John Warnock Hinckley Jr.

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

John Warnock Hinckley Jr.
John Hinckley, Jr. Mugshot.png
Foto Hinckley milik FBI pada tahun 1981
LahirJohn Warnock Hinckley Jr.
29 Mei 1955 (umur 67)
Ardmore, Oklahoma, Amerika Serikat
Gugatan kejahatan13 pidana
Hukuman kriminalPerawatan rumah sakit jiwa; dinyatakan tidak bersalah dengan alasan kegilaan
Status kriminalLepas
Orang tuaJohn Warnock Hinckley Sr. dan Jo Ann Moore

John Warnock Hinckley Jr. atau dikenal sebagai John W. Hinckley Jr. dan John Hinckley Jr. (lahir 29 Mei 1955) adalah seorang pria Amerika, pada 30 Maret 1981, berusaha membunuh Presiden Amerika Serikat Ronald Reagan di Washington, DC. Dia melukai Reagan dengan peluru dari revolver yang memantul dan menabrak Reagan di dada. Dia juga melukai petugas polisi Thomas Delahanty dan agen Dinas Rahasia Tim McCarthy, dan dia secara kritis melukai Sekretaris Pers James Brady, yang cacat secara permanen dalam penembakan itu dan meninggal 33 tahun kemudian pada 4 Agustus 2014. Kematian Brady kemudian diputuskan sebagai pembunuhan.

Hinckley dikabarkan sedang mencari ketenaran untuk mengesankan aktris Jodie Foster, yang kepadanya dia memiliki obsesi yang berlebihan. Dia dinyatakan tidak bersalah dengan alasan kegilaan dan tetap berada di bawah perawatan psikiatris institusional hingga 10 September 2016.[1] Kemarahan publik atas putusan tersebut mengarah pada Undang-Undang Reformasi Pertahanan Gila tahun 1984, yang mengubah aturan untuk pertimbangan penyakit mental para terdakwa dalam proses Pengadilan Kriminal Federal di Amerika Serikat.

Obsesi dengan Jodie Foster[sunting | sunting sumber]

Foto Jodie Foster di pemutaran perdana Berlin The Brave One .
Hinckley menjadi terobsesi dengan Jodie Foster setelah mengawasinya di Taxi Driver dan mulai menguntitnya untuk mendapatkan perhatiannya.

Hinckley menjadi terobsesi dengan film Taxi Driver tahun 1976, di mana tokoh protagonis Travis Bickle (Robert De Niro) yang terganggu berencana untuk membunuh seorang calon presiden. Karakter Bickle sebagian didasarkan pada buku harian Arthur Bremer, yang berusaha membunuh George Wallace. Hinckley mengembangkan kegilaan dengan Jodie Foster, yang memerankan seorang anak 12 tahun yang diperdagangkan secara seksual, Iris Steensma, dalam film tersebut.[2] Ketika Foster memasuki Universitas Yale, Hinckley pindah ke New Haven, Connecticut, untuk waktu yang singkat untuk menguntitnya. Di sana, dia menyelipkan puisi dan pesan di bawah pintu Foster, dan berulang kali memanggilnya.

Gagal mengembangkan kontak yang berarti dengan aktris itu, Hinckley berfantasi melakukan pembajakan pesawat atau melakukan bunuh diri di depannya untuk mendapatkan perhatiannya. Akhirnya, dia memutuskan skema untuk membuatnya terkesan dengan membunuh presiden, berpikir bahwa dengan mencapai tempat dalam sejarah, dia akan menarik baginya sebagai setara. Hinckley membuntuti Presiden Jimmy Carter dari satu negara bagian ke negara lain, dan ditangkap di Nashville, Tennessee, dengan tuduhan senjata api. Tanpa uang sepeser pun, dia kembali ke rumah. Meskipun perawatan kejiwaan untuk depresi, kesehatan mentalnya tidak membaik. Dia mulai menargetkan presiden yang baru terpilih Ronald Reagan pada tahun 1981. Untuk tujuan ini, dia mengumpulkan materi tentang pembunuhan John F. Kennedy.

Hinckley menulis kepada Foster tepat sebelum upayanya untuk kehidupan Reagan:[3]

Selama tujuh bulan terakhir saya telah meninggalkan Anda puluhan puisi, surat dan pesan cinta dengan harapan samar bahwa Anda dapat mengembangkan minat pada saya. Meskipun kami berbicara di telepon beberapa kali, saya tidak pernah berani mendekati Anda dan memperkenalkan diri. ... Alasan saya melanjutkan upaya ini sekarang adalah karena saya tidak sabar lagi untuk mengesankan Anda.

— John Hinckley Jr.

Pembunuhan John Lennon[sunting | sunting sumber]

3 bulan sebelum percobaan pembunuhan Reagan, Hinckley mendegar berita pembunuhan John Lennon oleh Mark David Chapman, yang membuat istri Lennon, Yoko Ono menangis karena Lennon telah dibunuh oleh Chapman di The Dakota, Kota New York, New York. Keesokan harinya, Hinckley mengunjungi Strawberry Fields, tempat mengenang peristiwa pembunuhan itu di New York dan membeli pin-up mengenang Lennon.

Percobaan pembunuhan Presiden Reagan[sunting | sunting sumber]

Pada 30 Maret 1981, jam 2:27 siang waktu setempat, Hinckley menembakkan revolver Röhm RG-14 kaliber .22 enam kali di Reagan ketika ia meninggalkan Hotel Hilton di Washington, D.C., setelah presiden berbicara di konferensi AFL-CIO.

Hinckley melukai petugas polisi Thomas Delahanty dan agen Dinas Rahasia Timothy McCarthy, dan sekretaris pers yang terluka kritis James Brady. Hinckley tidak mengenai Reagan secara langsung, tetapi secara serius melukainya ketika sebuah peluru memantul dari sisi limusin kepresidenan dan mengenai dia di dada.[4] Alfred Antenucci, seorang pejabat buruh di Cleveland, Ohio, yang berdiri di dekat Hinckley, dan melihatnya menembak,[5] memukul kepala Hinckley, menarik penembak itu ke tanah.[6] Dalam dua detik agen Dennis McCarthy (tidak ada hubungannya dengan agen Timothy McCarthy) terjun ke Hinckley ketika yang lain melemparkannya ke tanah; berniat melindungi Hinckley, dan untuk menghindari apa yang terjadi pada Lee Harvey Oswald.[7]:84 Seorang pejabat buruh daerah Cleveland lainnya, Frank J. McNamara, bergabung dengan Antenucci dan mulai meninju kepala Hinckley, memukulnya dengan sangat keras sehingga dia mengambil darah.[8] Brady mengenai di sisi kanan kepala, dan mengalami periode pemulihan yang lama, tetap lumpuh di sisi kiri tubuhnya[9] hingga kematiannya pada 4 Agustus 2014. Kematian Brady diperintah sebagai pembunuhan 33 tahun setelah penembakan.

Pada persidangannya pada tahun 1982 yang terjadi di Washington, DC, setelah didakwa dengan 13 pelanggaran, Hinckley dinyatakan tidak bersalah dengan alasan kegilaan pada 21 Juni. Laporan psikiatris pertahanan menggambarkan Hinckley sebagai orang gila sementara laporan penuntutan menggambarkannya sebagai orang yang waras secara hukum.[10] Hinckley dipindahkan ke perawatan psikiatris dari tahanan Biro Penjara pada 18 Agustus 1981.[11] Segera setelah persidangannya, Hinckley menulis bahwa penembakan itu adalah "persembahan cinta terbesar dalam sejarah dunia" dan kecewa karena Foster tidak membalas cintanya.[12]

Pembebasan[sunting | sunting sumber]

Pada 27 Juli 2016, seorang hakim federal memutuskan bahwa Hinckley akan diizinkan untuk dibebaskan dari St. Elizabeth pada 5 Agustus, karena ia tidak lagi dianggap sebagai ancaman bagi dirinya sendiri atau orang lain.

Hinckley dilepaskan dari perawatan kejiwaan institusional pada 10 September 2016, dengan banyak kondisi. Dia diharuskan hidup penuh waktu di rumah ibunya di Williamsburg, Virginia. Selain itu, larangan dan persyaratan berikut dikenakan padanya.

Larangan[sunting | sunting sumber]

  • menggunakan alkohol
  • memiliki senjata api, amunisi, atau senjata atau memorabilia lainnya dari Jodie Foster, misalnya foto, artikel majalah
  • menghubungi:
    • Keluarga Reagan
    • Keluarga Brady
    • Jodie Foster
      • Keluarga Foster
      • Agen Foster
  • dari menonton atau mendengarkan kekerasan
  • dari mengakses pornografi cetak, atau online
  • akses online ke film, televisi, musik, novel atau majalah kekerasan
  • berbicara kepada pers
  • mengunjungi rumah, rumah masa lalu, atau kuburan
    • presiden saat ini
    • presiden masa lalu
    • pejabat pemerintah masa lalu, atau saat ini
  • menghapus riwayat browser web komputernya

Yang dibutuhkan[sunting | sunting sumber]

  • untuk bekerja setidaknya tiga hari per minggu
  • untuk segera pergi jika dia menemukan dirinya mendekati tempat-tempat terlarang
  • untuk merekam riwayat browsernya
  • untuk tidak mengemudi, dari rumah ibunya, lebih dari
    • 30 mil (48 km) tanpa pengawasan
    • 50 mil (80 km) saat dihadiri

Meskipun pengadilan memerintahkan penilaian risiko untuk diselesaikan dalam waktu 18 bulan setelah pembebasannya, pengadilan belum dilakukan hingga Mei 2018.[13]

Pada 16 November 2018, Hakim Friedman memutuskan Hinckley bisa pindah dari rumah ibunya di Virginia dan tinggal sendiri atas persetujuan lokasi dari dokternya. Pada September 2019, pengacara Hinckley mengatakan dia berencana untuk meminta pembebasan penuh tanpa syarat pada akhir tahun dari perintah pengadilan yang menentukan di mana dia bisa tinggal.[14]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "John Hinckley Jr. to begin living full-time in Virginia Sept. 10". Fox News. 12 September 2016. Diakses tanggal 6 Desember 2018. 
  2. ^ "Taxi Driver: Its Influence on John Hinckley Jr". University of Missouri–Kansas City School of Law. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2 Maret 2007. Diakses tanggal 8 Februari 2011. 
  3. ^ "Letter written to Jodie Foster by John Hinckley Jr". University of Missouri–Kansas City School of Law. 30 Maret 1981. Diarsipkan dari versi asli tanggal 8 Januari 2011. Diakses tanggal February 8, 2011. 
  4. ^ Reagan, Ronald (30 Maret 2001). "Larry King Live: Remembering the Assassination Attempt on Ronald Reagan". CNN. Diakses tanggal November 13, 2008. 
  5. ^ Office of Inspection. "Reagan Assassination Attempt Interview Reports" (PDF). United States Secret Service. Diarsipkan dari versi asli (PDF) tanggal 21 Juli 2011. Diakses tanggal 11 Maret 2011. 
  6. ^ "Alfred Antenucci (death notice)". Associated Press. 13 Mei 1984. Diakses tanggal 1 Desember 2010. 
  7. ^ Wilber, Del Quentin (2011). Rawhide Down: The Near Assassination of Ronald Reagan (hardcover). Macmillan. ISBN 0-8050-9346-X. 
  8. ^ "Cleveland labor leader ill after grabbing Reagan's attacker". UPI. 
  9. ^ "Jim Brady, 25 Years Later". CBS News. 21 Januari 2006. 
  10. ^ The Trial of John W. Hinckley Jr. Diarsipkan 3 Agustus 2002 di Wayback Machine., oleh Doug Linder. 2001 Diperoleh pada 10 Maret 2007.
  11. ^ "John W Hinckley Jr." Federal Bureau of Prisons. Diperoleh pada 9 Januari 2010.
  12. ^ Taylor, Stuart (9 Juli 1982). "Hinckley Hails 'Historical' Shooting To Win Love". The New York Times.
  13. ^ MacFarlane, Scott (10 Mei 2018). "Officials Failed to Conduct Risk Assessment of Freed Reagan Shooter John Hinckley". NBC 4 Washington. 
  14. ^ Cole, Devan (10 September 2019). "John Hinckley Jr. to seek unconditional release by end of year". CNN. 

Bacaan lebih lanjut[sunting | sunting sumber]

  • Clarke, James W. (2006). Defining Danger: American Assassins and the New Domestic Terrorists (Mendefinisikan Bahaya: Pembunuh Amerika dan Teroris Domestik Baru).
  • Clarke, James W. (1990). On Being Mad or Merely Angry: John W. Hinckley Jr. and Other Dangerous People (Pada Menjadi Gila atau Hanya Marah: John W. Hinckley Jr. dan Orang Berbahaya Lainnya). Princeton University Press.
  • Hinckley, John W. (September 20, 1982). "The Insanity Defense and Me" (Pertahanan Gila dan Aku). Newsweek.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]