Rumah Sakit Parkland Memorial

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Rumah Sakit Parkland Memorial
Parkland Health & Hospital System
Parklandlogo.png
Geografi
Lokasi5200 Harry Hines Boulevard, Dallas, Texas, Amerika Serikat
Organisasi
Sistem perawatanPublik
Jenis rumah sakitUmum dan Pengajaran
AfiliasiPusat Medis UT Southwestern
Layanan
UGDI
Ranjang882
Sejarah
Didirikan1894
Pranala
Situs webParklandhospital.com

Rumah Sakit Parkland Memorial (bahasa Inggris: Parkland Memorial Hospital) adalah sebuah rumah sakit di Dallas, Texas, Amerika Serikat. Ini adalah rumah sakit utama dari Parkland Health & Hospital System (bahasa Indonesia: Sistem Kesehatan & Rumah Sakit Parkland) dan berfungsi sebagai rumah sakit umum di Kota Dallas. Terletak di Distrik Medis Barat Daya.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Pembunuhan John F. Kennedy[sunting | sunting sumber]

Plakat John F. Kennedy di Departemen Radiologi Parkland menandai lokasi tempat tidur Kamar Trauma 1 pada tahun 1963.

Parkland dikenal sebagai rumah sakit tempat empat orang yang terkait dengan pembunuhan Presiden Amerika Serikat ke-35, John F. Kennedy meninggal atau dinyatakan meninggal: Presiden Amerika Serikat ke-35 John F. Kennedy sendiri, tersangka pembunuhnya Lee Harvey Oswald, Jack Ruby yang membunuh Oswald dan Abraham Zapruder yang memfilmkan film rumahnya. Film tahun 2013 Parkland mendramatisir kematian Kennedy dan Oswald di rumah sakit.

Setelah dia ditembak pada 22 November 1963, Presiden Kennedy dilarikan ke Parkland, di mana dia dinyatakan meninggal dunia pada jam 1:00 siang waktu setempat. Di Kamar Trauma 1, 30 menit setelah dia ditembak di Dealey Plaza. Pada saat yang sama, Gubernur Texas John Connally, terluka dalam penembakan yang sama, dirawat di Kamar Trauma 2, dan selamat.

Dua hari setelah pembunuhan, Oswald dilarikan ke Parkland setelah ditembak di perut oleh Ruby dan meninggal di kamar operasi #5 setelah lebih dari 90 menit dioperasi. Ruby meninggal pada 3 Januari 1967 di departemen darurat yang sama, karena emboli paru-paru yang terkait dengan kanker paru-paru.

Sejak kematian Ruby pada tahun 1967, daerah-daerah di mana Kennedy dan Oswald dinyatakan meninggal dioperasi direnovasi. Sebuah plakat di sana menandai lokasi di mana Kamar Trauma 1 sebelumnya berada di Parkland sebelumnya.[1] Dinding sejarah JFK Parkland tercatat di rumah sakit baru.[2] Pada tahun 1970, Abraham Zapruder juga meninggal di Parkland.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Kennedy Connection". Parklandhospital.com. Diakses tanggal 9 Juli 2016. 
  2. ^ "Parkland's JFK history will be noted at new hospital". Modernhealthcare.com. Diakses tanggal 21 Agustus 2015.