The Cardinal

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
The Cardinal
Promotional poster by Saul Bass
SutradaraOtto Preminger
ProduserMartin C. Schute
SkenarioRobert Dozier
Ring Lardner, Jr. (uncredited)
PemeranTom Tryon
Romy Schneider
Carol Lynley
Penata musikJerome Moross
SinematograferLeon Shamroy
PenyuntingLouis R. Loeffler
DistributorColumbia Pictures
Tanggal rilis
  • 12 Desember 1963 (1963-12-12)
Durasi175 minutes
NegaraUnited States
BahasaEnglish
Pendapatan
kotor
$11,170,588[1]

Kardinal adalah film Amerika Serikat produksi tahun 1963 diproduksi secara independen dan disutradarai oleh Otto Preminger, dan didistribusikan oleh Columbia Pictures. Skenario film ini ditulis oleh Robert Dozier, berdasarkan novel dengan judul yang sama terbitan tahun 1950 karya Henry Morton Robinson. Para pemain yang terlibat seperti Tom Tryon, Romy Schneider dan John Huston dinominasikan untuk enam kategori dalam Academy Awards.

Pengambilan gambar film dilakukan di Boston, di Bridgeport, Connecticut, Roma, dan Wina. Skor musik dikerjakan oleh Jerome Moross. Kardinal merupakan penampilan akhir bintang film Dorothy Gish.

Novel Robinson ini didasarkan pada kisah nyata kehidupan Kardinal Francis Spellman, yang kemudian menjadi Uskup Agung New York. Petugas penghubung di Vatican dalam film ini adalah Joseph Ratzinger,[2] yang kemudian menjadi Paus Benediktus XVI. Film berkisah seputar berbagai isu-isu sosial seperti pernikahan beda agama, hubungan seks di luar nikah, aborsi, ras, bangkitnya fasisme, dan perang.

Latar belakang[sunting | sunting sumber]

Kardinal merupakan salah satu dari 18 terlaris tahun itu dengan meraup laba $11,170,588 di seluruh Amerika Serikat,[3] dan mencapai $5.46 juta dalam negeri.[4] Film ini memenangi Golden Globe untuk Best Motion Picture Drama, menandai terakhir kali (hingga 2014) sebuah film yang memenangkan kategori tersebut tanpa kemudian dinominasikan kembali dalam Academy Award untuk Best Picture.[N 1] Preminger dinominasikan untuk Academy Award sebagai Sutradara Terbaik; John Huston dinominasikan untuk Academy Award sebagai Aktor Pendukung Terbaik dan memenangkan Golden Globe Award untuk Aktor Pendukung Terbaik – Motion Picture. Huston berperan sebagai Cardinal Glennon merupakan debut sebagai aktor meskipun ia sebelumnya telah memainkan sedikit peran di beberapa film termasuk The Treasure of the Sierra Madre (1948). Penghargaan lainnya dalam Academy Awards adalah nominasi untuk Best Cinematography (Leon Shamroy), Best Art Direction (Lyle R. Wheeler dan set decorator Gen Callahan), Best Costume Design (Donald Brooks), dan Best Film Editing (Louis R. Loeffler).[5]

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Box Office Information for The Cardinal. The Numbers. Retrieved September 5, 2013.
  2. ^ The Cardinal review by Frank Miller, Turner Classic Movies
  3. ^ Box Office Information for The Cardinal.
  4. ^ "Big Rental Pictures of 1964", Variety, 6 January 1965 p 39.
  5. ^ (Inggris) The Cardinal[pranala nonaktif permanen] di Allmovie

Pranala luar[sunting | sunting sumber]


Kesalahan pengutipan: Ditemukan tag <ref> untuk kelompok bernama "N", tapi tidak ditemukan tag <references group="N"/> yang berkaitan