Taxi Driver

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Taxi Driver
Sutradara
Produser
Penulis
Pemeran
NaratorRobert De Niro
Penata musikBernard Herrmann
SinematograferMichael Chapman
PenyuntingMarcia Lucas (supervising)
Tom Rolf
Melvin Shapiro
Perusahaan
produksi
Bill/Phillips
Italo/Judeo Productions
DistributorColumbia Pictures
Tanggal rilis
Durasi113 menit
Negara
Bahasa
Anggaran$1.3 juta
Pendapatan
kotor
$28,262,574

Taxi Driver adalah film tahun 1976 yang disutradarai Martin Scorsesedan ditulis oleh Paul Schrader. Film yang berkisah tentang sopir taksi yang merupakan tentara pasca Perang Vietnam ini dibintangi Robert De Niro, Jodie Foster, Harvey Keitel, dan Albert Brooks

Film ini mendapat empat nominasi Academy Awards.

Alur[sunting | sunting sumber]

Travis Bickle (Robert De Niro), seorang veteran Perang Vietnam, kini hidup sendiri dan dalam masa depresi,serta mengalami insomnia akut. Sehingga, dia memutuskan menjadi seorang sopir taksi yang bekerja siang malam untuk mengisi aktivitas sehari-hari. aktivitas barunya sebagai supir taksi tak juga membuat dia bisa lepas dari insomnia akutnya. travis nampaknya sulit lepas dari kehidupan lamanya saat menjadi tentara divietnam, dia seperti kehilangan arah dalam menjalani hidupnya. sampai pada suatu hari ketika dia sedang mengedarai taksinya dia melihat seorang wanita berbaju putih melintas didepannya, wanita tersbut bernama betsy, ia bekerja sebagai seorang sukarelawan pemenangan calon presiden amerika yang bernama palentine. Betsy membuat travis memiliki gairah dan tujuan hidup baru. Hari demi hari travis lewati dengan menulis kesehariannya dibuku jurnal harianya, travis hampir setiap hari menyempatkan diri untuk memarkirkan taksinya didepan kantor dimana bitney bekerja, sembari terus memperhatikan bitney yang ada didalam kantornya. Hingga suatu hari betsy menyadari bahwa travis terus memperhatikannya dari luar, betsy lalu meminta teman kerjanya untuk mengusir travis karena ia cukup terganggu. mengetahui hal tersebut travispun segera pergi dari sana.

Pada malam harinya, seorant wanita tuna susila bernama iris hendak masuk kedalam taksinya namun dicegah oleh seorang pria, pria tersebut melarang iris untuk pergi karena suatu alasan, iris twrus meminta untuk dibawa pergi dari tempat tersebut, travis yang melihat kejadian tersebut hanya terdiam tampa berkata apapun. Hingga iris dipaksa keluar dari taksi dan dibawa pergi oleh pria tersebut, travis menduga pria tersebut ialah teman kencan wanita tersebut, karena sebelum pria itu pergi travis diberikan satu dolar untuk melupakan kejadian yang baru saja terjadi. travis tidak menggubris karena dia tahu lokasi tempat dimana ia selalu mencari penumpang ialah diwilayah prostitusi dan sarang mafia. namun yang mengganjal perasaan travis saat itu ialah bahwa iris wanita yang dipaksa pergi tersebut nampaknya seorang anak kecil yang mungkin berumur belasan tahun dan seharusnya masih bersekolah.

Pemain[sunting | sunting sumber]

Kontroversi[sunting | sunting sumber]

Adegan Travis Bickle hampir menembak Senator demi mendapat perhatian wanita idamannya berdampak pada aksi penembakan Ronald Reagan pada tahun 1981 oleh John Warnock Hinckley Jr. untuk mendapat perhatian Jodie Foster.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]