The Godfather

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
The Godfather
Godfather ver1.jpg
Sutradara Francis Ford Coppola
Produser Albert S. Ruddy
Penulis Novel:
Mario Puzo
Skenario:
Mario Puzo
Francis Ford Coppola
Robert Towne
(tidak disebutkan dalam film)
Pemeran Marlon Brando
Al Pacino
James Caan
Robert Duvall
Diane Keaton
Musik Nino Rota
Carmine Coppola
Sinematografi Gordon Willis
Penyunting William H. Reynolds
Peter Zinner
Marc Laub
Murray Solomon
Distributor Paramount Pictures
Tanggal rilis 15 Maret 1972 (Amerika Serikat)
1 November 1972 (Australia)
Durasi 175 menit
Negara Amerika Serikat
Bahasa Inggris
Anggaran $6,000,000
Diikuti oleh The Godfather Part II

The Godfather adalah sebuah film kriminal Amerika tahun 1972, yang disutradarai oleh Francis Ford Coppola dan diproduksi oleh Albert S. Ruddy dengan skenario oleh Mario Puzo dan Coppola. Dibintangi oleh Marlon Brando dan Al Pacino sebagai pemimpin dari keluarga kriminal di New York (fiksi), cerita meliputi tahun 1945-1955, berfokus pada transformasi Michael Corleone yang berasal dari luar keluarga yang kemudian menjadi bos Mafia yang kejam dengan menceritakan Corleone sebagai kepala Keluarga Vito.

Berdasarkan novel laris Puzo dengan nama yang sama, The Godfather secara umum dianggap sebagai salah satu film terbesar di dunia perfilman, dan juga sebagai salah satu film yang paling berpengaruh, terutama dalam film berjenis Gangster. Peringkat kedua setelah Citizen Kane diperuntuhkan oleh American Film Institute pada tahun 2007, film tersebut dipilih untuk dilestarikan di Amerika Serikat National Film Registry di tahun 1990.

Film ini merupakan film terlaris sepanjang masa yang pernah dibuat, dan tetap menjadi pemimpin box office di tahun 1972. Film ini berhasil memenangkan tiga Oscar di tahun itu: Best Picture, Best Actor (Brando) dan kategori Skenario Adaptasi Terbaik untuk Puzo dan Coppola. Nominasi dalam tujuh kategori lainnya termasuk Pacino, James Caan, dan Robert Duvall untuk Aktor Pendukung Terbaik dan Coppola sebagai Sutradara Terbaik. Keberhasilan film ini melahirkan dua film lanjutannya: The Godfather Part II di tahun 1974, dan The Godfather Part III di tahun 1990.

Alur[sunting | sunting sumber]

Pada hari pernikahan putri tunggalnya, Vito Corleone (Marlon Brando) mendengar permintaan dalam posisinya sebagai Godfather, Don dari keluarga kriminal New York. Putra termuda Vito, Michael (Al Pacino), dengan seragam khaki Angkatan Laut, memperkenalkan pacarnya, Kay Adams (Diane Keaton), kepada keluarganya, pada resepsi itu. Godson Vito, Johnny Fontane (Al Martino), penyanyi terkenal, memohon bantuan untuk mengamankan peran film dambaannya, maka Vito mengirim konselornya, Tom Hagen (Robert Duvall), kepada kepala studio yang kasar, Jack Woltz (John Marley), untuk mengamankan proses casting.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]