Bohemian Rhapsody (film)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Bohemian Rhapsody
Bohemian Rhapsody poster.png
SutradaraBryan Singer[a]
Produser
SkenarioAnthony McCarten
Cerita
Pemeran
MusikJohn Ottman
SinematografiNewton Thomas Sigel
PenyuntingJohn Ottman
Perusahaan
produksi
Distributor20th Century Fox
Tanggal rilis
  • 23 Oktober 2018 (2018-10-23) (SSE Arena)
  • 24 Oktober 2018 (2018-10-24) (Britania Raya)
  • 30 Oktober 2018 (2018-10-30) (Indonesia)
  • 2 November 2018 (2018-11-2) (Amerika Serikat)
Durasi
134 menit[3]
Negara
  • Britania Raya[4]
  • Amerika Serikat[4]
Anggaran$ 50–55 juta[5][6]
Pendapatan kotor$ 879,7 juta[7]

Bohemian Rhapsody adalah sebuah film biografi tahun 2018 tentang grup band rock Inggris, Queen. Film ini menceritakan tentang kehidupan penyanyi Freddie Mercury, yang berujung pada penampilan Queen pada konser Live Aid di Stadion Wembley pada tahun 1985. Bohemian Rhapsody disutradarai oleh Bryan Singer, skenario film ini ditulis oleh Anthony McCarten dan diproduseri oleh Graham King dan mantan manajer Queen Jim Beach. Film ini dibintangi oleh Rami Malek sebagai Mercury, dan didukung oleh para pemeran di antaranya seperti Lucy Boynton, Gwilym Lee, Ben Hardy, Joe Mazzello, Aidan Gillen, Allen Leech, Tom Hollander dan Mike Myers. Anggota grup band Queen, Brian May dan Roger Taylor bertindak sebagai konsultan kreatif dan musik pada film ini. Film ini diproduksi secara patungan oleh perusahaan Inggris dan Amerika di antaranya 20th Century Fox, New Regency, GK Films, dan Queen Films, dengan Fox juga bertindak sebagai sebagai distributornya.

Bohemian Rhapsody pertama kali diumumkan akan segera diproduksi pada tahun 2010, dengan Sacha Baron Cohen yang akan berperan sebagai Mercury. Setelah Baron Cohen meninggalkan proyek ini pada tahun 2013 karena terdapat perbedaan kreatif dengan produser, proyek ini terkatung-katung nasibnya selama beberapa tahun sebelum akhirnya Malek terpilih sebagai pemeran utama pada bulan November 2016. Proses pengambilan gambar utama film ini dimulai di London pada bulan September 2017 di mana Bryan Singer bertindak sebagai sutradara. Pada bulan Desember 2017, Singer dipecat karena absen dan bentrok dengan para pemain dan kru, Dexter Fletcher akhirnya dipekerjakan untuk menyelesaikan film ini. Singer tetap tercantum di kredit film sebagai sutradara tunggal sesuai pedoman DGA, sementara Fletcher menerima kredit sebagai produser eksekutif. Pembuatan film ini berakhir pada bulan Januari 2018.

Bohemian Rhapsody dirilis di Britania Raya pada 24 Oktober 2018 dan di Amerika Serikat pada 2 November 2018. Bohemian Rhapsody adalah film biografi musikal terlaris sepanjang masa, pendapatannya melebihi film Straight Outta Compton yang rilis pada tahun 2015.[8] Film ini menerima ulasan yang beragam dari para kritikus; penggambaran kehidupan dan seksualitas Mercury beserta anggota grup band lainnya dikritik, tetapi penampilan Malek dan rangkaian musiknya mendapat pujian.[9][10] Film ini juga mengandung sejumlah ketidakakuratan sejarah.[11] Film ini mendapatkan kesuksesan box office, berhasl meraup pendapatan lebih dari $ 879 juta di seluruh dunia dengan anggaran produksi sekitar $ 50 juta, menjadi film terlaris keenam tertinggi tahun 2018 di seluruh dunia dan mendapat rekor box office terbesar sepanjang masa untuk film bergenre biopik dan drama.

Bohemian Rhapsody menerima banyak penghargaan, termasuk empat penghargaan terkemuka di Academy Awards ke-91 untuk Aktor Terbaik (Malek), Penyuntingan Film Terbaik, Penyuntingan Suara Terbaik, dan Tata Suara Terbaik; film ini juga dinominasikan untuk Film Terbaik. Film ini memenangkan Film Terbaik - Drama di Golden Globe Awards ke-76, dan dinominasikan untuk Film Terbaik Producers Guild of America Award dan Film Britania Terbaik BAFTA Award, sementara Malek memenangkan Penghargaan Golden Globe, Screen Actors Guild dan BAFTA untuk Aktor Terbaik.

Alur cerita[sunting | sunting sumber]

Di tahun 1970, Farrokh Bulsara, seorang mahasiswa Parsi India dan penangan bagasi di Heathrow Airport, menonton sebuah band lokal yang lama ia ikuti, bernama Smile, yang tampil di sebuah klub malam. Setelah mereka selesai tampil, ia bertemu gitaris Smile Brian May dan drummer Roger Taylor, dan ditawari untuk menggantikan vokalis mereka Tim Staffell, yang baru saja keluar dari band. Dengan tambahan basis John Deacon, band tersebut – sekarang dikenal dengan nama Queen – mulai bermain melintasi Inggris sampai mereka menjual van mereka untuk memproduksi album debut mereka. Gaya musik mereka mendatangkan kontrak dengan perusahaan rekaman EMI Records. Di waktu yang sama, Farrokh secara resmi mengganti namanya, menjadi Freddie Mercury dan bertunangan dengan pegawai toko Biba Mary Austin. Album perdana mereka menaiki tangga lagu di Amerika, dan, pada saat tur band di A.S., Freddie mulai mempertanyakan seksualitasnya.

Di tahun 1975, Queen merekam album keempat mereka, A Night at the Opera, namun mereka meninggalkan EMI karena eksekutif EMI, Ray Foster menolak merilis lagu enam menit mereka yang berjudul "Bohemian Rhapsody" sebagai singel utama album tersebut. Freddie meminta DJ Kenny Everett menyiarkan lagu tersebut di radio. Walaupun ulasannya beragam, "Bohemian Rhapsody" menjadi sukses besar. Setelah tur dunia, Freddie memulai hubungan dengan Paul Prenter, manajer haruan band. Mary memutuskan hubungannya dengan Freddie ketika ia tahu bahwa Freddie seorang biseksual, walaupun ia yakin bahwa Freddie seorang homoseksual.

Kesuksesan Band berlanjut hingga awal 1980an, namun ketegangan meningkat atas arah musik mereka dan perubahan pada sifat Freddie yang dihasilkan dari hubungannya dengan Paul. pada tahun 1981, setelah pesta mewah di rumahnya, Freddie jatuh cinta pada Jim Huttom, seorang pelayan di pesta tersebut. Mereka akhirnya berpisah, dan Jim berkata kepada Freddie untuk mencarinya setelah ia belajar untuk mencintai dirinya sendiri. Sebuah Konferensi Pers untuk mempromosikan album Hot Space pada tahun 1982 dipojokkan oleh wartawan, yang membombardir Freddie dengan pertanyaan mengenai kehidupan pribadi dan seksualitasnya.

Hubungan Freddie dengan rekan bandnya memburuk ketika ia mengumumkan bahwa ia telah menandatangani kontrak solo senilai $4 juta dengan CBS Records. Ia pindah ke Munich di tahun 1984 untuk mengerjakan album solo pertamanya yang berjudul Mr. Bad Guy dan mulai berhubungan seksual dengan Paul. Mary, yang tengah hamil, datang berkunjung dan memaksanya untuk kembali ke band, karena mereka ditawari satu tempat dalam Konser amal Live Aid yang digagas Bob Geldof di Stadion Wembley. Setelah tahu bahwa Paul menyembunyikan berita ini darinya, Freddie yang marah memutuskan hubungan dengannya. Sebagai balasannya, Paul memberitahukan publik tentang petualangan seksual Freddie.

Freddie kembali ke London dan meminta maaf kepada rekan bandnya dan manajer Jim Beach. Mereka akhirnya berbaikan dan diberi tempat terakhir di Live Aid. Dengan mewabahnya penyebaran AIDS di seluruh dunia, Freddie mengetahui bahwa ia juga terjangkit. Ia memberitahukan rekan bandnya saat latihan, dan mereka merangkul. Pada hari Live Aid, ia bertemu kembali dengan Hutton dan Mary, dan berhubungan kembali dengan keluarganya dan pepatah Zoroastrianisme ayahnya, "Berpikir baik, berkata baik, berbuat baik." Band akhirnya tampil di Live Aid, menyanyikan lagu "Bohemian Rhapsody", "Radio Ga Ga", "Hammer to Fall", "We Will Rock You" dan "We Are the Champions". Penampilan mereka di Live Aid sukses besar, membantu meningkatkan donasi selama mereka tampul.

Setelah Freddie meninggal karena AIDS di tahun 1991, Beach dan anggota Queen yang tersisa membentuk, di tahun 1992, Mercury Phoenix Trust untuk membantu melawan AIDS di seluruh dunia.[12]

Pemeran[sunting | sunting sumber]

(Kiri ke kanan) Joe Mazzello, Rami Malek, dan Gwilym Lee sedang mempromosikan film ini pada tahun 2018.

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Bryan Singer digantikan oleh Dexter Fletcher menjelang akhir proses pengambilan gambar utama, tetapi namanya tetap tercantum sebagai satu-satunya sutradara untuk film ini sesuai dengan peraturan Serikat Sutradara Amerika. Fletcher menerima kredit sebagai produser eksekutif.[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Galuppo, Mia (12 Juni 2018). "Bryan Singer to Get Directing Credit on Queen Biopic 'Bohemian Rhapsody'". The Hollywood Reporter. Diakses tanggal 21 Juni 2018. 
  2. ^ a b c d "Film releases". Variety Insight. Diarsipkan dari versi asli tanggal 21 Oktober 2018. Diakses tanggal 10 November 2017. 
  3. ^ "Bohemian Rhapsody (12A)". British Board of Film Classification. 19 Oktober 2018. Diakses tanggal 27 Oktober 2018. 
  4. ^ a b "Bohemian Rhapsody (2018)". AllMovie. Diakses tanggal 24 September 2017. 
  5. ^ Rubin, Rebecca (31 Oktober 2018). "Will 'Bohemian Rhapsody' Rock the Box Office?". Variety. Diakses tanggal 2 November 2018. 
  6. ^ D'Alessandro, Anthony (4 November 2018). "'Bohemian Rhapsody' Sends Thunderbolts And Lightning Through B.O. As Freddie Mercury Biopic Hits $50M Opening". Deadline Hollywood. Diakses tanggal 4 November 2018. 
  7. ^ "Bohemian Rhapsody (2018)". Box Office Mojo. Diakses tanggal 17 Maret 2019. 
  8. ^ Mendelson, Scott (11 November 2018). "'Bohemian Rhapsody' Remains Box Office Queen With Supersonic $285M Cume". Forbes. 
  9. ^ Yang, Rachel (23 Oktober 2018). "'Bohemian Rhapsody' Sees Mixed Reviews as Critics Praise Rami Malek". Variety. Diakses tanggal 24 Oktober 2018. 
  10. ^ Sblendorio, Peter (7 November 2018). "How 'Rhapsody' addresses Freddie Mercury's sexuality". The Detroit News. Diakses tanggal 9 November 2018. 
  11. ^ Greene, Andy (1 November 2018). "Fact-Checking the Queen Biopic, 'Bohemian Rhapsody'". Rolling Stone. Diakses tanggal 8 November 2018. 
  12. ^ "MPT - FFAD". www.mercuryphoenixtrust.com. Diakses tanggal 2019-01-05. 
  13. ^ "Mr Robot star Rami Malek to play Freddie Mercury in Queen biopic". The Guardian. Diakses tanggal 4 November 2016. 
  14. ^ Pedersen, Erik (6 September 2017). "'Bohemian Rhapsody': Lucy Boynton Joins Queen Pic As Mary Austin". Deadline Hollywood. Diakses tanggal 6 September 2017. 
  15. ^ a b c Busch, Anita (21 August 2017). "Queen Pic 'Bohemian Rhapsody' Finds Bandmates in Ben Hardy, Gwilym Lee & Joe Mazzello". Deadline Hollywood. Diakses tanggal 21 August 2017. 
  16. ^ a b Galuppo, Mia (26 September 2017). "Aidan Gillen, Tom Hollander Join Cast of Queen Biopic 'Bohemian Rhapsody'". The Hollywood Reporter. Diakses tanggal 26 September 2017. 
  17. ^ Busch, Anita (30 August 2017). "Allen Leech Joins 'Bohemian Rhapsody' As Paul Prenter, Freddy Mercury's Judas". Deadline Hollywood. Diakses tanggal 30 August 2017. 
  18. ^ Fleming Jr, Mike (11 September 2017). "Mike Myers Comes Full Circle With 'Bohemian Rhapsody'". Deadline Hollywood. 
  19. ^ Busch, Anita (22 September 2017). "'Bohemian Rhapsody': Aaron McCusker Cast As Freddie Mercury Boyfriend Jim Hutton". Deadline Hollywood. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]