Jurassic World Dominion

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jurassic World Dominion
Sutradara
Produser
Penulis
Penulis skenarioEmily Carmichael, Colin Trevorrow
Penulis cerita
  • Derek Connolly
  • Colin Trevorrow
Pemeran
Penata musikMichael Giacchino
SinematograferJohn Schwartzman
PenyuntingMark Sanger[1]
Perusahaan
produksi
DistributorUniversal Pictures[2]
Tanggal rilis
  • 10 Juni 2022 (2022-06-10)
Durasi146 menit[3]
Negara
Bahasa
Anggaran$165juta[butuh rujukan]
Pendapatan
kotor
$194.6juta[4][5]

Jurassic World Dominion adalah film petualangan sci-fi Amerika yang akan datang disutradarai oleh Colin Trevorrow, yang menulis skenario dengan Emily Carmichael, berdasarkan cerita oleh Trevorrow dan rekan penulisnya, Derek Connolly. Ini adalah sekuel dari Jurassic World: Fallen Kingdom (2018), angsuran keenam dalam waralaba Jurassic Park, dan yang ketiga dalam trilogi "Jurassic World". Seperti pendahulunya, Frank Marshall dan Patrick Crowley akan memproduseri film tersebut, dengan Trevorrow dan sutradara Jurassic Park (1993) Steven Spielberg bertindak sebagai produser eksekutif. Film ini dibintangi oleh pemeran ensemble termasuk Chris Pratt, Bryce Dallas Howard, Laura Dern, Sam Neill, Jeff Goldblum, Daniella Pineda, Isabella Khotbah, Justice Smith, Omar Sy, dan B. D. Wong mengulangi peran mereka dari film sebelumnya dalam waralaba, dan mereka bergabung dengan Mamoudou Athie, Scott Haze, Dichen Lachman, Campbell Scott, dan DeWanda Wish.

Film ini direncanakan pada awal tahun 2014, sebagai bagian dari trilogi "Jurassic World" di masa depan. Syuting dimulai di Kanada pada Februari 2020 dan pindah ke lokasi lain di Inggris pada bulan berikutnya. Pada bulan Maret 2020, produksi ditunda sebagai tindakan pencegahan keamanan karena pandemi COVID-19. Produksi dilanjutkan pada Juli 2020, dan berakhir empat bulan kemudian pada November, dengan lokasi syuting yang mencakup Pinewood Studios Inggris dan negara Malta.

Jurassic World Dominion dijadwalkan untuk rilis teatrikal pada 10 Juni 2022 di IMAX,[6] RealD 3D,[7] dan Dolby Cinema[8] oleh Universal Pictures.[9] Tidak seperti dua pendahulunya, Legendary Entertainment tidak terlibat dalam produksinya, karena Universal memutuskan hubungan dengan perusahaan tersebut pada 2019 setelah berakhirnya kontrak empat tahun mereka.

Plot[sunting | sunting sumber]

Empat tahun setelah kehancuran vulkanik Isla Nublar dan insiden Lockwood Estate[a], dinosaurus yang sudah punah sekarang bebas berkeliaran di antara manusia. Claire Dearing, mantan manajer operasi Jurassic World, bekerja untuk melindungi dinosaurus dari organisasi pengembangbiakan ilegal. Dia dan Owen Grady telah tinggal di kabin pegunungan terpencil untuk melindungi Maisie Lockwood, cucu kloningan Sir Benjamin Lockwood. Mereka terkejut ketika Velociraptor Blue terlatih Owen tiba-tiba tiba di kabin dengan seorang keturunan. Maisie menjuluki bayi raptor, "Beta".

Tanpa diketahui Owen dan Claire, CEO Biosyn Corporation Lewis Dodgson telah menargetkan Maisie. Ketika Maisie, frustrasi karena hidup dalam pengasingan, menyelinap pergi ke kota terdekat, agen Dodgson menculiknya dan Beta. Owen dan Claire segera berangkat untuk menyelamatkan mereka.

Di tempat lain, spesies belalang raksasa yang punah telah muncul kembali dan mengancam pasokan tanaman dan makanan dunia. Ahli paleobotani Ellie Sattler telah memperhatikan bagaimana belalang menghindari tanaman yang diproduksi Biosyn, membuat Ellie curiga bahwa Biosyn membiakkannya. Ellie, yang bercerai, mendekati ahli paleontologi dan mantan pasangan romantis Dr. Alan Grant yang setuju untuk membantu menghentikan operasi Biosyn.

Sementara itu, Claire dan Owen melacak Beta dan Maisie ke Malta, di mana mereka menemukan pasar gelap dinosaurus yang besar. Saat Claire dan Owen mengganggu pasar, dinosaurus dilepaskan secara tidak sengaja, menyebabkan kekacauan. Seorang agen Biosyn memberi tahu mereka bahwa Maisie dan Beta sedang diangkut ke markas besar Biosyn di pegunungan Dolomites Italia. Saat di pasar, mereka bertemu Kayla Watts, seorang pilot pesawat yang mengirimkan kargo langsung untuk vendor pasar dan memiliki akses ke Biosyn HQ. Dia setuju untuk menerbangkan Owen dan Claire ke sana.

Ahli teori kekacauan Ian Malcolm sekarang bekerja untuk Biosyn. Dia mengundang Alan dan Ellie ke markas untuk diam-diam membantu menyelidiki masalah belalang. Direktur komunikasi Biosyn Ramsay Cole bekerja dengan Ian dan diam-diam menentang operasi Biosyn.

Ahli genetika Henry Wu juga telah bergabung dengan Biosyn dan secara sembunyi-sembunyi menciptakan spesies belalang yang direkayasa secara genetik untuk mengkonsumsi tanaman saingan yang akan membuat produk Biosyn lebih kompetitif. Ketika Maisie dan Beta dibawa ke Biosyn HQ, Wu memberi tahu Maisie bahwa dia adalah putri kloning Charlotte Lockwood. Charlotte, rekan Wu di Situs B, menginginkan seorang anak dan menggunakan DNA-nya sendiri untuk membuat Maisie. Charlotte meninggal karena penyakit genetik, tetapi dia telah mengubah DNA Maisie untuk membuatnya kebal. Wu ingin mempelajari Maisie, percaya bahwa DNA-nya adalah kunci untuk menciptakan patogen untuk menghentikan wabah belalang. Biru mereproduksi Beta dengan cara yang sama, jadi Wu juga memerintahkan penangkapan Beta.

Setelah mencapai wilayah udara Biosyn, sekelompok Quetzalcoatlus menyerang pesawat kargo Kayla. Claire keluar sementara Owen dan Kayla selamat dari kecelakaan saat mendaratkan pesawat. Setelah pertemuan dengan Therizinosaurus dan Pyroraptor, ketiganya bersatu kembali.

Ellie dan Alan mencuri sampel belalang dari laboratorium Biosyn, lalu menyelamatkan Maisie dari lab Wu sebelum melarikan diri. Setelah menemukan penyusup melalui rekaman kamera keamanan, Dodgson membakar laboratorium belalang untuk menghancurkan semua bukti yang ditemukan Alan dan Ellie. Api menyebar, menelan seluruh fasilitas dan markas dalam kobaran api. Dodgson memecat Ian karena mengekspos operasinya. Ian membantu Alan, Ellie, dan Maisie melarikan diri dari fasilitas dan seluruh kru bertemu di luar. Dodgson mencoba melarikan diri dengan embrio dinosaurus melalui monorel, tetapi tiga Dilophosaurus membunuhnya di dalam terowongan.

Giganotosaurus meneror kelompok itu sampai Tyrannosaurus rex Therizinosaurus dan InGen yang masih hidup membunuhnya. Kelompok tersebut menyelamatkan Wu, yang mengatakan bahwa dia dapat menghilangkan infestasi belalang. Manusia melarikan diri dengan pesawat Biosyn.

Kembali ke daratan, Wu melepaskan belalang yang dimodifikasi yang membawa patogen yang ditemukannya saat mempelajari Maisie, berhasil memberantas wabah belalang. Ellie dan Alan memperbarui hubungan mereka saat mereka bersiap untuk bersaksi melawan Biosyn yang sekarang sudah hancur. Owen, Claire, dan Maisie pulang ke rumah tempat Beta bersatu kembali dengan Blue. Di seluruh dunia, dinosaurus belajar hidup berdampingan dengan hewan modern sementara Tyrannosaurus dan InGen bertemu dua T-rex yang diangkut dari Isla Sorna.[b]

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Seperti yang digambarkan dalam Jurassic World: Fallen Kingdom (2018).
  2. ^ Colin Trevorrow mengkonfirmasi bahwa mereka adalah individu pria dan wanita dewasa yang terakhir terlihat di The Lost World: Jurassic Park (1997).

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Mark Sanger Twitter profile". Diarsipkan dari versi asli tanggal January 4, 2017. Diakses tanggal August 5, 2020. 
  2. ^ a b "Film Releases". Variety. Diarsipkan dari versi asli tanggal October 21, 2018. 
  3. ^ Bell, Gabriel (April 5, 2022). "'Jurassic World Dominion's Dino-Sized Runtime Revealed". Collider. Diarsipkan dari versi asli tanggal April 5, 2022. Diakses tanggal April 5, 2022. 
  4. ^ "Jurassic World Dominion". Box Office Mojo. IMDb. Diakses tanggal June 11, 2022. 
  5. ^ "Jurassic World Dominion (2022)". Box Office Mojo. Diakses tanggal June 11, 2022. 
  6. ^ The Prologue - Jurassic World Dominion (dalam bahasa Inggris), diakses tanggal 2021-11-24 
  7. ^ "Jurassic World: Dominion". DNEG (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2021-11-24. 
  8. ^ "Jurassic World: Dominion - Dolby". www.dolby.com (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2021-11-24. 
  9. ^ Rubin, Rebecca (Oktober 6, 2020). "'Jurassic World: Dominion' Menunda Rilis hingga 2022". Variety. Diarsipkan dari versi asli tanggal 24 Oktober 2020. Diakses tanggal 9 Oktober 2020. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]