21 Grams

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
21 Grams
21 grams movie.jpg
Poster film 21 Grams
Sutradara Alejandro González Iñárritu
Produser Alejandro González Iñárritu
Robert Salerno
Skenario Guillermo Arriaga
Cerita Alejandro González Iñárritu
Guillermo Arriaga
Pemeran Sean Penn
Naomi Watts
Benicio del Toro
Musik Gustavo Santaolalla
Sinematografi Rodrigo Prieto
Penyunting Stephen Mirrione
Perusahaan
produksi
This Is That Productions
Distributor Focus Features
Tanggal rilis
Durasi
124 menit[1]
Negara Amerika Serikat
Bahasa Inggris
Anggaran $20 juta[2]
Pendapatan kotor $60,427,839[2]

21 Grams adalah film drama kriminal thriller Amerika Serikat tahun 2003 yang disutradarai oleh Alejandro González Iñárritu dan diproduseri oleh Alejandro González Iñárritu dan Robert Salerno. Naskah film ini ditulis oleh Guillermo Arriaga, sementara ceritanya ditulis oleh Alejandro González Iñárritu dan Guillermo Arriaga. Film ini dibintangi oleh Sean Penn, Naomi Watts dan Benicio del Toro.

Film 21 Grams ditayangkan secara perdana di Festival Film Venesia pada tanggal 5 September 2003 dan dirilis di Amerika Serikat pada tanggal 21 November 2003. Film ini mendapatkan review positif dari para kritikus.

Plot[sunting | sunting sumber]

Jack Jordan (Benicio del Toro) merupakan seorang mantan narapidana yang menggunakan keyakinannya saat ini untuk pulih dari kecanduan narkotika dan alkoholisme. Paul Rivers (Sean Penn) merupakan seorang profesor matematika dengan istrinya yang berdedikasi, Mary Rivers (Charlotte Gainsbourg), dan kondisi jantung yang tidak sehat. Jika ia tidak menerima jantung baru dari pendonor organ, ia tidak akan hidup lebih dari satu bulan. Istri Paul menginginkannya untuk menyumbangkan sperma agar sang istri dapat memiliki bayinya bahkan jika ia meninggal. Cristina Peck (Naomi Watts) merupakan seorang pecandu narkotika yang sedang memulihkan diri dan sekarang hidup normal di tepi kota dengan suaminya dan dua anaknya. Ia merupakan seorang ibu yang penuh kasih dan perenang aktif yang telah meninggalkan hari-harinya dari narkotika dan alkohol. Ketiga cerita atau karakter yang terpisah ini terhubung bersama pada suatu sore ketika Jack membunuh suami dan anak-anak Cristina dalam kecelakaan tabrak lari. Hati suami Cristina disumbangkan kepada Paul, yang memulai pemulihannya.

Cristina sedih karena kehilangan keluarganya dan kembali ke narkotika dan alkohol. Paul ingin memulai kehidupan normal lagi, namun ia ragu-ragu menyetujui ide istrinya tentang operasi dan inseminasi buatan sebagai upaya terakhir untuk hamil. Selama konsultasi dengan dokter sebelum operasi, Paul mengetahui bahwa istrinya telah menjalani aborsi setelah mereka berpisah di masa lalu. Marah, Paul mengakhiri hubungan dengan istrinya. Paul sangat penasaran tentang pendonor hati tersebut. Ia mengetahui dari detektif swasta bahwa hati tersebut adalah milik suami Cristina dan mulai mengikuti Cristina di sekitar kota.

Jack merasa bersalah setelah kecelakaan itu dan mulai menggunakan narkotika lagi. Meskipun istrinya (Melissa Leo) keberatan dan memintanya untuk tetap diam serta menyembunyikan kesalahannya, Jack memberitahu istrinya bahwa "tugasnya adalah untuk Tuhan" dan menyerahkan diri. Ketika ia dipenjara, Jack mengklaim bahwa Tuhan telah mengkhianatinya, kehilangan keinginannya untuk melanjutkan hidup dan mencoba untuk melakukan bunuh diri, meskipun upaya bunuh dirinya tidak berhasil. Ia dibebaskan setelah Cristina menolak untuk menuntut Jack karena ia menyadari bahwa menempatkan Jack di penjara tidak akan membawa keluarganya kembali. Ketika ia bebas, Jack tidak bisa kembali ke dalam kehidupan keluarganya yang normal dan sebaliknya, ia meninggalkan rumahnya untuk hidup sendiri dan bekerja sebagai buruh.

Paul menemukan kesempatan untuk bertemu Cristina dan akhirnya mengungkapkan bagaimana mereka berdua berkaitan. Cristina awalnya marah dan memaksanya keluar, namun ia cepat mempertimbangkan kembali. Putus asa dan membutuhkan satu sama lain, mereka melanjutkan hubungan mereka. Meskipun Paul memiliki hati yang baru, tubuhnya menolak transplantasi dan pandangannya suram. Ketika Cristina mulai memikirkan kehidupannya yang berubah dan kematian anak-anaknya, ia menjadi terobsesi untuk membalas dendam kepada Jack. Ia mendesak Paul agar setuju untuk membunuhnya.

Paul bertemu dengan detektif swasta yang awalnya menemukan Cristina untuknya. Ia memberitahu Paul bahwa Jack tinggal di motel dan menjual pistol kepada Paul. Paul dan Cristina memeriksa ke motel tempat Jack menginap. Ketika Jack berjalan sendirian, Paul menangkap dan membawanya keluar ke tempat terbuka di bawah todongan senjata dengan maksud untuk membunuhnya. Namun, Paul tidak mampu membunuh Jack yang masih bingung dan gemetar sambil memohon. Paul memberitahu Jack untuk "menghilang begitu saja" lalu kembali ke motel, berbohong kepada Cristina tentang kematian Jack. Malam itu, ketika mereka sedang tidur, Paul dan Cristina dibangunkan oleh suara di luar pintu mereka. Jack, yang masih merasa bersalah, meminta Paul untuk membunuhnya dan mengakhiri penderitaannya. Perseteruan pun terjadi dan Cristina membutakan Jack dan mulai memukulinya dengan kayu. Paul jatuh, memegang pistol dan menembak dirinya sendiri.

Jack dan Cristina membawa Paul ke rumah sakit. Jack memberitahu polisi bahwa ia adalah orang yang menembak Paul, namun ia dilepaskan ketika ceritanya tidak terbukti. Paul meninggal dan konflik antara Cristina dan Jack tetap tidak terpecahkan (mereka bertemu di ruang tunggu setelah kematian Paul dan jika mereka berbicara, hal itu tidak ditunjukkan). Ketika Cristina menawarkan untuk menyumbangkan darah kepada Paul di rumah sakit, Cristina mengetahui bahwa ia hamil. Setelah kematian Paul, Cristina terlihat sedang mempersiapkan anak barunya di salah satu kamar tidur putrinya, yang sebelumnya tidak dimasuki setelah kematian putrinya. Jack ditunjukkan kembali ke keluarganya.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

  • Sean Penn sebagai Paul Rivers
  • Naomi Watts sebagai Cristina Peck
  • Benicio del Toro sebagai Jack Jordan
  • Charlotte Gainsbourg sebagai Mary Rivers
  • Danny Huston sebagai Michael
  • John Rubinstein sebagai dokter ginekolog
  • Clea DuVall sebagai Claudia
  • Eddie Marsan sebagai Pendeta John
  • Melissa Leo sebagai Marianne Jordan
  • Marc Thomas Musso sebagai Freddy
  • Paul Calderón sebagai Brown
  • Denis O'Hare sebagai Dr. Rothberg
  • Kevin Chapman sebagai Alan
  • Lew Temple sebagai sherif wilayah
  • Carly Nahon sebagai Cathy

Tanggapan Kritikus[sunting | sunting sumber]

Film 21 Grams mendapatkan review positif dari para kritikus. Berdasarkan Rotten Tomatoes, film ini memiliki rating 80%, berdasarkan 182 ulasan, dengan rating rata-rata 7.5/10.[3] Berdasarkan Metacritic, film ini mendapatkan skor 70 dari 100, berdasarkan 41 kritik, menunjukkan "ulasan yang baik".[4]

Box Office[sunting | sunting sumber]

Film 21 Grams mendapatkan $16,290,476 di Amerika Utara dan $44,137,363 di negara lain. Total pendapatan yang dihasilkan oleh film ini mencapai $60,427,839, melebihi anggaran produksi film $20 juta.[2]

Pada pembukaan akhir pekan, film ini mendapatkan $274,454, menempati posisi ke-22 di box office.[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "21 Grams (15)". British Board of Film Classification. November 18, 2003. Diakses tanggal May 15, 2013. 
  2. ^ a b c d "21 Grams (2003)". Box Office Mojo. Diakses tanggal October 12, 2012. 
  3. ^ "21 Grams (2003)". Rotten Tomatoes. Diakses tanggal February 13, 2018. 
  4. ^ "21 Grams reviews". Metacritic. Diakses tanggal February 13, 2018. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]