Psikolog

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Psikologis)
Lompat ke: navigasi, cari

Psikolog adalah seorang ahli dalam bidang praktik psikologi, bidang ilmu pengetahuan yang mempelajari tingkah laku dan proses mental. Psikolog dapat dikategorikan ke dalam beberapa bidang tersendiri sesuai dengan cabang ilmu psikologi yang ditekuninya, misalnya Psikolog Klinis, Psikolog Pendidikan, dan Psikolog Industri. Tetapi kata "Psikolog" lebih sering digunakan untuk menyebut Psikolog Klinis, psikolog yang bergerak di bidang kesehatan mental. Psikolog di Indonesia tergabung dalam organisasi profesi bernama HIMPSI (Himpunan Psikologi Indonesia).

Prasyarat Akademik[sunting | sunting sumber]

Indonesia[sunting | sunting sumber]

Sarjana psikologi yang telah mengikuti pendidikan tinggi psikologi strata 1 (S1) dengan kurikulum lama (Sistem Paket Murni) Perguruan Tinggi Negeri (PTN); atau Sistem Kredit Semester (SKS) PTN; atau Kurikulum Nasional (SK Mendikbud No. 18/D/O/1993) yang meliputi pendidikan program akademik (Sarjana Psikologi) dan program pendidikan profesi (psikolog); atau kurikulum lama Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang sudah mengikuti ujian negara sarjana psikologi; atau pendidikan tinggi psikologi di luar negeri yang sudah mendapat akreditasi dan disetarakan dengan psikolog Indonesia oleh Direktorat Pendidikan Tinggi (Dikti) Departemen Pendidikan Nasional (Depdiknas RI); atau yang mengikuti pendidikan tinggi psikologi strata 1 (S1) dan lulus dari pendidikan profesi psikologi atau strata 2 (S2) Pendidikan Magister Psikologi (Profesi Psikolog).

Ijin Praktik Psikologi[sunting | sunting sumber]

Perbedaan Psikolog dan Psikiater[sunting | sunting sumber]

Psikolog dan Psikiater memiliki latar belakang akademis yang berbeda. Psikiater adalah lulusan dari Fakultas Kedokteran atau Sekolah Kedokteran yang mengambil spesialisasi kedokteran jiwa [1]. Sementara Psikolog adalah Sarjana Psikologi lulusan S1 plus kurikulum lama atau seseorang yang telah lulus S1 Jurusan Psikologi, dan telah lulus pula dari S2 Magister Profesi Psikologi [2].

Profesi seorang psikolog sedikit berbeda dengan seorang psikiater yang menyelidiki penyebab gejala psikologi dari sisi medis dan dari sisi kelainan susunan saraf para penderita penyakit jiwa. Sementara psikolog menyelidiki penyebab gejala psikologi dari sisi non-medis seperti pola asuh, susunan keluarga, tumbuh kembang masa kanak-kanak hingga dewasa, dan pengaruh lingkungan sosial.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Psychiatrist". Wikipedia (dalam bahasa Inggris). 2017-10-05. 
  2. ^ "Kode Etik Psikologi Indonesia - Kode Etik Psikologi Indonesia". himpsi.or.id (dalam bahasa British English). Diakses tanggal 2017-11-01. 

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]