Transgen

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Transgen adalah gen yang telah ditransfer secara alami, atau oleh salah satu dari sejumlah teknik rekayasa genetika dari satu organisme ke organisme lain. Pengenalan transgen (transgenesis) memiliki potensi untuk mengubah fenotipe suatu organisme. Transgen menggambarkan segmen DNA yang mengandung urutan gen yang telah diisolasi dari satu organisme, yang kemudian dimasukkan ke organisme yang berbeda. Segmen DNA non-pribumi ini dapat mempertahankan kemampuan untuk menghasilkan RNA atau protein dalam organisme transgenik atau mengubah fungsi normal kode genetik transgenik organisme.

Secara umum, DNA dimasukkan ke dalam garis benih organisme. Misalnya, dalam vertebrata yang lebih tinggi dapat dilakukan dengan menyuntikkan DNA asing ke dalam inti ovum yang dibuahi. Teknik ini secara rutin digunakan untuk memperkenalkan gen penyakit manusia atau gen lainnya ke dalam galur tikus laboratorium untuk mempelajari fungsi atau patologi yang terlibat dengan gen tertentu .

Berbagai tanaman transgenik seperti jagung, kedelai, minyak lobak, kapas, beras dan banyak lagi lainnya telah dirancang untuk pertanian. Pada 2012, tanaman transgenik ini sudah ditanam secara global di lahan seluas 170 juta hektare.[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Gilbert, N. (2013). "Case studies: A hard look at GM crops". Nature. 497 (7447): 24–26. doi:10.1038/497024a. PMID 23636378. Diakses tanggal 23 October 2013.