine.com/universal/jurassic-world-slated-disc-oct-20-digitally-oct-1-36519
  10. ^ Lang, Brent (2015-10-28). "'Jurassic World' on Pace to Be Year's Best-Selling Home Entertainment Release". Variety (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2016-10-13. 
  11. ^ "Film Jurassic World Berbahasa Indonesia Tayang Lebaran". bintang.com. Diakses tanggal 2016-10-13.