Marina Oswald Porter

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Marina Oswald Porter
Марина Освальд Портер
Marina Oswald di Minsk
LahirMarina Nikolayevna Prusakova
17 Juli 1941 (umur 82)
Molotovsk, RSFS Rusia, Uni Soviet
KebangsaanAmerika (sebelumnya Soviet)
PekerjaanApoteker
Suami/istri
(m. 1961; meninggal 1963)

Kenneth Jess Porter
(m. 1965)
Anak3[1]

Marina Nikolayevna Oswald Porter (née Prusakova; bahasa Rusia: Марина Николаевна Прусакова; lahir 17 Juli 1941) adalah janda Soviet-Amerika dari Lee Harvey Oswald, pembunuh Presiden Amerika Serikat ke-35 John F. Kennedy. Dia menikahi Oswald selama pembelotan sementara ke Uni Soviet dan beremigrasi ke Amerika Serikat bersamanya. Dia tidak terlibat dalam pembunuhan dan menikah lagi dua tahun setelah pembunuhan Oswald.

Pembunuhan Presiden Kennedy[sunting | sunting sumber]

Marina mengetahui tentang pembunuhan Presiden Kennedy dari liputan media acara tersebut, dan kemudian, tentang penangkapan suaminya. Sore itu, Departemen Kepolisian Dallas para detektif tiba di rumah tangga Paine, dan ketika ditanya apakah Lee memiliki senapan, dia menunjuk ke garasi, tempat Oswald menyimpan senapannya tergulung dalam selimut; tidak ada senapan yang ditemukan. Dia kemudian diinterogasi baik di rumah tangga Paine dan kemudian di markas besar Departemen Kepolisian Dallas, sehubungan dengan keterlibatan suaminya dalam pembunuhan Presiden dan penembakan petugas kepolisian Dallas J. D. Tippit.

Dia menjanda pada usia 22, dua hari setelah pembunuhan ketika suaminya terluka parah oleh Jack Ruby ketika Oswald dipindahkan dari Penjara Kota ke Penjara Daerah. Setelah pembunuhan Kennedy dan penangkapan suaminya, Marina berada di bawah perlindungan Secret Service sampai dia menyelesaikan kesaksiannya di hadapan Komisi Warren. Dia membuat total empat penampilan sebelum komisi. Pertanyaan tentang keandalannya sebagai saksi diungkapkan dalam komisi, khususnya sehubungan dengan klaimnya tentang upaya pembunuhan terhadap Jenderal Edwin Walker,[2] dan tuduhannya bahwa Lee Oswald berniat untuk membunuh Richard Nixon.[3][4] Dalam kesaksiannya, dia menyatakan keyakinannya bahwa suaminya bersalah, suatu pendapat yang dia tegaskan kembali dalam kesaksian di hadapan Komite Pemilihan DPR tentang Pembunuhan pada tahun 1978.[5]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Granberry, Michael (9 November 2013). "As paparazzi stalk her, Kennedy assassin's widow lives quiet Dallas-area life". The Dallas Morning News. Diakses tanggal 26 Oktober 2015. 
  2. ^ Groden 1995, hlm. 62–63.
  3. ^ Warren Commission Report. Barnes & Noble. 2003. hlm. 187–88. ISBN 0-760-74997-3. 
  4. ^ Bugliosi 2007, hlm. 697–98.
  5. ^ "Marina Oswald Concedes Husband Could Be Killer". Observer-Reporter. 15 September 1978. hlm. D–3. Diakses tanggal 25 September 2014.