Lee Harvey Oswald

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Lee Harvey Oswald
OswaldinMinsk.jpg
Foto diambil dalam Minsk, Pameran Komidi 1982
Lahir(1939-10-18)18 Oktober 1939
New Orleans, Louisiana, Amerika Serikat
Meninggal24 November 1963(1963-11-24) (umur 24)
Rumah Sakit Parkland Memorial
Dallas, Texas, U.S.
Sebab meninggalPerut luka tembak dari Jack Ruby
Tempat peristirahatanTaman Makam Rose Hill
Fort Worth, Texas
32°43′57″N 97°12′12″W / 32.732455°N 97.203223°W / 32.732455; -97.203223 (Situs pemakaman Lee Harvey Oswald)
KebangsaanAmerika
Gugatan kejahatanMembunuh Presiden John F. Kennedy dan Polisi Dallas J. D. Tippit
Suami/istriMarina Nikolayevna Prusakova
(m. 1961–1963, kematiannya)
AnakJune Lee Oswald (putri)
Audrey Marina Rachel Oswald (putri)
Orang tuaRobert Edward Lee Oswald (ayah)
Marguerite Frances Claverie (ibu)
Tanda tangan
Lee Harvey Oswald Signature.svg

Lee Harvey Oswald (lahir di New Orleans, Louisiana, Amerika Serikat, 18 Oktober 1939 – meninggal di Dallas, Texas, Amerika Serikat, 24 November 1963 pada umur 24 tahun) adalah tersangka pembunuh presiden Amerika Serikat John F. Kennedy. Dua hari setelah ia ditangkap polisi, Lee Oswald ditembak mati oleh Jack Ruby dalam siaran langsung televisi.

Kehidupan awal[sunting | sunting sumber]

Masa kecil[sunting | sunting sumber]

Lee Harvey Oswald lahir di New Orleans, Louisiana, pada 18 Oktober 1939, dari seorang veteran Perang Dunia I Robert Edward Lee Oswald dan Marguerite Frances Claverie. Robert meninggal karena serangan jantung dua bulan sebelum kelahiran Lee. Kakak Lee Robert Jr. juga mantan Marinir. Melalui pernikahan pertama Marguerite untuk Edward John Pic, Jr., Lee dan Robert J.r adalah setengah-saudara dari veteran Angkatan Udara John Edward Pic.

Pembunuhan[sunting | sunting sumber]

Pada hari Minggu, 24 November 1963, para detektif mengawal Oswald melalui basement Markas Besar Kepolisian Dallas menuju sebuah mobil lapis baja yang akan membawanya dari penjara kota (terletak di lantai empat markas polisi) ke penjara county terdekat. Pada jam 11:21 Waktu Standar Tengah, operator klub malam Dallas Jack Ruby mendekati Oswald dari sisi kerumunan dan menembaknya sekali di perut dalam jarak dekat. Ketika tembakan terdengar, seorang detektif polisi tiba-tiba mengenali Ruby dan berseru, "Jack, kau brengsek!" Oswald yang tidak sadar dibawa dengan ambulans ke Rumah Sakit Parkland Memorial — rumah sakit yang sama tempat Presiden Kennedy dinyatakan meninggal dua hari sebelumnya. Oswald meninggal pada pukul 1:07 siang; Kepala polisi Dallas Jesse Curry mengumumkan kematiannya di sebuah siaran berita TV.

Pukul 2:45 siang pada hari yang sama, otopsi dilakukan pada Oswald di Kantor County Medical Examiner. Pemeriksa medis Kabupaten Dallas Earl Rose mengumumkan hasil otopsi: "Dua hal yang dapat kami tentukan adalah, pertama, bahwa ia meninggal karena pendarahan akibat luka tembak, dan kalau tidak, ia adalah laki-laki yang sehat secara fisik." Pemeriksaan Rose menemukan bahwa peluru memasuki sisi kiri Oswald di bagian depan perut dan menyebabkan kerusakan pada limpa, perut, aorta, vena cava, ginjal, hati, diafragma, dan iga sebelas sebelum datang untuk beristirahat di sisi kanannya.

Kamera kolam jaringan televisi disiarkan langsung untuk menutupi transfer; jutaan orang menonton di NBC menyaksikan penembakan itu terjadi dan di jaringan lain dalam beberapa menit setelahnya. Pada tahun 1964, Robert H. Jackson dari Dallas Times Herald dianugerahi Penghargaan Pulitzer untuk Fotografi karena gambarnya tentang pembunuhan Lee Harvey Oswald oleh Jack Ruby.

Baca lebih lanjut[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]