Jurassic World: Fallen Kingdom

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jurassic World: Fallen Kingdom
Jurassic World Fallen Kingdom.png
Poster teater rilis
Sutradara
Produser
Penulis
Didasarkan
dari
Para karakter
oleh Michael Crichton
Pemeran
Penata musikMichael Giacchino
SinematograferÓscar Faura
PenyuntingBernat Vilaplana
Perusahaan
produksi
DistributorUniversal Pictures[1]
Tanggal rilis
  • 21 Mei 2018 (2018-05-21) (WiZink Center)
  • 6 Juni 2018 (2018-06-06) (Indonesia)
  • 22 Juni 2018 (2018-06-22) (Amerika Serikat)
Durasi128 menit[3]
NegaraAmerika Serikat[4]
Bahasa
Anggaran$170–187 juta[5]
Pendapatan
kotor
$1.309 miliar[6]

Jurassic World: Fallen Kingdom adalah sebuah film petualangan fiksi ilmiah Amerika Serikat tahun 2018 dan sekuel dari Jurassic World (2015). Disutradarai oleh J. A. Bayona, film tersebut adalah installment kedua dari trilogi Jurassic World yang direncanakan, dan installment kelima dari seluruh seri film Jurassic Park. Derek Connolly dan sutradara Jurassic World Colin Trevorrow kembali menjadi penulis, dengan Trevorrow dan sutradara Jurassic Park yang asli Steven Spielberg sebagai produser eksekutif.

Plot[sunting | sunting sumber]

Jurassic World: Fallen Kingdom menampilkan adegan awalnya pada suatu malam di Isla Nublar. Tiga tahun setelah taman dinosaurus di pulau itu mengalami kekacauan, sebuah helikopter membawa tim dengan misi mengambil tulang-belulang indominus rex yang tersisa di pantai. Sayangnya, kemunculan mosasaurus dan t-rex menggagalkan misi tersebut dan memicu terbukanya pagar batas yang berada di bawah laut.

Di tempat lain, pemerintahan dunia tengah mengadakan pertemuan. Mereka membahas tentang gunung api di Isla Nublar yang akan meletus. Pertemuan itu menghasilkan keputusan bahwa pemerintah tidak akan melakukan tindakan apa pun selama tidak ada kehidupan manusia yang terancam akibat letusan tersebut.

Keinginan Benjamin Lockwood

Saat ini, Claire mengepalai sebuah yayasan dengan program penyelamatan dinosaurus di Isla Nublar. Keputusan ini membuat Claire menjadi shock. Namun, tak lama kemudian, ia mendapat telepon dari Benjamin Lockwood. Ben Lockwood mengatakan hendak membantu Claire menyelamatkan dinosaurus yang ada di Isla Nublar. Maka, Claire pun segera menuju kediaman pria itu.

Dalam kediamannya yang megah, Lockwood menawarkan sebuah misi kepada Claire untuk pergi ke Isla Nublar dan menyelamatkan para dinosaurus dari letusan gunung api di sana. Lockwood meminta Claire untuk turun dan membantu  proses evakuasi dinosaurus-dinosaurus tersebut. Lockwood bermaksud memindahkan dinosaurus-dinosaurus itu ke sebuah pulau yang jauh dari campur tangan mereka.

Eli Mills, tangan kanan Lockwood, mejelaskan lebih rinci mengenai rencana tersebut. Mils meminta Claire mengaktifkan kembali menara pelacak di pulau itu agar timnya bisa menemukan lokasi para dinosaurus berada. Mils juga menunjukkan kepada Claire tentang keberadaan Blue. Saat ini, Blue merupakan satu-satunya raptor yang tersisa dan keberadaannya sangat sulit dilacak.

Oleh karena itu, Mills meminta Claire agar mengikutsertakan Owen Grady dalam misi itu. Lalu, Claire pun menemui Owen dan menyampaikan tawarannya. Semula, Oweb bersikap skeptis karena ternyata ia pernah menolak tawaran Mills. Namun, ketika Claire mengatakan mengenai keberadaan Blue, Owen pun terlihat bimbang.

Claire mengajak dua rekannya, yaitu Zia, seorang dokter hewan, dan Franklin, seorang programer. Ketika mereka akan berangkat, Owen ternyata telah menunggu mereka dalam pesawat. Rupanya, ia memutuskan bergabung dalam misi Claire demi menemukan Blue. Mereka pun segera menuju ke Isla Nublar.

Misi dan Bencana

Di Isla Nublar, Ken dan pasukan tentara bayaranya menyambut Claire dan rekan-rekannya. Selama beberapa waktu terakhir, Ken dan pasukannya menjalankan tugas dari Mills untuk menangkap para dinosaurus di pulau itu untuk dievakuasi. Setelah saling memperkenalkan diri, mereka semua langsung mengerjakan misi di Isla Nublar itu.

Claire pernah bekerja sebagai manajer operasional di Jurassic World. Oleh karena itu, ia bisa menggunakan sidik jarinya untuk membuka dan mengakses ruang server pada menara pelacak. Lalu, Franklin menjalankan tugasnya, yaitu mengaktifkan menara pelacak tersebut.

Setelah mengetahui lokasi setiap dinosaurus yang tersebar di pulau, Ken dan pasukannya mulai mendatangi setiap lokasi tersebut. Owen dan Zia bergabung dengan Ken dan pasukannya. Di suatu tempat, Owen akhirnya berhasil menemukan Blue. Saat mencoba berkomunikasi dengan raptor yang dibesarkannya itu, Ken dan pasukannya tiba-tiba datang dan hendak membius Blue.

Blue bereaksi dengan menyerang salah satu anggota pasukan Ken. Namun, pasukan yang lainnya menembak raptor itu dengan peluru tajam. Blue pun terjatuh. Menyaksikan hal itu, Owen pun marah, tetapi Ken menembaknya dengan peluru bius yang segera membuatnya pingsan. Lalu, Ken dan pasukannya membawa Blue dan Zia meninggalkan tempat itu dan Owen yang tidak sadarkan diri.

Di ruang server, seekor dinosaurus menyusup dan menyerang Franklin dan Claire. Ketika mereka hendak melarikan diri, pintu ruangan itu tiba-tiba terkunci. Sementara itu, gunung api di pulau tersebut mulai meletus dan memuntahkan lahar panas. Ken dan pasukannya segera mengevakuasi dinosaurus yang berhasil mereka tangkap dan bergegas meninggalkan pulau.

Selamat Tinggal Isla Nublar

Seekor dinosaurus menjilati Owen dan membuatnya sadar. Dengan susah payah, Owen menghindari lahar yang hampir mencapai tubuhnya. Dari ruang server, Claire dan Franklin akhirnya berhasil melarikan diri melalui atap. Mereka melihat gunung yang telah meletus dan hendak pergi meninggalkan pulau itu. Di tengah pelarian itu, Claire dan Franklin yang tengah mengemudikan gyrosphere berpapasan dengan Owen.

Para dinosaurus berlarian hendak menyelamatkan diri dari letusan gunung api di pulau itu. Hal ini sempat membuat Owen, Claire dan Franklin terjebak dalam perkelahian antara dua dinosaurus pemangsa. Gyrosphere yang berisi Claire dan Franklin bahkan tercebur ke lautan. Untungnya, Owen datang tepat waktu dan menyelamatkan mereka semua.

Beberapa saat kemudian, melalui sebuah bukit, Owen, Claire, dan Franklin menyaksikan bagaimana Ken dan pasukannya hendak meninggalkan pulau. Mereka membawa dinosaurus yang berhasi di tangkap dan memasukkannya ke dalam sebuah kapal. Owen, Claire, dan Franklin berhasil menyusup ke dalam kapal menggunakan sebuah truk. Dari dalam kapal itu, mereka menyaksikan letusan gunung berapi menenggelamkan para dinosaurus yang tertinggal di Isla Nublar.

Rahasia Mills

Di kediaman Lockwood, Mills bertemu dengan seseorang bernama Eversol. Mills meminta orang itu untuk memimpin pelelangan dinosaurus yang berhasil ditangkapnya. Melalui pelelangan tersebut, Mills hendak mendapatkan dana untuk sebuah proyek yang lebih besar. Bersama Dr. Wu, Mills berencana menyempurnakan indominus rex. Mereka memproduksi dinosaurus jenis baru yang dinamakan Indoraptor. Lalu, mereka hendak menggunakan Indoraptor itu sebagai senjata perang militer.

Seorang anak kecil bernama Maisie mencuri dengar pembicaraan antara Mills dan Everson. Maisie hendak memberitahukan hal ini kepada Locwood yang merupakan kakeknya. Dalam kesempatan berikutnya, Maisie memergoki pembicaraan Dr. Wu dan Mills. Namun, Mills mengetahui keberadaannya dan segera menangkap gadis itu.

Lockwood yang telah mengetahui rencana Mills lalu memanggil pria itu. Lockwood  meminta Milss untuk menghentikan rencananya dan menyerahkan diri pada polisi, tetapi Mills lebih dulu membunuhya. Lalu, Mills mengambil alih rumah dan semua aset milik Locwood. Ia juga mengendalikan semua bisnia dan urusan pria yang telah dibunuhnya itu. Hal ini membuat Mills leluasa melakukan pelalangan dinosaurus yang telah ia rencanakan selama ini.

Sementara itu, kapal yang mengangkut dinosaurus dari Isla Nublar tiba di pelabuhan. Ken dan pasukannya segera melakukan bongkar muatan. Salah seorang pasukan Ken sempar memergoki Franklin, tetapi ia mengira programer rekan Claire itu bagian dari mereka. Lalu, ia pun menyuruh Franklin untuk segera membantu proses bongkar muat yang berlangsung.

Claire dan Owen sempat membantu Zia untuk menyelamatkan Blue. Lalu, keduanya terus membuntuti rombongan Ken dan pasukannya hingga ke ruang bawah tanah kediaman Ben Lockwood. Sayangnya, Ken memergoki dan menangkap mereka. Lalu, Ken membawa mereka ke hadapan Mills. Claire dan Owen akhirnya mengetahu semua rencana busuk Mills dengan semua dinosaurus yang berhasil ditangkapnya.

Pelelangan

Mills memerintahkan Ken untuk mengurung Owen dan Claire bersama Maisie. Ia mengatakan akan membunuh mereka semua setelah pelelangannya selesai. Namun, Owen tidak menyerah begitu saja. Setelah kepergian Mills, Owen berhasil melepaskan dirinya, Claire, dan Maisie dari kurungan. Lalu mereka mencari cara untuk menggagalkan rencana Mills.

Selama pelelangan berlangsung, Mills telah berhasil mendapatkan banyak keuntungan. Namun, Owen melepaskan seekor dinosaurus dan mengacaukan acara tersebut. Dalam satu kesempatan, Ken hendak mengambil gigi Indoraptor yang terlihat tengah pingsan dan menambahkannya dalam koleksinya. Akan tetapi, makhluk hasil pengembangan indominus rex itu hanya berpura-pura. Ia memangsa Ken dan menewaskannya seketika.

Tanpa sengaja, Owen dan rombongannya bertemu dengan Mills. Saat itu, Mills hendak mengambil Maisie. Ia memberitahukan bahwa Maisie adalah sebuah klon. Lockwood yang tidak mampu menerima kenyataan akan kematian putrinya, menciptakan Maisie dan mengasuhnya seperti cucunya sendiri.

Dalam laboratorium, Dr. Wu mengetahui kekacauan telah terjadi. Ia berniat melarikan diri bersama semua aset penelitiannya. Akan tetapi, Franklin membiusnya dan membebaskan Zia. Kemudian, mereka melepaskan Blue yang sudah sehat untuk mengatasi para penjaga sehingga mereka berhasil kabur dari tempat itu.

Di sisi lain, Owen, Claire, dan Maisie harus melarikan diri dari kejaran Indoraptor yang mulai memburu siapa saja yang dilihatnya. Sebuah insiden membuat Maisie harus terpisah dari mereka berdua. Lalu, Indoraptor beralih mengejar Maisie. Sementara itu, Franklin dan Zia mendeteksi adanya kebocoran gas yang bisa memicu ledakan besar setiap saat.

Indoraptor vs Blue

Setelah membebaskan Claire, Owen hendak menyelamatkan Maisie. Hal ini membuat Indoraptor kembali memburu mereka bertiga. Akan tetapi, Blue tiba-tiba muncul dan bertarung melawan Indoraptor itu. Di bagian lain kediaman Lockwood, Mills hendak melarikan diri bersama semua keuntungan yang telah ia dapatkan. Segerombolan dinosaurus yang terlepas menyerang setiap anak buah Mills yang bersamanya.

Mills sempat bersembunyi, tetapi ia harus menjadi santapan bagi t-rex yang telah terlepas dari kurungannya. Sementara itu, Blue terus melawan Indoraptor meskipun spesies jenis baru itu berulang kali menghempaskannya. Akhirnya, Blue menerjang Indoraptor hingga membuat keduanya terjatuh. Indoraptor tewas setelah tertusuk oleh tulang belulang fosil dinosaurus. Sayangnya, masalah belum berakhir.

Zia dan Franklin memberi tahu Claire dan Owen bahwa sebuah gas beracun tengah menyebar dalam kediaman Lockwood. Hal ini membahayakan dinosaurus yang masih berada di sana. Owen dan Claire merasa bimbang. Apakah mereka harus melepaskan dinosaurus yang ada atau membiarkan mereka mati akibat gas beracun di tempat itu. Namun, Maisie tiba-tiba mengaktifkan fungsi yang membuat semua kurungan dinosaurus itu terbuka.

Di luar kediaman Lockwood, Owen sempat bertemu dengan Blue. Owen meminta Blue untuk mengikutinya, tetapi lagi-lagi Blue pergi meninggalkan Owen dan menempuh jalan raptornya sendiri. Sementara itu, di sebuah pantai, Mosasaurus tampak menyerang para peselancar. Di kebun binatang, T-rex sedang asik berkeliaran. Lalu, dari angkasa, sekelompok Pteranosaurus terbang mengintai kemegahan kota dan peradaban manusia.[7]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c d "Film releases". Variety Insight. Diarsipkan dari versi asli tanggal April 1, 2017. Diakses tanggal April 4, 2017. 
  2. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama Prod-info
  3. ^ "JURASSIC WORLD: FALLEN KINGDOM (12A)". British Board of Film Classification. May 26, 2018. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2018-06-13. Diakses tanggal May 26, 2018. 
  4. ^ "Untitled Jurassic World Sequel (2018)". AllMovie. Diarsipkan dari versi asli tanggal April 5, 2017. Diakses tanggal April 5, 2017. 
  5. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama DEADpreview
  6. ^ "Jurassic World: Fallen Kingdom (2018)". Box Office Mojo. Diakses tanggal January 3, 2019. 
  7. ^ Sasongko, Probo. "Film Action Terbaik Sinopsis Film Jurassic World : Fallen Kingdom". CeritaFilm.Com. Diakses tanggal 2 Agustus 2022. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]