The Conversation

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
The Conversation
SutradaraFrancis Ford Coppola
ProduserFrancis Ford Coppola
Ditulis olehFrancis Ford Coppola
Pemeran
Penata musikDavid Shire
SinematograferBill Butler
Penyunting
Perusahaan
produksi
DistributorParamount Pictures
Tanggal rilis
  • 7 April 1974 (1974-04-07)
Durasi113 minutes
NegaraAmerika Serikat
BahasaInggris
Anggaran$ 1,6 juta
Pendapatan
kotor
$ 4,4 juta

The Conversation adalah sebuah film thriller misteri psikologis Amerika Serikat tahun 1974 yang ditulis, diproduseri dan disutradarai oleh Francis Ford Coppola, film ini dibintangi Gene Hackman dan didukung oleh Allen Garfield, Cindy Williams, Frederic Forrest, Harrison Ford, Teri Garr dan Robert Duvall.

Kisah film ini berkisar tentag seorang ahli pengawasan dan dilema moral yang ia hadapi saat rekamannya mengungkapkan sebuah potensi kasus pembunuhan. Coppola mengutip film tahun 1966, Blowup sebagai pengaruh utamanya dalam membuat film ini. Namun, karena film ini dirilis ke bioskop hanya beberapa bulan sebelum Richard Nixon mengundurkan diri sebagai Presiden, ia merasa bahwa penonton menafsirkan film ini sebagai reaksi terhadap skandal Watergate.

The Conversation memenangkan Palme d'Or di Festival Film Cannes 1974.[1] Film ini dinominasikan untuk tiga kategori Academy Awards pada tahun 1974 dan kalah dari The Godfather Part II, film Francis Ford Coppola lainnya dalam kategori Film Terbaik. Pada tahun 1995, film ini dipilih untuk "dilestarikan" di National Film Registry oleh Perpustakaan Kongres Amerika Serikat sebagai sebuah karya "budaya, historis, atau estetika yang signifikan."

Awalnya, Paramount Pictures mendistribusikan film ini di seluruh dunia. Paramount mempertahankan hak distribusi di Amerika pada saat ini, tetapi hak internasionalnya kini dipegang oleh Miramax Films dan StudioCanal dalam hubungannya dengan American Zoetrope.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Festival de Cannes: The Conversation". festival-cannes.com. Diakses tanggal 2009-04-26. 
  2. ^ Hilditch, Nick (27 Februari 2002). "The Conversation (1974)". www.bbc.co.uk. Diakses tanggal 6 Juni 2021. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]