The Family Plan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
The Family Plan
Poster resmi
SutradaraSimon Cellan Jones
Produser
  • David Ellison
  • Dana Goldberg
  • Don Granger
  • Mark Wahlberg
  • Stephen Levinson
Ditulis olehDavid Coggeshall
Pemeran
Penata musikKevin Matley
SinematograferMichael Burgess
PenyuntingTim Porter
Perusahaan
produksi
  • Apple Original Films
  • Skydance
  • Municipal Pictures
DistributorApple TV+
Tanggal rilis
  • 15 Desember 2023 (2023-12-15)
Durasi119 menit[1]
NegaraAmerika Serikat
BahasaInggris

The Family Plan adalah film komedi aksi Amerika Serikat tahun 2023 yang disutradarai oleh Simon Cellan Jones dan ditulis oleh David Coggeshall. Diproduksi oleh Apple Studios dan Skydance Media serta Municipal Pictures milik Mark Wahlberg, film ini dibintangi oleh Wahlberg, Michelle Monaghan, Zoe Colletti, Van Crosby, Saïd Taghmaoui, Maggie Q dan Ciarán Hinds. Produksi dimulai pada akhir tahun 2022. Film ini dirilis oleh Apple TV+ pada 15 Desember 2023.

Plot[sunting | sunting sumber]

Dan Morgan adalah seorang penjual mobil yang menjalani kehidupan tenang di pinggiran kota Buffalo, New York bersama istrinya Jessica dan ketiga anak mereka, dua remaja, Nina dan Kyle, serta bayi laki-laki Max. Dan puas dengan kehidupannya yang sederhana, tidak menyukai kekerasan, teknologi atau media sosial. Sementara itu, Jessica mendambakan hidup mereka lebih spontan dan seru. Dan dan Jessica menghadiri karnaval yang mereka hadiri pada kencan pertama untuk merayakan hari jadi mereka. Dan berkonfrontasi dengan seorang pria, setelah pria tersebut dengan sengaja mengambil foto selfie dengan latar belakang Dan dan Jessica berciuman sebagai lelucon dan menolak untuk menghapusnya. Dan malah berjalan pergi alih-alih memulai perkelahian, bahkan setelah pria itu menuangkan minumannya ke atas kepala Dan.

Suatu hari, Dan tiba-tiba diserang di supermarket saat berbelanja dengan putranya Max, dan dengan mudah mengalahkan penyerang tersebut. Setelah serangan itu, Dan, diketahui sebagai mantan pembunuh rahasia, menghubungi mantan rekannya, Augie, untuk mencari tahu mengapa dia diserang dan Augie menyarankan bahwa itu adalah mantan majikan Dan, McCaffrey, dan menyarankan dia untuk menghilang agar aman. Dan, menyadari bahwa dia ditemukan dari foto pria di karnaval. Dan memesan satu set dokumen identitas baru untuk dia dan keluarganya. Dan menjemput anak-anaknya dari sekolah dan menjemput Jessica dari tempat kerja, memberitahunya bahwa mereka melakukan perjalanan spontan ke Las Vegas, di mana Dan bermaksud bertemu Augie untuk mengambil dokumen baru. Saat mereka meninggalkan kota, Dan menyadari bahwa mereka sedang diikuti dan menyimpulkan bahwa minivan keluarga mereka memiliki pelacak yang terpasang di dalamnya. Dan berhenti di dealer mobilnya dan menggunakan salah satu ruang servis untuk mencari dan mengeluarkan perangkat dari bagian bawah minivan.

Sementara itu, McCaffrey dan timnya mengunjungi rumah keluarga Morgan tetapi tidak menemukan indikasi ke mana tujuan mereka, karena Dan membuang ponsel semua orang sebelum dia dan keluarganya pergi untuk menghindari pelacakan. Dan berkendara sepanjang malam sampai mereka mencapai Iowa City. Bersemangat, Nina memohon mereka untuk mengunjungi Southern Iowa University karena dia berharap bisa bertemu pacarnya, Trevor. Ketika Nina mengetahui bahwa Trevor selingkuh, Dan mengajarinya beberapa gerakan seni bela diri, yang dia gunakan pada Trevor. Saat tur kampus, Dan diserang oleh kaki tangan McCaffrey, bertarung habis-habisan di salah satu laboratorium kimia hingga melumpuhkan pria tersebut, dan ia bergabung kembali dengan keluarganya dalam tur.

Saat mereka menuju Vegas, Dan semakin dekat dengan keluarganya. Mereka tiba di Las Vegas, di mana Dan berencana memberi tahu Jessica kebenaran tentang masa lalunya saat makan malam romantis. Saat mereka meninggalkan anak-anak untuk mengasuh Max di penthouse suite mereka, anak-anak pergi membawa Max menuju arena permainan HyperX, karena Kyle adalah streamer game yang populer. Saat Dan dan Jessica kembali ke kamar untuk memeriksa anak-anak, mereka diserang oleh anggota McCaffrey. Dan dengan cepat mengalahkan mereka, yang mengejutkan Jessica. Mereka kemudian menuju ke bawah untuk menjemput anak-anak, di mana terjadi saling tembak. Setelag aman, Dan mengungkap namanya sebagai Sean, dia akhirnya berterus terang kepada keluarganya yang marah. Namun Dan tetap memberi mereka paspor dan ID baru, memberi tahu mereka bahwa kehidupan mereka di Buffalo sudah berakhir, tapi Jessica membawa anak-anak dan pergi keesokan paginya. Jessica menelepon temannya, Gwen, seorang agen perjalanan yang datang dengan jet pribadi untuk menerbangkan mereka pulang ke Buffalo.

Di pesawat, Gwen mengungkapkan bahwa dia mantan kekasih Dan dan bekerja untuk McCaffrey. Gwen menyerahkan Jessica dan anak-anak kepada McCaffrey dan menyandera mereka. McCaffrey, yang mengungkapkan dirinya sebagai ayah Dan, mengancam akan membunuh mereka kecuali Dan menerima tawarannya untuk bergabung kembali dengan timnya dan kembali ke kehidupannya sebagai seorang pembunuh. Dan mengalah, lalu Jessica serta anak-anak dibawa kembali ke bandara untuk berangkat ke Buffalo. Jessica dan anak-anak melarikan diri setelah Jessica berhasil membunuh pengawal mereka dan mereka kembali untuk Dan. McCaffrey memanggil pasukannya ke lobi hotel terbengkalai tempat mereka bertarung untuk merebut kembali Dan. Dan melawan tentara bayaran dengan bantuan Kyle yang menggunakan drone, sementara Jessica melawan Gwen, yang berpuncak pada Jessica menggunakan sepotong bambu patah sebagai lembing, untuk menusuk dada Gwen. Mereka menuju ke bawah di mana Nina mengalihkan perhatian McCaffrey dari membunuh Dan, memberikan Dan waktu untuk menjatuhkan McCaffrey, dan McCaffrey ditahan.

Beberapa waktu kemudian, keluarga Morgan kembali ke kehidupan mereka di Buffalo; Dan sekarang menjalankan perusahaan keamanannya sendiri menggunakan keahliannya untuk memberi saran kepada kliennya cara bertahan yang lebih baik dari serangan, sementara Jessica melatih atletik di sekolah menengah. Sekembalinya ke rumah, mereka naik ke RV sewaan yang memulai perjalanan lintas alam untuk menurunkan Nina di Stanford.

Pemain[sunting | sunting sumber]

  • Mark Wahlberg sebagai Dan Morgan
  • Michelle Monaghan sebagai Jessica Morgan
  • Ciarán Hinds sebagai McCaffrey
  • Zoe Colletti sebagai Nina Morgan
  • Van Crosby sebagai Kyle Morgan
  • Maggie Q sebagai Gwen
  • Joyner Lucas sebagai Coogan
  • Kellen Boyle sebagai Cyrus
  • Felicia Pearson sebagai Toothpick
  • Lateef Crowder dos Santos sebagai Neck Tattoo
  • Miles Doleac sebagai Gold Chain
  • Jonny Coyne sebagai Spiros
  • Saïd Taghmaoui sebagai Augie
  • Tony L. Calloway sebagai Mrs. Overmeyer
  • Valkyrae sebagai Diri sendiri

Penerimaan[sunting | sunting sumber]

Di situs agregator ulasan Rotten Tomatoes, 26% dari 35 ulasan kritikus adalah positif, dengan peringkat rata-rata 4,4/10. Konsensus situs web tersebut berbunyi: "Banyak aksi hafalan dan sedikit tawa, The Family Plan tanpa tujuan meniru serangkaian film yang menceritakan kisah serupa -- dan seringkali dengan cara yang lebih menarik."[2] Metacritic, yang menggunakan rata-rata tertimbang, memberikan film ini skor 39 dari 100, berdasarkan 11 kritikus, yang menunjukkan ulasan "umumnya tidak menguntungkan".[3]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "The Family Plan (12)". British Board of Film Classification. December 4, 2023. Diarsipkan dari versi asli tanggal December 7, 2023. Diakses tanggal December 5, 2023. 
  2. ^ "The Family Plan (2023)". Rotten Tomatoes. Diakses tanggal 14 Januari 2024. 
  3. ^ "The Family Plan Reviews". Metacritic. Diakses tanggal 14 Januari 2024. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]